Cara menyelamatkan desa atau kota dari banjir air rob

Cara menyelamatkan desa atau kota dari banjir air rob bisa dilakukan melalui banyak hal darimulai membuat dinding penahan pantai, peninggian daratan, penanaman pohon serta bermacam upaya lain menyesuaikan kondisi area masing-masing. untuk area yang sudah terlalu kritis seperti sebagian wilayah sudah hilang akibat erosi pantai maka statusnya sudah harus diberi dinding pengaman dengan cara dicor beton, atau diberi pasangan batu kali. berikut beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk mengamankan desa yang terancam hilang akibat naiknya permukaan air laut.

 

banjir air rob

banjir air rob

Cara menyelamatkan desa atau kota dari banjir air rob

  1. Membuat dinding penahan pantai, ini berfungsi untuk menahan air agar jangan sampai masuk ke daratan, fungsi berikutnya yaitu menahan ombak agar tidak mengikis tanah daratan yang bisa menyebabkan hilangnya sebagian daratan.
  2. Menanam pohon mangrove di pinggir pantai dan tambak, tanaman ini berfungsi sebagai penahan tanah agar tidak tergerus habis oleh hempasan air ombak sehingga lautan semakin meluas.
  3. Penanaman pengetahuan serta kesadaran kepada warga setempat, warga yang punya tingkat kepedulian tinggi akan berjuang secara mandiri atau berkelompok untuk menyelamatkan lingkunganya. setidaknya tidak merusak apa yang sudah dibangun seperti menebang pohon mangrove.
  4. Gerakan setiap 1 orang minimal membawa 1 batu untuk ditaruh ditepi pantai setiap minggu, coba bayangkan apabila ada ribuan orang yang melakukan hal tersebut maka tepi pantai akan penuh dengan batu, kita tahu bahwa batu itu akan lebih kuat dari tanah dalam menahan gempuran ombak. dengan gotong royong maka masalah akan bisa teratasi dengan ringan dan mudah.
  5. Pengadaan pompa air untuk menyedot air di darat agar kembali ke laut, ini merupakan biaya mahal karena memerlukan mesin pompa serta bahan bakar atau listrik sebagai penggeraknya, namun itu bisa digantikan dengan bermacam inovasi seperti pembuatan kincir angin.
  6. Rutin mengadakan kegiatan doa bersama, manusia berusaha tapi Tuhan yang maha pengatur kehidupan yang akan menentukan hasilnya. oleh karena itu semua usaha perlu disertai dengan doa agar desa atau kota diselamatkan dari banjir air rob.

 

Masih banyak lagi bermacam upaya yang bisa dilakukan sebagai cara menyelamatkan desa atau kota dari banjir air rob, diperlukan kerja keras dan kerjasama yang kuat karena hal tersebut bukanlah masalah pribadi melainkan sekelompok masyarakat.

One Response

  1. robby 6 November 2017

Leave a Reply