Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

cara mengukur tinggi gedung

Gedung – gedung tinggi tumbuh subur bagai rumput hijau dimusim kemarau,  saat kita berjalan – jalan disebuah kota, pernah gak kita penasaran berapa tinggi  gedung tersebut? bagaimana cara mengukurnya? apakah harus memanjat ke puncak gedung kemudian menjatuhkan meteran untuk mengukur tingginya. :-)

jawabanya tentu saja tidak, bisa sih dengan cara mengukur langsung dengan memanjat gedung tapi kan ” cape deh..  ” :-)

cara mengukurnya bisa menggunakan teodholit yang menjadi alat ukur sudut saat ini dan digunakan untuk membangun proyek – proyek gedung tingkat tinggi maupun rendah, tapi kan kita cuma iseng saja pingin tahu tinggi gedungnya :-) , namanya juga iseng ya gak punya theodolit buat ngukur, apa harus  sewa atau beli thedolit nya kan mahal ya.. :-) , udah mahal nanti baru mendirikan pesawat theodolit sudah didatengin pak satpam tuh dikira mau ngerencanaain yang tidak – tidak buat gedung tersebut gimana :-)

tinggi-gedung

Lalu bagaimana ?

Berikut ini sebuah cara sederhana untuk mengukur tinggi gedung hanya bermodal meteran, penggaris busur sudut, bolpoin  dan sedikit rumus matematika tentunya. bagaimana caranya ?

  • pertama kali kita berdiri disuatu tempat, dan mengukur jarak tempat kita berdiri dengan gedung tersebut. misalkan jaraknya 50 m.
  • berikutnya dengan menggunakan pengaris busur sudut kita mengarahkan sudut 0 derajat mendatar ke arah gedung dan dengan bantuan sebuah bolpoin meletakan ujungnya pada pusat sudut 0 derajat serta mengarahkan ujung bolpoin lainya ke puncak gedung. nah baca berapa sudut bol poin yang terbaca. misal kita baca 67 derajat.

mengukur-tinggi-gedung

  • nah dua angka sudah kita dapatkan, yaitu jarak 50 m kita notasikan saja “l” , dan sudut 67 derajat kita notasikan ” < ” . dari dua bilangan tersebut kita dapat menentukan tinggi gedung.
  • ingat rumus hubungan antara sudut segitiga dan panjang sisi segitiga

untuk sudut alva pada titik c

jika

a = sisi dekatan

b = sisi miring

c = sisi hadapan

maka rumus sudut segitiga

  • cos < = panjang sisi dekatan / panjang sisi miring
  • sin < =  panjang sisi hadapan / panjang sisi miring
  • tan < = panjang sisi hadapan / panjang sisi dekatan

sin-cos-tan-segitiga

nah untuk menghitung tinggi gedung berarti sebenarnya kita sedang mencari panjang garis c.

dari rumus matematika tersebut, kita dapat memakai rumus tan < = tinggi gedung / jarak kita berdiri ke gedung , mudah bukan.

jadi tinggi gedungnya berapa

kita tinggal hitung deh…

tan 67 = tinggi gedung / 50 m

tinggi gedung = tan 67  x  50 m

tinggi gedung = 2.3559  x 50 m

tinggi gedung = 117.79 m

nah kita sudah tahu kan kalau tinggi gedung tersebut = +/-   118 m. :-)

begitu juga dengan mengukur tinggi obyek lainya seperti pohon, menara , atau berapa tinggi layangan kita terbang kalau perlu.. aneh – aneh saja , namanya juga iseng ngukur tinggi buat ngobatin rasa penasaran saja  :-)

  1. ilmusipil.com Proses runtuhnya gedung WTC
  2. ilmusipil.com Traffic management untuk Strategi pengaturan lalu lintas proyek gedung
  3. ilmusipil.com pekerjaan cor beton
  4. ilmusipil.com Rencana gedung baru kedubes Amerika terbesar di Indonesia
  5. ilmusipil.com Lelang gedung baru DPR Dibatalkan
  6. ilmusipil.com Keruntuhan gedung WTC
  7. ilmusipil.com rencana pembangunan kabah masa depan
  8. ilmusipil.com Pekerjaan Substructure
  9. ilmusipil.com Gedung resepsi pernikahan TMII taman mini indonesia indah
  10. ilmusipil.com Indonesia membangun menara tertinggi didunia
  11. ilmusipil.com Dekorasi gedung pernikahan pada gedung tua
  12. ilmusipil.com Pekerjaan Pengecoran beton
  13. ilmusipil.com Gedung baru parlemen albania
  14. ilmusipil.com Pekerjaan Bekisting
  15. ilmusipil.com Penyebab gedung pencakar langit rubuh
  16. ilmusipil.com perencanaan bangunan bertingkat
  17. ilmusipil.com pemenang lelang gedung DPR
  18. ilmusipil.com gedung terapung
  19. ilmusipil.com Cara membuat gedung bertingkat tinggi

21 Comments

Add a Comment
  1. salam,
    ada kesulitan ketika kita mengukur berdasarkan sudut, letak sudut menjadi beragam
    atau kita bisa saja mengukur dengan alat yang canggih saya lupa namanya, alat tersbut bisa juga digunakan untyuk mengukur kemiringan jalan atau tanjakan pada jalan, sehingga akurasi pada tanjakan sekian persen dapat diketahui

    bagaimana dengan rumus jarak saja digunakan x=vo+1/2at^2

  2. ukur aja panjang bayangan gedung tuh di tanah pas jam 11 atau jam 13.. trus bandingkan dengan panjang bayangan Anda di tanah.. Tau kan cara ngitung aturan segitiga yang sebangun???

  3. @Rahmat
    salam Mas :)
    itu bukannya rumus untuk menentukan jarak akibat kecepatan awal dan percepatan setelah t detik ???

  4. Rumusna sih dh benar,cma praktekna z yg gak akurat.Klw mo akurat pke z Total Station atw Theodolite……

  5. Kamu para komentator jangan So bo’do ilmu itu tidak berat untuk dimanfaatkan jadi jangan ngawur
    Banyak orang yang belum tahu cara-cara mengukur sudut, mudah-mudahan ilmu kamu manfaat bagi orang banyak
    Kalau orang pintar gara-gara kamu, kamu akan diingat sampai alam pembalasan.
    Trimkasih.

  6. Sya sdh memprktekan dngan mengkur pintu kamar,sya mncari sdut dngan cra memprkirakan dri jrak jauh,dengan penggaris panjang,,dan busur.tinggi pintu kamr sya adlh 253 cm. Dari perhitungan didpt 259,8 cm,,jdi tdk jauh berbda.
    Tks tips’a

  7. salam
    Oiya maz mengenai cri tan nh,,,sdutny bsa bragam dr sdut 67 drajat kq bsa jd 2,3559 tu gmna cara mencariny,,makach

  8. KLO POSTING JANGAN SETENGAH2 BUNG ,MALU AMA ANAK SD
    RUMUS2 SEGITIGA

    ADA BNYAK MACAM RUMUSNYA
    1.MENCARI TINGGI
    2.MENCARI SISI
    3.MENCARI PANJANG
    4.MENCARI SUDUT
    5.MENCARI VOLUME/LUAS.

    INI RUMUS ANAK SD YG MSH INGUSAN

    DAN JUGA SANGAT PENTING UNTUK MENGUKUR ATAP RUMAH MODEL SEGITIGA

    1. @esempe :
      anjing ni orang, kaya lu pinter aja,, sukur2 ni TS mau share ilmunya.
      blm tentu banyak yg msh ingat pelajaran SD.
      jgn cuma komen kritik doang,, klo lu lebih jago dari anak SD mana artikel lu???? bangsat emosi gw liat orang kaya gini gak bisa hargai orang lain..

      @TS,, thanks,, manfaat ilmunya

  9. saya lg cari2 rumus yg bgini,, tp yg tanpa tau jarak ke bangunan ny.. cuma pke drajat titikA sama derajat titikB, jarak yg di ketahui dr titik A ke titik B..
    klo ada yg tau sobat2 semua tolong share ya..
    *ilmu klo di amalkan maka ilmu pun akn bertmbah. pepatah jawa
    mksih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com