ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


Contoh menghitung kebutuhan cor beton

Ketika kita melakukan pekerjaan pengecoran struktur beton maka diperlukan data kebutuhan bahan bangunan yang perlu didatangkan ke lokasi, disini kita akan mencoba menguraikan secara sederhana sebuah contoh menghitung kebutuhan cor beton, karena ini hanya contoh maka hasilnya tentu saja berbeda dari pekerjaan yang sedang dilakukan karena ukuran dan bentuk strukturnya juga berbeda. jadi jadikan sebagai gambaran saja :-)

 

Contoh : Kita akan mengecor plat lantai dak beton atap rumah berbentuk persegi panjang ukuran 10 m x 16 m, tebal plat dibuat 12 cm, anggap saja bagian baloknya sudah dihitung atau bahkan sudah di cor jadi kita hanya perlu menghitung kebutuhan beton untuk plat lantai atap saja. rencananya kita akan membeli beton jadi dalam bentuk ready mix, jika satu truck mixer mampu mengangkut 5 m3 beton. pertanyaanya adalah berapa truck beton yang perlu dipesan?

 

Mentukan berapa truck mixer beton yang dibutuhkan

O.k langsung saja kita hitung soal diatas;

  • Volume plat lantai = 10 m x 16 m x 0,12 m = 19,2 m3.
  • Angka keamanan/ safety factor / wise kita buat 2,5 % x 19,2 m3 = 0,48 m3 ( ini dimaksudkan sebagai cadangan ketika terjadi kekurangan akibat kejadian tidak terduga seperti tumpah, kebocoran bekisting, salah hitung dll.)
  • Jadi total volume beton yang dibutuhkan adalah 19,68 m3 kita bulatkan menjadi 20 m3.
  • Jika 1 truck mixer mampu mengangkut 5 m3 maka total yang harus dipesan adalah 20 m3 : 5 m3 = 4 truck.
  • Jadi yang kita butuhkan adalah 4 truck mixer kapasitas 5 m3. NB: jangan heran kalau hasil akhirnya bulat karena memang sudah direncanakan demikian :-)

 

Menentukan berapa material adukan beton yang dibutuhkan

Jika kita membuat adukan beton sendiri maka diperlukan data berapa rincian bahan bangunan yang dibutuhkan, detail tentang tutorial ini bisa dilihat pada artikel yang berjudul cara menghitung adukan beton disini , dari data tersebut maka kita dapat menghitung kebutuhan materialnya

  • Semen berapa zak?
  • Pasir beton berapa m3?
  • Kerikil berapa m3?

 

Demikian contoh cara menghitung kebutuhan cor beton ini, jika ada koreksi, masukan atau tambahan bisa dituliskan dibawah, semoga bermanfaat :-)

9 Comments

Add a Comment
  1. trimakasih. artikel yg bagus

  2. ef

    mantap bisa buat senjata perang lawan konsultan

  3. ono

    Pak untuk hitungan beton ini apakah sudah ada software nya?
    Terima kasih

  4. Hera Asgar

    Pagi gan… numpang tanya nih, saya mau ngecor dak rumah dengan ukuran 60M. Kira-kira berapa besi, pasir, batu krikil, dan semen yang dibutuhkan? Terimakasih gan

  5. suwardi

    malam gan.. mau nanya saya mau ngecor jalan dengan ukuran 800m2 kira2 berapa wiremesh, pasir, batu kerikil dan semen yg di butuhkan ?? makasih

  6. ilham berto

    punten juragan…. sy mau ngedak lantai atas, ukuran 6m x 13m, kira2 dibutuhkn brp sak semen? brp m3 pasir? brp m3 kerikil? bgmn komposisi ideal dan kuat diantara ke 3 bahan tsb?
    mana lebih murah antara ngecor sendiri dengan beli jadi dari adimix misalnya?
    tksh…

  7. ari wibowo

    Halo gan… numpang tanya, saya mau ngecor rumah dengan ukuran 7 x 11 . Kira-kira berapa besi, pasir, batu krikil, dan semen yang dibutuhkan dan sekalian sama harga kira kiranya berapa ya? terima kasih banyak gan.

    1. Ahadi

      Yang mau di cor apanya gan? Plat lanntai, kolom, balok, atau semuanya, untuk menghitungnya harus ada gambarya dulu,jadi terlihat bentuk dan dimensinya, jika ada gambar bisa dikirim ke email ilmusipil@gmail.com agar rekan-rekan bisa menanggapi pertanyaan agan.. :-)

  8. rofi

    Benar Wise bung….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil