Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Gotong royong kerja bakti di hari minggu

Kegiatan gotong royong atau kerja bakti di hari minggu merupakan hal yang telah menjadi budaya bangsa Indonesia, kerja bakti ini ternyata dilakukan pada bidang yang banyak berhubungan dengan pekerjaan bangunan entah kenapa bisa demikian adanya? mungkin berhubungan dengan kemauan manusia yaitu ingin membangun dan entah apa yang dibangun :-) , melalui tulisan ini mari kita uraikan beberapa kegiatan yang mungkin dilakukan sebagai bagian dari gotong royong.

 

Contoh Kegiatan Kerja bakti di hari minggu

  1. Membangun rumah salah satu warga, hal ini banyak dilakukan pedesaan sebagai wujud kerukunan dan kebersamaan yang terkadang membangun rumah hanya dalam waktu satu hari saja, namun sayangnya gotong royong yang di jawa disebut sebagai sambatan ini telah banyak ditinggalkan seiring maraknya orientasi kehidupan materialistis sehingga setiap pekerjaan dinilai dengan uang atau benda yang dapat dirasakan nilainya secara langsung :-(
  2. Membangun masjid sebagai tempat ibadah, puji syukur karena kegiatan ini tidak terkikis oleh zaman sehingga banyak ditemukan bangunan masjid berarsitektur indah sebagai bukti berjalanya kegiatan kerja bakti ini, salah satu bangunan hasil gotong royong yaitu masjid agung demak yang telah berusia ribuan tahun.
  3. Membersihkan lingkungan, pembersihan got dan sampah lingkungan bisa menjadi bagian dari kegiatan gotong royong kerja bakti di hari minggu untuk mempererat kebersamaan warga seperti daerah perumahan di kota besar yang bepotensi memunculkan gaya hidup individualis atau istilah umumnya tidak kenal tetangga.
  4. Membangun jalan sebagai fasilitas umum, ternyata banyak ditemukan jalan yang dibangun hasil swadaya iuran dan dikerjakan oleh masyarakat.
  5. Membangun sarana olahraga bersama seperti lapangan sepak bola dan tempat olahraga jenis lainya.
  6. Membangun pagar umum, pada lingkungan perumahan yang belum dilengkapi pagar oleh pihak developer terkadang terjadi inisiatif warga untuk mndirikan pagar dengan alasan estetika atau keamanan lingkungan.
  7. Menanam pohon untuk penghijauan lingkungan.
  8. Melakukan rapat warga dihari minggu juga bisa dikategorikan sebagai bagian dari gotong royong :-)
  9. dan masih banyak lagi kegiatan kerja bakti lainya bagi yang hendak menambahkan bisa dilanjutkan dibawah :-)

 

Apapaun tipe gotong royong atau kerja bakti yang dilakukan semoga bisa membawa kebaikan bagi seluruh warga. hendaknya kegiatan ini dilakukan tanpa rasa terpaksa karena rasa ikhlas akan membuat suatu kenyamanan dalam bekerja, dan yang tak kalah penting adalah bukanlah bagaimana wujud kerja bakti itu namun lebih utama pada nilai-nilai yang terkandung didalamnya :-)

  1. PEMANTAUAN LINGKUNGAN TPA
  2. Tahap Awal Pelaksanaan Proyek
  3. KOMPOSISI DAN KARAKTERISTIK SAMPAH
  4. Di Balik SebuahTrotoar jalan raya
  5. ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN
  6. PENGELOLAAN SAMPAH
  7. PERMASALAHAN PADA TPA
  8. PENGERTIAN SAMPAH
  9. Budaya Green di rumah yang ramah lingkungan
  10. Cara mencegah erosi pantai atau pengikisan daratan pinggir laut
  11. Membuang sampah di sungai
  12. Banyak daerah di pulau jawa Indonesia tenggelam
  13. SUMBER SUMBER SAMPAH

One Response to “Gotong royong kerja bakti di hari minggu”

  1. Muhammad says:

    Assalamualaikum, bagaimana caranya agar masyarakat mau kerja bakti dalam menjaga dan membersihkan lingkungan, saya bertempat tinggal di jalan garu dua b medan amplas yang mana para warganya banyak pendatang baru sehingga kerja bakti membersihkan lingkungan belum dikerjakan dengan baik sehingga menimbulkan banyak masalah seperti sampah menggunung di pinggir jalan dan gang kecil, parit atau selokan tumpat, banjir kecil, jalan berlubang, lahan kosong yang dipenuhi semak belukar, dll. waalaikumsalam.

Leave a Reply

Current ye@r *