Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara menghitung volume besi beton bertulang

Besi pada konstruksi beton bertulang berfungsi sebagai panahan tegangan tarik, penggunaan besi dalam beton bertulang karena beton hanya kuat terhadap gaya tekan. sebelum melaksanakan pekerjaan beton bertulang terlebih dahulu kita menghitung kebutuhan volume material besi beton sehingga dapat dipersiapkan sebelumnya dengan jumlah yang tepat. Mengenai cara menghitung volume besi beton bertulang akan kita jelaskan sebagai berikut:

 

Contoh hitung kebutuhan besi

Misalnya sebuah pekerjaan kolom beton bertulang ukuran 20cm x 30 cm setinggi 6 m dengan gambar potongan besi seperti ini:

langkah perhitungan kebutuhan besi beton pada konstruksi tersebut

menghitung kebutuhan besi tulangan pokok

  • volume besi D10 adalah 4 bh x 6 m = 24 m’
  • jika panjang besi perbuah dipasaran adalah 11 m maka  kebutuhan besi adalah 24 m : 11 m = 2.18 buah (*panjang besi dipasaran ada yang 11m dan ada juga yang 12m).
  • berat per m’ besi D10 adalah 0.617 kg maka total kebutuhan besi D10 adalah 0.617 kg/m x 24 = 14.808 kg

Menghitung kebutuhan besi tulangan sengkang atau cincin

  • panjang tulang sengkang perbuah adalah 25+15+25+15+5+5 = 90 cm = 0.9 m
  • jumlah tulangan sengkang pada kolom setinggi 6 m dengan jarak pemasangan 15 cm adalah 6 : 0.15 = 40 buah besi tulangan sengkang.
  • total panjang besi tulangan sengkang adalah 40 bh x 0.9 m = 36 m
  • jka panjang besi perbuah dipasaran 11 m maka kebutuhan besi tulangan sengkang 36 : 11 = 3.27 buah
  • berat besi per kg besi D8 pada tabel adalah 0.395 kg maka jumlah kebutuhan besi adalah 0.395 kg/m  x 36 m = 14.22 kg

* TABEL BERAT BESI BISA DILIHAT DISINI

Dari perhitungan diatas maka kebutuhan besi tulangan nya adalah

  • Besi D10 = 2.18 batang = 14.808 kg
  • Besi D8 = 3.27 batang =  14.22 kg
  • beton sebesar 0.2×0.3×6 = 0.36 m3

Penjelasan mengenai cara menghitung kebutuhan Beton

jumlah material beton yang kita perlukan dapat dilihat panduanya pada artikel “cara menghitung kebutuhan cor beton” . pada pekerjaan kolom praktis diatas dapat kita hitung volumenya yaitu : lebar 0,2m x panjang 0,3m x tinggi 6m = 0,36 m3.

Demikian salah satu cara perhitungan volume besi, untuk lebih mudahnya sekarang ini sudah banyak software untuk menghitung besi baik memakai excel atau yang lainya, semoga berguna ya…

ilmu sipil
  1. Analisa pekerjaan plesteran
  2. Menghitung berat besi tanpa tabel
  3. menghitung keuntungan borongan
  4. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  5. cara menghitung volume material pasangan bata
  6. cara menghitung kebutuhan atap genteng
  7. Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  8. Cara mudah menghitung RAB rumah
  9. analisa harga satuan bekisting
  10. Cara menghitung volume besi beton bertulang
  11. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  12. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  13. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  14. Menghitung RAB Pondasi plat jalur

79 Komentar

  • Joko Siahaan says:

    Wow, great!!

  • teguh says:

    itu untuk general….

    la kalo real waste,nya gimana mas ?

  • BAMBANG says:

    BERAPA KEBUTUHAN BAHAN UNTUK KOLOM BETON UKURAN 20 X 20 TINGGI 400
    MULAI SEMEN, PASIR, BESI DAN BIAYA PEKERJA….?

  • ilmusipil.com says:

    @bambang: kebutuhan beton = 0,2×0,2×4 = 0,16 m3, untuk kebutuhan pasir, semen, pekerja menyesuaikan mutu beton K-berapa? bisa dilihat pada artikel http://www.ilmusipil.com/perbandingan-campuran-beton-k , untuk kebutuhan besi = panjang keseluruhan besi x berat besi per m(sesuai dimaeter besi yang dipakai) bisa di download di http://www.ilmusipil.com/tabel-berat-besi

  • fajar says:

    ..mau nanya ni pak…bagaimana cara praktis menghitung jumlah tulangan pada kolom dan balok..serta bagaimana menentukan ukuran dimensi balok dan kolom…trimakasih

  • Safety Shoes Kings says:

    Ilmu yang sangat saya butuhkan sebagai pemborong…
    Makasih banyak ya pak :-)

    ” semoga berguna, jangan lupa di bagi-bagi juga ilmu pemborongnya” :-)

  • sugiarso says:

    bagai mana cara menghitum berat besi dan kolom besi untuk tiang dan lantai trimakaish

  • Dwi says:

    @ilmusipil: mohon bantuannya…
    Lantai untuk jemuran tepat di atas kamar 4×5 m (rencana panjangnya akan diubah jd kamar tidur).
    Berapa kebutuhan materialnya (besi kolom,pasir,semen,krakal…dsb), misal pasir brp kubik,semen brp sak dsb..
    Jika sudah ketemu akan sy hitung nilai rupiah material, shg bisa ketemu budget/anggaran yg harus disediakan khusus utk material (non upah).
    Atas bantuannya…Terima kasih.

  • Ardian PT. NRC says:

    Permisi…. Ada yang tau ilmu tentang bestat g? n ada yg tau software bwat perhitungany g?

  • Quiolia says:

    Maaf,mo nanya neh pak…..
    data apa ja yg dbutuhkan untuk laporan KP di bagian pengawas menkon?
    terutama untuk meterial dan bahan. dan juga bagaimana cara mereschedule time schedule pada suatu proyek?
    Makasih.

  • Belaja menggambar autocad says:

    Website yg sangat berguna,ijin pake ilmunya Agan..

  • Belajar menggambar autocad says:

    Agan,mau tanya cara ngitung volume pondasi untuk rumah ukuran 3.5m X 7m (kontrakan) gimana?

  • dradjat says:

    kami akan bikin dak dgn ukaran 5 x 6 m dengan tiang beton sebanyak 6 bh dengan bentangan atau lebar 4 m , barapa banyak kebutuhan akan besi beton , semen, pasir, koral, hasil untuk saya perkirakan dana yg dibutuhkan saat ini, terima kasih banyak atas bantuannya, wass.

  • Ida says:

    bismillah… tk’s bang ilmunya…

  • DESFIA says:

    Cara menghitungnya adalah dengan cara mecari kubikasi dulu dan kebutuhan akan besi lihat analisa SNI untuk beton bertulang..

    DESFIA

  • amir says:

    mohon pencerahan…aku mau bangun lantai 2 ukuran ruang 6×15 m berapa ukuran kolom, balok, tebal plat lantai serta pake besi diameter berapa yang irit..pleaseeeeeee..

  • darusman says:

    cara praktis : 6×15=90 mtr 2 soal ukuran kolom tergantung dari banyaknya kolom, dan banyaknya kolom tergantung dari banyaknya ruangan , biasanya kolom sekaligus penyekat antara ruangan. tapi yang praktis ambil saja 1/10 dari jarak kolom, dan pembesiannya tidak boleh kurang dari 8 % luas kolom dan tidak boleh lebih dari 12%

  • vietha says:

    siip…
    Bisa membantu tugas2 saya.
    Thanks :)

  • Kampuzsipil says:

    Info Menarik, tapi maaf jika boleh saya tambahkan, mungkin untuk perhitungan kebutuhan besi perlu juga menghitung panjang penyaluran, sambungan, pengangkuran, dan pembengkokan tulangan agar didapat perhitungan real sesuai kebutuhan lapangan

  • tb saudara kita 021 46595 393 says:

    Berat besi beton standard SNI perbatang dengan panjang 12 meter

    Besi beton polos

    8mm x 12 m = 4,74 kg

    10mm x 12m = 7,4 kg

    12mm x 12m = 10,66 kg

    16mm x 12m = 18,96 kg

    19mm x12m = 26,76 kg

    22mm x 12m = 35,76 kg

    25mm x 12m = 46,2 kg

    29mm x 12m = 62,28 kg

    32mm x 12m = 75,72 kg

    besi beton ulir

    8mm x 12m = 4,74 kg

    10mm x 12m = 7,4 kg

    13mm x 12m = 12,48 kg

    16mm x 12m = 18,96 kg

    19mm x12m = 26,76 kg

    22mm x 12m = 35,76 kg

    25mm x 12m = 46,2 kg

    29mm x 12m = 62,28 kg

    32mm x 12m = 75,72 kg

    dipersembahkan oleh tb saudara kita http://besibetonjakarta.blogspot.com/2009/12/ukuran-besi-beton-berat-besi-beton.html tb_saudarakita@yahoo.com

  • rahmat says:

    sblmny aku ucapan trmksh ats apikasiny,pa aku mau tanya.aku punya tanah ukuran 6m ke 6m ingin di tingkat 1lantai,dengan keadaan di bawah 1 kamar,1 raungan tamu,1 dapur,1 kamar mandi.untuk tingkat duanya,2 kamar,1 ruangan keluwarga posisi sebelah kanan ada aliran sungai,jadi berapa besi beton yang di butuhkan.di antos pisan wareuranana

  • arief says:

    Gan, mau nanya nih. Sy mau membangun ruko 7 x 15m 2 lantai tanpa kolom tengah:
    1. Sebaiknya besi ukuran brp yg dipakai?(Ada temen yg nyuruh pake besi 16 mm ulir SNI)
    2. Brp ukuran balok dan kolom yg tepat ? Jg ukuran balok anak
    3. Kuat gak klo jumlah kolomnya 8 bh? Atao hrs 10?
    4. Brp kira2 jumlah besi uk. 16mm & 8mm yg dperlukan unt 1 lantai saja(budgetnya baru cukup 1 lantai hehe )?
    Thank’s atas info nya

  • jois says:

    makasih infonya, sangat bermanfaat.
    mohon bantuannya, misalnya ada bangunan ukuran 6m x 6m sebanyak 3 lantai. gimana cara menentukan:
    1. jumlah dan dimensi tulangan yang akan digunakan
    2. dimensi kolom dan balok
    3. panjang bengkokan jika tulangan pada tumpuan akan memasuki daerah lapanganmakasih atas infonya

  • rival says:

    mau tanya gan,kira2 kalau kekuatan kolom 15 x 15 setinggi 3m tapi ditanam,kuat tidak ya gan???

    • pamuji says:

      sebelum sy ucapkan trima ksh..
      sy mau rehab rumah bagian atas untuk tambah kamar ukuran 4×7 m. standart ukuran besi, semen, koral utk cor dengan pondasi standart perumahan apa juga perlu diberi suntikan tiang penyangga baru. ok.. tks..

  • zaenal says:

    berapa rencana anggaran biaya denah type 200/100

  • yusron says:

    Gannn…,
    bagaimana cara menghitung penulangan sloof, kolom, uk 15/15???????????????

  • adjie says:

    mhn bantuan tanggapannya utk pembangunan ruangan 2 lantai dgn memakai atap lantai beton hebel atau beton keramik, sedangkan rumah hanya berjarak 15mt dr rel KA. Apakah dgn material tsb tetap kuat spt bangunan cor biasa atau malah bisa lbh kuat?…..utk bantuannya y, tks

  • Toko Besi Permata says:

    mantrap gan” terimakasih

  • Toko Besi Permata says:

    mantap gan” untuk lebih detail dan liat contoh boleh agan2 mampir ke toko kami:
    http://www.besi-permata.com

  • tesa surra says:

    Untuk pengecoran plat lantai 2 saya menggunakan Support Stager kayu bulat saya ingin menanyakan perhitingan beban. Dan jarak kayu untuk mampu menahan coran tersebut

    Trims

  • heru says:

    tolong bantuin aku ….. cariin cara menghitung debit air ya

  • gnanan says:

    apabila kita aakan membangun sebuar garasi mobil dengan panjang 7x 15 meter dengan tanpa penyangga tengah apakah itu bisa??dengan menyambung slup selup beton (tiang tiang )yang telah dibuat awalnya….(tidak langsung kedasar )

  • irsyad says:

    bagaimana caranya menghitung beton ultimit ?
    tolong penjelasannya

  • Hendra says:

    makasih sebelum….,bagaimana cara menghitung talud/turap dgn ketinggian 6m dan 3m supaya desagin taludnya aman?mohon tolong penjelasannya

  • gaga says:

    mksh gan,.ilmu saya jd nambah skrang.. mkasih sx lg.

  • ALMERINDO F PINTO says:

    BAGAIMANA CARA UNTUK MENENTUKAN DIMENSI TULANGAN GESER PADA SUATU BALOK DAN KOLOM SERTA KOMPOSISI YANG PAKAI DALAM PELAKSANAAN

  • eka says:

    broo semuanya….minta saranya. kalok mau beli semen dapur pengecoran di sekitaran jogja di mn ya gan??????
    makasih sebelumnya. saya lg dapat tugas ni dari dosen mohon bantuannya ya gan….

  • kroto says:

    semen tahan api untuk dapur pengecoran alumunium nyarinya di mana ya mas, terus harganya berapa ya, saya butuh 2 sak nii
    makasih semuanya

  • aran says:

    sbelumnya sy ucapkan trimaksih…mohon bantuan..
    sy mau bangun rmh 2 lantai, luas tanah :L 15.5 mx p 9.5m
    rncananya ruang tamu 7.5mx6.5m tanpa tiang kolom ditengah, tpi dgn ukuran kolom 40x30cm(besi D 16. 8 btg per kolom ) & ukuran balok 35x30cm, 2 KT, 2 KM. garasi,dilantai 1.
    mohon koreksinya ? lbh bgsnya gmn ya?

  • Martin says:

    Salam
    Kami akan bikin dak dgn ukaran 5 x 6 m dengan tiang beton sebanyak 6 bh dengan bentangan atau lebar 3 m , barapa banyak kebutuhan akan besi beton , semen, pasir, koral, hasil untuk saya perkirakan dana yg dibutuhkan saat ini, terima kasih banyak atas bantuannya.

  • MALIKI says:

    MAU NANYA PAK RUMAH SAUDARA SAYA BERTINGKAT MENGGUNAKAN BESI D 10 DENGAN ISI 6 UKURAN 20×20 PADA BETON PILAR YANG MELINTANG PANJANG 2,5 METER SELANG SETAHUN TERJADI RETAK PDA PILAR..MOHON BANTUANYA APAKAH ITU BERBAHAYA,BAGAIMANA CARA MENGATASINYA…TRIMA KASIH

  • yasir says:

    gan saya mau dak lantai 2 dengan ukuran 4×10 berapa biji besi yg harus persiapkan

  • rois says:

    assalam….mau tanta .soalny pakek rumusny lom ngerti kalo ukuran lebar 5 m panjang10 m tinggi 8m 2 lantai butuh besi beton ukuran brp aj dan brp jumlahny.
    terimakasih.
    wassalam.

  • saya says:

    Waduh pas banget ini nih y dicari ketika tugas sudah d dpn mata..he he 1000x
    thx so much

  • alhamid says:

    ilmunya dalem gan, thanks infonya

  • Civil Eng says:

    Menjawab pertanyaan untuk fajar,

    mau nanya ni pak…bagaimana cara praktis menghitung jumlah tulangan pada kolom dan balok..serta bagaimana menentukan ukuran dimensi balok dan kolom…trimakasih

    Jawab: khusus untuk menentukan ukuran dimensi balok dan kolom bisa pakai cara berikut:

    Dimensi H balok, untuk beton konvensional bisa dengan 1/12 dari panjang bentang. Dan untuk dimensi B balok bisa dengan 2/3 dari H balok. Terima kasih. Tapi agar lebih aman harus di koreksi pembebanannya terlebih dahulu.

  • ari anggoro says:

    slmat siang,pak saya mau nya.mengenai penentuan dimensi kolom jika di ketau besarnya beban yg disangga itu 10 t maka berapa dimensi kolom dan dimensi pembesianya harus memakai besi lajur berapa dan sengkangan berapa terima kasih.

  • setoaji says:

    Mhn info utk rmh 6mx15 m ,3lantai 1lantai bwh tanah untuk garasi. JikaTanpa kolom tengah .berapa gmbaran ringkas :Jumlah-jarak Ukuran kolom dan balok.tks ya gan.

  • Julius Abanit says:

    Numpang nanya gan kalau cara menghitung pembesian untuk dak lantai 2 gimana caranya?? mohon infonya gan!!! Thanks Before

  • kokom says:

    Yg ingin saya tanyakan,
    Untuk membikin kamar tidur ukuran 3m ke 3,5m
    Berapa bata merah yg dhbutuhkan?
    Terimakash

  • mumuu says:

    itu perhitungan 90 cm ketemu dari mana yaa.??
    mohon jawabanya
    thanks

  • siti mai sara says:

    saya tidak mengerti. tolong gambarnya ditampilkan kaku saja, jangan di buat kedap-kedip kaya lampu neon gitu. jadi pusing ngeliatnya

  • shooprey says:

    panjang tulang sengkang perbuah adalah 25+15+25+15+5 = 85 cm
    Klo panjang sengkang 90, terlalu boros,
    Jika ada yang ingin bangun rumah, ruko, renovasi, dsb, bisa hubungi saya d no +628131420030/whatsapp.
    Dengan system borong, (m²) dan yang saya kasih harga borong sesui dengan pasaran saat ini.
    Saya juga menerima pekerjaan borong /item contoh;
    1. Pemasangan plafond /m²
    2. Pemasangan kramik /m²
    3. Plester/aci /m²
    4. Pemasangan bata merah /m²
    5. Pemasangan hebel /m²
    6. Pengecatan /m²
    7. Dsb.
    jika ada yang ingin bertanya-tanya dulu seputar dunia proyek pembangunan
    Follow me : @Mars_Shooprey
    Add Fb : shooprey mar’sjacksparrow
    YM : pria8988
    Whatsapp : +62 8131-4020-030
    Terima kasih.

  • Dido blues says:

    Sya slaku perorangan siap memberikan kualitas dan kuantitas maksimal dalam pekerjaan..
    Dalam bidang..pengecoran jalan beton,hotmix,pasang paving block,psng batu kali,saluran u-dicth,dsb.
    Dngan jasa borong tenaga..
    Minat hub:
    08976553148
    085280020095
    Trima kasih.
    Ttd- didi

  • naufal says:

    saya mau tanya, untuk cara perhitungan volume pembesian untuk plat lantai bagaimana ? tulangan yang dipakai bukan wire mesh, terimakasih

  • ari says:

    saya punya tugas berapa besarnya cincin yang harus di pakai,dan untuk tulangannya pake besi berapa?

  • ari says:

    untuk rumah ukuran 14 *11 berapa besarnya cincin dan besi tulangnya

  • fikri edi says:

    maaf gan…kayaknya rumusnya salah n udah kuno….sbenarnya untuk kolom begitu harus tahu dulu,darimana dapat angka sengkang 15 cm,egk bisa asal ditebak aja..jadinya egk tau beton K berapah n pembesian berapah yg dipakai….

  • eko says:

    Kirim Penawaran harga Software Optimasi Waste Besi .
    Saya sangat membutuhkan….
    bisa hub saya di 08123565755 atau email : e_suwarno@yahoo.co.id

  • Waladhun Solihuun says:

    terimakasih atas ilmunya, ini sangat bermanfaat :)

  • Anonymous says:

    menyebarkan ilmu sama seperti menyebarkan benih padi, siapa yg menebar dialah yg menuai.

  • gimana kalau perhitungan pembesian plat, thanks.

  • Benja samaria says:

    gimana caranya kita menghitung begel yaa,..

  • gmna hitung kapasitasmasing2.thankx.

  • Pyan Sidik says:

    makasih….ini sangat membantu saya…semoga makin mudah dimengerti.

  • Pyan Sidik says:

    makasih….ini sangat membantu saya…semoga makin mudah dimengerti.

  • joko says:

    untuk rumah 1 lantai 7×12 kira2 pakai besi ukuran berapa dan butuh berapa lonjor….trims

  • Ardo Rascal says:

    bos,,, yang nama'nya panjang besi untuk semua ukuran itu 12meter/batang bukan 11 meter,,,,

  • pongky says:

    mau tanya ni abng2 semua. kalau mau hitung upah pengecatan jembatan tol bgaimana ya. . .
    tolong ya. kalau abng tau jwab pake sms ke no aq. 085245666515

  • erricson says:

    Bos, Tolong dibantu hitung Volume beton yang saya perlukan untuk bikin Dack luas 17x7mtr tebal 12cm? jumlah besi, semen, pasir dan koral yang saya perlukan juga ya? thanks. moga sukses buat yang bantu

  • kariz says:

    gimana cara mngetahui dan menghitung kekuatan beton corewall agar dpat sesuai dan kuat trhadap beban utama dan sekitar corewall??????

    thanks IS.com

  • librand says:

    tanah seluas 20mx100m, yang mau dibangun 20mx90m kontruksi gudang 3 lantai. utk lantai dasar tingginya 6mtr dgn beban brgnya per m2 = 2ton, brp tebal lantai yg diperlukan?
    lantai 1 tingginya 3m beban per m2 = 1 ton, utk lantai 2 tingginya 3m beban per m2 = 500kg
    pertanyaannya: sabaiknya besi ukuran berapa yang digunakan sbg kolomnya, bentangannya menggunakan besi brp pula.
    thanks

  • oli says:

    Klo prhitungan koef untuk pekerja?? Menggunakan ukuran yg di ata ( besi 10 pnjg 6 m)
    Thanx untuk bntuannya

  • Parulian,STp says:

    Mohon perhitungan bahan material dan biaya untuk bangunan rumah layak huni yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat kurang mampu, trimaksih

  • egi says:

    ass.siapa tau ada yg membutuhkan jasa untuk renovasi atau bangun baru silahkan hub saya,husus ganti atap baja lg promosi 110rb/m2 plus pasang 081389994239/087788583451

  • firman says:

    angka 0.15 drimna…??? mohon penjelasannya .. makasih

Komentari

*
*

Current ye@r *