Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara pemasangan pompa air

Pompa air yang bagus akan menghasilkan sebuah kinerja yang baik, awet dan tidak mudah mengalami gangguan, selain itu juga harus benar dalam memasangnya sehingga dapat beroperasi dengan baik. Adapun cara pemasangan pompa air adalah sebagai berikut:

  1. Marking lokasi penempatan pompa. ini dilakukan jika pemasangan pompa berada pada lokasi bangunan yang sangat memperhatikan keakuratan ukuran misalnya gedung bertingkat tinggi sehingga letak pompa air sesuai dengan lokasi yang direncanakan dan tidak mengganggu ruangan lainya, untuk rumah tinggal cukup diletakan sepantasnya saja.
  2. Buat pondasi pompa, perhatikan kelurusan dan rata pondasi. agar pompa dapat awet tahan lama maka sebaiknya dibuatkan sebuah pondasi terbuat dari beton karena kebanyakan pompa air terbuat dari bahan besi yang mudah berkarat sehingga memerlukan tindakan pencegahan untuk memperlama umur pemakaian.
  3. Pasang instalasi pemipaan ruang pompa terlebih dahulu. pemasangan pompa dipasang setelah instalasi pendukung seperti pipa plumbing dan kabel listrik dipasang dengan benar.
  4. Pasang Pompa dan valve-valvenya. baca buku petunjuk pemasangan pompa air yang disertakan pada kemasan pembelian sehingga semua bagian dapat terpasang dengan benar karena beda merk pompa terkandang memberikan produk dengan bentuk dan ukuran yang berlainan.
  5. Sambung instalasi daya ke pompa.
  6. Atur pressure switch pompa.
  7. Lakukan running test pompa.
  8. Jika ada kesulitan dapat bekerjasama dengan tukang plumbing atau kontraktor mekanikal elektrikal.

 

Salah satu jenis pompa yang banyak digunakan pada bangunan gedung bertingkat dapat kita saksikan fotonya dibawah ini

pompa perspektif

Perspektif pompa air

pompa tampak samping

Tampak samping pompa air

 

Pemasangan telah selesai dan dapat digunakan untuk mengalirkan air kedalam ruangan yang membutuhkan seperti kamar mandi, tempat cuci, dan lainya. pemasangan pipa plumbing yang tertanam kedalam lantai keramik sebaiknya menggunakan pipa tebal yang berkualitas baik karena kerusakan dikemudian hari dapat merepotkan dalam perbaikan seperti harus melakukan pekerjaan bongkar pasang keramik lantai selain itu juga menciptakan biaya tembahan yang tidak sedikit :-). membuat terkadang lebih mudah dari merawat hal ini bisa diterapkan dalam hal pompa air yang selain membutuhkan cara memasang yang benar juga diperlukan tindakan perawatan secara baik sehingga dapat memberikan kinerja maksimal dalam mengalirkan tetesan air kehidupan :-)

  1. Cara pemasangan Hydrant pillar
  2. Nasib Hidran di Kota Bandung
  3. Cara pemasangan Hydrant box

45 Responses to “Cara pemasangan pompa air”

  1. dafi says:

    salam,,
    lgsng aja, knp mas pompa air dirumah sy hrs dipancing dulu dgn air br bs kluar airnya dn stlah mesin dimatikan lalu dihidupkn lg airnya sdh tdk mau kluar.
    itupun pancingnya hrs dgn air yg bnyk,pdh saat pemasangan pipa sy rasa smua sambungan’a bgs. yakin tdk ada yg bocor.
    tp knapa bs bgitu ya mas???
    sy mnt mohon bantuan dan penjelasan’a.
    krm ke email sy aja y mas.
    terima kasih.

    1. david says:

      bos tolong pencerahannya, untuk keperluan air dirumah saya mengunakan sumur yg kedalamanya kira2 3 M, dan untuk narik air nya saya gunakan mesin pompa merk sanyo, tapi sudah seminggu ini mesin sanyo nya ngdak mau isap air lagi, untuk catatan mesinnya udah saya bongkar dan saya bersihkan, tapi waktu di coba lagi tidak ada isapan pada pompa tersebut walau sudah saya coba untuk memancingnya…. gimana solusinya bos….

  2. ainul says:

    assalamualikum” langsung aja ya mas..,pompa sy otomatis nya slalu cetak cetek,stlah sy cek semua bahkan sy ganti semua paralon keluar nya msh tetap cetak cetek,dan setiap menghidupkan hrs di pancing dulu,walau tdk begitu banyak dan keluar air nya kecil dan pelan sekali. (pompa sy simitzu semi jet pump 125w kondisi GRESS) ke dlman ngebor 24m pipa setengah in nya 2 batang setengah. di manakah masalah nya masss.. mohon bantuan nya ya….makasih.

  3. ainul says:

    mass kirim nya ke Email sy jg blh

  4. Agus says:

    Untuk yang harus di pancing dulu biasanya check valve buasanya di pasang di ujung pipa yang masuk dalam tanah sudah kurang baik mungkin kotor atau terganjal pasir sehingga airnya turun lagi kebawah dan di pompa jadi kosong shg harus dipancing. Untuk yang cetak cetek kemungkinan span dari setting otomatisnya terlalu kecil jadi pompa baru jalan tekanan sudah tinggi dan mematikan pompa, atau ruang yang pipa keluaran volumenya kecil sehingga tekanan airnya langsung tinggi dan mematikan pompa.

  5. victor says:

    Dear Sir/Madam,
    Mohon bantuan informasi. Kamar mandi lt 2 rumah saya berjarak 15 meter dari Bak Penampungan. Selama ini saya pake pompa pendorong yg berdaya 150 Watt. Namun sering sekali pompanya rusak karena automatis sering ngadat sehingga pompa hidup terus. Saya punya rencana meninggikan Bak Penampungan, mohon info berapa tinggi towernya dan haruskah pake penangkal petir. Atas dukungannya diucapkan terima kasih.

  6. yanti says:

    Jarak penempatan mesin jet pump ke sumber air yg dibor maksimal berapa meter mas, krn kami ada buat sumur bor dekat pagar dan utk menghindari pencurian dari maling km ingin mesin tsb ditempatkan didlm rumah atau diruang dapur
    Jarak rencanan penempatan mesin tsb dgn sumber air dibor lebih kurang 20 m
    Jika mesin diletakkan dgn jrk tsb apakah menganggu daya sedot air tsb
    Mhn bantuannya pak,terimakasih

    1. dens says:

      cek aja spek aja spek pompanya,daya hisap n dorong nya berapa,…bisa dilihat di plat spek di body pompa speknya,……

  7. eko says:

    skema gambarnya mna

  8. ari says:

    mohon bantuannya, saya menggunakan toren dengan di bantu pompa air semi jet 250 watt untuk suplay ke instalasi rumah, anehnya pada saat hidup pompa tersebut seperti ada udara di dalam pompanya padahal instalasi dari toren ke pompa tidak ada yg bocor, pernah saya coba tutup saluran ke rumah dengan tekanan tinggi lalu saya buka baut yg ada di pompa supaya udara keluar setelah itu bisa halus suaranya (sayang sekali hanya bertahan 5menit) setelah mati lalu hidup lagi pompa seperti masuk angin lagi! saya pikir mungkinkah produk anyar kinyis2 cacat pada seal dalamnya mohon bantuannya thanks

  9. m rasyid ridho says:

    mas kya mana ya cara perencanaan pompa air dan pemasangannya….:)

  10. m rasyid ridho says:

    tolong dibalas ya mas..:)

  11. Rukman says:

    Assalamualaikum mas….pompa sy udah 3 hari tdk bsa kluar air ,sya tanya sma orang tdk bsa mengompa air karena kapasitas mesinnya cma 9 m,masa cma 9 meter ga bsa lgi narik air padahal tetangga sya 15 m dalam bsa narik airx.trimah kasih ya mas.tolong dibalas secepatnya

    1. plumbers says:

      Daya isap masing- masing pompa biasanya berbeda, satu merk belum tentu spesifikasinya sama, bisa saja pompa milik tetangga merk nya sama tetapi type nya berbeda dan daya isapnya pun kemungkinan berbeda.

      coba cek spesifikasi pompa airnya, daya isap berapa meter?

  12. Darman says:

    Mas pemasangan pam air di bawah atau di atas itu.apa kelebihan dan ke kurangan nya?…pam air saya selalu rusak.sy pasang di bawah.

  13. ahmad says:

    saya di kasih pompa air oleh teman saya (shimizu tipe ps 130 bit), tapi kabelnya sudah tidak pada tempatnya lagi, mohon bantuannya ….

    terima kssih

  14. achmad irfan says:

    kalo masang pipa yang arah vertikal jangan lupa nambahi dengan valve-balik itu yang menahan air cadangan sehingga tidak selalu nambahi apabila pompa dihidupkan lagi, gitu ya barang kali.

    1. dens says:

      pasang check valve kali ya namanya,…..

  15. buatjingan says:

    gan…
    gimana c cara’a donload apa copas artikel’a ?

  16. Almeita says:

    Dear,

    Mohon info dan bantuannya…saya baru memebli rumah di daerah citayam. dr developer cm di kasih kedalaman 8m,itu belum keluar air,,,jd saya dan suami ingin dalamin lagi sekitar 13m sudah keluar air,,,saya harus beli mesin pompa merk apa yah,,,krna budget saya terbatas,
    mohon segera balasannya,

    terimakasih,

    meita

    1. plumbers says:

      Numpang sharing aja sapa tau membantu, Untuk merk pompa yang di pakai untuk rumah tidak ada patokan deh kayak nya tapi yang lebih penting harus di ketahui daya isap pompa tersebut berapa? dan dalam jarak berapa meter?

      Biasanya ini terdapat pada spesifikasi pompa, bisa di ketahui pada name plate tiap pompa. Lain merk kemungkinan juga lain spesifikasinya.

      intinya harus di ketahui daya isap dan daya dorong pompa tersebut berapa bar.
      Harga tergantung merk kayaknya, sekian terimakasih….

  17. somo antara says:

    langsung aja ya mas,,saya beli mesin penyedot air dengan type aquajet dp370A, namanya moswell water pump,,tapi sayangnya tidak mau narik air mas! dan cara pasang nya pun saya tidak tau ,,trimakasi spa tau mas bisa membantu.

  18. Ronny says:

    Mw tany nih mas..sy br pasang pompa air otomatis merk panasonic…stlh dipsg kluaran airny kenceng dan tidk ad mslh..tp pressure switchny tidak mw bergerak nekan ktika kran dimatikan jd pompa ttp hidup..kr2 knp ya mas?pdhl dicek tidak ad kebocoran…wkt diketok pressure switchny br mw nekan..mohon bantuanny,,trima kasih

  19. ishak maran says:

    Apakah harus pasang instalasi pipa dahaulu ya,, kita belum pasang instalasi tetapi langsung kita test saja tetapi tiidak bisa keluar , bagaimana caranya,,,

  20. herlyano says:

    mas .. tanya dong, kalo mesin semi jet pump dy hisap 11m , pancar 31 m untuk pemasangannya bisa ga pake pipa yg 1/2″ .. trus apa harus menggunakan klep pada pipa paling bawah , terimakasih

  21. dharmansyahjenan says:

    saya ada masalah dengan pemasangan shimizu / kehilangan jejak pemasangan kabelnya . dimana kabel merah, hitam dan abu-abu dari mesin kemudian hitam hitam dari kapasitor dan dari outomatisnya biru dan coklat dari pln kabelnya biru coklat dan kuninglesbiru yang saya sambungkan kebodi namun tidak berpungsi.
    jadi mohon bantuan yang mengerti alias paham dengan instalasi shimizu pompa air. trim

  22. denny says:

    mas, mohon infox…apa boleh masang jet pump head 40 m tanpa tabung .dan juga pake 1 pipa hisap

  23. harisasongko says:

    saya sudah pasang pompa jetpump, namun kesulitan penyedotannya, jarak pipa dengan permukaan air sekitar 15 m ada sambungan L setelah pipa hisap.

    8 meter
    pompa

    7 meter

    Permukaan air

    8 meter
    pompa

    7 meter

    Permukaan air

  24. agung.s says:

    assalamu’alaikum …
    Mas langsung aja yah, saya punya mesin air merk DAP daya hisap’e 11 M dan lubang pantek k’dalaman’e 6 M, tp tdk dpt menghisap air.
    Catatan mesin saya baru 3 hari dan kondisi masih baru,
    Tlng solusi dan bantuan’e yah …
    Trimakasih

    1. agung.s says:

      balas ke E-MAIL jg tdk apa2 …
      Mohon bantuan’e yah …

  25. Eko psp says:

    Tolong ya ..OM dibuatkan skema gambar pipa jetpam yang masuk dikedalaman tanah 35 m…terima kasih. Tuhan memberkati.

  26. sali cah ashter says:

    pompa air drmh merk shimizu gak sam pek stengah jam mati n mesinx panas. knp ya dg mesin itu

  27. nugrahanto says:

    untuk kedalaman air sekitar 15m dari permukaan tanah , ada nggak pompa semi jet pump yang bisa mengangkat (tidak dgn jet pump ).. dan merk pompa airnya apa….mohon rekomendasinya.
    nuwun

  28. agus says:

    saya pasang pompa pendorong merk kyodo, tolong pencerahan mengapa airnya bisa bplak-balik lewat saluran inputnya

  29. moch.dika says:

    Mau Tanya nehhh….. cara pemasangan penggunaan 2 (dua) mesin sanyo. pertanyaanya Mesin pertama untuk mengisi tangki tandon menggunakan swite otomatis, apakah mesin kedua untuk penyaluran ke kran-kran menggunakan swite otomatis juga..atau salah satu mesin yg menggunakan swite otomatis…..baiknya mesin yg pertama atau mesin yang kedua menggunakan swite otomatis…trims.

  30. agus says:

    mas, saya mau tanya, saya baru membeli pompa air (200w, Daya Hisap : 9M) untuk sumur bor, kedalaman sumur 16m. saya pasang 2 buah peralon ukuran 3/4, mulanya air keluar dengan kecang, namun beberapa menit kemudian air yang keluar menjadi namun stabil (tetap kecil).
    sebagai catatan, tetangga sebelah saya menggunakan pompa air dengan merk dan type yang sama serta jumlah peralon yang sama pula, karena saya sengaja ikut-ikutanan tetangga.
    kira-kira apa sebabnya ya mas ?
    mohon pencerahannya, terima kasih.

  31. aryanto says:

    Bos, bagaimana cara menentukan diameter pipa cabang supaya kecepatan alirnya sama di semua cabangnya?

  32. yudhie says:

    Salam.bagi infonya,tandon saya kenapa airnya berkurang sendiri,klo ada bocor knp pompa pendorong air di tandon saya tidak menyala,terima kasih

  33. yudi says:

    saya mo pasang jet pump di protes tetangga memang ngaruh mas sumur tetangga jd kecil? kynya air sumur tetangga jadi kesedot habis. memang apa benar mas seperti itu……

  34. Afiza Makmur says:

    kunjungi web kami di http://www.afizaplumbing.com
    kami menyediakan aneka Valve, fittings, Flange, pipa, long drat, hanger clamp, pelampung valve, sanitary ware dll
    contact person 021-51198151

  35. Darto says:

    Boss…Mau tanya, sumur saya menggunakan pipa 1 1/4 inch dengan kedalaman 22m. saya ada jetpump tapi dengan 2 inlet (hisap dan tekan) dan tidak memungkinkan untuk keduanya masuk dalam pipa sumur saya. Jika pipa hisap yang saya tancap, dan pipa tekan saya tutup bisa gak ya boss?? atau ada solusi lain selain ngebor sumur lagi….atau ada gak ya jetpump yang hanya menggunakan pipa hisap saja??? Mohon bantuannya Boss…. Maturnuwun….

  36. JERRY says:

    Langsung aja ya mas,saya punya pompa merek nochi yg 500 watt….
    jarak antara kolam ke mess saya kira2 1 kilo meter,selama ini saya paralelkan kira2 500 meter 1 pompa dan saya memakai 2 mesin jet pump trsbt…gimana caranya agar air yg di hisap dapat normal atau kencang airnya ya mas???
    NB,posisi mendaki mas…
    bagusnya berapa meter kalau saya pasang setiap jet pumpnya,trimakasieh,…

  37. gerdi says:

    Salam, langsung aja yah..saya punya mesin pompa jet pump merk wasser. satu jam setelah pemasangan pompa, air saya sudah bersih. hal ini terus berjalan hingga beberapa bulan. tapi terkadang air tersebut bisa jadi kotor krn lumpur yg naik, kadang bersih jernih kembali. kira2 apa masalahnya air menjadi kotor?( lumpur naik hingga air jadi hitam ).Apakah pengaruh jika pipa sering saya goyang tarik ulur membuat air jadi kotor? untuk mesin pompa kadang otomatis mati sendiri, hidup lagi dan mati lagi, padahal air mengalir terus. Mohon penjelasannya. Tq

  38. Penangkal Petir says:

    Terimakasih atas infonya tentang Cara pemasangan pompa air, sangat bermanfaat.

  39. Penangkal Petir says:

    Terimakasih atas infonya tentang Cara pemasangan pompa air, sangat bermanfaat.

    Website kami: http://www.penangkalpetir.com

Leave a Reply

Current ye@r *