Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Fungsi ilmu dalam kehidupan

Fungsi ilmu dalam kehidupan memang sangat penting karena dengan ilmu pengetahuan maka hidup menjadi mudah, contoh nyatanya adalah seringkali kita mendengar cerita tentang seseorang yang mendapatkan harta banyak secara mendadak namun karena tidak mempunyai ilmu yang cukup dalam mengelolalanya maka secara cepat harta tersebut habis entah kemana, sebaliknya seseorang dari keluarga miskin dengan semangat mencari ilmu tinggi maka besar kemungkinan dikemudian hari akan mendapatkan harta berlimpah ketika sudah mempraktekan ilmunya. begitulah gambaran tentang arti pentingnya sebuah ilmu sehingga kita diwajibkan untuk mencari ilmu sejak lahir sampai masuk ke liang kubur, namun tujuan akhir hidup kita sebenarnya tentu bukanlah untuk mencari ilmu maupun harta tapi bagaimana mempergunakan segala fasiltas kehidupan yang ada untuk kelancaran ibadah sehingga dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun sesama. berikut ini beberapa hal tentang arti penting sebuah ilmu.

  1. Ilmu merupakan sesuatu yang sangat berharga, tidak berat dalam membawanya serta akan terus bertambah apabila diajarkan atau diamalkan.
  2. Dalam berkata-kata dan beramal harus menggunakan ilmu yang cukup tentang tindakan tersebut sehingga tidak menimbulkan kesalahan. orang yang beramal tanpa menggunakan ilmu bisa diibaratkan sedang berjalan pada arah yang tidak jelas sehingga kemungkinan besar akan tersesat entah kemana.
  3. Ilmu adalah alat untuk menuju hidup bahagia, sudah kita ketahui sebelumnya bahwa tubuh manusia selain terdiri dari jasmani juga ada rohani, jika jasmani membutuhkan makan minum maka rohani kita juga membutuhkan ilmu.
  4. Ilmu ibarat sebuah cahaya yang menerangi kita dari kegelapan, bisa dibayangkan apabila cahaya itu padam maka pandangan kita menjadi gelap tanpa penerangan dalam melakukan aktifitas.
  5. Untuk menjadi bahan pengetahuan dalam menciptakan suatu barang atau produk yang dapat memudahkan aktifitas kehidupan manusia.
  6. Untuk menganalisa dan memperkirakan hubungan sebab akibat pada setiap kejadian sehingga bisa memutuskan untuk dapat menempuh langkah terbaik.
  7. Ilmu juga digunakan oleh seorang guru sebagai pedoman dan bahan dalam mengajarkan ilmunya kepada orang lain.
  8. Sebagai pedoman dalam membedakan mana yang baik dan jelek.

 

ilmu teknik informatika

Mengingat pentingnya fungsi ilmu dalam kehidupan maka sangat disayangkan apabila kita temukan siswa yang belajar pada bangku sekolah atau kampus hanya sekedar ingin mendapatkan gelar pendidikan atau  ijazah saja, bahkan pernah kita dengar lembaga sekolah bukanya fokus bagaimana memberikan ilmu kepada siswa namun hanya memikirkan bagaimana agar siswanya bisa lulus 100% saat ujian nasional akhir masa sekolah :-)

  1. Investasi ilmu itu jauh lebih menguntungkan dibanding harta
  2. Kemampuan meramal masa depan di dunia proyek
  3. Murid lebih pintar dari Guru
  4. Cara kaya meskipun tanpa harta
  5. Analisa pengaruh rajin shalat terhadap proyek pembangunan
  6. Cara agar ilmu yang kita kuasai tidak cepat hilang
  7. Manfaat Membaca untuk Kita
  8. Macam macam filosofi pada bangunan
  9. Pengertian ilmu bangunan adalah
  10. Menjual waktu dan kesehatan untuk uang
  11. Tujuan mencari ilmu
  12. Merasa paling pintar adalah tanda-tanda kebodohan
  13. Rajin pangkal bodoh atau pandai
  14. Menerjemahkan alam semesta kedalam bahasa manusia
  15. Pelajaran di bangku sekolah ketinggalan zaman?
  16. Manfaat mengerjakan PR dan alasan tidak membuat pekerjaan rumah
  17. Dengan ilmu maka hidup menjadi mudah
  18. ilmu yang banyak dicari di internet
  19. Carilah ilmu dan harta agar kamu bisa memimpin

2 Responses to “Fungsi ilmu dalam kehidupan”

  1. yunus says:

    mantap gan
    jasmanni dan rohani emang harus kita jaga dan kita gerakkan gerakan yang baik dan benar

  2. wahyu nugraha says:

    Thank’s..

    Smoga aku menjadi sperti yang ada dalam kata-kata itu dan bener banget kalau ilmu itu smakin dibagi makan akan smakin bertambah.

Leave a Reply

Current ye@r *