Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Desain Ruang kerja

Ruang kerja merupakan tempat atau ruangan yang digunakan untuk bekerja. Kenyamanan ruang kerja adalah hal utama yang harus diperhatikan. Bila suatu tempat mampu memberikan kenyamanan, maka seseorang akan sangat betah untuk berlama-lama di ruangan tersebut. Hal ini juga akan mendukung mood baik untuk bekerja.

Syarat utama suatu ruangan nyaman untuk ditempati adalah ruangan tersebut merupakan ruangan yang sehat. Maksudnya ruang tersebut harus memiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup (terang), tata letak yang teratur, dan warna yang nyaman untuk dipandang. Nah, untuk menciptakan suatu ruangan yang sempurna seperti yang diharapkan oleh pengguna ruang, maka sebuah ruangan perlu direncanakan pendesain interiornya.

  • Sirkulasi udara yang baik.

Sebuah ruang kerja yang memiliki sirkulasi artinya ruangan tersebut tidak pengap, bebas terhadap aroma tidak sedap, dan udara dari luar dapat masuk kedalam ruangan.

  • Pencahayaan yang cukup.

Ruangan yang pencahayaannya cukup maksudnya ruangan mendapat sinar yang baik pada siang maupun malam hari. Sebaiknya ruangan kerja memiliki jendela yang besar dan banyak, dan pencahayaan lampu yang terang (bila ruangan tersebut juga digunakan pada malam hari).

  • Tata letak yang teratur

Didalam ruang kerja tentunya terdapat banyak perabotan-perabotan, seperti kursi, meja, rak, dan perabotan lainnya. Perabotan yang digunakan sebainya berwarna cerah dan lembut. Letakkan perabotan-perabotan tersebut dengan sesuai dan tidak menghalangi anda bergerak didalam ruangan.

  • Warna

Warna yang membuat seseorang merasa nyaman tentu saja berbeda-beda. Gunakan warna dengan sentuhan lembut yang bercampur dengan warna dasar putih. Sehingga memberikan kesan simpel dan santai saat anda berada dalam ruangan tersebut.

Menciptakan ruangan yang sesuai dengan imajinasi tentu saja sangat melelahkan. Untuk mengatasi hal tersebut, hubungi arsitek yang anda percayai untuk menangani hal ini. Semoga bermanfaat.

oleh: Juliana Frisaini

  1. Membuat desain dapur bersih minimalis
  2. Cara menghitung kebutuhan keramik
  3. Berbagai Motif Keramik Untuk gambar 3 dimensi
  4. mengenal bagian ruang rumah
  5. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  6. Pekerjaan dinding keramik

3 Responses to “Desain Ruang kerja”

  1. rianto says:

    mungkin beberapa poin agak kurang dalam Mas, dari pencahayaan mungkin akan lebih baik jika di identifikasi kebutuhan pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. sementara tata letak ruangan perlu di ungkap kan keterkaitan antara ilmu antropometri.

  2. najip says:

    kalau bisa kasih tahu cara perhitungan untuk pembuatan Temb

  3. Nick says:

    orang membuka usaha mekrea dari yang kecil sampai besar. Kita membahasa usaha kecil. Usaha kecil memang penuh dengan keterbatasan. Salah satu keterbatasan yang signifikan adalah dalam urusan

Leave a Reply