Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah

Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah dapat dilakukan dengan sistem analisa harga satuan dan m2 bangunan, mari kita lihat bagaimana langkah perhitunganya :-) masing-masing cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, misalnya sistem m2 akan lebih cepat dari segi waktu perhitungan namun dari segi ketelitian akan lebih baik jika menggunakan sistem analisa harga satuan bangunan, berikut ini penjelasan mengenai dua metode perhitungan tersebut

 

Menghitung biaya bangun rumah sistem m2 bangunan

Pada metode perhitungan ini kita hanya membutuhkan dua data yaitu luas bangunan yang akan dibangun dan harga bangunan per m2 pada waktu dan lokasi kegiatan pembangunan. kelebihan metode ini adalah proses menghitung RAB  dapat dilakukan dengan cepat karena tidak banyak memerlukan waktu pencarian data dan proses berpikir, contoh perhitunganya sebagai berikut:

Contoh :  Kita akan membangun sebuah rumah sederhana di jakarta dengan ukuran lebar depan 6 m dengan panjang kebelakang 10 m harga bangunan per m2 rumah sederhana +/- Rp.2.500.000,00 ( nilai harga ini hanya sebagai contoh yang pada kondisi sebenarnya dapat bervariasi menyesuaikan spesifikasi penggunaan material dan lokasi pembangunan rumah) berapa biaya bangun rumah sederhana tersebut? :-)

Jawab : Luas bangunan  6m x 10 m = 60m2, jadi rencana anggaran biaya bangun rumah sebesar 60m2 x Rp.2.500.000,00 =  Rp.150.000.000,00 ( Terbilang : seratus lima puluh juta rupiah )

Contoh penjelasan detail Hitung RAB sistem meter persegi bangunan bisa dibaca di cara mudah menghitung RAB Rumah

rencana-anggaran-biaya

 

Menghitung biaya bangun rumah sistem analisa harga satuan

Urutan perhitungan RAB rumah secara teliti adalah

  1. Membuat gambar rumah yang akan dibangun.
  2. Membuat spesifikasi material atau rencana kerja dan syarat bangunan.
  3. Membuat rincian daftar perkerjaan yang akan dilaksanakan.
  4. Menghitung volume masing – masing item pekerjaan.
  5. Mencari daftar harga upah dan bahan terbaru.
  6. Menghitung analisa harga satuan setiap item pekerjaan.
  7. Mengalikan volume dengan analisa harga satuan.
  8. Membuat jumlah harga secara keseluruhan.
  9. Menambahkan angka hasil perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dengan PPN 10% dan nilai keuntungan borongan yang akan diberikan kepada kontraktor.

 

Contoh: jika kita hendak membangun rumah sederhana maka sebelumnya kita buat gambar terlebih dahulu dan rencana material yang akan digunakan lalu bisa membuat rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya, secara umum  misalnya:

  • persiapan ( pembersihan lahan, pendatangan material dll )
  • pondasi ( galian tanah, pemasangan pondasi batu kali, urugan tanah kembali )
  • struktur beton bertulang seperti sloof, kolom dan balok.
  • dinding meliputi pasangan dinding batu bata berikut plesteran dan acian.
  • rangka atap dan finishing penutup atap rumah.
  • Pekerjaan plafond rumah.
  • Pekerjaan lantai rumah.
  • Instalasi plumbing dan listrik rumah.
  • Pengecatan dan perapihan.

Masing-masing item pekerjaan tersebut kemudian dihitung volumenya berdasarkan gambar bangunan yang sudah disertai ukuran, lalu menghitung harga satuan pekerjaan diakhiri dengan mengalikan vollume x harga satuan = harga item pekerjaan.

Contohnya: pada item pekerjaan pasangan batu kali kita hitung volumenya sebesar 10 m3 dengan harga satuan sebesar Rp.400.000,00 maka biaya pekerjaan pasangan batu kali adalah 10m3 x Rp.400.000,00 = Rp.4.000.000,00.

Contoh penjelasan detail Hitung RAB sistem analisa harga satuan bisa dibaca di Perhitungan RAB pondasi plat jalur

 

Nah.. setelah semua item pekerjaan diketahui harganya seperti pada contoh pekerjaan pasangan batu kali maka bisa dijumlahkan secara total RAB rencana anggaran biaya bangun rumah utuh :-)

  1. Cara menghitung kebutuhan pasir dan semen
  2. Cara mudah menghitung RAB rumah
  3. cara menghitung volume material pasangan bata
  4. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  5. Menghitung berat besi tanpa tabel
  6. Website SNI analisa harga satuan bangunan
  7. Cara menghitung volume besi beton bertulang
  8. Penyebab kekurangan dalam menghitung jumlah keramik
  9. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  10. analisa harga satuan bekisting
  11. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  12. cara menghitung adukan beton metode BOW
  13. Contoh perhitungan volume bangunan
  14. Cara menghitung kebutuhan keramik
  15. cara menghitung kebutuhan semen
  16. cara menghitung kebutuhan atap genteng
  17. hitungan bangunan
  18. menghitung harga borongan upah tukang bangunan

128 Responses to “Cara menghitung RAB rencana anggaran biaya bangun rumah”

  1. egi says:

    Pa rudi 8×10=80x2jt=160jt pa sampai st trm kasih
    081389994239 trm

  2. egi says:

    Untuk bangun rumah baru tinggal lebar x panjang berapa dikali 2.3jt hasilnya itu yg akan dikeluarkan
    Mau bangun perencanaan pelaksanaan pengawasan hub 081389994239

  3. sufriadi says:

    ksih tau gmna cra na mnghitung rab dngan cpat dn bnar…..

  4. deprin bolon says:

    saya RencanaNya Mau Bangun rumah 5x25m Kira Kira total nya Brapa
    Tapi Uda Lengkapa smua Itu kan ???

  5. maaf gan mau numpang belajar tentang bangunan boleh ya……

  6. Eko Saputro says:

    trims gan, informasi ilmu yang sangat sangat berguna…… , semoga dengan amal pengetahuan ini Allah SWT akan memberi Rahmat serta Ridho apa yang akan kita kerjakan…..

  7. Pither Edway says:

    sangat baik d membantu.

  8. NARIEM says:

    Assalamu alaikum

    Maaf Pak IS, saya terlambat masuk kelas nih

    Kelas terbesar dan sangat bermanfaat tuk kami kami

    Dan temen2 kalo ada yg merluin jasa pembuata railing tangga , balkon, kanopy dr bahan stainless silakan hub kami TUNAS KARYA PERKASA dengan Sdr. Narim tlp 021-49559437 trims

    1. budi utomo says:

      Wlaikum slm klo ada pemasangan/renovasi instalasi listrik rmh besar maupun rmh kecil hub budi di no 087771505329/082123286610

  9. Lia says:

    Mau tanya kalau bangun rumah petak 2 lantai luas tanah 30m2, dijadikan 4 unit (2 atas, 2 bawah) dengan 4 kamar mandi berapa ya? Tolong diberikan perhitungan yang ekonomis. Lokasi di jakarta. Terimakasih

    1. abdul rosyid says:

      untuk perhitunga sy sekarang 1050000000

  10. ayik says:

    ass.sy mau tanya kira2 berapa y anggaran biaya pembuatan rumah ukuran T72/150? 1 lantai.saya domisili di solo.tks

  11. trims atas pengetahuan yg sangan bermanfaat bagi saya dlm menghitung RAB,,,,

  12. Catur says:

    Siang, mohon info, biaya total buat nutup belakang rumah, ditambah sedikit dapur , luas tanah 4,5 x 6 meter, ditutup pake asbes biasa saja,
    terimakasih infonya

  13. Rani Nindia Puteri says:

    selamat pagi.. mohon bantuan infonya biaya total pembuatan rumah minimalis dengan luas tanah 6×12 meter.. terimakasih atas infonya

    1. parhan.tukang says:

      untuk bangunan rumah mini malis ukuran 6×12 kurang lebih 180.000.000 untuk lebih jelasnya silahkan hubungi no:08159378022 tks

    2. abdul rosyid says:

      untuk wlyh jabotabek 198000000an silahkan hub’0818897637

  14. sailupy says:

    Met mlm brai..sy pgn ngedak/ngecor atap dg ketebalan 12cm untuk ukuran 6×12 m.kira” butuh brp m3 cor jd y?? Mohon pencerahan.nuwunn

  15. iman says:

    bisa minta rincian rumah minimalis dengan biaya 200jt gak. luas tanah yang di inginkan kira2 150 m2 dengan desain sederhana 2 kamar tidur

    http://YtZone.com

  16. zainal says:

    zainal
    saya mau buat rumah kaya pos kantor Rt ukuran 3×4. kira2 menghabiskan dana brapa ya pak?? dari pundasi sampai jadi

  17. zainal says:

    ngotak aja,, ga pake kamar,,, jadi modelnya kaya kontrakan 1 kamar. ga pake toilet
    mohon dijawab ya pak

  18. hermi says:

    saya mau tambah bangunan di samping rumah saya yang tanahnya kosong, dengan luas 3×8 m² utk 2lantai
    dgn rincian 4×3 m² lantai 1 dan 8×3 m² untuk lantai 2
    kira2 brp biaya jasa nya?
    dan brp biaya ama materialnya,
    makasih

  19. grosse says:

    mau bikin ruang anak, tapi bingung anggaran dan biayanya. kalau untuk ruang 5×6 brpa ya

    http://www.jualgebyok.zz.mu

    1. muladi says:

      biayanya 5*6=30*2.500.000=75.000.000 masih bisa nego hub 082161008803

  20. Fauzan Ramadhan says:

    saya mau bertanya mengenai biaya membangun rumah menengah dgn ukuran 6×19 meter,berapa estimasi biayanya?

    1. abdul rosyid says:

      untuk harga skrg permeter sy 2750000 untuk wilayh jkt banten

  21. arora says:

    saya mau tambah 1lantai ntuk rmah minimalis type 36. . kira” anggaranX brapa yah. , , trimaksh gan..

    1. satria says:

      selamat siang, saya mau komentar untuk arora..kalau untuk anggaran biaya menambah 1 lantai anggaran bisa di sesuaikan, tergantung spesifikasinya.klu untuk rata2 biaya permeternya 2,75 juta.karena di lantai atas pengerjaanya lebih susah daripada lantai dasar. jadi perkiraan awal sekitar 100 jutaan..untuk lebih jelasnya bisa hubungi 081312024039..terima kasih

    2. abdul rosyid says:

      emang klau tuk daerah jkt tagerang dah ukuran pas banget 100jt klau mau brong tenaga aja30jt ok

  22. dolly manalu says:

    saya mau dak rumah guna tempat jemur pakaian dan untuk santai santai, kira2 berapa anggaran dana yang bisa saya siapkan ya? saya juga butuh perhitungan harga per m2 nya,. mohon di emailkan ke alamat email saya, terima kasih

    1. muladi says:

      ukuran luas bangunanya….?

  23. HARIS says:

    Ass..saya mau bikin rumah minimalis ukuran 10 x 13 m dengan 2 tingkat,,lantai 2 langsung di cor beton….kira 2 berapa RAB untuk lantai 1 saja…..kalau kwalitas bhn bangunannya sedang..lokasi saya dipayakumbuh..mhn dijawab…..ya sekalian referensi kontraktor yg berpengalaman..

    1. muslih ikhsan says:

      150jt saya berani kerjakan boss
      lokasi lengkapnya mana bos
      kami siap mengerjakan cepat dan rapi..
      kami memiliki tenaga profesional dan handal

  24. satibi says:

    sy siap barangkali anda mau bangun rumah/ kontrakan dari nol/ renopasian, hub no 081222447075. trima kasih.

  25. dedi maulana says:

    aslm…maaf gan,sy mau numpang tnya.kira2 brpa biaya yg dibutuhkan untuk bngunan volume 11×11?terus brpa biaya per mter utk wilayah banten dan sekitarnya?ini bngunan sekolah.thanks ya buat infonya..good luck.

  26. jimmy says:

    Trima kasih akrbg saya lebih mudah untuk belajar cara menghitung RAB melalui teknik sipil . Trima kasih

  27. Corliss says:

    Buat yang mau bangun rumah dan yang lainya yang berkaitan dengan kontraktor bisa hub. 021 98707202 thanks
    Kita adalah jasa kontraktor

  28. Software RAB Rumah says:

    Menghitung RAB cara ke 1 banyak dilakukan oleh orang-orang yang hanya sekedar ingin tahu total biaya, masalah cukup tidaknya gimana nanti. Cara 1 bisa dikerjakan oleh setiap orang. Sedangkan cara 2 hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian bangunan. Nah.. ini saya tambahkan ada cara ke 3 yang hasilnya sama dengan cara 2, tapi bisa dilakukan banyak orang…caranya dengan menggunakan alat bantu software rab di http://www.softwarerab.com

  29. wemius kogoya says:

    saya tidak tau menghitung RAB . jadi saya mintah langkah-langkah menghitung RAB banggunan supaya saya bosa menghitung .

  30. faisal says:

    saya ingin membuat 2toko ukuran 3m X 12m dan 3m X 6m, sebelumnya ada bangunan toko tapi udh tua mau dibongkar trus dibangun ulang,kira2 biayanya berapa ya?

    1. muladi says:

      saya berani kerjakan 142.500.000 bpk tinggal trm siap hub 082161008803

  31. Abah Odang says:

    Informasi yang sangat bagus.. terutama cara ke 1 yang paling mudah. http://serbifo.blogspot.com mengucapkan terima kasih atas sharingnya.

  32. rizal arga says:

    jika ada yg membutuhkan tukang & kuli basnggunan hubungi saya…..daerah kota tuban 085748312634

  33. andi haryono says:

    Menerima jasa pengerjaan batu alam jenis batu andesit dan batu pilah jember. Untuk wilayah bali. Hub: 087884021657

  34. pak sobo says:

    saya punya tanah 200 m2, saya pingin bangun kos kosan di batu malang, kalau saya buat 3 x 4m2 per kamar sejumlah 10 kamar dengan ukuran tersebut, apa biayanya sama dgn bangun rumah biasa,kan itu semacam toko kecil, dan dalamnya ada 1 kamar mandi saja, dan keramiknya biasa dan dua jendela saja satu kamarnya, dan sebagian lahanya saya mau buat untuk parkiran yg kos disitu, mohon penjelasanya ya pak

    pak sobo 0818353172

    1. muladi says:

      itu tetap sama biayanya seperti bangun rumuh semi permanen.lebih jelas hub 082161008803

  35. Dedy says:

    Bagi anda yg mau renovasi rumah..
    Atau bangun rumah dari nol bisa hub saya 085776593751.. Khusus wilayah jabodetabek… Tkz..

  36. Faiz says:

    Yang ingin RAB terbaru 2014 silahkan request via email faizhusein@hotmail.com sekedar berbagi saja semoga bisa bermanfaat.

  37. muladi says:

    bilah anda ingin membangun rumah bisa hub saya 082161008803

  38. asrori says:

    Bagi anda yang memerlukan jasa..Untuk Bangun Rumah Baru,Renovasi..Interior Hub Kami Di 0818746769

  39. Ilham says:

    Pak Tolong Dong Kirim Contoh RAB Pembangunan Gedung Pasar. Trm’s

  40. Wuryanto says:

    Anda mau bangun rumah toko dll.hub kami.081277720983.kepuasan anda kmi utamakan

  41. Pujiyono says:

    SALAM UNTUK ANDA SEMUA KAMI TEEM JASA BANGUNAN, MELIPUT RENOVASI RUMAH, SAMPAI BANGUNAN BARU,BAGI YANG BER KEPENTINGAN TLP 021,86611742, 021,85575897, 08121856354 TERIMA KASIH ATAS KERJA SAMANYA.

  42. wuryanto says:

    Ingin bangun rumah toko kost dll.hub kmi 081277720983.kepuasan anda adalh hrpan kmi.area jabodetabek

  43. wuryanto says:

    Ingin bangun rumah toko kost dll.hub kmi 081277720983.kepuasan anda kmi utamakan.area jabodetabek

  44. Angelo says:

    May08 It appears that you have put a good amnout of effort into your blog and this world require more of these on the Internet these days. The both of us actually enjoyed your post. I do not have a great deal to say in reply, I just wanted to sign up to reply well done.I always learn something new from your post!

  45. san buna says:

    bagi teman2 yang ingin bangun rumah dengan bata merah press kami menawarkan bata merah kwalitas bagus dan harga pabrik silahkan klik http://batu-batapres.blogspot.com/

  46. eko says:

    Membangun rumah menjadi impian setiap orang. Tidak mustahil bagi setiap orang untuk dapat mewujudkannya sendiri.
    Akan tetapi karena kesibukan rutinitas kerja membuat kita tidak bisa banyak meluangkan waktu untuk menyusun rencana pembangunan rumah impian kita.

    Kami siap membantu anda untuk mewujudkan rumah impian anda. Kami bisa menbantu desain rumah anda maupun membantu proses pembangunan rumah impian anda. Dengan tenaga yang berkualitas namun dengan biaya efisien.
    Hubungi kami
    0821 3476 9670
    Eko Saryanto ST

    Untuk lokasi jakarta sekitarnya.

  47. Alus says:

    Mohon dibantu, saya mau bangun tambahan bangunan rumah dua tingkat. (di Balikpapan)
    Lantai dasar 5 X 6
    Lantai atas 5 X 6 (kamar mandi didalam 2.5 X 3.5)
    Balkon lantai atas 2 X 3
    Garasi terbuka saja 2 X 4
    Kolam renang 2 X 4

    bahan bangunan sedang

    Tolong info harga boronganya.

  48. Nino says:

    Be careful tainkg medical advice from Yahoo Answers.Some of the answers to your last question were bizarre, especially the one about masturbation causing torsion of the testis.One testis larger than the other may be a result of mumps, but you should seek proper medical advice about this in your case.Sperm count tests involve examining a fresh semen sample. They are not expensive as tests go, but obviously require some privacy to produce. Talk to your doctor about this.

  49. mominta says:

    Saya mw renov rmh tua 2 lntai, lantai 2 mw di cor beton, luas hanya 3×8 m, sederhana aja tdk bnyksekat biar terlihat lebar,lantai 2 dbuat 3-4 kamar lokaasi jakarta barat, brp biaya sd selesai?

    1. triis says:

      Hubungin saya pak,, jasa bangunan,081228477497/sms,

  50. Anisa Rasya says:

    saya ingin membangun rumah sderhana 1 lantai di daerah purwokerto,jateng dgn lahan 55m2 dgn 3k.tidur dan anggaran dana 50 juta apakah bisa?
    mohon sarannya

Leave a Reply

Current ye@r *