cara menyelesaikan proyek tepat waktu

Mengerjakan sebuah proyek bangunan tepat waktu akan memberikan kepuasan tersendiri selain itu juga akan menghemat biaya pembangunan proyek tersebut, untuk proyek dengan nilai kontrak besar misalnya 100 m lebih maka diperlukan tips-tips khusus agar kegiatan pembangunan proyek bangunan dapat selesai sesuai jadwal yang sudah dibuat serta menghasilkan bangunan dengan kualitas maksimal.

Uraian berikut ini mungkin bisa jadi tambahan referensi atau sekedar mengingatkan kembali akan hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk kelancaran proses pekerjaan proyek.

pengendalian waktu proyek

Cara menyelesaikan proyek tepat waktu

  1. Pelajari terlebih dahulu proyek yang akan dikerjakan secara mendalam karena dengan bigitu kita bisa menentukan langkah-langkah terbaik yang akan digunakan, contohnya untuk membangun proyek pada kondisi masyarakat tertentu maka diperlukan pendekatan-pendekatan khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari sehingga dapat menghambat jalanya pekerjaan pembangunan.
  2. Pastikan surat izin mendirikan bangunan ( IMB ) sudah beres sebelum pembangunan dimulai, sringkali kita lihat sebuah proyek bangunan dipasang garis kuning dilarang melintas karena proyek tersebut belum memiliki IMB hal ini tentu dapat menghentikan kegiatan proyek yang dapat menyebabkan kerugian.
  3. Pelajari material dan tenaga kerja yang akan dibutuhkan, apakah termasuk sesuatu yang sulit ditemukan, jika iya maka diperlukan upaya khusus untuk mendatangkanya ke proyek seperti meng impor dari negara lain atau memproduksi sendiri, juka material tersebut menyebabkan pekerjaan terkait lainya tidak dapat dilaksanakan maka sudah dapat dipastikan terjadi pemborosan waktu.
  4. Berikan tanggung jawab pekerjaan kepada tenaga kerja yang tepat dan profesional dibidangnya masing-masing hal ini tentu berpengaruh besar terhadap waktu penyelesaian pekerjaan.
  5. buatlah jadwal sedetail mungkin tentang waktu peleksanaan masing-masing item pekerjaan seperti dengan cara membuat kurva s, network planning, bar chart yang dapat dijadikan sebagai rambu-rambu waktu pelaksanaan, mengukur progres pekerjaan yang sudah dikerjakan, serta mengontrol setiap waktu item pekerjaan mana yang perlu dipercepat.
  6. Berikan penghargaan terbaik pada setiap bagian penanggung jawab bidang pekerjaan sehingga dapat termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaanya secepat mungkin.
  7. Bayarlah gaji / tunjangan karyawan sesuai jadwal yang telah ditetapkan 🙂 jika menginginkan setiap karyawan bekerja dengan maksimal.
  8. selalu evaluasi pencapaian pekerjaan yang sudah dilaksanakan apakah sudah sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  9. buat secara rinci daftar resiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi dan bagaimana upaya-upaya yang mungkin dilakukan baik pemcegahan maupun cara untuk mengatasinya, dengan begini diharapkan tidak terjadi kecelakaan kerja yang dapat menghentikan jalanya pekerjaan pembangunan proyek.
  10. selalu ber invosai, kreatif dan mencoba hal-hal baru yang mungkin dapat dilakukan 🙂

Begitulah beberapa tips untuk menyelesaikan proyek tepat waktu yang tentunya masih terdapat banyak lagi tips-tips yang lain, oleh karena itu bagi yang kebetulan tahu bisa dilanjutkan 🙂

Leave a Reply