DraftSight software alternatif Autocad untuk menggambar

Saya mau berbagi info sekaligus pengalaman menggunakan DraftSight software alternatif Autocad untuk menggambar yang 100% free alias gratis. ada juga versi profesional dengan harga lisensi Rp.1.454.298,- untuk subcription selama 12 bulan atau setahun, bisa juga memakai sistem beli sekali untuk selamanya (one time purchase) seharga Rp.4.392.274 menurut info di web resminya 3ds.com yang saya akses pada tanggal 05 oktober 2017. ini bisa menjadi alternatif bagi yang suka gratisan atau hanya ingin mengeluarkan biaya yang lebih rendah daripada memakai software mahal tapi bajakan yang belum tentu terjamin halal atau haramnya. tapi ada juga lho versi autocad yang gratis yaitu student version yang bisa di download di website resmi autodeks. berikut penjelasanya lebih lanjut tentang DraftSight.

 

Tampilan software DraftSight 2017

draftsight software alternatif autocad

draftsight software alternatif autocad

Pada layar tersebut bisa kita lihat bahwa tampilanya sangat mirip dengan autocad mode classic ada juga pilihan tampilan yang modern, tapi saya sudah terlanjur terbiasa pakai yang classic, untuk perintah command secara umum sama peris, seperti perintah line untuk menggambar garis, circle untuk lingkaran serta yang lainya. memang ada sedikit perbedaan kecil tapi itu masih bisa dicoba dan dipelajari. jadi saya rasa tidak masalah dalam menggunakanya untuk yang sudah terbiasa memakai Autocad.

Link download software Draftsight 2017

Kita bisa berkunjung ke website resminya dengan alamat 3ds.com untuk melihat informasi fitur, promo harga versi profesional serta yang lainya di halaman download = https://www.3ds.com/products-services/draftsight-cad-software/free-download/

Kelebihan dan kekurangan Draftsight dibanding Autocad

  • Baru bisa untuk gambar 2D, berbeda dengan autocad yang sudah support gambar 3 dimensi, tapi tenang saja karena kita bisa memakai software 3d open source seperti blender, google sketchup, dan yang lainya untuk melengkapi kekurangan tersebut.
  • Ada beberapa fitur/tombol DraftSight yang tidak tersedia pada versi gratisan free, jadi kalau mau komplit perlu upgrade ke yang versi pro dengan biaya $99. Namun jika ingin memakai yang versi free tanpa tombol serta fitur tersebut juga sudah bisa berfungsi dan dapat digunakan untuk menggambar dengan baik.
  • kelebihanya yaitu gratis atau lebih murah dibanding autocad yang harga lisensi versi komersial untuk produk keluaran tahun terbarunya bisa mencapai 40juta rupiah.

 

Demikian sekilas info mengenai DraftSight software alternatif Autocad untuk menggambar teknik, bangunan, rumah serta yang lainya. oh, ya.. ada juga beberapa software alternatif lainya seperti nanocad, freecad, librecad, dan lainya dengan berbagai kekurangan serta kelebihan masing-masing, penjelasanya bisa dibaca di 10 software alternatif pengganti autocad

Leave a Reply