Di desa belum ada sinyal internet

Banyak pekerja yang bekerja dalam perantauan di kota-kota besar menyebar seluruh indonesia kemudian pada saat lebaran melakukan perjalanan pulang kampung yang biasa disebut dengan arus mudik, selama di kota mungkin sinyal internet melimpah sehingga kegiatan browsing entah itu mencari ilmu pengetahuan baru, mencari obat rasa penasaran atas suatu pertanyaan atau sekedar bermain game. kegiatan tersebut memberi keasyikan tersendiri sehingga berharap tetap dapat menggunakan internet selama mudik. namun permasalahanya adalah ketika pulang kampung ternyata di desa belum ada sinyal intenet karena kita tahu bahwa belum semua wilayah terjangkau oleh teknologi informasi ini, sinyal mungkin ada namun bisa jadi peralatan untuk menangkapnya belum tentu tersedia. lalu bagaimana menghadapi situasi ini? masing-masing tentu punya strategi untuk mendapatkan sinyal internet di desa tercinta.

 

Bagi kontraktor atau konsultan arsitektur, internet juga berfungsi untuk mencari dan melayani pelanggan secara online. selama mudik lebaran tentu pengusaha bangunan berharap masih dapat memberikan pelayanan meskipun berada di kampung halaman, jadi meskipun berada di desa namun tetap berharap untuk mendapatkan sinyal internet untuk keberlangsungan usaha.

 

Cara mencari sinyal internet di desa

  1. Hidup di desa itu rasa kekeluargaan dan kebersamaan warga besar, rumah tidak diberi pagar tinggi dengan penjagaan ketat seperti rumah elit di kota-kota itu. jadi kalaupun tidak ada sinyal internet dirumah sendiri maka masih bisa mencari tempat lain dengan menumpang di rumah tetangga.
  2. Mencoba-coba lokasi yang ada sinyalnya dan mengingat pada titik mana terdapat sinyal internet paling kuat, lalu menggunakan laptop yang baterainya sudah di ces penuh kemudian duduk rapi dilokasi yang banyak internet tersebut, kalau perlu bikin bangunan pos kamling sebagai tempat berkumpul bersama.
  3. Lapor kepada call center semua operator telpon agar didirikan menara BTS di desa atau bangunan penangkap sinyal apapun itu, nah.. jika sudah ada operator menyediakan fasilitas lalu giliran kita membeli nomor HP dan modem dengan merek yang disediakan operator internet tersebut.
  4. Kementrian informasi dan informatika dahulu Depkominfo ternyata telah menyediakan mobil internet keliling dengan membawa beberapa unit perangkat komputer yang siap digunakan untuk ber internet ria secara gratis. namun tentu tidak setiap saat kita bisa menemuinya dan menunggu giliran jatah kedatangan mobil internet.
  5. Tidak ada salahnya kita kreatif dan berinovasi agar bagaimana caranya sinyal internet ada di desa kita, sebelumnya kita sudah tahu bahwa rekan-rekan kita ada yang mencoba membuat antena modem wajan bolic sebagai penangkap sinyal internet, lanhkah lain tentu masih banyak.

 

Bagaimana kondisi di desamu, apakah ada sinya internet? jika tidak ada atau sinyak kecil maka apa langkah yang engkau lakukan untuk mencari sinyal internet? mari bercerita disini tentang upaya mencari sinyal internet barangkali berguna bagi teman-teman kita yang sedang mencari tips mengatasi tinggal di desa yang belum ada sinyal internet 🙂

3 Comments

  1. mardianah 3 October 2012
    • erwin 26 November 2012
  2. Iwan Ganteng 6 April 2013

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.