reklamasi pantai

Dampak proyek reklamasi pantai utara jakarta keuntungan dan kerugian

Kali ini kita coba buat daftar dampak proyek reklamasi pantai utara jakarta keuntungan dan kerugian, disini kita melihat dari sudut pandang netral, bukan karena politik untuk mendukung atau menolak, tapi kita lihat dari sudut pandang ilmiah sesuai khasanah ilmu pengetahuan yang kita tahu. o.k langsung saja beginilah untung rugi reklamasi teluk jakarta.

reklamasi pantai

reklamasi pantai

Keuntungan dari proyek reklamasi pantai utara jakarta

  1. Menambah luas daratan kota Jakarta, pulau baru tersebut bisa diisi dengan bangunan-bangunan baru yang bisa difungsikan untuk pemukiman, perkantoran, atau kegiatan-kegiatan lainya.
  2. Sebagai dinding pelindung daratan jakarta yang sebagian ketinggianya sudah rata atau bahkan dibawah permukaan air laut ketika terjadi pasang surut.
  3. Sebagai alat untuk menambah pendapatan ekonomi bagi pemerintah daerah kota jakarta.
  4. Menciptakan lapangan kerja baru, karena proses reklamasi sampai dengan pengoperasionalanya  membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit.
  5. Sebagai bangunan pemecah gelombang sehingga dapat mengurangi erosi atau abrasi pantai jakarta.
  6. Sebagai ikon baru negara indonesia, negara maritim yang sudah berhasil memanfaatkan laut secara  maksimal.

Kerugian dari proyek reklamasi pantai utara jakarta

  1. pulau buatan hasil reklamasi akan mengambil alih ruang yang tadinya diisi oleh air laut, akibatnya permukaan laut menjadi naik sehingga berpotensi menenggelamkan daratan didaerah lain yang rendah,
  2. Air asin laut semakin masuk mengisi sungai-sungai didaratan sehingga berpotensi mengganggu ekosistem yang tidak tahan terhadap air asin. sungai-sungai tersebut bisa semakin tinggi permukaan airnya.
  3. Merubah budaya hidup dan pekerjaan nelayan disepanjang pantai tersebut dalam mencari ikan dilaut.
  4. Mengganggu keberadaan kehidupan laut di area reklamasi, seperti pepohonan, terumbu karang, ikan-ikan, juga aktifitas manusia yang terkait didalamnya.
  5. Tanah atau material yang digunakan untuk mengurug laut akan mematikan kehidupan didalamnya yang tidak tahan terhadap air asin, entah itu cacing, tanaman, atau hewan-hewan yang turut membantu keseimbangan alam.
  6. Kota jakarta semakin padat karena adanya tambahan jumlah penduduk yang tinggal atau beraktifitas dipulau-pulau baru hasil reklamasi.

Begitulah kurang lebih dampak proyek reklamasi pantai utara jakarta dilihat dari keuntungan dan kerugianya, dampak-dampak lain tentu saja masih banyak, apapun itu pastinya sudah dipertimbangkan dengan baik oleh para pengambil kebijakan di pemeritah daerah jakarta maupun negara indonesia, apapun yang terjadi semoga itu yang terbaik.

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*