Cara tukang bangunan menjadi mandor atau pemborong

Bekerja sebagai tukang bangunan terkadang terbesit dalam pikiran seandainya bisa menjadi mandor yang kerjanya hanya mengatur dan mengawasi tentu akan enak, hal ini boleh saja karena semua punya kesempatan dalam berjuang untuk memperoleh kehidupan yang terasa lebih baik. disini mari kita bahas cara yang dapat dilakukan tukang bangunan agar bisa menjadi mandor atau pemborong pekerjaan bangunan, sebelumnya kita coba uraikan terlebih dahulu metode pemborongan yang mungkin tuntuk dilakukan.

 

Borongan upah tenaga

Keuntungan yang didapat dari sistem borong upah tenaga adalah selisih antara waktu kerja normal dengan sistem kerja borongan, oleh karena itu dalam menentukan besarnya biaya borong harus memperhitungkan perkiraan waktu dan jumlah tenaga tukang yang akan dikerahkan. selain itu harus meminta kepastian kepada pemilik bangunan untuk menyediakan material yang dibutuhkan dalam pelaksanaan agar sedia setiap saat agar tidak terjadi waktu menganggur akibat kekurangan bahan bangunan sehingga menimbulkan kerugian pada sisitem borong upah tenaga.

 

Borongan bahan bangunan berikut upah tenaga

Sistem borong disini sama dengan borongan upah namun ada tambahan berikut bahan bangunan yang diadakan sendiri oleh pemborong, jadi pada sistem ini masih ada peluang tambahan keuntungan yaitu dari selisih harga bahan. namun diperlukan pengetahuan khusus mengenai harga pasar dan kualitas bahan agar bisa memberikan pelayanan pekerjaan borongan terbaik.

 

Nah.. selanjutnya kita bahas hal-hal yang dapat menjadi peluang penyeberangan dari profesi tukang menjadi mandor, sebagai permulaan kita buat daftar yang selanjutnya dapat ditambahkan oleh yang sudah berpengalaman dan mau berbagi :-)

  1. Menjadi tukang bangunan yang ahli dan disiplin waktu bisa menjadi kelebihan tersendiri karena nama seorang tukang bangunan yang sudah bekerja bagus selama waktu tertentu dapat dikenal orang sebagai tenaga yang terampil dan baik dalam bekerja, hal ini tentu dapat memberikan nilai lebih ketika banyak tawaran kerja sehingga harus mengajak teman-teman tukang untuk menyelesaikan proyek dengan sistem borongan.
  2. Kemampuan bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik sesama tukang juga sangat membantu profesi pemborong, karena jika kita hendak memborong sistem upah maka otomatis memerlukan modal tenaga yang mau bekerja bagus dengan bayaran dibelakang, hal ini tentu tidak jadi masalah ketika kita mempunyai hubungan bagus dengan teman tukang.
  3. Jujur adalah kunci keberhasilan segala usaha, karena semua pasti tidak mau jika dibohongi oleh karena itu bawalah sekeping uang kejujuran dimanapun berada maka kita dapat membeli apapun dengan itu. misalnya karena seorang tukang terkenal jujur maka bisa jadi dipercaya oleh pemilik perusahaan kontraktor untuk memegang keuangan bayaran tukang yang lain, dan ini adalah sebuah gerbang emas untuk bisa menjadi mandor.
  4. Pengelolaan keuangan hasil kerja dengan baik sehingga terkumpul modal uang yang cukup untuk melangkah menjadi pengusaha kedepanya. hambatan terbesar bagi seorang tukang bangunan dalam menabung mungkin terletak pada keinginan untuk memiliki barang-barang karena tergiur dengan promosi atau hanya sekedar ingin menaikan rasa gengsi, oleh karena itu diperlukan upaya pengendalian diri untuk bisa melangkah kedepan.
  5. Selain usaha maksimal juga diimbangi dengan banyak berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa yang sanggup membolak-balikan derajat manusia dimata manusia lainya meskipun yang terbaik adalah bagus dari sudut pandang tuhan.
  6. Beginilah diantara hal-hal yang dapat dilakukan sebagi cara tukang bangunan agar bisa menjadi mandor atau pemborong, jika ada koreksi atau tambahan bisa dimasukan dibawah :-)
Cara tukang bangunan menjadi mandor atau pemborong | Ahadi | 4.5
49 Comments
  1. 1 year ago
    nono

    siip ,brjuang terus tuk kmajuan hidup ini ,meski situasi smakin sulit

    Reply
  2. 12 months ago
    sis

    Sy intalasi saluran air.udh 5 thun sy bekerja tpi hari ini sy mau buka usaha sendiri tolong di promosikan ya

    Reply
  3. 12 months ago
    eko

    numpak tanya pak.
    saya lg renov.rumah, saya pake sistem borong, soal harga sudah deal.
    pertanyaan saya apakah hal-hal kecil contoh Rokok, minuman(kopi) atau makanan kecil wajib kita sediakan.terima kasih..

    Reply
    • 11 months ago
      natmin

      itu tingal keikhlasan hati anda. dan tidak di wajibkan.

      Reply
    • 8 months ago
      rumah kita

      Iya

      Reply
  4. 10 months ago
    hendra

    Saya mndor plapon ª∂a̲̅ kerjaan ga yg bpa pimpin skrng ini.slam sukses sllu

    Reply
  5. 10 months ago
    puji rahayu

    anda butuh org kerja kayu di malaysia….telp saya ke no hp 0166883048

    Reply
  6. 9 months ago
    jon henri p

    kitasaja boleh punya rencana dan citacita dan terkadang kita sudah berusaha maksimal namun belum juga kita raih apa yang kita impikan makanya kita berserah sama yang kuasa ajalah kalau kita udah berusaha ora et labora juga yang benar

    Reply
  7. 8 months ago
    Achmad Shofiyudin

    Saya Bekerja di Bidang Bangunan Sejak Tahun 2005.
    Saya Ingin Menjadi Mandor Yg s’llu Punya Proyek.
    Saya Memegang Proyek cm Kadang”,
    Kadang Dapet Kerjaan Sendiri,Kadang Jg ikut Pemborong Lain.
    Mohon Jika Ada Yg Minat Bekerja sama Dengan Saya.

    Tks

    Reply
  8. 8 months ago
    yunus

    nyimak dr para senior, sy pemula di bidang ini, sy termotivasi stelah baca artikel ini, intinya usaha apapun bsa menuaii hasil positif, tinggal kitanya aj sungguh” ato engga, :)

    Reply
  9. 8 months ago
    nandy

    semoga dari pngalaman ini saya bisa menjadi mandor/pemborong.
    dengan ke jujur dan pengalaman.
    saya bisa merubah jabatan saya.

    ..amin.

    Reply
  10. 7 months ago
    delin

    Jika ada yg mmbtuhkan jasa designe bangunan 2d atau 3d sya siap melayani, & sya siap bergabung bgi yang mau krja sma.. Trimakasih all

    Reply
  11. 7 months ago
    deddy talumantak

    kontraktor yg butuh mandor/kepala tukang, sy siap khusus area manado.

    Reply
  12. 7 months ago
    dibya utama

    semoga derajat kita di tinggikan oleh allah swt. amin

    Reply
  13. 6 months ago
    buyek

    Saya seorang kuli tp punya tekad kuat untuk jd pmborong,, tp saya blm 100% mnguasai bgunan, apa yg hrs sya lkukan pak? Mohon share

    Reply
  14. 6 months ago
    riyan

    Pak saya cari borongan. Karna garapan sya slsai mnggu ini. Apa bpk ada tender lgi. Sya biasa brong kerja pak.

    Reply
  15. 5 months ago
    wawan

    Sabarrr wek..

    Reply
  16. 5 months ago
    wawan

    Butuh tukang plafon,partisi,cat,sipil,dll
    Sy siap bantu

    Reply
  17. 4 months ago
    Edho

    Apakah jadi mandor harus sekali mementingkan hubungan baik dengan tukangnya ? dan apakah yg terjadi jika ada perselisihan dengan tukang ?

    Reply
  18. 3 months ago
    pujianto

    Met siang pak, apa ada lowongan krjaan di bali klo ada sya siap ngrjain apa sja makasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *