Cara redirect mengarahkan ip vps ke domain

Halo sahabat ilmusipil, kali ini saya hendak berbagi pengalaman dalam menangani permasalahan saat pertama kali menggunakan hosting vps, ceritanya setelah berhasil mengarahkan name server domain ke ip vps, menunggu propagasi sempurna dengan waktu 2 hari hingga berhasil resolve, ternyata alamat ip masih tetap bisa digunakan untuk mengakses blog via browser, jadi website bisa diakses lewat domain sekaligus ip address.saya jadi ketar-ketir, jangan-jangan nantinya dianggap mesin pencari sebagai website duplikat sehingga rawan banned, atau disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab, tapi semoga kemungkinan buruk itu tidak benar.

lalu saya berinisiatif mencari cara redirect mengarahkan ip vps ke domain, jadi kunjungan dari ip secara otomatis langsung diarahkan ke domain. dan setelah mengembara ke hutan belantara internet, akhirnya ketemu cara yang mudah sekaligus berfungsi dengan baik, hingga lega hati ini karena masalah sudah beres. Nah.. bagi rekan-rekan yang kebetulan dalam situasi sama, berikut ini cara yang saya lakukan.

 

Cara redirect atau mengarahkan ip vps ke domain

redirect ip adress ke domain

redirect ip adress ke domain

Cara ini berhasil saya terapkan pada vps hosting unmanaged dengan web server apache, dan install PHP, BIND, control panel webuzo, dan CMS wordpress. begini langkah-langkahnya.

Buka file .htaccess pada file manager kemudian edit.

Lalu paste kode redirect ip vps ke domain ke file .htaccess, ini kodenya

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^105\.226\.24\.185$
RewriteRule ^(.*)$ http://www.ilmusipil.com/$1 [L,R=301]
</IfModule>

sebelum disimpan di .htaccess sebelumnya ganti tulisan yang berwarna merah, sedangkan angka 301 berarti kita meredirect secara permanen. jadi yang perlu diubah adalah

105.226.24.185 ganti dengan IP VPS sahabat,

www.ilmusipil.com ganti dengan domain sahabat,

Jika sudah di save ke .htaccess lalu check di browser dengan mengakses website via ip adress vps, jika sudah dialihkan ke domain maka selamat perjuangan sudah berhasil, atau jika ada rekan-rekan yang punya cara lebih mudah untuk mengatasi permasalahan ini bisa minta tolong diinfokan disini rahasianya agar berguna bagi yang sedang mencari pencerahan 🙂

2 Comments

  1. Hitman 2 January 2017
  2. elpris76 15 April 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.