Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Ciri ciri ilmu yang bermanfaat

Sekian lama kita belajar mencari ilmu dengan harapan dapat mengantarkan pada indahnya kebahagiaan hidup, dari kecil kita sudah menempuh pendidikan dilingkungan keluarga serta masyarakat, secara formal kita bersekolah di tingkat SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi bagi yang mempunyai kesempatan. Namun dibalik semua itu bisa jadi apa yang kita harapkan masih terlalu jauh, padahal angan-angan gambaran kebahagiaan ketika berhasil memperolehnya sudah didepan mata. Contohnya banyak pelajar yang punya pandangan saat sekolah tentang bagaimana caranya agar setelah lulus bisa bekerja di perusahaan bonafit atau menjadi pengusaha sukses, perjuangan berat ditempuh dan tak sedikit tetesan keringat yang mengalir dalam rangka mewujudkan angan-angan. Namun ketika cita-cita itu tercapai ternyata tidak sesuai dengan gambaran kebahagiaan yang selama ini diharapkan. ditambah lagi seandainya kematian datang menjemput kita maka cita-cita yang dulunya dianggap besar ternyata ditinggal begitu saja. Jadi untuk apa sebenarnya kita mencari ilmu? biarlah waktu yang menjawabnya. disini kita uraikan ciri-ciri ilmu yang bermanfaat semoga bisa menjadi gambaran kita dalam menetapkan tujuan mencari ilmu.

 

Ciri – ciri ilmu yang bermanfaat

  1. Jika ilmu yang kita dapat semakin menambah rasa takut kepada Tuhan yang maha berilmu.
  2. Dengan bertambahnya ilmu maka kita semakin sadar tentang bagaimana kelemahan diri sendiri sehingga terlalu bodoh untuk merasa sombong dan mengaku paling pintar.
  3. Ilmu yang bermanfaat akan menambah semangat kita dalam beribadah. contohnya jika kita mempelajari tentang matahari lalu mengetahui betapa rumitnya sistemnya sehingga segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik seperti pergantian siang malam, ketepatan waktu dan berjalanya orbit masing-masing planet dengan bagus, setelah mengetahui itu tentu akan menambah kekaguman kita pada kakuasaan Tuhan, dengan begini maka kita telah memperoleh suatu kunci agar bisa rajin beribadah.
  4. Ilmu itu menyadarkan kita tentang betapa rendahnya kehidupan di dunia ini jika dibanding akherat, sehingga merasa tertipu dengan kehidupan dunia yang hanya sementara namun seringkali membuat banyak orang buta penglihatan dalam mengejar dan merasa memiliki segala sesuatu, padahal seandainya satu bumi telah berhasil kita kuasai maka tidak akan cukup puas dengan itu dan masih menginginkan bumi yang lain.
  5. Ilmu yang mengingatkan tentang segala kekurangan dan kesalahan kita dalam menjalani aktifitas kehidupan.
  6.  Dengan ilmu yang bermanfaat maka kita dapat mengendalikan nafsu sehingga bagus dalam pengendalian diri. coba lihat banyak orang yang telah berhasil dalam bekerja maupun berusaha sehingga mendapatkan hasil berlimpah, namun ketika tidak mampu mengendalikan diri maka semua itu seakan percuma karena setelah berhasil memperoleh sesuatu maka akan muncul keinginan baru, begitu secara terus menerus hingga tidak terasa kita masuk ke liang kubur.

 

Apapun tujuan kita dalam mencari ilmu semoga suatu saat dapat membuktikan tentang bagaimana langkah terbaik yang seharusnya di tempuh sebagai tujuan utama dalam mencari ilmu sehingga tidak lagi merasa ada sesuatu yang masih kurang. gambaran tentang keutamaan Ilmu yaitu sebagai alat untuk membedakan antara orang yang mengetahui dan tidak mengetahui, dan hanya orang-orang berilmu yang dapat menerima pelajaran. jadi marilah kita berbagi disini, saling mengingatkan, mengkritik dan menasehati agar ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat :-)

ilmu sipil
  1. Banyak pegawai proyek yang berlimpah harta tapi tidak kaya
  2. Analisa pengaruh rajin shalat terhadap proyek pembangunan
  3. ilmu yang banyak dicari di internet
  4. Pengertian ilmu pengetahuan adalah
  5. Fungsi ilmu dalam kehidupan
  6. Rajin pangkal bodoh atau pandai
  7. Menerjemahkan alam semesta kedalam bahasa manusia
  8. Pelajaran di bangku sekolah ketinggalan zaman?
  9. Tujuan mencari ilmu
  10. Investasi ilmu itu jauh lebih menguntungkan dibanding harta
  11. Manfaat mengerjakan PR dan alasan tidak membuat pekerjaan rumah
  12. Penyebab kehilangan ilmu
  13. Cara agar ilmu yang kita kuasai tidak cepat hilang
  14. Murid lebih pintar dari Guru
  15. Pengertian ilmu bangunan adalah
  16. Banyak harta belum tentu kaya
  17. Menjual waktu dan kesehatan untuk uang
  18. Kemampuan meramal masa depan di dunia proyek
  19. Manfaat Membaca untuk Kita

1 Komentar

Komentari

*
*

Current ye@r *