Gedung Sarinah adalah etalase budaya dan produk indonesia yang menggambarkan nusantara

Gedung Sarinah adalah etalase budaya dan produk indonesia yang menggambarkan nusantara. Begitulah ide awal dari presiden pertama indonesia ir soekarno ketika berniat membangun gedung ini. dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan tahun 1967. Kata sarinah diambil dari nama pengasuh bapak soekarno ketika masih kecil.

Ketika ada tamu dari luar negeri yang ingin melihat bagaimana indonesia, maka muncul pertanyaan dimanakah mereka bisa diajak jalan-jalan yang disitu bisa terlihat wajah indonesia, dari mulai deretan produk dalam negeri seperti batik, kerajinan tangan, souvenir serta yang lainya.

Sambil berjalan-jalan mereka bisa sambil mendengarkan musik khas nusantara dari berbagai daerah seperti gamelan, gending, keroncong, atau yang lainya. Kalaupun ada cafe maka hiburan panggung yang ada disitu adalah pentas budaya indonesia entah itu wayang kulit, tarian adat, atau yang lainya.

Sekilas tentang gedung sarinah

  1. Dibangun oleh presiden soekarno pada tahun 1963, diresmikan pada tahun 1967.
  2. Merupakan gedung pencakar langit pertama di indonesia dengan ketinggian 74m.
  3. Merupakan mal atau departemen store pertama di indonesia, juga pertama di asia tenggara pada saat itu.
  4. Nama sarinah diambil dari nama pengasuh presiden soekarno.
  5. Memiliki semboyan “pintu indonesia” atau “the window of indonesia”.

Perjalanan sejarah gedung sarinah

  • 17 agustus 1962- mulai dibangun.
  • 15 agustus 1966 – Gedung sarinah MH thamrin jakarta mulai beroperasi.
  • 10 april 1979- PT. departemen strore indonesia berubah nama menjadi PT. Sarinah.
  • 1980- Berekspansi dengan membuka cabang di semarang.
  • 1990 – dilakukan renovasi gedung di MH thamrin jakarta pusat.
  • 2019- dilakukan pengembangan usaha dengan mengekspor produk sarinah ke luar negeri.
  • 2020- dilakukan revitalisasi gedung sarinah.

 

Namun dalam perjalananya, gedung sarinah ternyata beralih fungsi keluar dari tujuan awal. Hal ini bisa dilihat dengan adanya beberapa gerai yang justru menggambarkan luar negeri. Bisa dibilang indonesia kehilangan sebagian wajahnya digedung sarinah.

gedung sarinah di jakarta pusat

gedung sarinah di jakarta pusat

Namun kabar baiknya presiden indonesia ketujuh peduli dengan hal ini, yaitu bapak ir joko widodo yang menginginkan agar gedung sarinah di renovasi untuk dikembalikan ke tujuan awalnya. ini dibuktikan dengan adanya acara penutupan secara permanen gerai Mc donald sarinah pada tanggal 10 mei 2020 jam 22.00 WIB.

ini bukanlah sesuatu hal yang mudah meningngat gerai Mc donald ini tergolong bersejarah bagi mereka dan mungkin juga sebagian dari kita, karena ini merupakan cabang pertama yang dibuka di indonesia dan sudah beroperasi selama puluhan tahun lamanya. Bukanya kita tidak suka dengan MC donald, kita ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas jasanya selama ini, dan kita doakan semoga mendapat tempat terbaik di lokasi lainya, karena bagaimanapun juga telah ada banyak kenangan yang membekas dari gerai ini.

Beginilah gambar konsep desain renovasi gedung sarinah yang baru berdasarkan informasi dari website koran media indonesia.

gambar konsep renovasi gedung sarinah jakarta 2020

gambar konsep renovasi gedung sarinah jakarta 2020, sumber gambar : https://mediaindonesia.com/read/detail/311503-sarinah-menuju-etalase-umkm-moderen

Selanjutnya gedung sarinah yang tingginya 74 meter dengan 15 lantai ini akan dilakukan renovasi, disulap kembali menjadi etalase modern UMKM indonesia. Ada perubahan strategi bisnis besar-besaran dari PT. Sarinah (persero) yang ingin mengembalikan gedung ini ke cita-cita awalnya.

 

Semoga kelak anak cucu kita bisa dengan mudah melihat gerai kopi nusantara, sate kambing madura, nasi goreng, lumpia semarang, empek-empek palembang, dan berbagai produk serta makanan khas daerah lainya di gedung sarinah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.