Daftar kesulitan dalam membuat kurva S

Dalam proses pembuatan kurva s seringkali kita menemui beberapa kesulitan sehingga tidak berhasil membuat jadwal pelaksanaan bangunan terbaik, kalau sudah begini maka proses pelaksanaan pembangunan menjadi kacau karena pedoman jadwal tidak bisa digunakan secara benar. sebelumnya kita sudah belajar Tutorial cara membuat kurva s  yang dapat dilihat disini selanjutnya kita buat list hal-hal yang mungkin menjadi kendala dalam membuatnya.

 

 

Daftar kesulitan dalam membuat kurva S

  1. Pembuatan dengan cara manual memerlukan waktu yang cukup lama dan harus membuat ulang ketika ada revisi sehingga perlu menggunakan software komputer untuk mempercepat pekerjaan namun belum tentu semua dapat mengoperasikan progam pembuatan kurva s tersebut, jadi perlu belajar agar bisa.
  2. Penentuan durasi waktu kurva s membutuhkan keahlian dalam menghitung dan memperkirakan berapa lama suatu pekerjaan dapat selesai, kesalahan dalam menentukanya berarti terjadi ketidak cocokan antara pelaksanaan dengan jadwal tertulis.
  3. Ada beberapa rumus matematika yang harus dimengerti sehingga tidak mengalami kesulitan dalam membuat kurva s.
  4. Perlu ketelitian dalam mengatur perletakan waktu pekerjaan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan, sebagai koreksi dapat mengecek jumlah durasi harus sama dengan 100%.
  5. Perlu imajinasi dalam memperkirakan urutan pekerjaan sehingga tidak ada yang terbalik, misalnya dalam pekerjaan pondasi batu kali maka galian tanah harus selesai terlebih dahulu sebelum dapat mengerjakan pemasangan batu kali.
  6. perhitungan bobot kurva s dapat dihitung dengan cara membagi harga satuan pekerjaan dengan jumlah harga keseluruhan, koreksi dapat dilakukan dengan cara menghitung jumlah bobot harus 100%.
  7. Ketrampilan dalam membuat rumus perhitungan di software dapat dipelajari dengan melihat buku tutorial progam yang digunakan seperti microsoft excel atau openoffice.
  8. Dalam suatu organisasi manajemen kontraktor terdapat beberapa orang yang mempunyai kepentingan dan harapan mengenai waktu pelaksanaan pekerjaan sehingga perlu diadakan musyawarah dan penggalian sumber informasi tentang ini.
  9. Prosesntase progres pelaksanaan digunakan oleh bagian administrasi proyek untuk membuat tagihan kepada owner sebagai pemilik bangunan sehingga pembuatan prosentase kurva s perlu menyesuaikan dengan target perolehan pembayaran kontraktor.

 

Apakah hambatan yang engkau alami ketika membuat kurva S? mari berbagi disini. dan bagi yang hendak memberikan solusi maka kita terima dengan senang hati 🙂

6 Comments

  1. steph 3 September 2012
  2. BP Yoga 4 September 2012
  3. oktri 22 December 2012
  4. fadel H. Pakpahan 9 August 2013
  5. Athrisno Naldus Ririk 11 June 2016
  6. Yose Fajar 6 January 2017

Leave a Reply