ilmusipil.com

Media dan Forum berbagi ilmu sipil


cara tes kuat tekan beton

Dewasa ini material beton banyak digunakan sebagai bahan utama pembangunan rumah tinggal, gedung bertingkat tinggi, infrastruktur jembatan, jalan raya dan sejenisnya. Ada macam-macam jenis beton berdasarkan kuat tekanya, Kekuatan tekan beton adalah beban persatuan luas yang menyebabkan beton hancur.  oleh karena itu dalam penggunaanya perlu dicari berapa nilai kuat tekan betonnya agar sesuai dengan kebutuhan struktur yang direncanakan. cara mengetahuinya juga cukup mudah, disini coba kita uraiakan sebuah cara tes kuat tekan beton. Percobaan ini bertujuan untuk menentukan kekuatan tekan beton berbentuk kubus dan silinder, percobaan ini bisa dibuat dan dirawat (cured) di laboratorium.

 

PERALATAN TES BETON
Mesin penguji tekanan beton lengkap dengan alat bantu seperti alat pembuat benda uji beton

 

PROSEDUR PENGUJIAN BETON

  1. Ambil benda uji yang akan ditentukan kekutan tekanan dari bak perendam, kemudian bersihkan dari kotoran yang menempel dengan kain pelembab. benda uji dapat menggunakan bentuk kubus ukuran 15cm x 15 cm atau silinder diamter 15 cm dengan tinggi 30 cm.
  2. Tentukan berat dan ukuran benda uji.
  3. Letakkan benda uji pada mesin secara sentries. sesuai dengan tempat yang tepat pada mesin tes kuat tekan beton.
  4. Jalankan benda uji atau mesin tekan dengan penambahan beban konstan berdasar 2 sampai 4 kg/cm2 per detik.
  5. Lakukan pembebanan sampai benda uji menjadi hancur dan catatlah beban maksimum yang terjadi selama pemeriksaan benda uji.
  6. Pengujian kuat tekan beton ini dilakukan pada saat beton berumur 3,7,14 dan 28 hari lalu diambil rata-rata.
  7. Untuk menghitung kekuatan beton pada umur hari kesekian dapat membaca artikel yang khusus membahas tentang tabel konversi beton umur 3 sampai dengan 28 hari.
  8. Beton yang sering digunakan untuk pekerjaan bangunan antara lain K-225, K-250, K-300, K-350, K-400, K-450, K-500 dan berbagai ukuran kuat tekan lain menyesuiakan dengan kebutuhan kekuatan struktur.


PERHITUNGAN

Kekuatan tekan beton = P/A (kg/cm2)
Dimana :

  • P = Beban maksimum (kg)
  • A = Luas penampang benda uji (cm2)

Nilai kuat tekan beton akan berbeda berdasarkan umurnya, mengenai hal ini bisa dilihat pada: Tabel Konversi Kuat tekan beton umur 3 sampai 28 hari

tes kuat tekan beton

Gambar alat tes kuat tekan beton

 

Untuk Download file ini beserta hasil hitungan percobaan dalam bentuk Microsoft word 2003 bisa klik dibawah:

http://www.ziddu.com/download/7748375/PEMERIKSAANKEKUATANTEKANBETON.doc.html

http://www.ziddu.com/download/7748183/ANALISISKEKUATANTEKANBETONKARAKTERISTIK.doc.html

dengan melakukan tes kuat tekan beton dengan benar dan teliti maka kemungkinan terjadinya kegagalan struktur bangunan dapat dihindari karena beton yang dipakai dalam pelaksanaan sama dengan atau lebih dari kualitas beton rencana :-)

24 Comments

Add a Comment
  1. bayu nugroho

    kekuatan beton untuk kondisi 100% adalah saat beton berumur 28 hari (beton konvensional).
    Akan tetapi pengukuran dapat juga dilakukan pada saat umur beton 3 hari, 7 hari, 17 hari, dan 21 hari. =)

    Untuk konversi kuat tekan benda uji kubus ke silinder kalau tidak salah adalah dikalikan 0,83 kuat tekan benda uji kubus.
    =D

    1. saedi

      @bayu nugroho,
      kenapa kok 3,7,17 dan 21, biasanya kan 7,14,21 dan 28 hari. kenapa 3 hari juga di tes? makasih.

    2. andi kusumah

      @bayu nugroho,
      kalau 0,83 itu dari mana yaa..tks

      1. andi kusumah

        @andi kusumah,
        tolong dong kalau ada konversi umur beton pada setelah hari ke 28…misalnya kita test pada hari ke 33 berapa persen kekuatan betonnya..biasanya kan 100% pada hari ke 28, nah setelah hari ke28 itu berapa %..tks

      2. Leo Harry

        BS 1441, kalo ga salah chapter 16. Kalo salah chapternya, mohon koreksinya…

  2. Yakiniman Zega

    Apakah ada SNI faktor koreksi untuk pengetesan kubus 15x15x15 untuk 7 hari, 14, 21 hari dan 28 hari dan bagaimana pula untuk hari pengetesan diluarseperti biasanya apakah diinterpolasi. Kalau Mas Saedi punya tolong donk dikirim ke kita. Tq.

    1. Claudi

      I do trust all of the ideas you have presented on your post. They are very cocnivning and will certainly work. Still, the posts are too quick for newbies. May just you please extend them a bit from subsequent time? Thank you for the post.GD Star Ratingloading…GD Star Ratingloading…

  3. Edy

    ada ngga yg bisa kasih grafik dalam format excel. soalnya klo bentuk gmbar agak susah menentukan skala dan nilai dari suatu grafik kurva macam itu…

    thanks

  4. dia

    kalo mengkonversi benda uji ukuran diameter 10 cm tinggi 20 cm ke benda uji diameter 15 cm tinggi 30 cm gimna yah..??

  5. Berto Purba

    Terima kasih atas web ini :

    Saya mohon dibantu yang SNI berapa persen kekuatan beton mulai dari 7, 14, 28 dan bagaimana cara perhitungannya. terima kasih

  6. deni

    I have been tested the compressive strength by using a cube molds. size becomes high 3.7 cm x 5cm long x 5cm wide. Max load at 1.5 tons to perpendicular area (surface area) of 5cmx3.7cm =18.5cm2. how to calculate the compressive strength ? thanks
    shrinkage was occurs of my sample.. previously i filled the cube up to 5cm. after 2 days curing time the height is 3.7 cm.. so the shape was not cube anymore. Can I use the formula of CS = P/A.

    1. Sin

      I’m very happy to read this. This is the kind of manual that needs to be given and not the acdenictal misinformation that is at the other blogs. Appreciate your sharing this best doc.GD Star Ratingloading…GD Star Ratingloading…

  7. gaskind

    bisa mnta tabel konversi untuk beton ga??

  8. wawan gunawan

    klau test bton usia 7 hari sdh masuk k350 apa sdh bsa mewakilin usia 28 hari apa alasan ya, thanks

  9. arief

    Saat ini sedang maraknya gedung bertingkat dinding Facade nya menggunakan dinding beton dengan mutu beton minimal K – 350 mohon di bantu di analisakan kelebihan dan kekurangan bangunan gedung bertingkat dengan menggunakan sistem seperti ini terima kasih.

  10. seagate

    Apakah ada nlai koreksi untuk pengetesan beton dengan menggunakan hammer test? bila ada standarnya, dimana saya bisa mendapatkannya? terima kasih

    1. Catur

      PBI 1971 hal. 45. JAdi jika hasil rata-rata hammer test mencapai 80% dari mutu beton rencana, maka dapat diterima

  11. haris suarez

    bagaimana penggabungan agregat halus kasar setelah di ketahui fmnya masing masing…untuk menghasilkan beton yang berkualists baik..

    bagaimana rumus menghitung tes beton ,, tlong kasih contohnya pak,,, trimakasih,,

  12. Binsar Sitanggang

    saya mau nanya knapa pengujian beton itu hrs dilakukan stlh 3 hr,bkn 1 hr atau 2 hr stlh pengecoran tks…

    1. Benz

      untuk beton normal biasa’a dilakukan pengetesan umur 3,7,14 dan 28 hari
      biasa’a pengetesan 6 jam,12 jam,1 hari dilakukan pada beton mutu spesial dimana si beton tersebut pada umur diatas sudah harus mencapai K yg ditargetkan dari kasus ini biasa’a digunakan pada perusahaan” precast dimana kasus tersebut difungsikan untuk mengejar kapasitas target produksi…

  13. Febry

    Untuk pengecoran lantai rumah pribadi biasanya pakai beton mutu K berapa? apakah ada SNI nya? kalau ada SNI nomor berapa?

  14. Wisnu

    kalo perhitungannya cuma pas 28 harinya j yg dihitung masalah ga??? lagi KP minta data uji kuat tekan beton, tp di kasihnya pas umur 28 aja nih.

  15. Open

    certainly like your web site but you have to check the spelling on quite a few of your posts. A nbmuer of them are rife with spelling issues and I find it very troublesome to tell the truth nevertheless I will definitely come back again.GD Star Ratingloading…GD Star Ratingloading…

  16. andre

    terkadang sulit juga memberi pengertian kepada pekerja. saat pengecoran jalan slump max 6-10 cm.
    namun keluhan pekerja pasti masalah pengerjaan berat. padahal jalan adalah infrastruktur yg rentan retak n patah… apalagi suhu panas. dehidrasi pada beton.mengakibatkan setting cepat…
    kadang permukaan beton disiram air saat pengkasutan/meratakan permukaan. akibatnya retak rambut. apa solusinya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2015 Media Berbagi ilmu sipil