Cara mengirimkan barang melalui kantor pos indonesia

Di era yang serba canggih ini mengirimkan barang keseluruh wilayah indonesia atau bahkan dunia merupakan sesuatu yang sangat mungkin dilakukan dalam waktu sesingkat-singkatnya, kecuali area tujuan pengirimanya didasar samudra hindia atau di puncak gunung himalaya, ya.. kasihan petugas kirimnya 🙂 , tapi saya yakin perjalanan teknologi akan memungkinkan untuk kirim barang dengan medan bagaimanapun. kembali ke topik, kali ini kita buatkan sebuah tutorial sederhana tentang cara mengirimkan barang melalui kantor pos indonesia, TIKI, JNE atau jasa ekspedisi lainya. meskipun terkesan sepele ya kita tuliskan saja barangkali ada sahabat kita yang kebetulan membutuhkan informasi tentang ini.

 

Pengemasan barang

Sesuaikan kemasan sesuai dengan barang yang akan dikirim, misalnya surat-surat bisa dibungkus dengan amplop, barang besar dibungkus dengan kardus. pastikan bahwa yang dikirim tidak tergolong oleh barang terlarang. rata-rata petugas akan menanyakan barang apa yang dikirim, dan kalau perlu akan dilakukan pembongkaran kembali kemasanya untuk memastikan barang didalamnya tidak ilegal.

mengirimkan barang lewat pos indonesia

mengirimkan barang lewat pos indonesia

Penulisan alamat tujuan pengiriman

ini perlu ditulis dengan jelas agar terbaca dengan baik oleh penyedia jasa ekspedisi agar barang yang kita titipkan bisa benar-benar sampai ke alamat tujuan. alamat dituliskan disisi depan amplop atau dibagian yang mudah dibaca dan ditemukan.

CONTOH ALAMAT PENGIRIMAN PAKET POS

Kepada= Bp. Bejo Bin Untung

Jln. ngalor ngidul ora karuan no.47,

Desa Gemerlapan, Kecamatan Kelap Kelip

Negara Republik Mimpi

kode pos 345677

no telp. 09123456789

Penulisan alamat pengirim

Penyedia jasa ekspedisi memerlukan data pengirim sebagai penanggung jawab paket, alamat tersebut juga berfungsi untuk pengembalian barang apabila paket yang dititipkan tidak memungkinkan untuk dikirim ke alamat tujuan yang diminta

CONTOH ALAMAT PENGIRIMAN

Dari= Bp. Mondar Mandir

Jln. Munggah Mudun No.14

Desa Mekarterus

Negara Republik Khayalan

kode pos 675789

no tlp. 0987654321

Datang ke kantor pos

selanjutnya kita bisa membawa barang yang sudah di beri sampul tersebut ke alamat kantor pos terdekat, jangan lupa membawa uang karena akan dikenakan biaya pengiriman sesuai tarif berdasarkan berat barang serta jauh dekatnya lokasi alamat tujuan pengiriman.

Temui petugas pos

di kantor penyedia jasa ekspedisi akan ada petugas yang siap menerima kiriman, dan memprosesnya dengan menulis atau memasukan datanya ke komputer, kita akan diberikan slip pengiriman apabila barang sudah diterima sehingga siap untuk dikirimkan oleh petugas pos.

Dapatkan slip pengiriman pos

Setelah rangkaian proses itu dilakukan maka akan mendapatkan selembar kertas bukti kirim yang berisi informasi data pengiriman dan nomor resi, kita bisa melakukan pengecekan status pengiriman secara online melalui situs resmi PT. POS INDONESIA dengan alamat situs lacak kiriman paket pos indonesia

 

Begitulah penjelasan mengenai proses cara mengirimkan barang melalui kantor pos indonesia, TIKI, JNE, maupun jasa ekspedisi lainya. ada juga yang menggunakan sistem antar jemput seperti ojek online, yaitu kita tinggal telpon ke call center atau memesan secara online melalui aplikasi website, lalu akan datang petugas yang menjemput barang dan memberikan slip bukti kirim, selanjutnya petugas akan mengantarkan ke alamat tujuan sesuai permintaan.

Leave a Reply