Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara pemancangan pondasi tiang pancang

Tiang pancang adalah salah satu jenis pondasi yang digunakan untuk gedung bertingkat tinggi atau bangunan tower, bentuk tiang pancang bisa berupa silinder atau segitiga denggan panjang tiang 10 m sampai dengan 30 m, apabila kedalaman tiang pancang melebihi satu buah maka dapat dilakukan penyambungan. berbagai metode kerja dapat digunakan sebagai cara pemancangan pondasi tiang pancang ini seperti menggunakan alat berat diesel hammer dengan urutan langkah kerja sebagai berikut

 

Cara pemasangan pondasi tiang pancang

  • Melakukan pengetesan terhadap tanah dilokasi rencana pondasi untuk mengetahui jenis tanah dan kedalaman lapisan keras.
  • Menghitung struktur pondasi tiang pancang sehingga dapat ditentukan kebutuhan ukuran tiang pancang, spesifikasi material dan kedalaman tiang pancang sehingga kuat untuk menahan beban bangunan yang disalurkan ke titik perhitungan.
  • Produksi tiang pancang dapat dilakukan dipabrik dengan spesifikasi sesuai perhitungan kemudian dkirim ke lokasi proyek menggunakan kendaraan truck besar.
  • Pengangkatan tiang pancang dapat menggunakan alat tower crane atau mobil crane dengan posisi titik angkat sesuai perhitungan sehiingga tidak terjadi patah dalam pengangkatan.
  • Surveyor melakukan pengukuran dilapangan untuk menentukan titik-titik sesuai gambar kemudian mendirikan alat teodolit untuk mengecek ketegakan pemancangan, tiang pancang diangkat tegak lurus kemudian posisi ujung diesel hammer dinaikan dan topi paal dimasukan pada kepala tiang pancang.
  • Ketegakan posisi pemancangan dikontrol menggunakan 2 buah teodilit yang dipasang dari dua arah untuk memastikan posisi tiang pancang tegak dan melakukan control setiap 2 m, pemancangan dilakukan sampai dengan elevasi kedalaman yang direncanakan.
  • Tiang pancang yang tersisa diatas elevasi rencana dikelupas betonya sehingga tersisa besi tulangan yang akan dipakai sebagai stek untuk dihubungkan dengan pile cap pada bangunan gedung atau abutmen pada konstruksi jembatan.

 

Kesalahan yang mungkin terjadi pada cara pemancangan pondasi tiang pancang ini bisa terletak pada penggunaan bahan dibawah spesifikasi perhitungan sehingga pondasi tidak kuat, selain itu kesalahan dalam pengangkatan yang tidak berada pada titik aman dapat menyebabkan patah, kemiringan pemancangan juga bisa terjadi akibat kurang terkontrolnya ketegakan sehingga mengurangi kedalaman dan kekuatan pondasi yang berbeda dari perencanaan.

ilmu sipil
  1. metode pemasangan pintu besi
  2. metode pemasangan baja ringan
  3. cara cor nad keramik yang baik
  4. Mengerjakan proyek bangunan saat musim hujan
  5. Cara pengecatan dinding
  6. Cara memasang tembok batu bata merah bagus
  7. PEMBONGKARAN BEKISTING dan PERAWATAN KOLOM
  8. cara pemasangan dinding marmer sistem basah dan kering
  9. pembangunan gedung bertingkat
  10. kontrak kerja proyek konstruksi
  11. metode kerja kolom gedung
  12. cara waterproofing beton
  13. metode cara plesteran dinding yang baik
  14. Konstruksi Berkelanjutan
  15. Mengatasi karat pada besi beton bertulang
  16. pengecoran kolom gedung
  17. Cara Memasang Lapis Resap Pengikat dan Lapis Perekat
  18. cara pasang keramik dinding
  19. waller beam lantai basement

1 Komentar

  • rustam says:

    terima kasih pak atas informasinya,yg saya minta bagaimana langkah2 selanjutnya untuk pengerjaan tiang pancang trsbt

Komentari

*
*

Current ye@r *