Desain Sebelum dan Sesudah Trotoar Jalan Sudirman Thamrin Jakarta

Pada tahun 2018 pemerintah indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian Games yang dialokasikan pelaksanaanya di kota Jakarta dan Palembang, disitu akan ada banyak tamu dari berbagai negara entah itu para atlit olahraga maupun manajemen yang menyertainya. Untuk itu indonesia melakukan pembenahan infrastruktur untuk memfasilitasi serta memberikan layanan terbaik kepada para tamu. Tidak hanya sarana olahraga yang dibangun, namun jalan thamrin-sudirman yang dipakai untuk menuju tempat pertandingan juga direnovasi sebaik mungkin, hal itu karena pemandangan di sepanjang jalan tersebut diyakini bisa menggambarkan sebagian wajah wajah dari indonesia. Penasaran bagaimana bentuknya? tenang saja, karena disini kita berikan informasi mengenai desain sebelum dan sesudah trotoar jalan sudirman thamrin jakarta indonesia.

Gambar desain jalan thamrin – sudirman sebelum dan sesudah penataan

desain trotoar jalan sudirman

desain trotoar jalan sudirman

Jika melihat desain tersebut, maka bisa kita lihat akan adanya beberapa perubahan yang dilakukan, jika kita perhatikan dari sebelah kiri ke kanan, perubahanya yaitu

  1. jalur pejalan kaki dicat ulang, dari yang sebelumnya berwarna merah dirubah menjadi hitam putih berseling, posisi pohon dirubah dari yang sebelumnya dipinggir menjadi ditengah.
  2. Kanstin pada jalur pejalan kaki dirubah, dari yang sebelumnya menurun karena berbatasan dengan jalan menjadi naik karena berbatasan dengan taman yang elevasinya lebih tinggi.
  3. Pengalihan fungsi sebagian jalur yang sebelumnya khusus untuk kendaraan sepeda motor roda dua, sebagian dipakai untuk jalur fasilitas umum, sebagian lainya untuk jalur bus reguler dan sepeda motor yang lebarnya ditambah dengan mempersempit jalur taman disebelah kananya.
  4. Jalur taman pembatas antara jalur sepeda motor dan mobil dipersempit, disitu tidak ada lagi pohon besar. hanya rumput atau tanaman kecil saja.
  5. Jalur kendaraan roda empat diperlebar dengan mempersempit taman yang berbatasan dengan jalur motor.
  6. Jalur trans jakarta tetap seperti apa adanya tanpa perubahan.
  7. Median jalan ditengah lebarnya tetap, hanya saja ada penambahan pohon atau tanaman hias.
  8. Untuk jalan disebelah kanan perubahanya sama seperti apa yang kita uraikan pada jalan sebelah kiri.

Dari perubahan tersebut bisa kita lihat akan adanya beberapa keuntungan setelah dilakukan penataan.

  1. sepeda motor akan kesulitan untuk masuk ke jalur pejalan kaki karena terhalang oleh fasilitas umum, hal ini akan membuat para pejalan kaki aman dari motor yang menerobos.
  2. Adanya jalur fasilitas umum entah itu tiang pln, instalasi kabel, halte bus. ini akan membuat jalan lebih tertata rapi.
  3. Jalur fasilitas umum juga bisa difungsikan sebagai tempat pedagang kali lima, hal ini bisa menjadi solusi untuk penataan PKL dibeberapa lokasi lain yang menimbulkan kemacetan.
  4. Jalur mobil menjadi lebih lebar sehingga perjalanan lebih aman dari kemacetan.

 

Begitulah gambaran mengenai desain sebelum dan sesudah trotoar jalan Sudirman Thamrin Jakarta, semoga dengan adanya penataan tersebut maka kota jakarta bisa menjadi lebih baik, jika itu bagus maka akan menjadi percontohan untuk daerah lainya sehingga diharapkan seluruh jalan di indonesia bisa tertata rapi serta bersungsi dengan baik.

Leave a Reply