Cara menjadi agen properti

Mari kita bahas cara terbaik dan termudah untuk bisa menjadi agen propeti sukses, usaha jual beli tanah dan bangunan memang berpeluang untuk mendapatkan penghasilan besar jika sudah tahu lika-likunya. Banyak pengusaha broker properti sukses yang telah mengalami proses kegagalan dan pahit manis setiap tangga perjalanan untuk membuat, merintis dan membesarkan usaha. oleh karena itu akan sangat bermanfaat jika bapak-bapak atau ibu-ibu pengusaha properti di seluruh Indonesia maupun dunia yang sudah berpengalaman, semoga mau berbagi ilmunya disini agar bisa dipelajari penulis serta seluruh masyarakat yang kebetulan sedang membaca halaman ini. dan sebagai permulaan disini kita awali dengan menuliskan beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan untuk bisa merintis usaha makelar jual beli properti, jika ada yang salah mohon dikoreksi dan apabila memang betul maka sudi kiranya untuk melengkapi ilmu pengetahuan dibawah ini.

 

Cara menjadi agen properti

  1. Sebelumnya kita tetapkan dulu target konsumen dan wilayah usaha yang akan kita garap, apakah hanya untuk satu kota, satu provinsi, seluruh indonesia atau bahkan dunia. hal ini akan sangat memudahkan kita untuk melihat-lihat dan menganalisa pasar dan strategi apa yang akan kita gunakan.
  2. Membuat merek usaha agen properti, hendaknya merek tersebut dapat mewakili dan menggambarkan bidang usaha yang akan kita tekuni. misalnya jika kita fokus menjadi agen jual beli properti di jakarta maka bisa menggunakan merek “Jakperty” bagus kan mereknya, jika berminat silahkan dipakai dengan gratis 🙂
  3. Melakukan uji coba dan memperkenalkan merek tersebut agar diketahui masyarakat luas, khususnya semua konsumen yang akan menjadi target pasar. kita program pola pikir mereka bahwa merek “jakperty” adalah agen propeti terbesar dan terbaik di kota jakarta. satu hal yang sangat penting adalah mendaftarkan merek tersebut ke direktorat HAKI indonesia.
  4. Strategi selanjutnya yaitu kita sesuaikan dengan budget yang tersedia, jika modal kita besar maka bisa membeli atau membangun perumahan skala luas lalu menjualnya dengan harga yang bisa memberikan keuntungan, jika budget kita terbatas maka bisa mencari rumah yang sedang dijual lalu menawarkan jasa marketing sehingga bisa mendapatkan komisi dari penjualan.
  5. Jika merek yang kita gunakan ternyata mendapatkan tanggapan bagus dari masyarakat maka bisa memikirkan untuk membentuk badan usaha entah itu CV atau PT sehingga legal secara hukum, contohnya kita namakan perusahan kita menjadi PT. Jakperty.
  6. Nah.. pasar sudah kita peroleh, maka langkah selanjutnya adalah membentuk sistem dan tim yang bagus sehingga perusahaan yang kita dirikan dapat berjalan dan berfungsi dengan baik.
  7. Terus menerus melakukan pemasaran melalui berbagai media, misalnya pelayanan yang bagus sehingga konsumen merekomendasikan kepada rekan-rekanya, membuat website jual beli property, memasang iklan di media cetak atau televisi, memasang iklan reklame di jalan raya dan macam-macam strategi marketing lainya.
  8. Karena usaha agen properti itu lebih banyak berhubungan dengan jasa, meka harus pintar-pintar memperlakukan dan menjalin hubungan baik dengan seluruh karyawan dan semua pihak yang berhubungan dengan perusahaan, tentu kita berharap agar setiap lini bisa bekerja dengan maksimal.
  9. Bekerjasama dengan pengusha propeti yang sudah ada dan media tekenal sehingga bisa berpromosi secara gratis melalui berita 🙂
  10. Utamakan sikap jujur, amanat, cerdas dan benar dalam menjalankan usaha agen property sehingga setiap konsumen dapat merasa puas dan terlayani dengan baik, kalau sudah begini maka secara otomatis penghasilan mengikuti.
  11. Selanjutnya silahkan melakukan bermacam inovasi dan kreatifitas yang positif sehingga mampu bersaing dengan baik dan melalui cara yang benar.

 

Demikian contoh cara merintis usaha agen property, jika ada yang kurang mohon dimaklumi karena penulis sangat terbatas ilmunya dalam hal ini, oleh karena itu jika ada yang hendak menambahkan maka kita terima dengan senang hati 🙂

5 Comments

  1. sutrisna 17 June 2013
  2. Arie 22 August 2013
  3. Investasi properti terkini 6 September 2014
  4. Hendra 30 September 2015
  5. iwan setiawan 7 October 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.