Desain tiang lampu pinggir jalan depan rumah

Jalan yang terang akan mendukung kenyamanan dalam berlalu lintas, untuk itu banyak kita lihat adanya lampu penerangan disepanjang jalan, ukuran dan desainya bervariasi menyesuaikan kebutuhan dan nilai arsitektur yang ingin ditonjolkan, pada jalan besar seperti jalur pantura jakarta surabaya rata-rata memakai lampu jalan ukuran besar, sedangkan desain tiang lampu pinggir jalan depan rumah cukup berukuran kecil saja.

Contoh foto tiang lampu pinggir jalan depan rumah

desain tiang lampu jalan

desain tiang lampu jalan

Pada foto tersebut bisa kita lihat sebuah desain tiang lampu sederhana dari bahan pipa besi dicat warna putih, pada ujung atas tiang besinya dibuat melengkung sebagai variasi desain. memakai kap lampu besi warna hijau, fitting lampu jalan dan lampu TL spiral, jika kita perhatikan ukuran lampunya diperkirakan memakai yang 42 watt. pondasinya cukup sederhana saja, tanah digali kurang lebih sedalam 1 meter, lalu tiangnya ditancapkan kemudian dilakukan pengecoran menggunakan adukan beton. kabelnya bisa memakai yang sistem tanam ditanah biar kelihatan rapi, tapi kalau takut membahayakan jika memakai kabel tanam maka bisa memakai kabel luar yang berwarna hitam, seperti kabel yang sering dipakai PLN untuk menyalurkan dari tiang listrik ke rumah-rumah.

Beberapa pertimbangan dalam membangun lampu penerangan jalan

  1. Tinggi tiang menyesuaikan jenis jalan, untuk jalan kecil cukup 3 sampai dengan 4m, sedangkan jalan nasional bisa dibuat tinggi 10m.
  2. Terangnya cahaya disesuaikan kebutuhan, kalau terlalu redup jadinya kurang bagus, tapi kalau terlalu terang juga menyilaukan pengguna jalan.
  3. Kekuatan struktur tiang, pondasinya dibuat kuat, tiangnya juga disesuaikan dengan berat lampu sehingga aman dari kemungkinan roboh akibat beban sendiri, angin atau gempa.

Macam-macam jenis material yang bisa dipakai untuk tiang lampu jalan antara lain.

  1. Besi black steel / stainless stell.
  2. Hollow.
  3. Baja.
  4. Pipa PVC.
  5. Beton bertulang.
  6. Kayu.
  7. Baja ringan.
  8. Pohon.

selain daftar material diatas, kita juga bisa melakukan berbagai inovasi dengan memanfaatkan material yang ada disekitar sehingga bisa membuat desain lampu jalan terbaik, terunik, terindah  dengan intensitas penerangan cahaya sesuai dengan keperluan 🙂

Leave a Reply