Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara mudah menghitung RAB rumah

Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk memperkirakan biaya untuk mewujudkan sebuah bangunan, diantara sekian metode tersebut tentu ada yang paling gampang sekaligus cepat, sebelumnya kita telah mengenal sistem analisa harga stuan bangunan yang biasa disebut sebagai AHS namun untuk menghitungnya harus dibuat secara rinci pada setiap detail masing-masing pekerjaan sehingga membutuhkan waktu dan olah pikir yang tidak sedikit, ada juga yang hanya menggunakan harga satuan saja sehingga tinggal mengalikan volume dengan harga pekerjaan, namun semua langkah tersebut rasanya belum terlihat mudah dan praktis untuk digunakan oleh masyarakat umum yang tidak mendalami secara khusus tentang ilmu teknk sipil arsitektur khususnya rencana anggaran biaya bangunan, Nah.. disini kita akan mencoba menjelaskan cara mudah menghitung RAB rumah yaitu dengan sistem m2 luas bangunan.

 

Rumus menghitung RAB secara mudah

RAB rumah = Luas rumah x harga per m2 bangunan

Contohnya begini: kita akan membangun rumah ukuran 6m x 6m, lalu kita cari informasi berapa harga per m2 bangunan pada daerah tersebut, misalnya kita dapatkan data harga rumah Rp.2.500.000,-/m2 maka total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut sampai selesai adalah:

  • Luas bangunan = 6m2 x 6m2 = 36m2.
  • RAB rumah = 36m2 x Rp.2.500.000,- = Rp.90.000.000,- (sembilan puluh juta rupiah).

Mudah bukan? intinya kita membutuhkan dua data penting yaitu luas rumah dan harga per m2 bangunan. Cara ini tentu punya kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu mari kita coba ungkap disini.

Kelebihan

  1. Data yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, sehingga bisa lebih mudah dan cepat dalam menghitung.
  2. Dapat digunakan oleh masyarakat umum yang belum mengenal ilmu rencana anggaran biaya bangunan secara mendalam.

Kekurangan

  1. Tingkat ketelitianya masih jauh dibawah sistem analisa harga satuan pekerjaan.
  2. Tidak bisa dijadikan patokan untuk menghitung kebutuhan material dan tenaga bangunan.
  3. Tidak bisa dijadikan sebagai dasar perjanjian kontrak kerja proyek konstruksi.

 

Demikian penjelasan tentang cara mudah untuk menghitung biaya bangun rumah ini, cara lainya bisa menggunakan software RAB sehingga tinggal memasukan data lalu terlihatlah perkiraan RAB rumah, jika ada yang hendak menambahkan ilmu tentang ini silahkan dituliskan dibawah, semoga bermanfaat :-)

  1. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  2. Analisa pekerjaan plesteran
  3. Menghitung berat besi tanpa tabel
  4. analisa harga satuan bekisting
  5. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  6. Cara menghitung kebutuhan keramik
  7. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  8. cara menghitung kebutuhan atap genteng
  9. Cara menghitung volume besi beton bertulang
  10. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  11. menghitung keuntungan borongan
  12. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  13. cara menghitung volume material pasangan bata
  14. Rencana Anggaran Biaya Bangunan

23 Responses to “Cara mudah menghitung RAB rumah”

  1. Aquino Dinis Alves says:

    Bagaiman caranya untuk menghitung koefisien analisa harga satuan untuk konstruksi bangunan jembatan

  2. Bambang Mujiyono says:

    Mohon maaf, sebenarnya cara itu adalah kebiasaan yang kurang baik dan memang sudah menjadi budaya, ketika kita berbicara harga satuan plak itu mungkin tidak akan meleset jauh jika untuk jenis pekerjaan struktur, akan tetapi untuk pekerjaan finishing, sangat tidak bisa di jamin akurasinya, karena finishing itu pilihan, banyak model untuk jenis barang yang sama, itu penilaian saya, mohon maaf jika kurang berkenan.

  3. Tutut says:

    Kalau RAB yg lengkap dan mudah bagaimana caranya?bukannya tergantung ya pembangunannya ada penggalian atau tidak??

  4. didin says:

    pa saya mau tanya,saya di tawari pelaksanaan pekerjaan rumah,di suruh ngeborong,,,luas bangunan 9x30m2,bangunan 2Lt,kira2, harga yang dia tawarkan Rp 1,8 m ada untung nya ga ya?saya masih awam,,,,,,hehe.h

  5. Aries says:

    Sebenarnya menurut saya harga di atas adalah harga kasar saja.

    Bila anda mau menghitung harga secara gampang dan lebih menyeluruh, ambil perkiraan tersebut, lalu tambahkan biaya sekitar 15% untuk perijinan dan pembuatan fasilitas di luar bangunan rumah, semisal saluran, paving untuk parkir, taman dsb.

    Jadi seperti contoh di atas, bila anda membanguna rumah sendiri, maka 36m2 x 2.5 juta = 90 juta + 15% untuk biaya perijinan menjadi = 103.5 juta.

    Hal lain yang patut diperhatikan adalah rentannya harga bangun terhadap kenaikan harga material. Hal inilah yang sering tidak diperhatikan oleh pembangun awam. Harga bangunan tidak selamanya konstan sepanjang durasi proyek. Harga pembangunan cenderung naik mengikuti inflasi, KECUALI, jika anda merancang kontrak dengan kontraktor secara jelas di depan.

    Jumlah RAB juga tergantung oleh kualitas bangunan yang di-inginkan. Jika mau membangun rumah grade A, sudah jelas harga bangun akan lebih tinggi lagi.

  6. Karunia Steel says:

    tapi terkadang klien minta RAB secara terperinci,,,,,

    numpang iklan yah gan,,,,,,
    http://www.atapgalvalume.com

  7. ARI says:

    Assalamu’alaikum…

    Pak, saya berencana untuk mempelajari Ilmu Teknik Sipil secara mendalam dan Mendasar.
    Namun Saat ini saya bukanlah seseorang yang berlatar belakang Teknik Sipil.
    Apakah bisa bapak memberi bantuan kepada saya berupa Pengajaran Materi Teknik Sipil Yang lengkap dn Luas (Komprehensif) dengan sistem Non-Kelas… ??

    Saya sangat senang jika bapak berkenan menghubungi saya
    081284 0768 02

    Salam Sukses Untuk Kita Bersama

  8. Pak Sis Kediri says:

    Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, memang secara ilmu sipil tidak diperkenankan menggunakan cara tsb. Dan itu sudah terjadi. Di kota Kediri sekalipun juga banyak yang menggunakannya, dan tergantung kesepakatan antara kontraktor dengan pasiennya. Harga yang disepakati biasanya juga mengacu pada bahan bangunan yang dipasang. Misalkan, harga disepakati 1,8 Jt/m2, kayu terpasang lokal, lantai keramik, dst ; 2,5 Jt/m2, kayu jati/kalimantan, lantai granito, dst…dst…( ini di kota Kediri loo… ). Dan kontraktor di sini juga aman2 saja ( maksudnya, dg menggunakan cr tsb ; juga bisa punya mobil mewah, dsb. ) Saya tidak menganjurkan membudayakan cara tersebut, akan tetapi alangkah lebih baiknya kalau kita menggunakan SOP yg ada, survey lokasi, analisa harga, RAB, RKB….tentunya kesalahan perhitungan bisa terantisipasi sebelumnya. Salam dari kota Kediri. ( CIPTA PESONA ANUGRAH )//081 259 662 281

  9. aiba says:

    Asslmkm,pa sy kan mau KPR tanah sekaligus bangun.untuk itu kami diminta utk membuat RAB nya,hanya km bingung RAB y biasanya diksh ke bank sprti apa?dan mhn bantuan utk hitungannya.LT:72 luas bangunan 45.harga bangunan 3 juta/ meter.layoutnya :2 kmr tidur,1 kamar mandi,dapur,ruang tamu,ruang keluarga.terik sebelumnya terimaksih banyak

  10. GONDUT says:

    AKU MAU BELAJAR MAS…..MAKASIH INFONYA…

    GIMANA CARANYA YAH……………….

    APA HARUS BELI STWER ATAU DONLODW DI SINI …?

  11. Anton Panjaitan says:

    slmt pagi ilmu sipil.com.saya sangat berkesan dengan diadakannya ilmu sipil.com ini karena sangat membantu saya dalam bekerja.sebelumnya saya mau bertanya kepada ilmu sipil.com.gimana cara mengatasi tanah bergambut supaya bisa membangun rumah beton tanpa harus menggunakan kayu sebagai penahan dibawah pondasi.saya mengucapkan banyak terimakasih sebelumnya kepada ilmu sipil.com.

    1. Anton Panjaitan says:

      Karakteristik dari jenis tanah ini adalah tergolong tanah dengan kedalaman solum cukup dalam dan bergambut (> 100 cm), tekstur lapisan bawah halus (liat) sedangkan lapisan atas merupakan Kemik (tingkat pelapukan sampai tingkat menengah), konsistensi tanah lekat, porositas tanah sedang, reaksi tanah tergolong sangat masam dengan pH berkisar antara 3,1–4,0 dan kepekaan terhadap erosi termasuk rendah.Formasi geologinya terbentuk dari jenis batuan endapan aluvium muda berumur holosen dengan litologi lempung, lanau, kerikil kecil dan sisa tumbuhan di rawa gambut, tidak ditemukan daerah rawan longsor karena arealnya datar, yaitu rawa gambut.

  12. Sarifa Ummi says:

    Assalamu’alaykum.. brp biaya yg diperlukan utk membangun rumah dg luas lantai bawah (yg belum dibangun)33 m2 dan lantai atas 60 m2 dimana 30 m2 blm didek (sebagian sdh didek/berlantai). sy tinggal di Gresik, Jawa Timur. sbelumnya sy mengucapkan terimakasih kepada ilmusipil.com . smoga ilmunya barokah..

  13. Annisa Qodrianingtya says:

    Assalamualaikum. Untuk D3 – Konstruksi sipil, kira-kira mata kuliah umum semester satunya apa aja ya? :) Thanks before. Sukses kakak-kakak semua!

  14. anton panjaitan says:

    mat pagi civil.com.mohon berikan solusi/statement bapak/ibu atas komentar saya yang kemarin.makasi sebelumnya.

  15. Endang Kusman says:

    Cara mudah menghitung RAB rumah tersebut di atas hanya cocok untuk mengerjaannya dengan sistem kerja harian, sebab dengan sistem kerja harian bebas resiko kerugian bagi pemilik rumah.. pasalnya mau kurang atau lebih toh pemilik rumah yang memegang uang.. artikel serupa bisa teman-teman dapatkan di blog saya http://desain-rumah-sederhana.blogspot.com dan saya ucapkan terima kasih pada ilmusipil atas sharing ilmunya. Salam sukses!

  16. dwi p says:

    wah ya terima kasih paling tidak kita ucapkan . . . namun ya kasihan ilmu TK kok disampaikan disini, itu sangat jauh dari bisa menghitung, banyak variabel yang mengikuti yang sama sekali tak tersentuh

  17. Gendro Pujiyono says:

    jasa bangunan, menerima renovasi rumah, ruko, kantor, sekolahan, pabrik, konstruksi baja, dan bangunan baru, informasi selajutnya bisa 021,86611742, 021,85575897, 08121856354, terima kasih

  18. andika jaya putra says:

    salam sukses.sya ingn bertanya bgi mn menghtng rab untuk rumh dri 0 tipe 68 lantai 2.atas bimbingannya sy ucapkan terima kasih

  19. Enkus says:

    Sayang sekali cara mudah menghitung rab rumah di atas ada kelemahannya. Cara mudah lainnya adalah menggunakan alat bantu software sehingga hasilnya sangat rinci, bisa mengetahui kebutuhan biaya total bahan dan upah serta bisa mengetahui rincian kebutuhan material bahan bangunan. Inforamasinya bisa Anda kunjungi website http://www.softwarerab.com

  20. asmon says:

    Pak kalau biasa tolong buatkan dan kirimkan RAB Ruko yang lantai satu dengan kukuran 5 x 6,sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas ilmunya yang sangat berharga.

  21. pak yos says:

    pak saya punya tanah 230 m2, saya pingin buat kost kost sejumlah dengan ukuran 4 x 4 = 4 unit dan 3 x 4 = 4 unit dengan parkiran dan sedikit taman biar enak, mohon saya dikasih tahu RAB nya, saya punya dana sekitar 80jt, apa bisa dipakai untuk mewujudkan itu, saya pakai lantai yg tidak keramikpun juga tidak masalah, yg penting layak huni dan sehat untuk yg indekost…..trimakasih

    pak yos 0818353172

  22. sony says:

    pak,tolong dong saya minta di cantumkan cara penghitungan RAB rumah type 36> volume,beserta jumlah bobot.mulai dari pembersihan lahan.

Leave a Reply