gaji lulusan teknik sipil

Gaji lulusan sarjana teknik sipil

Penasaran berapa sebenarnya pasaran atau standar gaji sarjana teknik sipil? jumlahnya bervariasi tergantung dimana tempat bekerja dan jabatan apa yang sedang dipegang, pekerjaan dengan beban tanggung jawab lebih kecil atau besar pastinya akan mendapatkan penghasilan yang sepadan, misalnya seorang drafter yang bertugas menggambar bangunan akan mendapatkan gaji yang lebih kecil dari site manager, o.k beginilah penjelasan lengkapnya semoga berguna.

 

Gaji lulusan sarjana teknik sipil berdasarkan jabatan pekerjaan

  • Drafter = Rp.5.000.000,-/bulan
  • Pelaksana Proyek = Rp.7.000.000,-/bulan
  • Surveyor / Uitzet = Rp.7.000.000,-/bulan
  • Quality Qontrol = Rp.10.000.000,-/bulan
  • Quantity Surveyor = Rp.10.000.000,-/bulan
  • Site Manager = Rp.15.000.000,-/bulan
  • Project Manager = Rp.20.000.000,-/bulan
  • General Manager = Rp.30.000.000,-/bulan
  • Direktur Kontraktor = Rp.40.000.000,-/bulan
  • Perencana Struktur = Rp.7.000.000,-/bulan
  • Direktur konsultan perencana = Rp.30.000.000,-/bulan
  • Pengawas proyek / management konstruksi = Rp.7.000.000,-/bulan

Jumlah tersebut hanyalah rata-rata, jadi bisa kurang atau lebih tergantung kebijakan masing-masing perusahaan, ingat bahwa yang namanya penghasilan itu tidak hanya berupa uang. ada juga yang berwujud bertambahnya ilmu, jaringan pertemanan, dan pengalaman kerja.

gaji lulusan teknik sipil

gaji lulusan teknik sipil

Fasilitas kerja lulusan teknik sipil

Ada beberapa fasilitas yang seringkali diberikan, misalnya mes karyawan, wujudnya bisa berupa rumah bedeng atau kontrakan untuk digunakan sebagai tempat tinggal selama mendapat tugas dari perusahaan, jika ditugaskan di proyek maka ada makan gratis pada siang dan sore hari, kalau malam dan pagi juga terkadang disediakan makan gratis apabila sedang lembur, ada juga segelas kopi atau teh yang disiapkan oleh office boy proyek. Baju seragam juga dikasih gratisan jadi tidak perlu dipikirkan. fasilitas mobil dinas juga terkadang diberikan untuk jabatan selevel manager keatas.

Bonus kerja lulusan teknik sipil

Sebagai gambaran jika kita alumni teknik sipil dan bekerja di kontraktor BUMN indonesia, maka selain gaji bulanan juga ada uang lembur atau transport yang rata-rata diberikan ditengah bulan, besarnya sekitar 30%-50% kali gaji, Selain itu juga ada bonus-bonus dari perusahaan, sebut saja ada uang tabungan hari raya (THR), bonus tahunan untuk dana pendidikan anak, didaftarkan asuransi BPJS kesehatan, juga jamsostek yang sudah berubah menjadi BPJS ketenagakerjaan, dana BPJS ketenagakerjaan tersebut bisa diambil apabila terkena PHK, mengundurkan diri alias resign, atau sudah saatnya pensiun.

 

Begitulah gambaran tentang gaji sarjana teknik sipil beserta gambaran fasilitas penunjang berikut bonus yang kemungkinan besar diberikan oleh perusahaan apabila kita bekerja di dunia konstruksi bangunan, semoga bisa memberikan gambaran 🙂

2 Comments
  1. 2 months ago
    ade

    rada ngakak sih, engineer bisa < dari qc ama qs. salam blog :p architecturecivil .com

    Reply
  2. 1 month ago
    adriannumeiri

    kalo gaji jabatan estimator berapa min?

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*