memotong papan kalsiboard

Cara mudah memotong papan kalsiboard menggunakan pisau cutter

Cara mudah memotong papan kalsiboard menggunakan pisau cutter tanpa menimbulkan banyak debu, waktu dan tenaga akan kita bahas disini. sebenarnya bisa dipotong memakai gergaji kayu atau besi, tapi itu cukup merepotkan dan hasilnya belum tentu lurus alias rapi. bisa juga memanfaatkan mesin pemotong gerindra yang biasa dipakai untuk memotong keramik, tapi itu memerlukan sumber listrik dan alat tersebut juga belum tentu tersedia, kalaupun harus beli juga harganya yang tergolong tinggi tidaklah sebanding dengan jumlah papan yang akan dipotong apabila hanya sedikit saja.

Kalsibord dipasaran itu rata-rata ukuranya 1,2m x 2,4m, ukuran tersebut bisa dipakai secara utuh,namun adakalanya harus dipotongan menyesuaikan bidang pemasanganya yang lebih kecil dari satu papan utuh, o.k langsung saja, beginilah cara memotongnya dengan mudah hanya dengan memanfaatkan pisau cutter yang seringkali sudah tersedia dirumah.

Alat dan bahan yang diperlukan

  1. Papan kalsiboard yang akan dipotong.
  2. Pisau Cutter untuk memotong.
  3. Meteran untuk mengukur.
  4. Pensil untuk menandai batas pemotongan.
  5. Penggaris besi atau kayu yang lurus sebagai rel pisau saat memotong.
memotong papan kalsiboard

memotong papan kalsiboard

Langkah memotong calsiboard dengan pisau cutter

  1. Kita siapkan kalsiboard yang akan dipotong dan meletakanya pada lantai atau bidang yang datar agar tidak pecah.
  2. Mengukur bagian yang akan dipotong memakai meteran atau penggaris ukur.
  3. Menandai atau menggaris batas-batas pemotongan pada kalsiboard menggunakan pensil.
  4. Meletakan penggaris besi atau kayu yang lurus sebagai batas alur pisau, kita gerakan pisau beberapa kali sampai papan kalsiboard tergores cukup dalam. apabila pisaunya kurang tajam maka bisa ditajamkan terlebih dahulu, atau cutter dipotong sebagian untuk mendapatkan ujung yang runcing.
  5. Kita angkat salah satu sisi kalsiboard agar terpotong sesuai goresan yang sudah dibuat, lakukan dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang pecah atau sompel. untuk ukuran besar akan cukup kesulitan melakukanya sendirian, sebaiknya dikerjakan minimal 2 orang agar resiko pecah bisa diminimalkan.

 

Setelah itu bisa melanjutkan pekerjaan pemasangan kalsiboard pada dinding atau bagian bangunan lain yang diharapkan, demikian info sederhana tentang cara memotong kalsiboard menggunakan pisau cutter, semoga bermanfaat 🙂

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*