Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Daftar kesulitan dalam membuat kurva S

Dalam proses pembuatan kurva s seringkali kita menemui beberapa kesulitan sehingga tidak berhasil membuat jadwal pelaksanaan bangunan terbaik, kalau sudah begini maka proses pelaksanaan pembangunan menjadi kacau karena pedoman jadwal tidak bisa digunakan secara benar. sebelumnya kita sudah belajar Tutorial cara membuat kurva s  yang dapat dilihat disini selanjutnya kita buat list hal-hal yang mungkin menjadi kendala dalam membuatnya.

 

 

Daftar kesulitan dalam membuat kurva S

  1. Pembuatan dengan cara manual memerlukan waktu yang cukup lama dan harus membuat ulang ketika ada revisi sehingga perlu menggunakan software komputer untuk mempercepat pekerjaan namun belum tentu semua dapat mengoperasikan progam pembuatan kurva s tersebut, jadi perlu belajar agar bisa.
  2. Penentuan durasi waktu kurva s membutuhkan keahlian dalam menghitung dan memperkirakan berapa lama suatu pekerjaan dapat selesai, kesalahan dalam menentukanya berarti terjadi ketidak cocokan antara pelaksanaan dengan jadwal tertulis.
  3. Ada beberapa rumus matematika yang harus dimengerti sehingga tidak mengalami kesulitan dalam membuat kurva s.
  4. Perlu ketelitian dalam mengatur perletakan waktu pekerjaan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan, sebagai koreksi dapat mengecek jumlah durasi harus sama dengan 100%.
  5. Perlu imajinasi dalam memperkirakan urutan pekerjaan sehingga tidak ada yang terbalik, misalnya dalam pekerjaan pondasi batu kali maka galian tanah harus selesai terlebih dahulu sebelum dapat mengerjakan pemasangan batu kali.
  6. perhitungan bobot kurva s dapat dihitung dengan cara membagi harga satuan pekerjaan dengan jumlah harga keseluruhan, koreksi dapat dilakukan dengan cara menghitung jumlah bobot harus 100%.
  7. Ketrampilan dalam membuat rumus perhitungan di software dapat dipelajari dengan melihat buku tutorial progam yang digunakan seperti microsoft excel atau openoffice.
  8. Dalam suatu organisasi manajemen kontraktor terdapat beberapa orang yang mempunyai kepentingan dan harapan mengenai waktu pelaksanaan pekerjaan sehingga perlu diadakan musyawarah dan penggalian sumber informasi tentang ini.
  9. Prosesntase progres pelaksanaan digunakan oleh bagian administrasi proyek untuk membuat tagihan kepada owner sebagai pemilik bangunan sehingga pembuatan prosentase kurva s perlu menyesuaikan dengan target perolehan pembayaran kontraktor.

 

Apakah hambatan yang engkau alami ketika membuat kurva S? mari berbagi disini. dan bagi yang hendak memberikan solusi maka kita terima dengan senang hati :-)

  1. Cara Memasang Lapis Resap Pengikat dan Lapis Perekat
  2. cara cor nad keramik yang baik
  3. pengertian sistem kontrak konstruksi
  4. pembangunan gedung bertingkat
  5. cara pemasangan dinding marmer sistem basah dan kering
  6. PEKERJAAN SHEAR WALL dan CORE LIFT
  7. metode pemasangan pintu besi
  8. Cara memasang tembok batu bata merah bagus
  9. PABRIKASI BEKISTING BALOK DAN PELAT LANTAI
  10. cara pasang keramik dinding
  11. Memahami Konsep Bangunan Hijau
  12. Cara pemancangan pondasi tiang pancang
  13. metode kerja kolom gedung
  14. waller beam lantai basement
  15. metode kerja pemasangan plafond
  16. Daftar kesulitan dalam membuat kurva S
  17. pabrikasi kolom beton bertulang
  18. Mengerjakan proyek bangunan saat musim hujan
  19. PEMBONGKARAN BEKISTING dan PERAWATAN KOLOM

4 Responses to “Daftar kesulitan dalam membuat kurva S”

  1. steph says:

    Saya kira permasalahan yg paling sulit adalah pada point ke.2 ttg perkiraan durasi waktu pekerjaan.. khusus nya (yg minim pengalaman) seperti saya..

    Padahal utk memaksimal kan kinerja pekerjaan, selain menjaga Mutu.. adalah waktu merupakan hal yg sgt menentukan utk mendapat kepercayaan dr yg empun nya pekerjaan/owner..

    Seandai nya tman2/senior ada yg berkenan meluangkan waktu menjawab/share ttg hal apa saja yg dpat kita gunakan utk menentukan perkiraan Durasi pekerjaan? Ato mgkin jg ada tabel yg dpat kita jd kan acuan dr sumber yg terpercaya utk perkiraan durasi tiap item pekerjaan?

    Sbelum nya saya ucapkan trima kasih.. Salam

  2. BP Yoga says:

    sebetulnya… nih, curve-S dibuat setelah time schedule.
    time schedule dibuat atas dasar kontrak waktu pelaksanaan proyek (selain harga…lho)
    ada proyek yg normalnya misal bisa dilaksanakan 8 bulan, tapi karena sesuatu hal, harus bisa diselesaikan dalam waktu 5 bulan….
    jadi kontraktor harus memperbanyak pekerjanya & modal kerjanya… gimana cara buat schedule &curve-S ????
    dari analisa harga satuan pekerjaan misalnya yg dibuat S.N.I. bisa diketahui jumlah pekerja & material yg diperlukan… dari sinilah dibuat schedule & curve-S utk percepatan pelaksanaan proyek…. contoh2 proyek Asian Games Palembang & terakhir proyek PON Pekanbaru…
    yg penting jangan jangan melaksanakan proyek dng pikiran bengkoookkk….

  3. oktri says:

    katanya dosen aku, kalo soal poin 2 itu bisa dihitung dengan volume * koefisien pekerja kemudian hasilnya dibagi dengan jumlah pekerja yang bertugas utk item pekerjaan tsb, mis: vol pkerjaan pas. batu ksong = 42.480 m2, koef. pkerja = 0,78 —-> 42.480*0,78=33,134 hari (33,134 hari ini sama dengan jumlah hari yang dibutuhkan saatu org pekerja utk mnyelesaikan pkerjaan tsb) maka utk 12 org pkerja= 33,134 / 12 = 2,76 hari, sehingga pek. pas batu kosong dgn voll. 42.480 m2 jika dikerjakan 12 org = 3 hari.

  4. fadel H. Pakpahan says:

    saya tidak mengerti membuat SURAT PELITIAN HUKUM…
    apakah anda semua ada yang tau bagaimana membuat SURAT PELITIAN HUKUM itu??

Leave a Reply

Current ye@r *