Cara pemasangan pompa air

Pompa air yang bagus akan menghasilkan sebuah kinerja yang baik, awet dan tidak mudah mengalami gangguan, selain itu juga harus benar dalam memasangnya sehingga dapat beroperasi dengan baik. Adapun cara pemasangan pompa air adalah sebagai berikut:

  1. Marking lokasi penempatan pompa. ini dilakukan jika pemasangan pompa berada pada lokasi bangunan yang sangat memperhatikan keakuratan ukuran misalnya gedung bertingkat tinggi sehingga letak pompa air sesuai dengan lokasi yang direncanakan dan tidak mengganggu ruangan lainya, untuk rumah tinggal cukup diletakan sepantasnya saja.
  2. Buat pondasi pompa, perhatikan kelurusan dan rata pondasi. agar pompa dapat awet tahan lama maka sebaiknya dibuatkan sebuah pondasi terbuat dari beton karena kebanyakan pompa air terbuat dari bahan besi yang mudah berkarat sehingga memerlukan tindakan pencegahan untuk memperlama umur pemakaian.
  3. Pasang instalasi pemipaan ruang pompa terlebih dahulu. pemasangan pompa dipasang setelah instalasi pendukung seperti pipa plumbing dan kabel listrik dipasang dengan benar.
  4. Pasang Pompa dan valve-valvenya. baca buku petunjuk pemasangan pompa air yang disertakan pada kemasan pembelian sehingga semua bagian dapat terpasang dengan benar karena beda merk pompa terkandang memberikan produk dengan bentuk dan ukuran yang berlainan.
  5. Sambung instalasi daya ke pompa.
  6. Atur pressure switch pompa.
  7. Lakukan running test pompa.
  8. Jika ada kesulitan dapat bekerjasama dengan tukang plumbing atau kontraktor mekanikal elektrikal.

 

Salah satu jenis pompa yang banyak digunakan pada bangunan gedung bertingkat dapat kita saksikan fotonya dibawah ini

pompa perspektif

Perspektif pompa air

pompa tampak samping

Tampak samping pompa air

 

Pemasangan telah selesai dan dapat digunakan untuk mengalirkan air kedalam ruangan yang membutuhkan seperti kamar mandi, tempat cuci, dan lainya. pemasangan pipa plumbing yang tertanam kedalam lantai keramik sebaiknya menggunakan pipa tebal yang berkualitas baik karena kerusakan dikemudian hari dapat merepotkan dalam perbaikan seperti harus melakukan pekerjaan bongkar pasang keramik lantai selain itu juga menciptakan biaya tembahan yang tidak sedikit :-). membuat terkadang lebih mudah dari merawat hal ini bisa diterapkan dalam hal pompa air yang selain membutuhkan cara memasang yang benar juga diperlukan tindakan perawatan secara baik sehingga dapat memberikan kinerja maksimal dalam mengalirkan tetesan air kehidupan :-)

Cara pemasangan pompa air | Ahadi | 4.5
71 Comments
  1. 1 year ago
    mualipudin

    di rumah saya sumur pantek pakai pipa casingnya 1,5″ apakah bisa pakai pompa jet pump

    Reply
  2. 1 year ago
    utis

    assalamu allaikum. lansung ja Mas saya pasang pompa air semi jet pum, keluar air nya kecil dimana kesalahan ny..?apa pipa yang ke bawah kurang gede ukuran nya..? soal nya saya pake pipa 1/2 inci.mohon saran nya trimakasih di tunggu saran ny…..!

    Reply
  3. 10 months ago
    Ahlam

    selamat sore ,..
    Boss ,..mohon petunjuk dan langkahnya, bisa ngak satu sumur dipasang 2 mesin jetpump , yg terpasang sekarang satu . agar tidak ngebor sumur lagi

    Reply
  4. 10 months ago
    Ahlam

    selamat sore ,..
    Boss ,..mohon petunjuk dan langkahnya, bisa ngak satu sumur dipasang 2 mesin jetpump , yg terpasang sekarang satu . agar tidak ngebor sumur lagi

    mohon kirim ke email. thank

    Reply
  5. 9 months ago
    yosef

    Mas mohon informasinya, apakah satu sumur bor bisa menggunakan 2 mesin pompa mengingat satu sumur bor untuk penggunaan dua rumah terima kasih

    Reply
  6. 9 months ago
    david

    Bos mau tanya sya memasang jet pom dalam sumur yg dlmnya 15 m tpi kok setelah saya pasang keluar airnya kecil sudah sya setel sama setop kran masih jga kecil ngalirnya apa masalahnya? Sumur sy airnya banyak pakai pipa 2 batng aja sudah ckp tlong infonya boss

    Reply
    • 5 months ago
      bang jul

      mohon penjelasanya…klau dari mata jet pum..bisakah di tambah pipa lagi karna kedalaman bor 4 inchi cuma 18 meter….mohon jawaban boss ..

      Reply
  7. 9 months ago
    iqbal

    Itu gambar fire pump mas, yaitu pompa yang hidup secara otomatis jika terjadi kebakaran. Standarnya biasanya NFPA, dan di painting warna merah. Jadi kurang tepat kalau disebut sebagai pompa utilities.

    Reply
  8. 9 months ago
    ahmad supriadi

    …bang maaf numpang tanya
    ..saya masang sanyo udah rapi dan udh bener smuanya pake otomatis jg tp ko pas di nyalain gx naik-naik ea airnya,harus di pancing mulu pake air ea..

    Reply
  9. 8 months ago
    HENDRA

    ….Mau minta tolong sharing informasinya. Saya pasang sumur bor. Dengan kedalaman 14mtr. Menggunakan mesin pompa sanyo merk panasonic. Kira” ukuran paralon yang pas supaya bisa menyedot air dengan berapa, ya? Terimakasih banyak sebelumnya. Semoga informasi yang akan anda berikan, menjadi pahala buat anda dan berkah buat kita semua. Amiin…!

    Reply
  10. 7 months ago
    rendra

    Pak mau tanya pompa untuk kedalaman 40 meter pakai pompa ap? Ap bisa pkai 2 pompa ?

    Reply
  11. 5 months ago
    bang jul

    mohon petunjuk nya bagi yang tau…kalau dari ata jet pum di tambah pipa lagi bisa gak…karna kedalaman bor saya yag 4 inci hanya 18 meter…sisanya 3 inci..

    Reply
  12. 4 months ago
    ridwan

    salam, apa paktor mesin air jet pump sering mati hidup sekitar 5 menit bos

    Reply
  13. 4 months ago
    Ado

    Met siang agan,.
    Mau tnya nih. D jetpum sya ada 2 lubang vipa yg msuk k tnah.. Nah kl cma satu yg d msukin tanah bsa ga gan..

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*