gedung terapung

Sebuah gedung dapat terapung dengan baik diatas permukaan air laut, selain dapat terapung gedung yang menjulang tinggi tersebut juga dapat menghasilkan air minum secara mandiri mengingat daerah laut adalah lokasi yang jauh dari sumber air tawar yang dapat diminum, gedung tersebut dapat bergerak ke belahan laut manapun dimuka bumi ( asal tidak terhalang pulau icon smile Gedung terapung ), begitulah gambaran sebuah design gedung yang dapat terapung diatas laut.

Walaupun Water Building Resort yang didisain oleh Deurrutia masih sebatas konsep tetapi disain dan teknologi yang ada pasti membuat kita berdecak kagum dan bukannya tidak mungkin bangunan seperti ini akan segera hadir di muka bumi.

Dengan mengambil bentuk seperti sebuah tetesan air (water droplet), gedung ini bukan saja dapat menghasilkan sumber energi sendiri melalui panel surya yang ada tetapi juga bisa menghasilkan air.

Untuk memenuhi kebutuhan listriknya, di bagian sisi Selatan, dinding lapisan luar dipasang panel surya (glass photovoltaic) yang bisa menghasilkan energi listrik untuk kebutuhan listrik di gedung ini.

Bagian Utara dibangun sebuah dinding berbentuk kisi-kisi (kattice) untuk “mengangkap” udara dan mengubahnya menjadi air bersih. Teknologi pengubahan udara menjadi air ini menggunakan teknologi TeexMicron.

coba kita lihat penampakan gedung ini, cantik sekali bukan mirip sebuah tetesan air yang hendak membuyar dilautan lepas icon smile Gedung terapung

 

Kebutuhan air bersih untuk gedung ini didapat dari 3 sumber yaitu udara, menyaring air laut dan menampung air hujan (rain harvesting).

Konsep Water Building Resort ini sendiri bisa digunakan untuk hotel, restoran, aquarium raksasa yang terletak di bagian dasar, ruang pamer (exhibition hall) dan lainnya.

jika pada bangunan bertingkat mempunyai bassement yang terletak didalam tanah, bagaimana dengan gedung terapung ini, basement juga dapat dibuat yang lokasinya didalam air laut, hal ini sekaligus berfungsi sebagai pelampung gedung.

 

 

Detail bagian-bagian gedung terapung

 

pembagian fungsi dari tiap-tiap lantai gedung terapung tersebut seperti gambar ini

 

Kapan dan dimana bangunan seperti ini dibangun, jawabanya baru sebatas konsep ( sermoga indonesia sebagai negara laut terbesar adalah yang pertama membangun icon smile Gedung terapung ), semoga dapat menjadi inspirasi desain bangunan terapung.

sumber: inhabitat.com

2 Comments

  1. yonas 17 April 2011
  2. sugito 23 November 2011

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.