Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

cara menghitung momen RA RB

Momen RA dan RB kita perlukan untuk merencanakan dimensi struktur balok, pada artikel kali ini kita akan mencoba memaparkan bagaimana cara menghitung momen RA dan RB pada sebuah struktur balok sederhana, balok seperti ini dapat ditemukan pada konstruksi ring balok rumah, atau balok lantai rumah.

sebelumnya kita mengenal jenis-jenis tumpuan pada struktur yaitu

  • tumpuan sendi
  • tumpuan roll
  • tumpuan jepit

momen rav dan rab yang akan kita hitung kali ini adalah pada struktur balok sederhana dengan bentang 5m, tumpuan sendi dan rool dengan gambar sebagai berikut:

momen ra rb

P adalah beban yang bekerja pada bentang balok AB yang dapat kita hitung besarnya dengan cara menjumlahkan total berat struktur diatasnya jika merupakan beban mati atau beban hidup

  • beban mati adalah beban tetap struktur yang harus dipikul oleh balok AB (pada contoh ini tidak ada atau sama dengan 0 )
  • beban hidup adalah beban sementara yang terjadi pada struktur misal akibat beban pekerja, beban kendaraan yang melintas dll, pada contoh struktur ini di misalkan sebesar 2 ton.

pada gambar diatas besarnya RA dapat dihitung dengan cara menganggap  ∑B=0, kita bayangkan sebuah lingkaran dengan titik pusat di B dengan gaya pada titik-titik yang akan kita tinjau memutari B, gaya yang searah jarum jam bernilai positif (+)  sedangkan gaya yang berlawanan arah jarum jam bernilai negatif (-)

∑B=0

RA.5m-P.3m = 0

5RA-2ton.3m = 0

5mRA-6t.m = 0

RA = 6t.m/5m

RA = 1,2 t

jadi besarnya momen di RA adalah sebesar 1,2 ton, berikutnya kita menghitung besarnya momen di A=0

∑A=0

-RB.5m+P.2m = 0

-5RB+2ton.2m = 0

-5mRB+4t.m = 0

RB = -4t.m/-5m

RB = 0,8 t

jadi besarnya momen RB sebesar 0,8 ton, untuk mengetahui apakah perhitumgan momen kita sudah benar atau belum maka kita melakukan kontrol perhitungan dengan cara mengontrol gaya aksi = reaksi

RA + RB = P

1,2ton + 0,8 ton = 2 ton

2 ton = 2 ton

dari kontrol tersebut ruas kiri sama dengan ruas kanan yang berarti hitungan kita benar, dan dapat disimpulkan bahwa gaya P pada struktur balok tersebut disalurkan pada RA sebesar 1,2 ton dan RB sebesar 0,8 ton begitulah kurang lebihnya cara menghitung momen RA dan RB jika ada koreksi atau tambahan bisa dimasukan dibawah :-)

  1. ilmusipil.com Mengitung RAV dan RAB dalam mekanika Teknik
  2. ilmusipil.com Mekanika teknik pada konstruksi gerber
  3. ilmusipil.com dinamika struktur pada portal baja
  4. ilmusipil.com Mekanika teknik dalam Menghitung momen jepit
  5. ilmusipil.com Cara menghitung momen inersia dengan Autocad
  6. ilmusipil.com Hitungan Mekanika Teknik

39 Comments

Add a Comment
  1. mohon maaf, sekedar masukan saja. harusnya untuk mencari RA pada beban P dikalikan 3m tidak 2m. terima kasih.

  2. wah ini blog bener2 bermanfaat yah,, ^^
    apalagi ada mektek, I Like It,,
    kk amelia mksudnya sambungan ? yg pake tumpuannya lebih dari 2 yg menggunakan sendi2 bukan ?

  3. klo portal 3 sendi macem mna ,, tolong di ajarin lah aku nya .,,,, sama diagram cremona juga ;( mksih

  4. koreksi sedikit tentang penulisan ‘sigma A’=0 dan ‘sigma B’=0, sebaiknya menggunakan ‘sigma momen A’=0 dan ‘sigma momen B’= 0, karena yg dihitung adalah persamaan tentang momen. Persamaan yang lain misalnya ‘sigma H = 0′ untuk gaya gaya horisontal, dan ‘sigma V=0′ untuk gaya-gaya vertikal
    Lantas RA yang sebesar 0,8 ton itu bukan momen, tapi gaya reaksi. Sebab kalau momen, satuannya adalam tm atau kgm, kalau gaya, satuannya dalam ton atau mungkin kg saja tanpa ada satuan jarak (m). Demikian juga RB adalah gaya, bukan momen. Trims, semoga bisa membantu

  5. maaf kalo boleh tau gmana ya caranya menghitung reaksi untuk tiga titik tumpu, saya kesulitan searching contoh pengerjaannya di internet, kalo bisa yang ketiga2nya itu pin.

  6. ini bukan mencari momen…tapi gaya2 yang terlibat pada balok tersebut….kalau mencari momen potong pada salah satu titik antara tumpuan A dan B disana terlibat momen….

  7. satuan momen kan mN (meter Newton).harusnya nilai P dalam bentuk newton atau dikalikan dulu dengan gravitasi

  8. Mek-Tek itu memang simbahnya ilmu Teknik Sipil.
    Sebab tanpa Mek-Tek terutama mencari Momen Maksimum kita tidak dapt menghitung “demensi” yang kita butuhkan. Smoga bermanfaat

    salam,

  9. jarak BC adalah 2m,jarak CE 4m, tebal dinding sandaran pada C adalah 0.20m berat yang diangkat 8 kn, ukuran kayu sesungguhnya adalah 0.25m x 0.35m, Baut-baut berdiameter 18mm dan luas penampang pada ulir baut adalah 154mmkuadrat. hitunglah besaran-besaran?

    Mas tolong bantu selesaikan soal ini dulu………!!!

  10. Ini bukan perhitungan momen, tapi perhitungan pembagian beban yg terjadi pada sendi akibat beban 2t, berdasarkan panjang bentang maka pembagiannya adalah sebesar 1.2t pada bagian kiri dan 0.8t pada bagian kanan, sedangkan untuk mencari momen, lebih enak dengan dibuatkan diagram, karena momen di A dan B itu nilainya 0, karena tidak ada gaya tarik/tekan yg terjadi pada ujung sendi/roll, kalo dihitung momen terbesar terjadi tepat di bawah beban 2t yaitu sebesar 2.4tm. Lain halnya kalo utk jepit, maka akan ada nilai momen pada ujungnyayg dihitung berdasarkan panjang balok dan beban yg diberikan.

  11. Equites Caesaris: bujur2 nah kam bisa kah Mekanika rekayasa,, kaya menghitung momen, lintang tuh,, bantu'ii aq funkkk… aq mun kada tuntung kada kawa umpat ujian di kampus,,,

    Desi Anggeriyani : maukkk kah des ae,,, hahahhahaaa

  12. maaf klo boleh saya ralat , itu reaksi ra atau rb
    klo moment itu gaya x jarak satuanya tm atau kgm atau knm dst
    sementara reaksi cukup satuan beban yaitu ton , kg dsb

    salam civil

    1. betul bro….

      bro boleh minta tolong nga….??? aq lgi sdikit kesulitan,….. tentang portal bergoyang n balok turunan ngan menggunakan metode cross n defleksi….. kamu punya contoh soalnya,…??? bantuin donk

  13. maav sebelumnya, pengertian momen itu sendiri apa ya? mohon dijawab buat yang tau jawabanya. :)

  14. yang jago” mektek. bantu kirimin contoh soal donk, portal bergoyang ama balok turunan dengan metode crosss n defleksi…..

  15. Wah.sangat membantu sekali postingannya.
    Saya mau tanya klo mencari mx dan dx dari sblh kanan bagaimna ya?pada beban merata dimana beban terpusatnya di sebelah kiri sendi.

  16. ada yang tau gak software untuk buat diagram cremona??

    soalnya lagi butuh buat nyelesain tugas kuliah
    gak kurang ngerti soal cremona jg buat perbandingan bener atau tidaknya diagram yg saya buat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com