Cara menjadi PNS pegawai negeri sipil

Cara menjadi PNS yang merupakan singkatan dari pegawai negeri sipil merupakah sebuah kunci sukses yang banyak dicari CPNS sebagai usaha agar diterima menjadi pegawai pemerintah berplat merah, sudah menjadi rahasia umum bahwa seringkali ada ribuan pelamar yang menginginkan diterima disuatu posisi jabatan padahal yang dibutuhkan hanya beberapa orang saja, hal ini merupakan tantangan sulit bagi yang tidak tahu tips jitu diterima PNS, namun keberuntungan bisa saja berpihak kepada siapa saja asalkan masih mau berusaha dan berdoa sehingga tetap semangat dalam menggapai cita-cita. disini ada beberapa tips yang barangkali bermanfaat bagi yang hendak mengikuti tes PNS sehingga bisa lolos seleksi dan resmi menjadi karyawan pemerintah.

 

Cara menjadi PNS pegawai negeri sipil

  1. Memantau lowongan PNS yang dibuka, pencarian berita bisa melalui internet, media cetak maupun datang langsung ke instansi pemerintah terkait.
  2. Sering-sering latihan tes CPNS dengan membaca dan mencoba-coba soal tahun sebelumnya yang bisa didapat dari buku CPNS.
  3. Menjadi pegawai honorer terlebih dahulu, cara ini memang melelahkan karena harus bekerja sekian lama dengan gaji sangat kecil namun suatu saat bisa jadi ada kebijakan pemerintah tentang prioritas pengangkatan pegawai honorer menjadi PNS. jalani saja pekerjaan honorer dengan niat ibadah sehingga aktifitas berkarya terasa mudah.
  4. Mendaftar pada jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki.
  5. Memakai pakaian yang rapi dan bersikap profesional saat wawancara kerja juga bisa memberikan nilai tambah untuk lolos seleksi wawancara CPNS.
  6. Mengerjalan tes psikotes sebisanya dan tidak terkesan dibuat-buat atau dipaksakan, apabila ada soal yang dianggap sulit bisa dilewati saja untuk fokus memberi jawaban pada pertanyaan yang dianggap lebih mudah.
  7. Jangan bekerjasama dengan rekan sebelah saat mengikuti tes tertulis, apabila ketahuan panitia seleksi maka resiko untuk gugur sangat besar.
  8. Berdoa kepa Allah yang mengatur segala kebutuhan makhluk ciptaanya. bisa jadi Tuhan tidak memberi apa yang kita inginkan tapi selalu memberi apa yang kita butuhkan.
  9. Disiplin dalam proses pengajuan lamaran pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan panitia seleksi PNS.
  10. Menggunakan alat tulis yang bagus saat mengikuti tes sehingga tidak ada hambatan dari segi peralatan.
  11. Coba lihat lowongan CPNS pada daerah terpencil yang sangat sedikit peminatnya, pada situasi ini tentu peluang untuk diterima lebih besar, masalah keinginan untuk bekerja di kota tertentu nanti bisa mengurus surat pindah jika sudah resmi diterima dan telah bekerja sekian tahun lamanya.
  12. Sebarkan saja surat lamaran kita pada seluruh lowongan yang sesuai dengan kriteria ijazah sehingga nantinya kita bisa memilih instansi mana yang memberikan surat panggilan tes, dengan cara ini maka kemungkinan diterima semakin besar.

 

Cara-cara diatas merupakan langkah halal yang patut dilakukan, Ada satu langkah lagi dengan peluang besar yang harus kita hindari jika menginginkan keberkahan dan kebahagiaan hidup, sudah menjadi rahasia umum bahwa adakalanya ketika masa-masa seleksi PNS ada oknum yang menawarkan bisa meloloskan kita dengan syarat mau membayar sekian puluh atau ratusan juta rupiah sehingga saat bekerja nanti ada istilah bagaimana caranya agar bisa balik modal, cara yang satu ini tentu merugikan diri sendiri dan masyarakat karena dalam bekerja justru sibuk mencari penghasilan tambahan tanpa berpikir bagaimana memberikan karya terbaik. jadi selamat meraih cita-cita semoga diterima menjadi PNS pegawai negeri sipil dengan cara jujur dan bagus 🙂

12 Comments

  1. ade irfa suryadi
    • Dadan Riana
  2. Dadan Riana
    • Muh.Ranndi Ardiansyah
      • ruch
  3. Verine
  4. Wiea Princess AnieSa Gthoe
  5. Kaka
  6. Devi irawati

Leave a Reply