Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara mudah menghitung RAB rumah

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk memperkirakan biaya untuk mewujudkan sebuah bangunan, diantara sekian metode tersebut tentu ada yang paling gampang sekaligus cepat, sebelumnya kita telah mengenal sistem analisa harga stuan bangunan yang biasa disebut sebagai AHS namun untuk menghitungnya harus dibuat secara rinci pada setiap detail masing-masing pekerjaan sehingga membutuhkan waktu dan olah pikir yang tidak sedikit, ada juga yang hanya menggunakan harga satuan saja sehingga tinggal mengalikan volume dengan harga pekerjaan, namun semua langkah tersebut rasanya belum terlihat mudah dan praktis untuk digunakan oleh masyarakat umum yang tidak mendalami secara khusus tentang ilmu teknk sipil arsitektur khususnya rencana anggaran biaya bangunan, Nah.. disini kita akan mencoba menjelaskan cara mudah menghitung RAB rumah yaitu dengan sistem m2 luas bangunan.

 

Rumus menghitung RAB secara mudah

RAB rumah = Luas rumah x harga per m2 bangunan

Contohnya begini: kita akan membangun rumah ukuran 6m x 6m, lalu kita cari informasi berapa harga per m2 bangunan pada daerah tersebut, misalnya kita dapatkan data harga rumah Rp.2.500.000,-/m2 maka total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut sampai selesai adalah:

  • Luas bangunan = 6m2 x 6m2 = 36m2.
  • RAB rumah = 36m2 x Rp.2.500.000,- = Rp.90.000.000,- (sembilan puluh juta rupiah).

Mudah bukan? intinya kita membutuhkan dua data penting yaitu luas rumah dan harga per m2 bangunan. Cara ini tentu punya kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu mari kita coba ungkap disini.

Kelebihan

  1. Data yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, sehingga bisa lebih mudah dan cepat dalam menghitung.
  2. Dapat digunakan oleh masyarakat umum yang belum mengenal ilmu rencana anggaran biaya bangunan secara mendalam.

Kekurangan

  1. Tingkat ketelitianya masih jauh dibawah sistem analisa harga satuan pekerjaan.
  2. Tidak bisa dijadikan patokan untuk menghitung kebutuhan material dan tenaga bangunan.
  3. Tidak bisa dijadikan sebagai dasar perjanjian kontrak kerja proyek konstruksi.

 

Demikian penjelasan tentang cara mudah untuk menghitung biaya bangun rumah ini, cara lainya bisa menggunakan software RAB sehingga tinggal memasukan data lalu terlihatlah perkiraan RAB rumah, jika ada yang hendak menambahkan ilmu tentang ini silahkan dituliskan dibawah, semoga bermanfaat :-)

ilmu sipil
  1. analisa harga satuan bekisting
  2. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  3. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  4. Cara menghitung kebutuhan keramik
  5. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  6. Analisa pekerjaan plesteran
  7. Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  8. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  9. cara menghitung volume material pasangan bata
  10. menghitung keuntungan borongan
  11. Menghitung berat besi tanpa tabel
  12. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  13. Cara menghitung volume besi beton bertulang

19 Komentar

  • Aquino Dinis Alves says:

    Bagaiman caranya untuk menghitung koefisien analisa harga satuan untuk konstruksi bangunan jembatan

  • Bambang Mujiyono says:

    Mohon maaf, sebenarnya cara itu adalah kebiasaan yang kurang baik dan memang sudah menjadi budaya, ketika kita berbicara harga satuan plak itu mungkin tidak akan meleset jauh jika untuk jenis pekerjaan struktur, akan tetapi untuk pekerjaan finishing, sangat tidak bisa di jamin akurasinya, karena finishing itu pilihan, banyak model untuk jenis barang yang sama, itu penilaian saya, mohon maaf jika kurang berkenan.

  • Tutut says:

    Kalau RAB yg lengkap dan mudah bagaimana caranya?bukannya tergantung ya pembangunannya ada penggalian atau tidak??

  • didin says:

    pa saya mau tanya,saya di tawari pelaksanaan pekerjaan rumah,di suruh ngeborong,,,luas bangunan 9x30m2,bangunan 2Lt,kira2, harga yang dia tawarkan Rp 1,8 m ada untung nya ga ya?saya masih awam,,,,,,hehe.h

  • Aries says:

    Sebenarnya menurut saya harga di atas adalah harga kasar saja.

    Bila anda mau menghitung harga secara gampang dan lebih menyeluruh, ambil perkiraan tersebut, lalu tambahkan biaya sekitar 15% untuk perijinan dan pembuatan fasilitas di luar bangunan rumah, semisal saluran, paving untuk parkir, taman dsb.

    Jadi seperti contoh di atas, bila anda membanguna rumah sendiri, maka 36m2 x 2.5 juta = 90 juta + 15% untuk biaya perijinan menjadi = 103.5 juta.

    Hal lain yang patut diperhatikan adalah rentannya harga bangun terhadap kenaikan harga material. Hal inilah yang sering tidak diperhatikan oleh pembangun awam. Harga bangunan tidak selamanya konstan sepanjang durasi proyek. Harga pembangunan cenderung naik mengikuti inflasi, KECUALI, jika anda merancang kontrak dengan kontraktor secara jelas di depan.

    Jumlah RAB juga tergantung oleh kualitas bangunan yang di-inginkan. Jika mau membangun rumah grade A, sudah jelas harga bangun akan lebih tinggi lagi.

  • Karunia Steel says:

    tapi terkadang klien minta RAB secara terperinci,,,,,

    numpang iklan yah gan,,,,,,
    http://www.atapgalvalume.com

  • GONDUT says:

    AKU MAU BELAJAR MAS…..MAKASIH INFONYA…

    GIMANA CARANYA YAH……………….

    APA HARUS BELI STWER ATAU DONLODW DI SINI …?

  • Sarifa Ummi says:

    Assalamu’alaykum.. brp biaya yg diperlukan utk membangun rumah dg luas lantai bawah (yg belum dibangun)33 m2 dan lantai atas 60 m2 dimana 30 m2 blm didek (sebagian sdh didek/berlantai). sy tinggal di Gresik, Jawa Timur. sbelumnya sy mengucapkan terimakasih kepada ilmusipil.com . smoga ilmunya barokah..

  • Annisa Qodrianingtya says:

    Assalamualaikum. Untuk D3 – Konstruksi sipil, kira-kira mata kuliah umum semester satunya apa aja ya? :) Thanks before. Sukses kakak-kakak semua!

  • anton panjaitan says:

    mat pagi civil.com.mohon berikan solusi/statement bapak/ibu atas komentar saya yang kemarin.makasi sebelumnya.

  • dwi p says:

    wah ya terima kasih paling tidak kita ucapkan . . . namun ya kasihan ilmu TK kok disampaikan disini, itu sangat jauh dari bisa menghitung, banyak variabel yang mengikuti yang sama sekali tak tersentuh

  • andika jaya putra says:

    salam sukses.sya ingn bertanya bgi mn menghtng rab untuk rumh dri 0 tipe 68 lantai 2.atas bimbingannya sy ucapkan terima kasih

  • ikbar takau says:

    Saya mendapat borongan pekerjaan pembangunan shelter yang ukuran bangunannya 2m x 160 . list plang keliling ditambah pemasangan alucopan, panjangnya 11,2 , lebarnya 0,70 . tolong bagaimana cara menghitungnya?
    Terimakasih

    • yanuar says:

      Cba gambar cad ato sketsa dr surveyor sudah ada ato
      belum.
      kalo mentah kya gt ssh menghitungny..
      klo pke hitungan kasar bisa meleset jauh..
      nanti bapak malah rugi..
      Trm ksh..

  • yanuar says:

    Saya bekerja menjadi Planer͵Supervisi dan Estimator..
    menurut saya Cara itu hanya deal2n antara mandor dan pemborong saja.
    klo saya ngitung tiap pkerjaan di uraikan (detail) mulai dr pkerjaan pendahuluan͵persiapan dll berikut perhitungan
    volumenya.
    dtmbah overhead harga satuan 5~10% [sebagai margin antisipasi jika ada kenaikan material dan pajak..]
    keuntungan dr sini owner dapat membelanjakan materialnya
    sendiri tanpa takut kelebihan ato kekurangan bahan material
    yg telah di beli karna di rab telah di hitung sedemikian rupa untuk meminimalisir kelebihan ato kekurangan material di tiap pkerjaannya..
    jangan takut mengenai harga material karna pemerintah di tiap daerah
    telah menyediakan Harga Satuannya sendiri jdi qt bsa cek dstu.
    Jka tdk ada gunakan harga pasar.
    slain Rab͵pemborong diwajibkan juga sinkronisasi dgn Gambar & RKS/Bestek yaitu urutan pkerjaan dan tata cara pelaksanaan..
    Dari sini bsa dipastikan deviasi antara Perencanaan dan Pelaksanaan tidak akan meleset jauh..
    kurang lebihnya mohon maaf..
    semoga bermanfaat..

  • suhartini says:

    minta tolong pak, rencana dirikan bangunan ukuran 20X30 meter.
    1. brp biaya rangka baja sampai atap.
    2. jika perbandingan menggunakan atap baja ringan brp.
    3. atau mungkin bapak jual baja brp harga baja propil H ukuran 10×12? terima kasih atas kerjasamanya.

  • Nugie says:

    Mohon bantuannya untuk RAB rumah minimalis dengan luas tanah 7 m2 x 12 m2 = 84 m2.
    Keinginan sih Lantai 2 dengan 3 Kamar tidur (1 Kamar tidur utama, 2 kamar tidur anak.

    Mohon bantuannya….

    Terima Kasih

  • ARYA says:

    Mau bertanya untuk budget yang harus disediakan, krn ada niatan bangun rumah 2lantai, lt:182m2, lb:170m2. Rencananya :
    lantai 1, (akan dibuat tinggi +/-3meter)
    – garasi
    – r.tamu
    – r.keluarga
    – r.makan
    – dapur
    – k.tidur tamu (1)
    – k.mandi (3)
    – k.tidur utama
    – gudang
    .
    lantai 2,
    – k.tidur (3)
    – k.mandi (1)
    – r.jemur
    – k.tidur pembantu
    .
    terima kasih sblmnya.

  • unchu says:

    Mohon bantuan. Saya mo nanya untuk menghitung upah pembuatan pagar apakah tergantung design pagar?? Saya mau membuat pagar panjang 6m. Gmna solusinya yang bagus? Karna saya cri2 tukang di patok hrga 5jta an..

Komentari

*
*