Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Gelar ST adalah sarjana teknik

Gelar ST adalah sarjana teknik di Indonesia pengganti insinyur yang sebelumnya telah banyak dikenal oleh masyarakat. apa saja keahlian yang dimiliki oleh sarjana ST? disini kita akan coba menguraikanya lebih dalam, dengan harapan dapat menjadi sedikit pencerahan bagi yang kebetulan belum mengetahuinya dan penasaran tentang gelar ini, bagi yang sudah tahu juga bisa menambahkan ilmunya disini supaya bisa lebih lengkap dan jelas tentang apa yang ingin kita uraikan, baiklah mari kita mulai.

 

Bidang keahlikan yang memakai gelar ST

  • Teknik sipil
  • Teknik arsitektur
  • Teknik mesin
  • Teknik elektronika
  • Teknik listrik
  • Teknik industri

Semua jurusan tersebut dikampus berdiri dalam satu kesatuan naungan fakultas teknik.

Contoh pemakain gelar ST, dituliskan dibelakang nama yang telah menyelesaikan jenjang studi sarjana teknik dan berhak menyandang gelar tersebut.

Ilmusipil ,S.T.

 

Melihat dari macam-macam bidang keilmuan tersebut yang tentunya berbeda antara yang satu dengan lainya, namun semuanya memakai gelar ST. melihat kondisi ini nampaknya rawan terjadi kerancuan dan masih ada pertanyaan dari masyarakat ketika melihat nama seseorang bergelar ST, pertanyaanya adalah apa jurusan kuliahnya? apakah mesin atau teknik sipil. bisa jadi kita ingin minta tolong perencanaan struktur bangunan pada seseorang yang bergelar ST, namun setelah ditanya lebih jauh ternyata lulusan teknik mesin. kalau begini bisa repot jadinya :-) lalu apa solusinya? entahlah, barangkali ada yang punya ide bagus atau suatu saat nanti akan ada perubahan nama gelar masing-masing jurusan teknik tersebut. misalnya teknik mesin bergelar Stm, teknik sipil bergelar Sts, Teknik listrik bergelar Stl, dan yang lainya.

 

Setelah kuliah sarjana S1 teknik maka bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana dengan gelar MT yaitu magister teknik, begitulah kurang lebih penjelasan tentang gelar dunia teknik ini, apapun gelarnya yang penting adalah seberapa banyak ilmu yang telah digunakan sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum, apalah artinya gelar berjejer panjang hanya untuk kegagahan atau gengsi saja padahal mau tidak mau suatu saat secara otomatis akan menyandang gelar almarhum :-)

  1. Cara menghitung pajak PPN Real estate
  2. Laporan praktek kerja teknik
  3. Sarjana Teknik sipil bisa menjadi Arsitek
  4. Lulusan SMA IPS tidak boleh kuliah Teknik Sipil
  5. Semua sarjana di Indonesia adalah orang bodoh
  6. Arsitek VS Teknik Sipil – Antara imajinasi dan hitungan
  7. pelajaran pada jurusan teknik sipil
  8. Tokoh teknik sipil di Indonesia
  9. Gelar ST adalah sarjana teknik
  10. ketentuan perencanaan bangunan yang baik
  11. Cara agar teknik sipil Indonesia jadi yang terbaik di dunia
  12. kata pengantar skripsi teknik sipil
  13. Kenang kenangan wisuda sarjana S1
  14. Antara ilmu teknik sipil dan Agama
  15. Daftar kampus teknik sipil di indonesia
  16. Teknik sipil warga sipil atau pegawai sipil
  17. Teknik Sipil ITB
  18. Filsuf Teknik Sipil
  19. Cara menghitung PBB pajak bumi dan bangunan

33 Responses to “Gelar ST adalah sarjana teknik”

  1. yance says:

    Nah ni mnarik jga mnyangkut gelar, gelar boleh berjejer tpi pengalaman nol sama sja… persolalan dalam masyarakat tu tidak melihat gelar tpi mampu tidak …? artinya gelar tu hanya satu persyaratan admnistrasi persaingan aturan krna dmata masyarakat mereka tdk melihat gelar tpi pendidikanx …..

    1. Angelika says:

      Super jazzed about getting that knho-oww.

    2. Eva says:

      Cool! That’s a clever way of loikong at it!

  2. Ahmad says:

    betul…terutama di papua selatan, banyak sekali yang bergelar ST tp ndak berani pekerjaan struktur berat, tp kalo ttelnya ndak dimasukin dia marah karena dia seorang sarjana…he he he menggeeeeelikannnnn

  3. catur says:

    belajar dr org laen,,

  4. Ricko Septian Wijaya says:

    Tolong bantu sebarkan ya, mungkin banyak di antara kita yang belum tahu. salam Indonesia jaya,

    Sumber : http://ngada.org/uu11-2014.htm

    UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA
    NOMOR 11 TAHUN 2014
    TENTANG
    KEINSINYURAN

    BAB V
    PROGRAM PROFESI INSINYUR

    Pasal 7
    (1)Untuk memperoleh gelar profesi Insinyur, seseorang harus lulus dari Program Profesi Insinyur.
    (2)Syarat untuk dapat mengikuti Program Profesi Insinyur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
    a.sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik, baik lulusan perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri yang telah disetarakan; atau
    b.sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik melalui program penyetaraan.
    (3)Program Profesi Insinyur dapat diselenggarakan melalui mekanisme rekognisi pembelajaran lampau.

    Pasal 8
    (1)Program Profesi Insinyur diselenggarakan oleh perguruan tinggi bekerja sama dengan kementerian terkait, PII, dan kalangan industri dengan mengikuti standar Program Profesi Insinyur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4).
    (2)Seseorang yang telah memenuhi standar Program Profesi Insinyur, baik melalui program profesi maupun melalui mekanisme rekognisi pembelajaran lampau, serta lulus Program Profesi Insinyur berhak mendapatkan sertifikat profesi Insinyur dan dicatat oleh PII.
    (3)Ketentuan lebih lanjut mengenai Program Profesi Insinyur diatur dalam Peraturan Pemerintah.

    Pasal 9
    (1)Gelar profesi Insinyur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (1) disingkat dengan Ir. dan dicantumkan di depan nama yang berhak menyandangnya.
    (2)Gelar profesi Insinyur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh perguruan tinggi penyelenggara Program Profesi Insinyur yang bekerja sama dengan kementerian terkait dan PII.

  5. Afret Nobel says:

    Kita ganti gelar menjadi SS. Sarjana Sipil

  6. Maribel says:

    salam kenal.nama saya tegar dari jakarta, saya sudah monwednload tinyxp beast edition 120mb dr rapidshare, formatnya iso, pertanyaan saya bagaimana cara installasi (clean install) nya?apakah bisa dari dos seperti xp2 biasa?, saya minta tolong pencerahannya pak, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Leave a Reply