desain rumah bambu

Kandang ayam jadi restauran! mungkinkah? iniliah trend yang sedang terjadi πŸ™‚ Rumah bambu akhir-akhir ini seakan mengikuti arus urbanisasi masyarakat dari desa ke kota πŸ™‚ , rumah bambu yang tadinya hanya dapat ditemui didaerah pedesaan kini sudah menjelma sebagai suatu desain rumah yang banyak diminati, sehingga berbagai macam desain rumah bambu bermunculan dalam bentuk berbagai macam jenis bangunan seperti kafe, restaurant, arena rekreasi dll.

 

Desain rumah bambu memang dapat memberikan kesan natural dan alami ditambah lagi rasa kerinduan warga kota pada kampung halamanya yang sering menjumpai rumah bambu menjadi alasan tersendiri untuk mencari restaurant yang bergaya tradisional sebagai alternatif pemenuhan rasaΒ  tradisional dengan bangunan yangΒ  menggunakan berbagai bahan bangunan natural seperti bambu.

 

Berbagai macam jenis bambu juga dapat menjadi pilihan untuk digunakan menyesuaikan teksture bambu yang disukai apakah coklat tua, hijau atau kuning semua dapat dipilih dengan cara memilih jenis bambu yang sesuai dengan keinginan πŸ™‚

 

contoh desain rumah bambu dari : ib-bloggercompetition.kompasiana.com

desain rumah bambu

 

Biaya pembangunan rumah bambu tergolong murah serta mudah dalam perawataanya, namun perlu dilakukan upaya-upaya khusus agar desain rumah bambu yang akan dibangun nantinya dapat selesai dengan kualitas yang bagus serta tahan lama, berikut ini beberapa tips barangkali berguna:

 

Tips desain rumah bambu

  • Sebelum membuat desain sebaiknya cek terlebih dahulu diameter bambu yang tersedia, agar pada saat pembangunan berlangsung tidak terjadi kesulitan dalam pencarian bahan saat pembangunan.
  • Bambu yang akan dibangun harus dilakukan upaya-upaya pengawetan terlebih dahulu seperti dengan cara perendaman maupun pengolesan bahan kimia yang berfungsi mengawetkan bambu serta mencegah hewan yang dapat merusak konstruksi bambu.
  • Sesuaikan desain rumah bambu dengan kondisi alam atau lingkungan sekitarnya agar bangunan yang akan dibangun nantinya mampu menyatu dengan alam sekitar sehingga menambah keunikan tersendiri.
  • Rumah bambu dapat dipadukan dengan menggunakan berbagai macam material alami seperti batu alam, atap rumbia, atap genteng.
  • Tambahkan taman disekitar rumah bambu seperti kolam ikan yang dipadukan dengan pohon-pohon hijau serta air yang mengucur sehingga tercipta suasana adem πŸ™‚
  • Gunakan warna cat yang tidak merusak warna asli bambu, seperti plamir atau cat transparan sehingga mampu menonjolkan teksture aslinya.
  • Perawatan biasanya merupakan pekerjaan yang membosankan dari pada membuat namun dalam hal desain rumah bambu ini sebaiknya perawatan dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu baik dari segi kebersihan, kerusakan,pengecatan maupun pencegahan dari hewan yang dapat merusak rumah bambu.

Demikian sekilas uraian tentang desain rumah bambu yang unik dan asyik πŸ™‚ , selamat menciptakan variasi desain rumah bambu sesuai kreatifitas masing-masing πŸ™‚

3 Comments

  1. sirayuddin.l.hursan 10 May 2012
  2. Eri 16 September 2012
  3. tri yulianto 24 October 2014

Leave a Reply