Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara menjadi mandor modal dengkul

Memang cukup mudah untuk bisa menjadi mandor tanpa modal namun untuk bisa menuai kesuksesan diperlukan beberapa langkah yang bisa mempermudah dalam meraih cita-cita. Untuk terjun ke dunia bangunan kelihatanya mudah karena banyak tukang bangunan yang hanya berdasarkan pengalaman tanpa pernah sekolah di SMK bangunan atau kuliah teknik sipil tapi mampu meraih kesuksesan dalam usahanya. sebaliknya para sarjana teknik sipil yang dari segi formal punya banyak bekal ilmu bangunan namun tidak pernah meraih keberhasilan ketika memulai usaha sebagai mandor, bahkan untuk terjun saja tidak pernah berani. dengan melihat situasi ini maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa semua punya kesempatan untuk menjadi mandor sukses meskipun tanpa modal, lalu bagaimana sebenarnya cara menjadi mandor modal dengkul? disini kita akan mencoba memberikan gambaran semoga dapat bermanfaat :-)

 

Tips menjadi mandor modal dengkul

  1. Ini berarti kita hanya mengandalkan modal tenaga, oleh karena itu perlu diperkuat dari sisi tenaga kerja. kemampuan untuk merangkul banyak anak buah tukang bangunan profesional akan sangat membantu dalam kelancaran usaha. untuk bisa begini maka kita harus mempunyai jiwa pemimpin yang bagus, berperilaku baik agar tim pekerja betah untuk ikut berjuang bersama-sama.
  2. Jangan membanting harga dibawah pasaran, yang namanya memborong pasti menginginkan keuntungan dan sehingga tidak terjadi berhenti ditengah jalan akibat dana borongan sudah habis sedangkan pekerjaan masih banyak, jika begini maka pemilik bangunan rugi dan kita sebagai mandor juga sudah menebar nama buruk sehingga akan sulit untuk memperoleh borongan dikemudian hari.
  3. Berpikir untuk melayani konsumen, kalau sudah begini maka secara otomatis bekerja menjadi semangat sehingga konsumen puas dan rezeki juga mengalir dengan sendirinya. konsumen yang merasa puas akan merefrensikan kita kepada saudara, tetangga dan orang-orang disekitarnya, hasilnya kita tidak perlu bersusah payah mengeluarkan biaya untuk marketing.
  4. Kuasai ilmu bangunan meskipun hanya dasarnya saja, sesekali pasti pemilik bangunan bertanya tentang bagaimana proses pembangunan berlangsung, ilmu-ilmu dasar seperti cara membaca gambar bangunan, cara memperkirakan biaya bangunan, serta metode pelaksanaan pekerjaan.
  5. Yang lainya bisa disesuaikan dengan kondisi dan situasi masing-masing dalam merintis jalan kesuksesan.

 

Kiranya itu dulu yang bisa disampaikan untuk bisa merintis usaha mandor modal dengkul alias hanya bermodal tenaga saja, kuncinya adalah utamakan pelayanan maksimal terhadap konsumen, coba tempelkan telapak tangan kiri ke telapak tangan kanan lalu genggam dan pegang erat-erat, sebagian permukaan telapak tangan dapat kita tutup rapat, selamat engkau telah berhasil dan itulah bagian dari usahamu, namun ingat ada sebagian telap tangan yang tidak bisa kita tutup, itu artinya sekeras apapun kita berusaha maka hasilnya tidak akan bisa sempurna karena ada bagian lain yang merupakan rahasia Tuhan, oleh karena itu dalam berusaha janganlah pernah merasa bisa berdiri sendiri tanpa bantuan Alllah SWT, jadi rajinlah berdoa dan berusaha semoga bisa menjadi mandor sukses yang bisa menebar seribu manfaat :-)

ilmu sipil
  1. company profile kontraktor
  2. Komplain dan Kesalahan pada konstruksi bangunan
  3. Kontraktor terbaik di Indonesia
  4. Daftar kontraktor bangunan di Indonesia
  5. Ppknowledgecenter.com pusat ilmu pengetahuan karyawan PT.PP
  6. MARS PT PP PERSERO
  7. Persiapan mudik lebaran tukang bangunan
  8. Cabang Ilmu teknik sipil yang banyak digunakan kontraktor
  9. Kualifikasi usaha jasa pelaksana konstruksi
  10. Daftar perabot ruang direksi keet kontraktor
  11. kontraktor pelaksana proyek
  12. perusahaan kontraktor BUMN indonesia
  13. Logo PT. PP Persero pembangunan perumahan
  14. jasa penyelidikan tanah bangunan
  15. Tips bekerja sebagai tukang bangunan
  16. Apa penyebab kontraktor rugi?
  17. Cara menjadi green kontraktor untuk menjaga lingkungan
  18. kontraktor mekanikal elektrikal elektronik
  19. pengawasan dan pengendalian proyek

8 Komentar

  • suprapto says:

    makaseh informasiny brow..

  • Anonymous says:

    untuk bayar tukang/tenaga kerja bro? kan butuh modal juga..

  • artikel yang sangat bagus.
    Diambil sarinya saja pak Sitorus.
    Bahwa untuk menjadi seorang enterpreneur, modal bisa no 2.
    Yang penting keinginan, usaha keras menimba ilmu atas bidang yang akan digeluti, dan komitmen.

    Menjadi mandor bisa dikatakan tanpa modal?
    Kenapa?
    Karena semua modal ( Biaya makan, biaya tukang harian dll ) diambil dari klien / pemberi kerja.

    Sistemnya biasanya mingguan atau dua mingguan.

    GBU

    Salam

    http://www.jogja-property.com

  • yah asal jangan MANDOR kawat mas bro.

  • suprapto says:

    saya jg termasuk mandor modal dengkul. Alhamdulilah dengan tekad yg kuat dan yakin akan kemampuan . Saya jg bisa. Skrang saya pegang kerja,an di medan buat mall sogo dan sampai sini saya tanpa modal satu rupiah pun. Smua berkat tuhan allah swt.

  • yusuf says:

    to suprapto
    pak suprapto maaf mau tanya kalo mau jadi mandor awal2, biar tidak di bohongi tukang gmn? dari segi bahan dan waktu pengerjaan.

Komentari

*
*