Gelar ST adalah sarjana teknik

Gelar ST adalah sarjana teknik di Indonesia pengganti insinyur yang sebelumnya telah banyak dikenal oleh masyarakat. apa saja keahlian yang dimiliki oleh sarjana ST? disini kita akan coba menguraikanya lebih dalam, dengan harapan dapat menjadi sedikit pencerahan bagi yang kebetulan belum mengetahuinya dan penasaran tentang gelar ini, bagi yang sudah tahu juga bisa menambahkan ilmunya disini supaya bisa lebih lengkap dan jelas tentang apa yang ingin kita uraikan, baiklah mari kita mulai.

 

Bidang keahlikan yang memakai gelar ST

  • Teknik sipil
  • Teknik arsitektur
  • Teknik mesin
  • Teknik elektronika
  • Teknik listrik
  • Teknik industri

Semua jurusan tersebut dikampus berdiri dalam satu kesatuan naungan fakultas teknik.

sarjana teknik ST

Contoh pemakain gelar ST, dituliskan dibelakang nama yang telah menyelesaikan jenjang studi sarjana teknik dan berhak menyandang gelar tersebut.

Ilmusipil ,S.T.

 

Melihat dari macam-macam bidang keilmuan tersebut yang tentunya berbeda antara yang satu dengan lainya, namun semuanya memakai gelar ST. melihat kondisi ini nampaknya rawan terjadi kerancuan dan masih ada pertanyaan dari masyarakat ketika melihat nama seseorang bergelar ST, pertanyaanya adalah apa jurusan kuliahnya? apakah mesin atau teknik sipil. bisa jadi kita ingin minta tolong perencanaan struktur bangunan pada seseorang yang bergelar ST, namun setelah ditanya lebih jauh ternyata lulusan teknik mesin. kalau begini bisa repot jadinya 🙂 lalu apa solusinya? entahlah, barangkali ada yang punya ide bagus atau suatu saat nanti akan ada perubahan nama gelar masing-masing jurusan teknik tersebut. misalnya teknik mesin bergelar Stm, teknik sipil bergelar Sts, Teknik listrik bergelar Stl, dan yang lainya.

 

Setelah kuliah sarjana S1 teknik maka bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana dengan gelar MT yaitu magister teknik, begitulah kurang lebih penjelasan tentang gelar dunia teknik ini, apapun gelarnya yang penting adalah seberapa banyak ilmu yang telah digunakan sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum, apalah artinya gelar berjejer panjang hanya untuk kegagahan atau gengsi saja padahal mau tidak mau suatu saat secara otomatis akan menyandang gelar almarhum 🙂

10 Comments

  1. yance 29 January 2013
    • Angelika 8 July 2014
  2. Ahmad 1 March 2013
  3. catur 25 April 2013
  4. Afret Nobel 25 June 2014
  5. Maribel 7 July 2014
  6. Abdul kodir 28 February 2015
  7. defri 29 May 2015
  8. fery Kirana 9 June 2015
  9. Antonio AL Pashery 16 May 2016

Leave a Reply