Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara tukang bangunan menjadi mandor atau pemborong

Bekerja sebagai tukang bangunan terkadang terbesit dalam pikiran seandainya bisa menjadi mandor yang kerjanya hanya mengatur dan mengawasi tentu akan enak, hal ini boleh saja karena semua punya kesempatan dalam berjuang untuk memperoleh kehidupan yang terasa lebih baik. disini mari kita bahas cara yang dapat dilakukan tukang bangunan agar bisa menjadi mandor atau pemborong pekerjaan bangunan, sebelumnya kita coba uraikan terlebih dahulu metode pemborongan yang mungkin tuntuk dilakukan.

 

Borongan upah tenaga

Keuntungan yang didapat dari sistem borong upah tenaga adalah selisih antara waktu kerja normal dengan sistem kerja borongan, oleh karena itu dalam menentukan besarnya biaya borong harus memperhitungkan perkiraan waktu dan jumlah tenaga tukang yang akan dikerahkan. selain itu harus meminta kepastian kepada pemilik bangunan untuk menyediakan material yang dibutuhkan dalam pelaksanaan agar sedia setiap saat agar tidak terjadi waktu menganggur akibat kekurangan bahan bangunan sehingga menimbulkan kerugian pada sisitem borong upah tenaga.

 

Borongan bahan bangunan berikut upah tenaga

Sistem borong disini sama dengan borongan upah namun ada tambahan berikut bahan bangunan yang diadakan sendiri oleh pemborong, jadi pada sistem ini masih ada peluang tambahan keuntungan yaitu dari selisih harga bahan. namun diperlukan pengetahuan khusus mengenai harga pasar dan kualitas bahan agar bisa memberikan pelayanan pekerjaan borongan terbaik.

 

Nah.. selanjutnya kita bahas hal-hal yang dapat menjadi peluang penyeberangan dari profesi tukang menjadi mandor, sebagai permulaan kita buat daftar yang selanjutnya dapat ditambahkan oleh yang sudah berpengalaman dan mau berbagi :-)

  1. Menjadi tukang bangunan yang ahli dan disiplin waktu bisa menjadi kelebihan tersendiri karena nama seorang tukang bangunan yang sudah bekerja bagus selama waktu tertentu dapat dikenal orang sebagai tenaga yang terampil dan baik dalam bekerja, hal ini tentu dapat memberikan nilai lebih ketika banyak tawaran kerja sehingga harus mengajak teman-teman tukang untuk menyelesaikan proyek dengan sistem borongan.
  2. Kemampuan bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik sesama tukang juga sangat membantu profesi pemborong, karena jika kita hendak memborong sistem upah maka otomatis memerlukan modal tenaga yang mau bekerja bagus dengan bayaran dibelakang, hal ini tentu tidak jadi masalah ketika kita mempunyai hubungan bagus dengan teman tukang.
  3. Jujur adalah kunci keberhasilan segala usaha, karena semua pasti tidak mau jika dibohongi oleh karena itu bawalah sekeping uang kejujuran dimanapun berada maka kita dapat membeli apapun dengan itu. misalnya karena seorang tukang terkenal jujur maka bisa jadi dipercaya oleh pemilik perusahaan kontraktor untuk memegang keuangan bayaran tukang yang lain, dan ini adalah sebuah gerbang emas untuk bisa menjadi mandor.
  4. Pengelolaan keuangan hasil kerja dengan baik sehingga terkumpul modal uang yang cukup untuk melangkah menjadi pengusaha kedepanya. hambatan terbesar bagi seorang tukang bangunan dalam menabung mungkin terletak pada keinginan untuk memiliki barang-barang karena tergiur dengan promosi atau hanya sekedar ingin menaikan rasa gengsi, oleh karena itu diperlukan upaya pengendalian diri untuk bisa melangkah kedepan.
  5. Selain usaha maksimal juga diimbangi dengan banyak berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa yang sanggup membolak-balikan derajat manusia dimata manusia lainya meskipun yang terbaik adalah bagus dari sudut pandang tuhan.
  6. Beginilah diantara hal-hal yang dapat dilakukan sebagi cara tukang bangunan agar bisa menjadi mandor atau pemborong, jika ada koreksi atau tambahan bisa dimasukan dibawah :-)

34 Komentar

  • wahyu nugraha says:

    Semoga esok saya bisa menjadi mandor seperti kata-kata yang di atas…. aminnnn

    Tapi kadang ada juga mandor yang rugi’ yang perhitunganx tidak sesuai dengan hasilnya apakah itu karna faktor Apa.. mohon penjelasannya.
    terimakasih…

    • ahmad says:

      saya mgkin bs diktkan mandor baru,walopun cuma mandor harian kantor,tp mudah2an ini awal menuju menadi pemborong,doain yah,!

  • suyono says:

    skdr brbgi pnglmn
    kerugian bs trjd bila,totalitas hrg udh ok …tp kwalitas pkrj kt krng maximal/
    atau bnyk item pkrjaan kecil tmbhan jg krng kt waspadai
    yg mana menyita wktu dan tntnya biaya yg tak teranggarkan…..
    tp jngn berkecil hati…….kegagalan adlh pnglmn yg berharga
    untuk mnjdi besar,jngn lpkn yg kecil

  • santoso says:

    bisa gak ya tukang seperti saya menjadi kontraktor……teman2 ayuk bersama2 memperbaiiki kehidupan yang lebih baik …kita buat kontraktor bersama kita jalankan bersama,…..

    • fathur says:

      siap
      posisi anda dmana pak….!!!

      • agus mikha says:

        Siap untuk kerja sama,,oven

    • mudji says:

      kesempatan milik smua orang dn nga ad usaha yg sia2 so stiap x kegaglan..sketika itu jg kta puny ilmu dn pngalaman brartii..yg pasti harus gigih pntang menyerahh…dn JUJUR.. tetap no 1 so keuntungn jg rizki akn mngalir dngn sndiriny seiring kmampuan dn kwalitas krja kita.. saya memulai bener2 dri 0 kecil bngt dri seorang kuli,tukang dn strusny…smpai2 prnah wktu dulu adu tendr saya dibikin kaku malu dn sakit ht gra2 rival saya menyingung2 status,pndidikn dn sbgainy pada konsumen..didpan saya langsungg..dngan ringan bngt.. mkny andai kata teman2 seperjuangan sukses nantiny…tetaplah rendh ht dn slalu brbgi..tnpa pndang level dn status..salm sukses to smuanyy

    • pulalo says:

      ayo mas brooooo semangat kt berjuang bareng2 bro,posiisi dmana mas bro,klo perlu kt saling tkr pikiran bro

    • gg says:

      saya butuh mandor konstruksi baja.proyek tidak ke hendel .kurang tenaga .bisa kerja sama hub di 92-130-160

  • zai says:

    bagus,smu yg komen di sini berarti ping perubah dalam hidup ny melalu keahlian membangun rumah,termasuk sy jg ,sy bru2 tahun bkrja di bidang pembangunan,dan sy tertarik ny pekrja bangunan itu pintar2 ga smbarangan untuk menjadi tukang yg propesional.contoh ny relifan pilar yg sy tau 1 pilar ampe jadi 4-5 jta pertiang yg membutuh kan waktu sekitar1 mgu -2mguan,bayangkanbila 2 pilar selesai 1 bulan,9/10jta+kenek,di situ yg sy tertarik.mks semua

  • ardian says:

    y bguus lh….
    jd ga bgung lg……….

  • Firman syahputra says:

    Saya sudah 2 tahun jd pemborong kunci saya adalah kita kerjakan sendiri selagi kita mampu kita prediksi nilai dari proyek yg akan kita kerjakan dan pstinya kita harus pintar atur waktu,kpn dilemburkan dan kpn nambah tukang sampai saat ini alhamdulilah blm pernah nombok ataupun rugi,omset saya satu minggu 3 jt keatas saya bayar kenek cuma 800 rb perminggu

    • Evan Andriansyah says:

      Boleh minta no hp anda ga pak…& posisi bpk skrng dmna.?

  • Evan Andriansyah says:

    posisi bpk sekrng dmna..?

  • andry wardani says:

    pengen jadi pemborong tp sayang kurang modal

  • ari says:

    Jadi mandor gampang gampang susah,,, yang paling aku senengi adalah kepuasan batin saat kita bisa menyelesaikan sebuah proyek bangunan,,

  • SHITO says:

    KLO KERJA KE SUMATRA BS?

  • Heri says:

    Dear Pak yoyo,

    saat ini saya ada kerjaan mep pak, saya ingin mengundang bapak utk ketemuan membahas pekerjaan saya. kapan bapak ada waktu?

  • SPK ada kurang dana says:

    bagi anda pemegang SPK proyek pemerintah, BUMN, PMA, swasta bonafid yang terkendala modal kerja hub kami, kami bersedia bermitra dengan anda dengan sistem sharing profit skema 60% kami dan 40% dan J.O. bagi anda yang serius, kirim data ID anda, no yang dapat dihubungi dan data proyek ke email kami jasa_karya_ternama168@yahoo.co.id kami tidak perlu agunan dan pungutan biaya dari anda, terima kasih.

  • ikrom wahyudin says:

    Saya UԂɑ̈ħ ∫ª♏a nukang ϑî bidang finising dan saya punya rombongan krja klw αϑα ♈α̍Ϟƍ butuh mandor plus tenaga kami siap

  • Ismail Hasan says:

    Utuk yg membutuh kan jasa membangun rumah atau renofasi kami siap mengerjakan dengan sistim borongan kerja insya alloh kami akan kerjakan sesuai dengan keinginan anda,husus jakarta bandung ,yg berminat bisa hu:02293669465,posisi kami di batujajar bandung barat

  • siswanto says:

    Saya jga tukang cuma di kalsel..

  • dimaz says:

    bos… mau tanya ne…
    maksudnya borong pekerjaan per plat itu gimana ya?
    jawab ke emailku dimaz.danny.p@gmail.com
    thanks bos..

  • Markuat says:

    Mengerjakan furnitur berbahan multiplek lapis HPL..

  • suma says:

    Kami mengerjakan bangum baru/renovasi dengan sisitem persentase,dengan biaya pengawasan/pelaksanaan hanya 7% dari total material dan upah tukang,insya alloh dijamin memuaskan dgn spek bahan sesungguhnya serta tukang2 yg handal dan rapih,utk info selengkapnya silahkan kirim melalui email ppkusumah10@gmail.com (area jadetabek) tks

  • agusta says:

    Siap sedia ntuk pembangunan baru/renovasi.. Rumah/ruko dll. Cod.jabotabek. Ditangani oleh insinyur berpengalaman.. Hrg ok/garansi

  • Efendi says:

    Semoga allah SWT dn kesuksesan selalu brsama kita semua

  • nono says:

    siip ,brjuang terus tuk kmajuan hidup ini ,meski situasi smakin sulit

  • sis says:

    Sy intalasi saluran air.udh 5 thun sy bekerja tpi hari ini sy mau buka usaha sendiri tolong di promosikan ya

  • eko says:

    numpak tanya pak.
    saya lg renov.rumah, saya pake sistem borong, soal harga sudah deal.
    pertanyaan saya apakah hal-hal kecil contoh Rokok, minuman(kopi) atau makanan kecil wajib kita sediakan.terima kasih..

    • natmin says:

      itu tingal keikhlasan hati anda. dan tidak di wajibkan.

  • hendra says:

    Saya mndor plapon ª∂a̲̅ kerjaan ga yg bpa pimpin skrng ini.slam sukses sllu

  • puji rahayu says:

    anda butuh org kerja kayu di malaysia….telp saya ke no hp 0166883048

  • jon henri p says:

    kitasaja boleh punya rencana dan citacita dan terkadang kita sudah berusaha maksimal namun belum juga kita raih apa yang kita impikan makanya kita berserah sama yang kuasa ajalah kalau kita udah berusaha ora et labora juga yang benar

Komentari

*
*