Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Cara tukang bangunan menjadi mandor atau pemborong

Bekerja sebagai tukang bangunan terkadang terbesit dalam pikiran seandainya bisa menjadi mandor yang kerjanya hanya mengatur dan mengawasi tentu akan enak, hal ini boleh saja karena semua punya kesempatan dalam berjuang untuk memperoleh kehidupan yang terasa lebih baik. disini mari kita bahas cara yang dapat dilakukan tukang bangunan agar bisa menjadi mandor atau pemborong pekerjaan bangunan, sebelumnya kita coba uraikan terlebih dahulu metode pemborongan yang mungkin tuntuk dilakukan.

 

Borongan upah tenaga

Keuntungan yang didapat dari sistem borong upah tenaga adalah selisih antara waktu kerja normal dengan sistem kerja borongan, oleh karena itu dalam menentukan besarnya biaya borong harus memperhitungkan perkiraan waktu dan jumlah tenaga tukang yang akan dikerahkan. selain itu harus meminta kepastian kepada pemilik bangunan untuk menyediakan material yang dibutuhkan dalam pelaksanaan agar sedia setiap saat agar tidak terjadi waktu menganggur akibat kekurangan bahan bangunan sehingga menimbulkan kerugian pada sisitem borong upah tenaga.

 

Borongan bahan bangunan berikut upah tenaga

Sistem borong disini sama dengan borongan upah namun ada tambahan berikut bahan bangunan yang diadakan sendiri oleh pemborong, jadi pada sistem ini masih ada peluang tambahan keuntungan yaitu dari selisih harga bahan. namun diperlukan pengetahuan khusus mengenai harga pasar dan kualitas bahan agar bisa memberikan pelayanan pekerjaan borongan terbaik.

 

Nah.. selanjutnya kita bahas hal-hal yang dapat menjadi peluang penyeberangan dari profesi tukang menjadi mandor, sebagai permulaan kita buat daftar yang selanjutnya dapat ditambahkan oleh yang sudah berpengalaman dan mau berbagi :-)

  1. Menjadi tukang bangunan yang ahli dan disiplin waktu bisa menjadi kelebihan tersendiri karena nama seorang tukang bangunan yang sudah bekerja bagus selama waktu tertentu dapat dikenal orang sebagai tenaga yang terampil dan baik dalam bekerja, hal ini tentu dapat memberikan nilai lebih ketika banyak tawaran kerja sehingga harus mengajak teman-teman tukang untuk menyelesaikan proyek dengan sistem borongan.
  2. Kemampuan bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik sesama tukang juga sangat membantu profesi pemborong, karena jika kita hendak memborong sistem upah maka otomatis memerlukan modal tenaga yang mau bekerja bagus dengan bayaran dibelakang, hal ini tentu tidak jadi masalah ketika kita mempunyai hubungan bagus dengan teman tukang.
  3. Jujur adalah kunci keberhasilan segala usaha, karena semua pasti tidak mau jika dibohongi oleh karena itu bawalah sekeping uang kejujuran dimanapun berada maka kita dapat membeli apapun dengan itu. misalnya karena seorang tukang terkenal jujur maka bisa jadi dipercaya oleh pemilik perusahaan kontraktor untuk memegang keuangan bayaran tukang yang lain, dan ini adalah sebuah gerbang emas untuk bisa menjadi mandor.
  4. Pengelolaan keuangan hasil kerja dengan baik sehingga terkumpul modal uang yang cukup untuk melangkah menjadi pengusaha kedepanya. hambatan terbesar bagi seorang tukang bangunan dalam menabung mungkin terletak pada keinginan untuk memiliki barang-barang karena tergiur dengan promosi atau hanya sekedar ingin menaikan rasa gengsi, oleh karena itu diperlukan upaya pengendalian diri untuk bisa melangkah kedepan.
  5. Selain usaha maksimal juga diimbangi dengan banyak berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa yang sanggup membolak-balikan derajat manusia dimata manusia lainya meskipun yang terbaik adalah bagus dari sudut pandang tuhan.
  6. Beginilah diantara hal-hal yang dapat dilakukan sebagi cara tukang bangunan agar bisa menjadi mandor atau pemborong, jika ada koreksi atau tambahan bisa dimasukan dibawah :-)
  • Membangun Indonesia dengan gedung hijau tahan gempa
  • Membangun Indonesia pada bangunan gedung dan sipil
  • Membangun Indonesia dengan memajukan desa
  • Mengenal Tuhan dengan ilmu tukang bangunan
  • inspirasi peluang usaha dibidang bangunan online
  • china bangun gedung 30 lantai dalam waktu 15 hari
  • Pengunjung ilmu sipil com lebih hebat dari penulisnya
  • Upgrade your life untuk hidup yang lebih baik
  • Penampilan baru website ilmu sipil com
  • Mari bersama membangun indonesia
  • Bingung mau menulis apa?
  • Mau jadi Sarjana foto copy atau Sarjana copy paste?
  • Mari membangun negeri
  • Malam hari masih di proyek bangunan
  • Membuat blog khusus bursa kerja teknik sipil
  • Blogger sebagai profesi baru warga teknik sipil
  • Pengumunan hasil lomba 17 Agustus 1945
  • Cara belajar menulis artikel teknik sipil
  • Tsunami aceh : semua bangunan rusak tapi masjid tetap utuh
  • 50 Responses to “Cara tukang bangunan menjadi mandor atau pemborong”

    1. wahyu nugraha says:

      Semoga esok saya bisa menjadi mandor seperti kata-kata yang di atas…. aminnnn

      Tapi kadang ada juga mandor yang rugi’ yang perhitunganx tidak sesuai dengan hasilnya apakah itu karna faktor Apa.. mohon penjelasannya.
      terimakasih…

      1. ahmad says:

        saya mgkin bs diktkan mandor baru,walopun cuma mandor harian kantor,tp mudah2an ini awal menuju menadi pemborong,doain yah,!

      2. dedew says:

        sudah 4 tahun bekerja menjadi tukang bangunan di salah satu proyek perumahan tapi sampai saat ini belum menjadi pemborong juga semoga kedepannya ada yang mau dan percaya sama saya hubungi 08772283253 domisili bandung selatan

    2. suyono says:

      skdr brbgi pnglmn
      kerugian bs trjd bila,totalitas hrg udh ok …tp kwalitas pkrj kt krng maximal/
      atau bnyk item pkrjaan kecil tmbhan jg krng kt waspadai
      yg mana menyita wktu dan tntnya biaya yg tak teranggarkan…..
      tp jngn berkecil hati…….kegagalan adlh pnglmn yg berharga
      untuk mnjdi besar,jngn lpkn yg kecil

    3. santoso says:

      bisa gak ya tukang seperti saya menjadi kontraktor……teman2 ayuk bersama2 memperbaiiki kehidupan yang lebih baik …kita buat kontraktor bersama kita jalankan bersama,…..

      1. fathur says:

        siap
        posisi anda dmana pak….!!!

      2. mudji says:

        kesempatan milik smua orang dn nga ad usaha yg sia2 so stiap x kegaglan..sketika itu jg kta puny ilmu dn pngalaman brartii..yg pasti harus gigih pntang menyerahh…dn JUJUR.. tetap no 1 so keuntungn jg rizki akn mngalir dngn sndiriny seiring kmampuan dn kwalitas krja kita.. saya memulai bener2 dri 0 kecil bngt dri seorang kuli,tukang dn strusny…smpai2 prnah wktu dulu adu tendr saya dibikin kaku malu dn sakit ht gra2 rival saya menyingung2 status,pndidikn dn sbgainy pada konsumen..didpan saya langsungg..dngan ringan bngt.. mkny andai kata teman2 seperjuangan sukses nantiny…tetaplah rendh ht dn slalu brbgi..tnpa pndang level dn status..salm sukses to smuanyy

      3. pulalo says:

        ayo mas brooooo semangat kt berjuang bareng2 bro,posiisi dmana mas bro,klo perlu kt saling tkr pikiran bro

    4. zai says:

      bagus,smu yg komen di sini berarti ping perubah dalam hidup ny melalu keahlian membangun rumah,termasuk sy jg ,sy bru2 tahun bkrja di bidang pembangunan,dan sy tertarik ny pekrja bangunan itu pintar2 ga smbarangan untuk menjadi tukang yg propesional.contoh ny relifan pilar yg sy tau 1 pilar ampe jadi 4-5 jta pertiang yg membutuh kan waktu sekitar1 mgu -2mguan,bayangkanbila 2 pilar selesai 1 bulan,9/10jta+kenek,di situ yg sy tertarik.mks semua

    5. ardian says:

      y bguus lh….
      jd ga bgung lg……….

    6. bayu karya kusuma says:

      dalam waktu dekat ini proyek ku dah beres,sedangkan tenaga kerjaku banyak hampir 20 orang,barang siapa yang membutuhkan jasa tenaga kerja bangunan bagian finishing,bisa hub saya di081221280080.

      1. SHITO says:

        KLO KERJA KE SUMATRA BS?

    7. z.batubara says:

      pekerjaan saya sudah selesai minggu lalu.bagi yang membutuhkan tenaga sy hrp hubungi ke 085264530515.insyaalloh pekrjaan semua bs asal yg berhubungan dengan bangunan sipil.borongn lebih diutamakan.

    8. egi sandi says:

      Sekedar info bagi yg membutuhkan mandor borong maupun harian hub kami di 081389994239 087788583451

      1. Evan Andriansyah says:

        posisi bpk sekrng dmna..?

    9. natmin says:

      bagi yg cari mandor spesialis begisting dak,beton dan tulanggan hub; 081959842248/ 082325540445

    10. Firman syahputra says:

      Saya sudah 2 tahun jd pemborong kunci saya adalah kita kerjakan sendiri selagi kita mampu kita prediksi nilai dari proyek yg akan kita kerjakan dan pstinya kita harus pintar atur waktu,kpn dilemburkan dan kpn nambah tukang sampai saat ini alhamdulilah blm pernah nombok ataupun rugi,omset saya satu minggu 3 jt keatas saya bayar kenek cuma 800 rb perminggu

      1. Evan Andriansyah says:

        Boleh minta no hp anda ga pak…& posisi bpk skrng dmna.?

    11. Evan Andriansyah says:

      Assalamualaikum…
      kami kontraktor lagi membutuhkan tenaga kerja,
      1. Arsitek.
      2. Estimator
      3. Sipil
      4. Electro
      5. Mandor
      6. Tukang.
      Hub : (021) 86601794
      Terimakasih

      1. tony says:

        kalo ada kesempatan saya mau mencoba kerjasama sama bpk,, saya skrg kerjasama sama cv. tri darma bandung,, dlm hal jasa borongan tenaga, posisi saya di bandung… ini no saya 085353769276 trm ksh slmt pagi

      2. Heri says:

        Dear Pak yoyo,

        saat ini saya ada kerjaan mep pak, saya ingin mengundang bapak utk ketemuan membahas pekerjaan saya. kapan bapak ada waktu?

    12. shooprey says:

      lokasi d mana pak?
      Jika butuh mandor, bisa hub/whatsapp 081314020030.

    13. 083842365336 says:

      Nama arif subki (32th) lulus smu (ips)mau cari kerja..bila ada yg minat hubungi di no 083842365336

    14. 083842365336 says:

      arif subki (32th) lulus smu (ips)mau cari kerja..bila ada yg minat hubungi di no 083842365336

    15. tony says:

      pagi pak evan saya posisi di bandung saya kerja di cv tridarma bandung, saya kerjasama udah hampir 5 thn, dlm jasa pekerjaan borongan … kalo ada kesempatan saya pngn krjasama sm bpk,, ini no hp saya 085353769276 trm ksh

    16. nasrudin says:

      saya masih muda ,saya terjun d proyek mulai 95 sampe sekarang,bayak rumah elit yang saya kerjakan,masalah kemapuan alham dulilah banyak teman mendukung jadi mandor &pemborong,tapi jalan ke situ banyak sekali rintangan ,mungkin ada kontraktor yang butuh jasa saya,hubungi 087851547595,daerah surabaya matur suwon,,

      1. Tan says:

        Lagi banyak butuh kepala tukang batu, kayu. besi, stainless, taman untuk sebuah proyek di Jakarta. Peminat serius hubungi 0856.1853.462. Segera!

        1. Sigit Dwicahyono says:

          nama sya sigit..domisili cilacap..sya biasa mengerjakan rumah, taman, gazebo, patung dll…jika berkenan bsa hubungi sya..085869628002

    17. andry wardani says:

      pengen jadi pemborong tp sayang kurang modal

    18. ferry says:

      Slmt siang , kenalkan nama saya ferry….saya mau menarwarkan jasa mandor dearah sby, apabila ɑ̤̥̈̊d̶̲̥̅̊ά̲̣̥ yg membutuhkan call saya : 085645090609, 082148958839. Terima kasih

    19. Endy Heryanto says:

      Slamat malam .
      Kenalkan saya :
      N a m a : Endy Heryanto
      Pengalaman Pernah Mengerjakan Borongan rumah di Area Madura dan sekitarnya saya ingin sekali mendapatkan pekerjaan Borong kerja di Area Bali mungkin ada yang berminat hub :
      081.330.569.980
      pengalaman mengerjakan proyek walaupun tidak besar dan mempunyai anak buah yang cukup.

      terima kasih

    20. ari says:

      Jadi mandor gampang gampang susah,,, yang paling aku senengi adalah kepuasan batin saat kita bisa menyelesaikan sebuah proyek bangunan,,

    21. supri says:

      Bagus saudara saudara yang coment, ayo kita maju demi kesejahteraan keluarga kita….perkenankan saya bukan tukang dan juga pemborong tapi anak seorang tukang kadang borong juga, kunci bapak saya sampai sekarang sampai umur 65 tahun masih memborong dan dipercaya orang yaitu jujur dan serius menjalani pekerjaan sebagai pembangun rumah ok saudara bagi anda yang ingin membangun rumah didaerah surabaya dan sidoarjo hub supri 081331919129 dijamin harga tidak mahal…thx.

    22. sari ayu says:

      Selamat Siang

      Kami perusahaan yang bergerak dalam Kontruksi Baja Beton membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman mengerjakan proyek posisi yang kami butuhkan sebagai berikut :
      1. Mandor Sipil
      2. Mandor Baja untuk pekerjaan Pabrikasi dan Erection
      3. Mandor untuk pekerjaan precast
      Bagi anda yang berminat bisa menghubungi Ayu : 0813 1013 8005

    23. sari ayu says:

      Kami perusahaan yang bergerak dalam Konstruksi Baja Beton membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman mengerjakan proyek dengan posisi yang kami butuhkan sebagai berikut :
      1. Mandor Sipil
      2. Mandor Baja untuk pekerjaan Pabrikasi dan Erection
      3. Mandor untuk pekerjaan Precast
      4. Supir
      Bagi anda yang berminat bisa menghubungi kami Ayu : 0813 1013 8005

      1. ngatmin says:

        saya mandor sipil yg sudah cukup berpengalaman. kami juga spesialis mandor kayu/ mandor begisting,untuk proyek proyek bertingkat anda. kalo butuh mandor sipil bisa hub saya pak. 081959842248 PAK MIN

    24. tajib putra says:

      jika ad kontraktor membutuhkan tenaga kerja seperti : galian ,bongkaran pemasangan ,plapon,keramik ,pasang bata,plester,kayu,bisa tlpn sy, ke no : 087880060977

    25. Ferdy says:

      Kontraktor di Kedungadem Bojonegoro, Pemborong Rumah dan rangka Baja Ringan di Kedungadem Bojonegoro, kontak saya di 085649842128, Ferdy

      1. Ferdy says:

        Informasi aja, Kontraktor di Kedungadem Bojonegoro, Pemborong Rumah dan rangka Baja Ringan di Kedungadem Bojonegoro, kontak saya di 085649842128, Ferdy

    26. adi says:

      yang membutuhkan jasa instalasi listrik khususnya area yogyakarta bisa menghubungi saya 085647695264
      semoga barokah…Amiin…

    27. wahyudi says:

      Saya biasa terima borongan finishing,duco,melamic..kalo ada pekerjaan borongan finishing wilayah jakarta bisa menghubungi saya,,085643738835.thx..

    28. wahyudi says:

      Saya biasa mengerjakan borongan finishing diwilayah jakarta dan sekitarnya dengan tenaga kerja kami yang terampil dan berkualitas, kalo ada pekerjaan borongan bisa hubungi saya..085643738835..terimakasih.

    29. juned says:

      kami satu tim dengan satu kepala tukang/mandor… siap bekerjasama untuk bangun mulai nol/renovasi… bisa borong/harian…. asli jateng hub 087833085225

    30. markus says:

      selamat siang.perkenalkan saya markus
      saya mandor sipil+ pinising.spesialis kramik
      jika ada yg membutuhkan tenaga kami.kami siap membantu anda.borongan maupun harian bisa.
      hub:087729043214
      081219172112

      1. Anwar Kusyadi says:

        Ass.sy usia 52 thn bisa jadi pelaksana/pengawas proyek terutama bangunan rumah /kantor dll. bisa gambar,estimator,domisili Bandung dan Garut Hub.087821142476

    31. Anwar Kusyadi says:

      Ass.sy usia 52 Thn bisa jadi pelaksana/pengawas,estimator,gambar domisili Bandung dan Garut Hub. 087821142476

    32. SPK ada kurang dana says:

      bagi anda pemegang SPK proyek pemerintah, BUMN, PMA, swasta bonafid yang terkendala modal kerja hub kami, kami bersedia bermitra dengan anda dengan sistem sharing profit skema 60% kami dan 40% dan J.O. bagi anda yang serius, kirim data ID anda, no yang dapat dihubungi dan data proyek ke email kami jasa_karya_ternama168@yahoo.co.id kami tidak perlu agunan dan pungutan biaya dari anda, terima kasih.

    33. nuryanto says:

      saya biasa borong rumah+ desain rumah,bagi yang ingin bikin rumah atau renofasi silahkan hub 087712389748

    34. Heri says:

      hati-hati dengan orang yang bernama yoyok subagyo dan mempunyai no ini 082310184057 & 087775389228. sudah banyak menipu dengan proyek bodong alias abal-abal

    35. ikrom wahyudin says:

      Saya UԂɑ̈ħ ∫ª♏a nukang ϑî bidang finising dan saya punya rombongan krja klw αϑα ♈α̍Ϟƍ butuh mandor plus tenaga kami siap

    Leave a Reply