Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah

Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah dapat dilakukan dengan sistem analisa harga satuan dan m2 bangunan, mari kita lihat bagaimana langkah perhitunganya :-) masing-masing cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, misalnya sistem m2 akan lebih cepat dari segi waktu perhitungan namun dari segi ketelitian akan lebih baik jika menggunakan sistem analisa harga satuan bangunan, berikut ini penjelasan mengenai dua metode perhitungan tersebut

 

Menghitung biaya bangun rumah sistem m2 bangunan

Pada metode perhitungan ini kita hanya membutuhkan dua data yaitu luas bangunan yang akan dibangun dan harga bangunan per m2 pada waktu dan lokasi kegiatan pembangunan. kelebihan metode ini adalah proses menghitung RAB  dapat dilakukan dengan cepat karena tidak banyak memerlukan waktu pencarian data dan proses berpikir, contoh perhitunganya sebagai berikut:

Contoh :  Kita akan membangun sebuah rumah sederhana di jakarta dengan ukuran lebar depan 6 m dengan panjang kebelakang 10 m harga bangunan per m2 rumah sederhana +/- Rp.2.500.000,00 ( nilai harga ini hanya sebagai contoh yang pada kondisi sebenarnya dapat bervariasi menyesuaikan spesifikasi penggunaan material dan lokasi pembangunan rumah) berapa biaya bangun rumah sederhana tersebut? :-)

Jawab : Luas bangunan  6m x 10 m = 60m2, jadi rencana anggaran biaya bangun rumah sebesar 60m2 x Rp.2.500.000,00 =  Rp.150.000.000,00 ( Terbilang : seratus lima puluh juta rupiah )

Contoh penjelasan detail Hitung RAB sistem meter persegi bangunan bisa dibaca di cara mudah menghitung RAB Rumah

rencana-anggaran-biaya

 

Menghitung biaya bangun rumah sistem analisa harga satuan

Urutan perhitungan RAB rumah secara teliti adalah

  1. Membuat gambar rumah yang akan dibangun.
  2. Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.
  3. Membuat rincian daftar perkerjaan yang akan dilaksanakan.
  4. Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.
  5. Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
  6. Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
  7. Mengalikan volume dengan analisa harga satuan.
  8. Membuat jumlah harga secara keseluruhan.
  9. Menambahkan angka hasil perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dengan PPN 10% dan nilai keuntungan borongan yang akan diberikan kepada kontraktor.

 

Contoh: jika kita hendak membangun rumah sederhana maka sebelumnya kita buat gambar terlebih dahulu dan rencana material yang akan digunakan lalu bisa membuat rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya, secara umum  misalnya:

  • persiapan ( pembersihan lahan, pendatangan material dll )
  • pondasi ( galian tanah, pemasangan pondasi batu kali, urugan tanah kembali )
  • struktur beton bertulang seperti sloof, kolom dan balok.
  • dinding meliputi pasangan dinding batu bata berikut plesteran dan acian.
  • rangka atap dan finishing penutup atap rumah.
  • Pekerjaan plafond rumah.
  • Pekerjaan lantai rumah.
  • Instalasi plumbing dan listrik rumah.
  • Pengecatan dan perapihan.

Masing-masing item pekerjaan tersebut kemudian dihitung volumenya berdasarkan gambar bangunan yang sudah disertai ukuran, lalu menghitung harga satuan pekerjaan diakhiri dengan mengalikan vollume x harga satuan = harga item pekerjaan.

Contohnya: pada item pekerjaan pasangan batu kali kita hitung volumenya sebesar 10 m3 dengan harga satuan sebesar Rp.400.000,00 maka biaya pekerjaan pasangan batu kali adalah 10m3 x Rp.400.000,00 = Rp.4.000.000,00.

Contoh penjelasan detail Hitung RAB sistem analisa harga satuan bisa dibaca di Perhitungan RAB pondasi plat jalur

 

Nah.. setelah semua item pekerjaan diketahui harganya seperti pada contoh pekerjaan pasangan batu kali maka bisa dijumlahkan secara total RAB rencana anggaran biaya bangun rumah utuh :-)

ilmu sipil
  1. menghitung keuntungan borongan
  2. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  3. Contoh perhitungan volume bangunan
  4. cara menghitung kebutuhan semen
  5. cara menghitung kebutuhan atap genteng
  6. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  7. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  8. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  9. Website SNI analisa harga satuan bangunan
  10. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  11. Cara menghitung kebutuhan pasir dan semen
  12. Cara menghitung volume besi beton bertulang
  13. Menghitung berat besi tanpa tabel
  14. contoh analisa harga satuan bekisting
  15. Penyebab kekurangan dalam menghitung jumlah keramik
  16. Analisa pekerjaan plesteran
  17. Cara menghitung kebutuhan keramik
  18. hitungan bangunan

89 Komentar

  • Nuno Gouveia Leite says:

    Boleh berikan aku, cara menghitung RAB rencana angaran biaya bangunan rumah, Analisa harga satuan, Dan menghitung volume pekerjaan.

  • saiful says:

    assalamu alaikum
    saya mau nanya nih
    kira2 klo bikin jembatan dg ukuran panjang 10 x 2 lebar??
    berapa kira2 biaya smuanya trmasuk uang pekerjanya y?

  • adji wibowo says:

    Assalamualaikum Wr Wb.
    mau tanya perhitungan Rencana Anggaran Biaya BOW dengan SNI apa ada bedanya dan ada nggak Perhitungan Pembuatan Sumur Bor?
    Kalau dijinkan tlg minta / dikirimi Analisa tersebut, Matur nuwun buangeet.
    Wassalamualiaikum Wr Wb.

  • berto says:

    admin…..,, bisakah minta analisa harga satuan yang terbaru,,, klo ada beserta harga satuan bahan bangunan untuk daerah bandung dsk. karena saya sedang merintis membuat perusahaan kontraktor perseorangan,,

    trima kasih…

  • Agustinus Povay says:

    Mohon batuan cara membuat Rab Analisa bangunan Talud

  • Lito says:

    Bisakah berikan aku cara yg sederhana utk mnghitung koefisien yg biasa dipakai dlm prhtungan RAB. Biasanya koefisien itu kita dapat dr mana. tolong…krn skrng darurat.

  • yoan says:

    saya mau bangun rumah dengan luas kira2 42m2….cukup nggak dg biaya 80jt dg catatan lantai sementara belum sy keramik….kemudian atap sementara mnggunakan asbes gelombang

    trim

  • RUDI says:

    ass, wr, wb
    saya mo bangun rumah ukuran bangunan 8×10, pondasinya sudah ada, kira2 berapa rab yang harus sya siapkan?tolong dbantu ya admin,trims.
    wassalam

  • Nadiaananda says:

    hmmm,, begitu ya..

  • vj says:

    makasih atas referensinya,,

  • Rina says:

    Sangat Bermanfaat Sekali Artikel Dan Tulisannya.. Maksih..

  • yadi mulyadi says:

    saya ada rencana melakukan kerjasama dengan pihak developer untuk membangun perumahan(sejenisnya) saya sebagai pemilik lahan.mohon bantuannya untuk memberi informasi cara perhitungan dalam penetapan harga unit rumah tersebut.saya berdomisili di daerah bandung jawa bara.

  • Jefry says:

    Sekarang jadi tahu ni biaya yang dibutuhkan untyuk membangaun rumah sendiri
    terima kasih, benar2 bermanfaat
    Salam,

    Jefry
    http://sedotwc-jakarta.net
    http://sedot-wc.net

  • Januar says:

    Aku tertarik dengan ilmu teknik sipil dan ingin mempelajari nya.,, untuk dasar menghitung Rab bisa g bapak acarin cara menhitung RAB dan Gambarnya.,,???

  • Romli says:

    Mohon penjelasanya,yang dimaksud dengan borongan /meter keteng & meter lari,cara hitungnya bagaimana,mohon pencerahannya

  • Daslam says:

    Saya mau tambah tingkat rumah saya bagian belakang, sudah ada dinding kiri, kanan, depan belakang, pondasi belum dibuat 2 tingkat, tolong dibuatkan rincian biayanya pak (kirim ke email)

  • umi saroh says:

    Saya ingin menambahkan luas bangunan rumah sepanjang 2 meter dengan panjang bangunan lama 7 meter lantai 2 dimana dibawah tidak usah dikeramik atau disemen dan luas bangunan tambahan total lantai 2 direncanakan 14 m2 digunakan untuk jemuran dan atasnya didak untuk tempat tower air yang kamarmandinya ada dibangunan lama …..sementara pagar dilantai 2 jg tidak dulu….tolong diberi rincian kebutuhan material serta biaya dan perkiraan jumlah dan lama pekerjaan terselesaikan…trimakasih

  • harison says:

    Bs pak dgn biaya 80jt

  • Jimmy says:

    Have a good day yah …

  • syamsuardi says:

    sya mau buat gambar arsitek dan stuktur, tapi saya belum tau harga pembuatan gambar /m2 dan perlembarnya berapa, mohon kasih info untuk harga/upah pekerjaan gambar arsitek dgn program AutoCAD….

  • Riswan says:

    Ada yg punya analisa harga satuan pekerjaan pembuatan canopy polycarbonate dgn rangkla besi pipa GIP 1″ dan model konstruksi atap melengkung ???

  • arman says:

    cara menghitung RAB disertai gambar bangunanyya …………….plece

    • ilmusipil.com says:

      Perhitungan + gambarnya Bisa mengikuti tutorial rencana anggaran biaya bangunan di AnalisaHarga.com :-)

  • okin says:

    perhitungan standar harga tukang sangat tinggi didaerah kami,tlg apa ada standar harga tukang secara nasional trims informasinya…..

  • novan says:

    Dear all
    saya ingin merovasi rumah menjadi 2 lantai
    Apakah ada yang bisa menawarkan harga dibawah 2jt /meter
    Tolong info ke novan.power@gmail.com

    Thanks

  • asep m says:

    harga borongan pekerjaan dan matrial
    untuk harga borongan rumah dari nol=1,65jt m2,
    untuk harga renovasi pembongkaran dari genteng,rangka atap,plafon,=50rb m2
    untuk harga borongan lantai =2jt m2
    harga terjangkau cepat tepat dan berkwalitas buktikan hasil pekrjaan kami,
    anda puas kami lebih puas
    siap mengerjakan di lokasai surabaya-gresik-sidoarjo-malang
    terima kasih
    asep m,-cv rama renovasi -ruko,rumah

  • iwant says:

    pusing gwa bikin RAB. SOLUSI ?

  • akh wahyudi says:

    saya ingin buat rumah ukuran 7 x 15 m,tanah udah ada berapa dana yg harus saya siapkan

    • siti muniroh says:

      ukuran 7 x 15 kurang lebihnya 150 jt jk tdk tingkat,tergantung model & berapa lantai yg di inginkan,maaf letaknya didaerah mana ya mas?

  • wows novian says:

    Baru saja saya membeli rumah tipe 42, 1 lantai & kemudian saya merenovasi menjadi 2 lantai, dengan ukuran lantai 2, 38m2. Saya menyiapkan dana 90 juta rupiah. Tapi pada kenyataannya saya menghabiskan dana sampai 140 jutaan. Karena biaya membengkak pada suntik pondasi baru&tiang beton, kalo tau biaya membengkak. Saya ga bakalan ningkatin rumah mendingan saya beli 1 unit rumah sebelah dengan harga 160 juta

  • yahdin says:

    Saya mau bangun rumah rsss luas tanah 200m.
    Kira kira brapa dananya.
    trimakasi wasasalam

  • ningsih says:

    Saya mau bangun rumah luas 7 x 15 mtr,tolong dong dibuatkan RAB nya

  • Yeny F says:

    Mohon bantuannya, saya mau bangun kontrakan petakan 3 pintu, luas kontrakan @20 m2. kira2 perlu biaya brp? trims

  • Rudy says:

    Ass,Wr.Wb
    Om. ilmusipil… mkasih bngt…
    sangat ngebantu.. dlm teknik sipil bg yg awam..
    smoga om,ilmusipil tambah maju aja..

  • amira says:

    saya mau tanya,kalau mau membuat kos2 san lima 5 kmr 1 kmr mandi ….ukuran kamr 3 kali 3 ukurn kmr mndi 1.5 kali 2..kira2 berapa dana yg di btuhkan?
    terima kasih
    mohon di jawab :)

  • Fajar Nuriansyah says:

    Ijinkan Saya Menjadi Murid Mu.
    :D Sebelum Masuk Kuliah Teknik Sipil Saya mencoba belajar Lebih awal Mengenal Dan Memahami Sipil Maupun Arsitektur.
    Dari Beberapa website/Blog yg sudah saya JumpaiDi sinilah saya Bisa menemukan Semua Hal yg saya Butuhkan Itu.
    ini sangat Bermanfaat, mudah, simple, Dan Gak Ribet. :D ehehehehheee…
    Salam Kenal Guru.

  • SYARIF HUDAYA says:

    Terimakasih atas infonya …yah moga terus berkembang yah ..!!

  • icha says:

    Sya rencana mau memebuat kontrakan 4 pintu #kecil saja luas tanah hanya 90m2 kira2 brp danayang d butuhkan,domisili sukabumi terimakasih

  • harianto says:

    saya domisili sidoarjo.mau tanya rab untuk membangun rumah uk 9×5 berapa ..terima kasih.

  • dewi minarni says:

    berapa banyak material yg dibutuhkan(besi,pasir,semen,dll) utk mencor lantai 2 ukuran 6mx6m serta estimasi biaya nya?thx bos

  • Hamzah Radhi,Drs. says:

    Saya rencana bangun Asrama santri di ponpes An-nahdhah, Ukuran 10m x 20 m, berlantai dua, 14 kamar lantai 1 dan 14 kamar lantai 2, kamar berdinding Tripleks 5 mm, mohon petunjuk rencana anggaran biaya yang dibutuhkan, terima kasih

  • Admin says:

    Kalau teman-teman mau copy isi text ini, caranya:
    1. buka pakai Internet Explorer
    2. save as ke *.txt file
    3. tinggal buka file txt tadi

  • sufriadi says:

    ksih tau gmna cra na mnghitung rab dngan cpat dn bnar…..

  • deprin bolon says:

    saya RencanaNya Mau Bangun rumah 5x25m Kira Kira total nya Brapa
    Tapi Uda Lengkapa smua Itu kan ???

  • maaf gan mau numpang belajar tentang bangunan boleh ya……

  • Eko Saputro says:

    trims gan, informasi ilmu yang sangat sangat berguna…… , semoga dengan amal pengetahuan ini Allah SWT akan memberi Rahmat serta Ridho apa yang akan kita kerjakan…..

  • Pither Edway says:

    sangat baik d membantu.

  • Lia says:

    Mau tanya kalau bangun rumah petak 2 lantai luas tanah 30m2, dijadikan 4 unit (2 atas, 2 bawah) dengan 4 kamar mandi berapa ya? Tolong diberikan perhitungan yang ekonomis. Lokasi di jakarta. Terimakasih

  • ayik says:

    ass.sy mau tanya kira2 berapa y anggaran biaya pembuatan rumah ukuran T72/150? 1 lantai.saya domisili di solo.tks

  • trims atas pengetahuan yg sangan bermanfaat bagi saya dlm menghitung RAB,,,,

  • Catur says:

    Siang, mohon info, biaya total buat nutup belakang rumah, ditambah sedikit dapur , luas tanah 4,5 x 6 meter, ditutup pake asbes biasa saja,
    terimakasih infonya

  • Rani Nindia Puteri says:

    selamat pagi.. mohon bantuan infonya biaya total pembuatan rumah minimalis dengan luas tanah 6×12 meter.. terimakasih atas infonya

  • sailupy says:

    Met mlm brai..sy pgn ngedak/ngecor atap dg ketebalan 12cm untuk ukuran 6×12 m.kira” butuh brp m3 cor jd y?? Mohon pencerahan.nuwunn

  • iman says:

    bisa minta rincian rumah minimalis dengan biaya 200jt gak. luas tanah yang di inginkan kira2 150 m2 dengan desain sederhana 2 kamar tidur

    http://YtZone.com

  • zainal says:

    zainal
    saya mau buat rumah kaya pos kantor Rt ukuran 3×4. kira2 menghabiskan dana brapa ya pak?? dari pundasi sampai jadi

  • zainal says:

    ngotak aja,, ga pake kamar,,, jadi modelnya kaya kontrakan 1 kamar. ga pake toilet
    mohon dijawab ya pak

  • hermi says:

    saya mau tambah bangunan di samping rumah saya yang tanahnya kosong, dengan luas 3×8 m² utk 2lantai
    dgn rincian 4×3 m² lantai 1 dan 8×3 m² untuk lantai 2
    kira2 brp biaya jasa nya?
    dan brp biaya ama materialnya,
    makasih

  • grosse says:

    mau bikin ruang anak, tapi bingung anggaran dan biayanya. kalau untuk ruang 5×6 brpa ya

    http://www.jualgebyok.zz.mu

  • arora says:

    saya mau tambah 1lantai ntuk rmah minimalis type 36. . kira” anggaranX brapa yah. , , trimaksh gan..

    • abdul rosyid says:

      emang klau tuk daerah jkt tagerang dah ukuran pas banget 100jt klau mau brong tenaga aja30jt ok

  • abdul rosyid says:

    untuk harga skrg permeter sy 2750000 untuk wilayh jkt banten

  • dolly manalu says:

    saya mau dak rumah guna tempat jemur pakaian dan untuk santai santai, kira2 berapa anggaran dana yang bisa saya siapkan ya? saya juga butuh perhitungan harga per m2 nya,. mohon di emailkan ke alamat email saya, terima kasih

  • HARIS says:

    Ass..saya mau bikin rumah minimalis ukuran 10 x 13 m dengan 2 tingkat,,lantai 2 langsung di cor beton….kira 2 berapa RAB untuk lantai 1 saja…..kalau kwalitas bhn bangunannya sedang..lokasi saya dipayakumbuh..mhn dijawab…..ya sekalian referensi kontraktor yg berpengalaman..

    • muslih ikhsan says:

      150jt saya berani kerjakan boss
      lokasi lengkapnya mana bos
      kami siap mengerjakan cepat dan rapi..
      kami memiliki tenaga profesional dan handal

  • dedi maulana says:

    aslm…maaf gan,sy mau numpang tnya.kira2 brpa biaya yg dibutuhkan untuk bngunan volume 11×11?terus brpa biaya per mter utk wilayah banten dan sekitarnya?ini bngunan sekolah.thanks ya buat infonya..good luck.

  • jimmy says:

    Trima kasih akrbg saya lebih mudah untuk belajar cara menghitung RAB melalui teknik sipil . Trima kasih

  • Software RAB Rumah says:

    Menghitung RAB cara ke 1 banyak dilakukan oleh orang-orang yang hanya sekedar ingin tahu total biaya, masalah cukup tidaknya gimana nanti. Cara 1 bisa dikerjakan oleh setiap orang. Sedangkan cara 2 hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian bangunan. Nah.. ini saya tambahkan ada cara ke 3 yang hasilnya sama dengan cara 2, tapi bisa dilakukan banyak orang…caranya dengan menggunakan alat bantu software rab di http://www.softwarerab.com

  • wemius kogoya says:

    saya tidak tau menghitung RAB . jadi saya mintah langkah-langkah menghitung RAB banggunan supaya saya bosa menghitung .

  • faisal says:

    saya ingin membuat 2toko ukuran 3m X 12m dan 3m X 6m, sebelumnya ada bangunan toko tapi udh tua mau dibongkar trus dibangun ulang,kira2 biayanya berapa ya?

  • Abah Odang says:

    Informasi yang sangat bagus.. terutama cara ke 1 yang paling mudah. http://serbifo.blogspot.com mengucapkan terima kasih atas sharingnya.

  • Faiz says:

    Yang ingin RAB terbaru 2014 silahkan request via email faizhusein@hotmail.com sekedar berbagi saja semoga bisa bermanfaat.

  • san buna says:

    bagi teman2 yang ingin bangun rumah dengan bata merah press kami menawarkan bata merah kwalitas bagus dan harga pabrik silahkan klik http://batu-batapres.blogspot.com/

  • Alus says:

    Mohon dibantu, saya mau bangun tambahan bangunan rumah dua tingkat. (di Balikpapan)
    Lantai dasar 5 X 6
    Lantai atas 5 X 6 (kamar mandi didalam 2.5 X 3.5)
    Balkon lantai atas 2 X 3
    Garasi terbuka saja 2 X 4
    Kolam renang 2 X 4

    bahan bangunan sedang

    Tolong info harga boronganya.

  • Nino says:

    Be careful tainkg medical advice from Yahoo Answers.Some of the answers to your last question were bizarre, especially the one about masturbation causing torsion of the testis.One testis larger than the other may be a result of mumps, but you should seek proper medical advice about this in your case.Sperm count tests involve examining a fresh semen sample. They are not expensive as tests go, but obviously require some privacy to produce. Talk to your doctor about this.

  • mominta says:

    Saya mw renov rmh tua 2 lntai, lantai 2 mw di cor beton, luas hanya 3×8 m, sederhana aja tdk bnyksekat biar terlihat lebar,lantai 2 dbuat 3-4 kamar lokaasi jakarta barat, brp biaya sd selesai?

  • Anisa Rasya says:

    saya ingin membangun rumah sderhana 1 lantai di daerah purwokerto,jateng dgn lahan 55m2 dgn 3k.tidur dan anggaran dana 50 juta apakah bisa?
    mohon sarannya

  • sari says:

    saya rencana mo bangun rumah dengan luas lahan 20X15..4 kamar dan dua lantai..kira kira berapa biaya yang saya butuhkan ? Trims..

  • Joko Rismanto says:

    Saya mau bangun rumah dengan ukuran tanah 15 m x 25 m, sy menginginkan ada halaman +/- 5 mtr dan belakang di sisakan 3 mtr, samping kanan kiri disisakan spya air hujan jatuh di pekarangan saya sendiri, rincian ruangan sbg berikut :
    1. 4 kmr tidur (3 pake kamar mandi, 1 tdk)
    2. Ruang tamu jangan terlalu kecil
    3. Dapur (kering)
    4. Gudang
    5. Kmr Mandi / WC
    6. 1 kamar pembantu
    7. Carport
    8. Tempat cuci

    Dengan standart bahan bangunan sedang, mohon dibantu kira RAB hbs brp ? Trmksh.

  • Parno says:

    Saya mau tanya dan belajar gan? Untuk rumah yg hendak di rehab jdi lantai dua ukuran 11×16 kira2 butuh dana berapa ya gan

  • edysaputra says:

    malm pak,saya mu nanya kira2 biaya bangun toko 2lt,upah sama matrial nya brp ya per 1/ meter nya?

  • dede maulana says:

    assalamualaikum…
    sya mempunyai lahan 92 m2 untuk d bngun rmh, dngn modal bwt rmh skitar 50jt apakah bsa membuat rmh dngn 3 kmar tdur, 1 wc, 1 dapur, ruang tamu n ruang kluarga. lokasi karawang barat

  • Suryadix says:

    Wah mantap jadi tau…

  • bendra budi says:

    semua jadi tahu, kok saya yang bingung….

Komentari

*
*