Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah

Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah dapat dilakukan dengan sistem analisa harga satuan dan m2 bangunan mari kita lihat bagaimana langkah perhitunganya :-) masing-masing cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, misalnya sistem m2 akan lebih cepat dari segi waktu perhitungan namun dari segi ketelitian akan lebih baik jika menggunakan sistem analisa harga satuan bangunan, berikut ini penjelasan mengenai dua metode perhitungan tersebut

 

Menghitung biaya bangun rumah sistem m2 bangunan

Pada metode perhitungan ini kita hanya membutuhkan dua data yaitu luas bangunan yang akan dibangun dan harga bangunan per m2 pada waktu dan lokasi kegiatan pembangunan. kelebihan metode ini adalah proses menghitung RAB  dapat dilakukan dengan cepat karena tidak banyak memerlukan waktu pencarian data dan proses berpikir, contoh perhitunganya sebagai berikut:

Contoh :  Kita akan membangun sebuah rumah sederhana di jakarta dengan ukuran lebar depan 6 m dengan panjang kebelakang 10 m harga bangunan per m2 rumah sederhana +/- Rp.2.500.000,00 ( nilai harga ini hanya sebagai contoh yang pada kondisi sebenarnya dapat bervariasi menyesuaikan spesifikasi penggunaan material dan lokasi pembangunan rumah) berapa biaya bangun rumah sederhana tersebut? :-)

Jawab : Luas bangunan  6m x 10 m = 60m2, jadi rencana anggaran biaya bangun rumah sebesar 60m2 x Rp.2.500.000,00 =  Rp.150.000.000,00 ( Terbilang : seratus lima puluh juta rupiah )

rencana-anggaran-biaya

 

Menghitung biaya bangun rumah sistem analisa harga satuan

Urutan perhitungan RAB rumah secara teliti adalah

  1. Membuat gambar rumah yang akan dibangun.
  2. Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.
  3. Membuat rincian daftar perkerjaan yang akan dilaksanakan.
  4. Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.
  5. Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
  6. Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
  7. Mengalikan volume dengan analisa harga satuan.
  8. Membuat jumlah harga secara keseluruhan.
  9. Menambahkan angka hasil perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dengan PPN 10% dan nilai keuntungan borongan yang akan diberikan kepada kontraktor.

 

Contoh: jika kita hendak membangun rumah sederhana maka sebelumnya kita buat gambar terlebih dahulu dan rencana material yang akan digunakan lalu bisa membuat rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya, secara umum  misalnya:

  • persiapan ( pembersihan lahan, pendatangan material dll )
  • pondasi ( galian tanah, pemasangan pondasi batu kali, urugan tanah kembali )
  • struktur beton bertulang seperti sloof, kolom dan balok.
  • dinding meliputi pasangan dinding batu bata berikut plesteran dan acian.
  • rangka atap dan finishing penutup atap rumah.
  • Pekerjaan plafond rumah.
  • Pekerjaan lantai rumah.
  • Instalasi plumbing dan listrik rumah.
  • Pengecatan dan perapihan.

Masing-masing item pekerjaan tersebut kemudian dihitung volumenya berdasarkan gambar bangunan yang sudah disertai ukuran, lalu menghitung harga satuan pekerjaan diakhiri dengan mengalikan vollume x harga satuan = harga item pekerjaan.

Contohnya: pada item pekerjaan pasangan batu kali kita hitung volumenya sebesar 10 m3 dengan harga satuan sebesar Rp.400.000,00 maka biaya pekerjaan pasangan batu kali adalah 10m3 x Rp.400.000,00 = Rp.4.000.000,00.

 

Nah.. setelah semua item pekerjaan diketahui harganya seperti pada contoh pekerjaan pasangan batu kali maka bisa dijumlahkan secara total RAB rencana anggaran biaya bangun rumah utuh :-)

  1. ilmusipil.com Cara menghitung kebutuhan pasir dan semen
  2. ilmusipil.com contoh analisa harga satuan bekisting
  3. ilmusipil.com Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  4. ilmusipil.com cara menghitung kebutuhan semen
  5. ilmusipil.com menghitung keuntungan borongan
  6. ilmusipil.com Analisa pekerjaan plesteran
  7. ilmusipil.com Menghitung berat besi tanpa tabel
  8. ilmusipil.com cara menghitung kebutuhan atap genteng
  9. ilmusipil.com Cara menghitung volume besi beton bertulang
  10. ilmusipil.com hitungan bangunan
  11. ilmusipil.com cara menghitung volume material pasangan bata
  12. ilmusipil.com Cara mudah menghitung RAB rumah
  13. ilmusipil.com Contoh perhitungan volume bangunan
  14. ilmusipil.com Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  15. ilmusipil.com menghitung harga borongan upah tukang bangunan
  16. ilmusipil.com Website SNI analisa harga satuan bangunan
  17. ilmusipil.com Cara menghitung kebutuhan keramik
  18. ilmusipil.com analisa harga satuan bekisting

101 Comments

Add a Comment
  1. Untuk bangun rumah baru tinggal lebar x panjang berapa dikali 2.3jt hasilnya itu yg akan dikeluarkan
    Mau bangun perencanaan pelaksanaan pengawasan hub 081389994239

  2. trims gan, informasi ilmu yang sangat sangat berguna…… , semoga dengan amal pengetahuan ini Allah SWT akan memberi Rahmat serta Ridho apa yang akan kita kerjakan…..

  3. Assalamu alaikum

    Maaf Pak IS, saya terlambat masuk kelas nih

    Kelas terbesar dan sangat bermanfaat tuk kami kami

    Dan temen2 kalo ada yg merluin jasa pembuata railing tangga , balkon, kanopy dr bahan stainless silakan hub kami TUNAS KARYA PERKASA dengan Sdr. Narim tlp 021-49559437 trims

  4. Mau tanya kalau bangun rumah petak 2 lantai luas tanah 30m2, dijadikan 4 unit (2 atas, 2 bawah) dengan 4 kamar mandi berapa ya? Tolong diberikan perhitungan yang ekonomis. Lokasi di jakarta. Terimakasih

  5. ass.sy mau tanya kira2 berapa y anggaran biaya pembuatan rumah ukuran T72/150? 1 lantai.saya domisili di solo.tks

  6. Siang, mohon info, biaya total buat nutup belakang rumah, ditambah sedikit dapur , luas tanah 4,5 x 6 meter, ditutup pake asbes biasa saja,
    terimakasih infonya

  7. selamat pagi.. mohon bantuan infonya biaya total pembuatan rumah minimalis dengan luas tanah 6×12 meter.. terimakasih atas infonya

    1. untuk bangunan rumah mini malis ukuran 6×12 kurang lebih 180.000.000 untuk lebih jelasnya silahkan hubungi no:08159378022 tks

  8. Met mlm brai..sy pgn ngedak/ngecor atap dg ketebalan 12cm untuk ukuran 6×12 m.kira” butuh brp m3 cor jd y?? Mohon pencerahan.nuwunn

  9. zainal
    saya mau buat rumah kaya pos kantor Rt ukuran 3×4. kira2 menghabiskan dana brapa ya pak?? dari pundasi sampai jadi

  10. ngotak aja,, ga pake kamar,,, jadi modelnya kaya kontrakan 1 kamar. ga pake toilet
    mohon dijawab ya pak

  11. saya mau tambah bangunan di samping rumah saya yang tanahnya kosong, dengan luas 3×8 m² utk 2lantai
    dgn rincian 4×3 m² lantai 1 dan 8×3 m² untuk lantai 2
    kira2 brp biaya jasa nya?
    dan brp biaya ama materialnya,
    makasih

  12. saya mau bertanya mengenai biaya membangun rumah menengah dgn ukuran 6×19 meter,berapa estimasi biayanya?

  13. saya mau tambah 1lantai ntuk rmah minimalis type 36. . kira” anggaranX brapa yah. , , trimaksh gan..

    1. selamat siang, saya mau komentar untuk arora..kalau untuk anggaran biaya menambah 1 lantai anggaran bisa di sesuaikan, tergantung spesifikasinya.klu untuk rata2 biaya permeternya 2,75 juta.karena di lantai atas pengerjaanya lebih susah daripada lantai dasar. jadi perkiraan awal sekitar 100 jutaan..untuk lebih jelasnya bisa hubungi 081312024039..terima kasih

    2. emang klau tuk daerah jkt tagerang dah ukuran pas banget 100jt klau mau brong tenaga aja30jt ok

  14. saya mau dak rumah guna tempat jemur pakaian dan untuk santai santai, kira2 berapa anggaran dana yang bisa saya siapkan ya? saya juga butuh perhitungan harga per m2 nya,. mohon di emailkan ke alamat email saya, terima kasih

  15. Ass..saya mau bikin rumah minimalis ukuran 10 x 13 m dengan 2 tingkat,,lantai 2 langsung di cor beton….kira 2 berapa RAB untuk lantai 1 saja…..kalau kwalitas bhn bangunannya sedang..lokasi saya dipayakumbuh..mhn dijawab…..ya sekalian referensi kontraktor yg berpengalaman..

    1. 150jt saya berani kerjakan boss
      lokasi lengkapnya mana bos
      kami siap mengerjakan cepat dan rapi..
      kami memiliki tenaga profesional dan handal

  16. sy siap barangkali anda mau bangun rumah/ kontrakan dari nol/ renopasian, hub no 081222447075. trima kasih.

  17. aslm…maaf gan,sy mau numpang tnya.kira2 brpa biaya yg dibutuhkan untuk bngunan volume 11×11?terus brpa biaya per mter utk wilayah banten dan sekitarnya?ini bngunan sekolah.thanks ya buat infonya..good luck.

  18. Trima kasih akrbg saya lebih mudah untuk belajar cara menghitung RAB melalui teknik sipil . Trima kasih

  19. Buat yang mau bangun rumah dan yang lainya yang berkaitan dengan kontraktor bisa hub. 021 98707202 thanks
    Kita adalah jasa kontraktor

  20. Menghitung RAB cara ke 1 banyak dilakukan oleh orang-orang yang hanya sekedar ingin tahu total biaya, masalah cukup tidaknya gimana nanti. Cara 1 bisa dikerjakan oleh setiap orang. Sedangkan cara 2 hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian bangunan. Nah.. ini saya tambahkan ada cara ke 3 yang hasilnya sama dengan cara 2, tapi bisa dilakukan banyak orang…caranya dengan menggunakan alat bantu software rab di http://www.softwarerab.com

  21. saya tidak tau menghitung RAB . jadi saya mintah langkah-langkah menghitung RAB banggunan supaya saya bosa menghitung .

  22. saya ingin membuat 2toko ukuran 3m X 12m dan 3m X 6m, sebelumnya ada bangunan toko tapi udh tua mau dibongkar trus dibangun ulang,kira2 biayanya berapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014 IlmuSipil.com