Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan

Koefisien analisa harga satuan adalah angka – angka jumlah kebutuhan bahan maupun tenaga yang diperlukan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam satu satuan tertentu. koefisien analisa harga satuan berfungsi sebagai pedoman awal perhitungan rencana anggaran biaya bangunan, kondisi tersebut membuat koefisien analisa harga satuan menjadi kunci menghitung dengan tepat perkiraan anggaran biaya bangunan.

 

Contoh koefisien analisa harga satuan bangunan

misalnya untuk 1 m2 pekerjaan plesteran dinding koefisien analisa harga satuanya adalah sebagai berikut:

Analisa  untuk 1 m2 pekerjaan plesteran 1 pc : 4 ps adalah

koefisien analisa bahan

  • 0.2170 zak semen
  • 0.02830 m3 pasir pasang

koefisien analisa tenaga

  • 0.0125 hari mandor
  • 0.0200 hari kepala tukang
  • 0.2000 hari tukang batu
  • 0.2500 hari pekerja

angka – angka diatas merupakan koefisien analisa harga satuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 1m2 pekerjaan plesteran membutuhkan 0.2170 zak semen, sehingga jika kita akan mengerjakan 100 m2 pekerjaan plesteran maka kita harus membeli atau menyediakan semen sebanyak 0.2170 x 100 = 21,70 zak.

begitu juga dengan kebutuhan tenaga sesuai koefisien analisa harga satuan diatas untuk menyelesaikan 1m2 pekerjaan plesteran diperlukan 0.20 hari tukang batu, maka untuk menyelesakan 100 m2 plesteran dibutuhkan 0.20 x 100 = 20 hari kerja untuk satu tukang, nah jika kita ingin menyelesaikan pekerjaan plesteran tersebut dalam waktu 5 hari maka diperlukan tukang batu sebanyak 20 hari : 5 = 4 tukang batu.

 

Cara mencari koefisien analisa harga satuan rencana anggaran biaya bangunan ?

untuk mencari koefisien analisa harga satuan di indonesia bisa dlakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah:

  • Melihat buku Analisa BOW

Koefisien analisa harga satuan BOW ini berasal dari penelitian zaman belanda dahulu, untuk sekarang ini sudah jarang digunakan karena adanya pembengkakan biaya pada koefisien tenaga.

  • Melihat Standar Nasional Indonesia ( SNI )

standar nasional ( SNI ) ini di keluarkan resmi oleh badan standarisasi nasional, dikeluarkan secara berkala sehigga SNI tahun terbaru merupakan revisi edisi SNI sebelumya. untuk memudahkan mengetahui edisi yang terbaru, SNI ini diberi nama sesuai tahun terbitnya misal : SNI 1998, SNI 2002 , SNI 2007.

  • Melihat standar perusahaan

pada perusahaan tertentu menerbitkan koefisien analisa harga satuan tersendiri sebagai pedoman kerja karyawan, koefisien analisa harga satuan perusahaan ini biasanya merupakan rahasia perusahaan.

  • pengamatan dan penelitian langsung dilapangan.

Cara ini cukup merepotkan dan membutuhkan cukup banyak waktu, tapi hasilnya akan mendekati ketepatan karena diambil langsung dari pengalama kita dilapangan, caranya dengan meneliti kebutuhan bahan, waktu dan tenaga pada suatu pekerjaan yang sedang dilaksanakan.

  • melihat standar Harga satuan

Harga satuan ini dikeluarkan per wilayah oleh pemerintah indonesia maupun standar perusahaan masing – masing, jika kita menggunakan harga satuan ini maka kita tidak memerlukan koefisien analisa harga satuan karena untuk menghitung rencana anggaran biaya kita hanya perlu mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.

contoh penggunaan koefisien analisa harga satuan untuk menghitung kebutuhan material bangunan bisa dibaca di : cara hitung kebutuhan pasir

Begitulah kurang lebih ara mencari koefisien analisa harga satuan, jika ada trik dan tips lain dalam mencari koefisien analisa harga satuan bisa dimasukan melalui form dibawah. :-)

ilmu sipil
  1. Cara mudah menghitung RAB rumah
  2. Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  3. cara menghitung volume material pasangan bata
  4. Menghitung berat besi tanpa tabel
  5. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  6. Cara menghitung volume besi beton bertulang
  7. Cara menghitung kebutuhan keramik
  8. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  9. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  10. cara menghitung kebutuhan atap genteng
  11. Analisa pekerjaan plesteran
  12. menghitung keuntungan borongan
  13. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  14. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan

140 Komentar

  • salsabilla says:

    Pak..dimana cara mencari masing2 analisa harga satuan pekerjaan dari pek galian s/d pek atap…yg bisa didownload.tks

  • suriyaddin usman says:

    pak. bagaimana cara untuk menghitung koefisien analisa tenaga kerja dan bahan untuk masing-masing pekerjaan…makasih pak

    • ahadi says:

      @suriyaddin usman, untuk menghitung sendiri koefisien analisa harga satuan, bisa dengan melakukan pengamatan pekerjaan pak. contohnya kita amati suatu pekerjaan plesteran dalam luasan 1 m2 ternyata membutuhkan semen sebesar X zak , pasir sejumlah y m3, tenaga sejumlah z hari tukang. nah.. bilangan x, y , z merupakan koefisien analisa harga satuan. atau jika ingin yang lebih mudah, bisa langsung memakai koefisien analisa harga satuan standar pemerintah yaitu SNI ( Standar nasional indonesia ) :-)

  • derisen says:

    STANDARA SNI UNTUK HARGA SATUAN PEKERJAAN RUMAH PANGGUNG ADA NGGAK YA,SOALNYA DI PEDALAMAN KALTIM RATA-RATA RUMAH PANGGUNG, TERIMAKASIH.

  • andre says:

    pak, selain cara-cara yang telah bapak jelaskan, apakah ada rumus baku yang ditetapkan untuk menghitung koefisien analisa tenaga kerja dan bahan? terima kasih

    • ahadi says:

      @andre, untuk rumus koefisien analisa harga satuan saat ini belum ada pak, tapi kalau koefisien secara baku ada di standart nasional indonesia ( SNI ) yang diterbitkan oleh badab standarisasi nasional , web nya bsn.co.id

  • moes says:

    bagaimana menginstal sofware Archicad

  • will i'am says:

    oncom….

  • aan says:

    tanya pak, yang dimaksud analisa teknik pada rab/analisa harga satuan pekerjaan itu apa dan bagaimana pembuatannya. trim banyak

  • ahadi says:

    iya, mau jawab :-) analisa teknik sebagai acuan menghitung biaya pekekerjaan per satuan tertentu, bisa di lihat di

    http://www.ilmusipil.com/cara-menghitung-koefisien-analisa-harga-satuan-bangunan/

  • Patrick says:

    Terima kasih untuk info situs bsn..

  • Abu Rifqi says:

    Tanya dong : koefisien kepala tukang = 0.0200 <= ini di dapat dari mana ?

    Karena setahu saya cara menghitung koefisien pekerja itu seperti berikut :

    Misal : Pekerjaan plesteran

    a. jumlah pekerja
    – mandor = 1 orang
    – kepala tukang = 1 orang
    – tukang batu = 2 orang
    – pekerja = 4 orang
    b. Produksi harian (pengamatan/target) = 20 m2/hari

    Maka koefisien masing-masing pekerja :
    – mandor = 1 orang / 20 m2/hari = 0.05 orang.hari/m2
    – kepala tukang = 1 orang / 20 m2/hari = 0.05 orang.hari/m2
    – tukang batu = 2 orang / 20 m2/hari = 0.10 orang.hari/m2
    – pekerja = 4 orang / 20 m2/hari = 0.20 orang.hari/m2

    Dari koefisien di atas, misal Upah harian masing-masing dari :

    – mandor = Rp. 60.000,-/hari
    – kepala tukang = Rp. 50.000,-/hari
    – tukang batu = Rp. 45.000,-/hari
    – pekerja = Rp. 25.000,-/hari

    Maka upah dari masing-masing sesuai koefisien satuan perkerjaan plesteran adalah sbb :

    – mandor = 0.05 orang.hari/m2 x Rp. 60.000,- orang/hari = Rp. 3.000,- /m2
    – kepala tukang = 0.05 orang.hari/m2 x Rp. 50.000,- orang/hari = Rp. 2.500,- /m2
    – tukang batu = 0.10 orang.hari/m2 x Rp. 45.000,- orang/hari = Rp. 4.500,- /m2
    – pekerja = 0.20 orang.hari/m2 x Rp. 25.000,- orang/hari = Rp. 5.000,- /m2

    Jadi, total upah per-m2 pek. plesteran = Rp. 15.000,- /m2

    JIKA anda mau memasang plesteran seluas 100m2, maka biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 15.000,- /m2 x 100 m2 = Rp. 1.500.000,-

    JIKA anda mau mengetahui berapa lama luas pleseran tsb diselesaikan maka hitungannya adalah = 100 m2 / 20 m2/hari = 5 hari

    • Dwi Yuli H says:

      lo menrut ane, gan..koofesien kepala tukang yg sebesar 0,0200 tu didpat dari analisis SNI yaitu pengamatan & beberapa percobaan yang telah dilakukan.

      • sasa says:

        SNI kan dasar… kalau kita pakai yang SNI atau AHS berarti nyontek donk..
        masa setiap pekerjaan semua koefisien sama

        kan di dokumen kontrak pasti beda untuk setiap pekerjaan koefisiennya tergantung dari volume pekerjaannya sama jumlah pekerjanya.

        • vn says:

          mau bantu jelasin, SNI n BOW itukan standar jadi klao anda mau menghitung menggunakan standar yg ada itu boleh2 aja..
          kalau pun anda mau menghitung menggunakan cara anda diatas itu juga boleh..
          dikeluarkannya standar2 tersebut apabila kita melakukan perhitungan atau penelitian dan hasil penelitian n perhitungan kita tidak mencapai hasil perhitungan yg menggunakan angka2 standar tersebut barti perhitungan kita tidak dapat digunakan
          jadi anda harus manganalisa ulang perhitungan anda..
          bukannya nyontek mas…

    • isep says:

      menuru saya kepala tukang dan tukang batu tidak usah di cantumkan,,saolnya kenyataan di proyek,,cuman ada mandor, tukang dan kenek,,,

  • uki says:

    untk mndptkn koefisien material, gmn…….
    contoh.

    pek. tegel 20 x 20
    semen warna 1.940 kg
    tlg bantuanx friend……………

  • Arifin says:

    Assalamulaikm..

    “JIKA anda mau mengetahui berapa lama luas pleseran tsb diselesaikan maka hitungannya adalah = 100 m2 / 20 m2/hari = 5 hari” —> ini kan di dapatkan dari asumsi semula, jadi untuk menentukan berapa hari tidak bisa digunakan dengan cara ini..

    caranya hampir sama dengan dengan perhitungan koefisien sebelumnya, namun yg diasumsikan adalah produktivitas dari masing2 pekerja..
    sehingga nanti bisa d dapatkan berapa lama waktu pengerjaannya..

    wass

  • yudi says:

    Mohon bantuanya donk?itungan kasar jika saya ingin membangun pagar tembok keliling panjang 12m,lebar 10m dan tinggi 2m kira2 perlu berapa tukang,biaya bahan,biaya tukang dan penyelesaian dalam berapa hari ya?

  • suhata says:

    bagusss

  • suhata says:

    Untuk pemula seperti saya yg baru mau belajar buat rab,gmn cara ppertama yg mesti harus tau apa buat daftar harga dulu trus analisa

  • Huda says:

    pak ahadi, ada gak koefisien upah kerja untuk paket Mechanical & Elektrikal, terutama untuk pekerjaan ducting ventilasi dan Ac pak, cos di SNI kayaknya gak ada, mohon pencerahannya pak thank’s

  • FERI YANSAH says:

    pak bagaimana menghitung volume

  • Aqila says:

    Saya sdg mengajukan Pinjaman ke Bank untuk Renovasi rumah, namun pihak bank meminta syarat dibuatkan kwitansi pembelian bahan bangunan, kira-kira apa saja yang harus dibuat di kwitansi tsb ? mohon dibuatkan perkiraan bahan apa saja yg dibuat di kwitansi tsb dan besaran harganya, sesuai dengan yang berlaku saat ini.

    Sebagaia informasi : Rumah yg akan di renovasi berukuran 6 m2 X 4 m2 .

    Demikian disampaikan Terima ksih atas bantuannya.

  • Aqila says:

    mohon maaf, syarat yg haarus dipenuhi adalah Jumlah nominal khitansi tsb adalah Rp. 10 jt.

    mohon segera dibantu pa. tks

  • prijanto says:

    dear All

    bagi rekan2 semua yang mau menggunakan jasa tukang batu untuk membangun rumah atau renovasi hub: 087832443624/081931917495 kami tinggal di Semarang

    terimakasih

  • MRG says:

    @uki: coba lihat di blog kami, kebetulan kami beri contoh pasang tegel 20×20 disana:
    http://jasa-pembangunan.blogspot.com/p/peraturan-sni.html

  • junaidi says:

    tanya dong….
    koefisien pekerjaan kuda-kuda yang menggunakan galvalume gimana????

  • rike says:

    untuk mengetahui perhari pek. jika pekerjaan itu melebihi 100m2

  • rahmatnurfatah says:

    pak mau tanya…..?

    cara menghitung pekerja borongan sama harian itu gimana….?
    dan biayanya besaran borongan atau harian…….?

  • ilmusipil.com says:

    pada dasarnya jumlah biaya pekerjaan borongan dan harian adalah sama cara menghitung biayanya seperti artikel diatas, perbedaanya adalah jika borongan akan memerlukan waktu yang lebih cepat karena yang memborong pekerjaan melakukan percepatan pekerjaan supaya ada keuntungan waktu yang berarti juga memperoleh keuntungan sisa biaya, sedangkan pada pekerjaan harian memerlukan waktu yang lebih lama karena bapak tukangnya bekerja sesuai kemampuan tanpa melakukan percepatan waktu

  • LIUS says:

    pada perhitungan analisa untuk membuat pintu air irigasi sekunder dengan tipe pintu air mengunakan klep yang mengunakan daya kuat ait dan pintu air dengan pintu tutup ulir bagai mana kita membuat analisa apakah kita mengunakan analisa sni 2007 dengan kita uraikan lagi disesuikan dengan pemakaian besi dan plat baja , tolong jelaskan ?

    ” benar pak, untuk menghitung berapa biaya yang dibutuhkan dapat menggunakan analisa sni 2007 dengan memecah terlebih dahulu item-item pekerjaan lalu membuat rekapitulasinya, seperti pekerjaan beton, pekerjaan besi, pekerjaan las. cara ke 2 dapat membuat daftar analisa sendiri menurut pengalaman dalam peleaksanaan pekerjaan sejenis sebelumnya, analisa ini biasa dibuat oleh perusahaan sebagai standar kerja masing-masing “

  • Hariadi says:

    Aslm pak,
    ad Referensi ga cara mempercepat umur proyek konstruksi,
    mulai dari analisa pekerja, material dan peralatan yang digunakan untuk mempercepat umur proyek tersebut
    dimana topik pembahasan nya untuk pekerjaan Sipil pada proyek PLTU
    mohon bantuannya pak,
    Wasalam

    “waalaikumsalam, untuk mempercepat proses pelaksanaan proyek lebih pada manajemen pelaksanaan proyek tersebut baik secara pembuatan gambar kerja, pengadaan material, pelaksanaan pekerjaan dll, hal-hal tersebut dapat dituangkan dalam sebuah flow chart, bar chart ataupun kurva s contohnya ada di http://www.ilmusipil.com/cara-membuat-kurva-s :-)

  • garuda says:

    RAP untuk pemasangan paving segi empat luas 70m2 ,, gmn pak … minta rumus nya donk … makasih

    • isep says:

      Kita harus tau ukuran paving nya dulu, untuk mencari per m2 nya brapa? klo misalkan per m2 nya ada 50 bh,,jadi tinggal di kali kan saja,, 50 bh x 70 m2 = 3500 bh,,sekian,,smoga bermanfaat,,

  • tedi says:

    materi apa saja yang diajarkan dalam mata perkuliahan bidang arsitektur?
    mohon bantuannya,
    walaupun jurusan Saya MULTIMEDIA tapi sya tertarik skali dengan bidan Arsitektur maupun Sipil dan Perencanaan.
    saya sekarang masih kelas 2 SMK.

  • Syaiful says:

    tolong di bantu jawabannya
    bagaimana cara menghitung kapasitas produksi per hari untuk tenaga manusia dalam satu kegiatan proyek konstruksi per item pekerjaan. dan berapa lama waktu yang dibutukan dalam per item pekerjaan tersebut

    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas bantuan nya

  • Eel says:

    PAk tolong minta angka koefisien untuk jalan, dari mulai pek. pembersihan semak DAMIJA sampai selesai,
    atas bantuannya terimakasih

  • Anthon says:

    Pak tolong kirim saya metode pekerjaan pondasi batu kali, pekerjaan sloof, kolom, plat, pekerjaan tembok, dan atap. trims

  • fanox says:

    pak bagaimana cara menghitung bahan bangunan misalnya denah saya ukuran 8×13 batu batako,semen,untuk pekerjaan tembok dan atap

  • fanox says:

    pak tolong kirimin saya metode pekerjaan sloof dan plesteran

  • cahyadi says:

    bos aku mau tannya kalo rumus menghitung indeksnya gimana thx b4,………….

  • choirul umam says:

    ass…
    permisi mau tanya…
    kalau menghitung produktivitas tiap-piap pekerja (mandor, tukang, pembantu) bagaimana pak???
    terimah kasih banyak……..

  • edhu says:

    bagaimana cara untuk menghitung tulangan beton

  • hendra says:

    Mau nanya nih mas.
    gimana klo koefisien bahan agregatnya itu kg, sedangkan kita mau nyari berapa m3 agregat yang digunakan.
    trima kasih

  • faturrohim says:

    menjawab pertanyaan hendra, begini aja mas hendra ke lab pengujian bahan dinas pu setempat, trus tanya tuh berapa kilogram agregat 2/3 atau split dalam 1 mter kubik, atau dengan cara melakukan pengujian laboratorium dipoliteknik sipil setempat dikota anda oke

  • Rolandcaseem says:

    Penjelasan diatas katanya koefisien tenaga itu adalah hari, yg benar koefisien itu apakah hari/orang atau orang/hari???

  • agung says:

    kalau menghitung kebutuhan shocrete dasar dengan perbandingan 1 pc : 4 pp. tebalnya 2-3mm. bagaimana pak, frend. tulung bantu yo.

  • bunga says:

    sebenarnya cara menghitung koefesien analisa satuan bengunan, bukan begini, ini ilmu yang menyesatkan. dalam mata kuliah jurusan teknik sipil kita mengenal tentang mata kuliah manajemen konstruksi dan ekonomi rekayasa disinilah kita diajarkan cara menghitung koefesien upah,alat, dan produktivitas kerja. wkwkwkwk kasihan

  • rochman says:

    saya masih kurang paham cara mencari nilai koefisien, yang tepat, saya pernah melihat ada pekerjaan urugan tanah dengan volume 1.279,13 dan mendapatkan hasil dengan nilai kooefisen pekerja : 0,180, Mandor : 0,018 Alat bantu : 1,000 dari mana didapat nilai koefisiennya, tolong bantuannya !!!!

  • rochman says:

    soal, didapat Volume Pekerjaan pemasangan pipa PVC rubber ring dia 50 mm sebanyak 1.632 meter dan didari hasil pengamatan kemampuan/hari kerja 120 m waktu yang dibutuhkan 14 hari dan didapat masing2 nilai koefisien pekerja : 0,035, Tukang pipa 0, 050, Kepala Tukang Pipa : 0,010, Mandor : 0,005, pertanyaan saya didapat dari mana nilai2 koefisen tersebut ? mohon bantuannya karena sampai sekarang saya belum mengerti secara detail menghitung nilai koefisien, terima kasih.

  • puspita says:

    tolong dong kirimi judul buku lengkap sama tahunnya.tertarik soale :D

  • rahman says:

    mas,aku mau mbangun rumah type 70.kira kira untuk bahannya menghabiskan biaya berapa? Lantai aci,atap seng gelombang,pokoknya aku cuma punya dana ‘paket hemat’,kira kira biaya bahannya berapa?tanpa mengurangi takaran adukan semen,sedang cat dan kusen yang murah.kirim ke priasatan@ymail.com thanks.

  • rahman says:

    mas,aku mau mbangun rumah type 70.kira kira untuk bahannya menghabiskan biaya berapa? Lantai aci,atap seng gelombang,pokoknya aku cuma punya dana ‘paket hemat’,kira kira biaya bahannya berapa (tanpa biaya tukang)?tanpa mengurangi takaran adukan semen,sedang cat dan kusen yang murah.kirim ke priasatan@ymail.com thanks.

  • Irfan says:

    Permisi pak,,,,, Pak mau nanya nh klo koefisien analisa bahan & tenaga ( 0,2170/0,02830/0,0125,,,,,,,,,, ) hitungannya dr mn sh pak. 1 lagi pak klo ntk mendapatkan analisa harga satuan 2011 caranya gmn pak? sebelumnya trima kasih pak.

  • muhtalifin says:

    mas, saya mau tanya nich…gimana cara menghitung koofisien analisa tebaga (tanpa melihat analisa BOW ataupun SNI) tolong jelasin ya mas….

  • wahyu bugraha says:

    AKU MAU LIHAT PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA BAHAN DAN UPAH KERJA.

  • Tarso says:

    Pak mau tanya nih cara menghitung berapa upah pembuatan pondasi plat beton memakai cakar ayam itu gimana?terima kasih

  • totok says:

    pak,,minta daftar2 koefisien BOW ama SNIny pak..

  • Momar says:

    Sy sangat tertarik pak karna sangat menambah wawasan.
    Thank’s ya pak.

  • ali kurnia says:

    ikut gabung

  • hasan fuady says:

    pak saya dari kalimantan selatan, simpel aja si upah kerja per m2 di kalsel maksimalya berapa, mohon di beri tahu, sekian dan terima kasih

  • amirullah says:

    sebagai orang yang bermanfaat kami sebagai generasi penerus sangat berharap kesediaan bapak untuk memberikan materi yang detail untuk kami pelajari.

  • Gustavo says:

    Pak saya dari Timor-Leste, mau bertanya kepada bapak/Ibu tentang bagaimana mencari kualitas bangunan tersebut?

    • isep says:

      bisa di rubah dengan cara pengamatan langsung di lapangan,,karena klo kita langsung mengati cara kerja langsung,,jdi lebih akurat dan tepat,,trims,,

  • joni napitupulu says:

    pak bantu saya dong mengitung struktur bangunan dan cara mencari koefisien bangunan

  • muhaimin says:

    saya mau register di bsn kok g bisa ya?

  • Handa says:

    Pak Bagaimana Kalaw dengan analisa Divisi untuk bangunan Sipil… klw analisa yg ini saya agak bingung… Selain jarak Quari dan pemakaian Alat koeefisien apa Lagi yg perlu disesuaikan dengan kondisi Lapangan…?

  • Handa Febby Krisya says:

    Selain analisa SNI dan BOW analisa apalagi yg biasa digunakan untuk membuat bangunan gedung pak…!

  • buyung says:

    kalo mau ngitung yg besi ulir gimana

  • ANNO says:

    halo….saya dari timor leste.koefisien itu dapat kita rubah atau sudah menjadi ketetapan?

  • YUSRIN J. SINALING says:

    Apakah ada koefisian Volume kebutuhan kayu untuk rangka atap dlam satuan M2 ????
    Tolong dikirimkan ya !!!

  • tari says:

    pak, postingannya ngebantu banget nih. apalagi buat saya yg baru belajar.
    tapi maaf pak, situs resmi Badan Standarisasi Nasional bukan http://www.bsn.co.id tapi http://www.bsn.go.id

  • julisetiawan says:

    Pak kalau perhitungan analisa untuk koefisien perhitungan beton bagaimana yaa ???
    untuk / m3, dan bagaimana pengaplikasiannya untuk beton bertulang ????
    terimakasi

  • hendri kediri says:

    trim’s atas artikel anda,menambah wawasan saya.
    renovasi,pasang keramik,pekerjaan mbatu,
    call my 083896293938

  • rooney says:

    trim’s bnyk bss…tmbh wwsan..butuh rooney (SUB LABOUR) jasa skill bangun awal atu renovasi begesting,besi,batu,kramik,plavon dll.

  • rooney says:

    trim’s bnyk bss…tmbh wwsan..butuh rooney (SUB LABOUR) jasa skill bangun awal atu renovasi begesting,besi,batu,kramik,plavon dll. nope;081585524000 email;rooney_zm@yahoo.co.id

  • turmuzi says:

    Bagaimana cara menghitung harga satuan untuk umum? tong buatkan rumusnya… saya bingung karena penghitungan harga satuan yang disajikan berbeda..untuk itu kami minta dibuatka rumus harga satuan yang untuk umum.

  • agus says:

    makasih mas bro ilmunya bermanfaat bagi kami yg berkerja dibidang tersebut,kami jg melayani jasa pemasangan bata,keramik,internit,rehab/bangun rumah email:agus_sutrisno20@yahoo.com
    hp:085336698328

  • naldo says:

    ini betul nggak sih???

    Semuanya berasumsi masing2…. yang ada

  • yuni says:

    ada ga analisa untuk pekerjaan konstruksi kaya…..seperti rumah, jembatan…mksih

  • jati says:

    mohon penjelasan jika sudah mengetahui harga permeter persegi pekerjaan jika ingin mengkonversi menjadi permeter persegi bangunan ?
    terima kasih

  • Ali Asdar says:

    mohon penjelasannya gmna cara membuat grafik sondir????

  • julio rego says:

    tolong..! jelaskan bagaimana cara menghitung koefisien waktu unutk pekerjaan dalam penyelesaia pekerjaan berdasarkan tiap kerja menurut pada tiap kerjaan proyek
    Dan bagaimana membuat network planing??

  • awang eko says:

    pak bisa minta tolong dapetin analisa bow di situs mana dan resmi.

  • paijo says:

    pak minta tolong apa bedanya kali type ama luas bngunan,,,tlng penjelasanya

  • paijo says:

    contoh type 48…..sedang luas panjang x lebar=63m2

  • Andri says:

    Bisa di kirimkan standart kemampuan pekerjaan tukang di tiap item pekerjaan,,,misalkan ,, untuk tukang pasang bata per hari bisa mencapai 8 m2 untuk 1 tukang, karna ada kaitannya untuk pembuatan scadule,, terima kasih sebelumnya

  • chuppank says:

    bagaimana analisa harga satuan memperbaiki tangga kayu yang rusak..?????

  • zulhadi says:

    mau nanya ni mas saya cari kemana mana saya gak ketemu ama analisa lapisan waterprofing, tolong kalo ada……!!

  • Riki says:

    bagaimana cara mencari indeks di dalam analisa suplemen dari perhintungan besi polos??

  • syahrul says:

    ad tambahan ni menurut lapangan untuk hitungan koefisien
    contoh: untuk Pasang Bowplank
    1 M1 Pasang Bowplank
    Material :
    0.0044 M3 Papan Matoa 2/20 x 400
    0.0025 M3 Kayu Matoa 5/5 x 400
    0.0667 Kg Paku 5 – 7 cm

    0.0044 di ambil dari 0.02*0.2*1.1 jadi untuk analisa matrial papan hasil perkalian tersebut.
    ko bisa ya 0.02 dari mana angka tersebut? 0,02 adalah tebal papan yang di butuhkan, dan 0,2 adalah lebar papan un kebutuhan bouplank,dan 1,1 adalah kebutuhan panjang untuk membuat bouplank tersebut dan seterusnya…..khusus untuk matrial yg bisa di pake 2x misal bgistingkan bisa di pake 2kali jadi hasi perkalian di bagi 2 saja.kalo ada yang kurang mengerti boleh ko kita sering dan cara tersebut terbukti sangat mendekati di lap sehingga untuk pengajua harga tinggal kali 10%nya saja untuk keuntungan perusahaan itu yang disebut RAPP/rencana anggaran pelaksanaan proj dikali 10% menjadi RAB.

  • Yuni says:

    Gimana cara menghitung analisis vektor pak ???

  • Darji says:

    Pak mau minta bantuan..
    ada perbaikan atap bitumen yang rata.
    luasnya 3,5 m x 2,5 m.
    disini yang mau saya tanyakan, analisa SNI untuk menghitung pekerjaan tersebut.
    Bila perbaikan, apa perlu dilakukan pembongkaran pada atap tersebut.
    terima kasih..

  • mulyadi untag45 samarinda says:

    Tugas Akhir saya menghitung rincian anggaran biaya gedung dengan menggunakan perbandingan analisa metode BOW dan SNI. setelah seminar satu, tugas saya itu harus diganti dengan mencari nilai koefisien yg terdapat di analisa BOW dan SNI tersebut. Apa tidak puyenk tu kepala,cari gelar S1 harus melakukan penelitian seperti itu.., tidak sesuai dengan porsinya..

  • Bagus says:

    Mau nanya kalau harga satuan itu dah masuk keuntungan 10% gak ya. atau nanti hitungannya setelah total HPS baru dikali keuntungan dan PPN

  • andre says:

    pak,
    saya ada kegiatan pekerjaan pembangunan jembatan ini, bahan2 apa saja yg diperlukan untuk kontruksinya??

  • salahuddin says:

    mhn info bagaimana cara menghitung analisa harga satuan pengecatan sebatang pipa 8 inc ?

  • dedi says:

    cara menghitung anggaran biaya pemasangan paving blok,,,luas 15x15m2.makasih bantuanx

    • isep says:

      harus tau dulu ukuran paving nya,,soalnya untuk mencari per m2 nya,,klo misalnya ukuran nya 10 x 20 cm T. 6 cm,,brarti per m2 nya adalah 50 bh,, dan jika luasnya 15 x 15 = 225 m2, brarti tinggal di kali kan 50 x 225 m2 = 11250 bh,,trims smoga bermanfaat..

  • fian says:

    tanya dong ..koefisien kayu pada pekerjaan bekisting kolom kan 0,04 ..nah pada pekerjaan klom kok koefosien kayu jadi 0,4 ..itu gimana ya?

  • wagiran says:

    Pak gimana caranya menghitung koefisien bangunan dari pondasi hingga atap bangunan , serta koefisian pemasngan paving, mengapa dilaman bapak ngak ada fasilitas dowlod, trimaksih ilmunya bagi-bagi donk

  • afrizal says:

    untuk ruko dua lantai ukuran 5m x 12m berapa kir – kira materialnya
    seperti 1 semen, pasir,koral,besi ,besiberapa,dan yang lainnya mohon informasinya thanks

  • Atma wijaya says:

    Harga tenaga untuk pembuatan bikin pagaran 1 m2 ,global dari pasang batu kali sampe plesteran berapa ya???

  • Robert says:

    tolong Mas aku dikasih caranya membuat analisa pemasangan palfon gypsum rangka hollow. trim’s

  • pratam says:

    Saya masih bingung mengenai perhitungan upah tenaga kerja.
    Misalnya:
    koefisien tenaga mandor untuk 1m3 kolom adalah 0.0125 OH (orang hari kan? bukan orang/hari?)
    upah mandor adalah Rp 80.000/OH
    volume pekerjaan kolom adalah 10m3
    Maka total upah mandor untuk pekerjaan kolom adalah
    0.0125OHxRp80.000x5m3= Rp 10.000

    Upah tsb merupakan borongan atau upah harian?

    Kalau upah harian bagaimana perhitungannya?

    Misalnya diasumsikan pekerjaan kolom 15 hari dengan satu orang mandor, apakah berarti upah harian mandor tersebut untuk pekerjaan kolom adalah Rp10.000/15 hari = Rp 670/hari?

    Bagaimanan kalau pekerjaan kolomnya tetap 15 hari dengan dua orang mandor? berarti jadinya Rp 10.000/(15harix 2 orang) dong ? Jadinya Rp 335/hari untuk masing-masing mandor?

  • Zulfikar Adi says:

    Pak……minta dijelaskan……..bagaimana cara menghitung analisa biaya bongkar alat perbengkelan seperti mesin bubut, genset dll yang tertanam di lantai……terima kasih.

  • kosh says:

    saya mohon keterang analisa harga satuan pekerjaan rangka plafond kayu

  • Nano Ronaldo says:

    tanya dong.. koefisien bambu itu berapa ya?

  • keanu says:

    bisa minta tolong mas, contoh cara perhitungan koefisien kubikasi semenisasi jalan
    – upah
    – semen
    – batu split
    – pasir

    Trims…………

  • karyamitra says:

    rumus cepat untuk mencari koefisien itu seperti apa sih???
    karna saya nyari” belum ada yang masuk ke otak saya . . .
    sorry ya saya mau mita sfesifikasinya tolong . . . .plis . . . .

    • maman abel says:

      Saah nyarinya kaleee,,hehehe

    • Desain Rumah says:

      Sepertinya tidak ada rumusnya. Untuk menentukan koefisien satuan pekerjaan itu berdasarkan praktek penelitian. kita juga bisa melakukannya dengan beberapa perlakuan. Hasil akhir kita dapat mengambil nilai rata-rata dari percobaan yang kita lakukan. Percobaan bisa kita lakukan ketika kita sedang membangun rumah, atau bagi pemborong ketika sedang mendapat pekerjaan. Tksh : http://www.desainrumahsederhana.com

  • indra says:

    Bapak/Ibu yang terhormat saya berencana membangun rumah dengan ukuran 11X15M+3X3M garasi (semuanya luasnya175M). Komposisinya: Kamar tidur 4. Kamar Mandi 3 (dua dikamar tidur, satu kamar mandi umum). Ruang Tamu.Ruang Belajar.Ruang keluarga. RuangMakan. Mushalla.Gudang.Garasi dan teras. Minimalis. minimal berapa dana yang harus saya persiapkan ya… Terima Kasih Infonya Bapak/Ibu.

    • endy heryanto says:

      saya bisa hitung klau ada gambar detailnya tpi klau saya borong ketetng sampai hitam aja diluar pondasi 550.000/m2 apa mau kita hitung berserta bahannya sekalian . call 081382485128

  • tika says:

    gimanan cr cari indeks ny tu?
    gmn cra nentuin indeksny?
    indeksny dr mn datengny?
    knp indekany bs segitu?

  • elsaa says:

    mohon bantuannya,, ada tidak analisa harga satuan pekerjaan untuk rumah panggung/ rumah kayu,, soalnya di sni tidak ada uraian analisa pekerjaan untuk rumah kayu seperti lantai, tiang penopang dan kolom kayu

    • Endang Kusman says:

      Secara khusus analisa pekerjaan rumah kayu tidak ada. Kita bisa menggunakan analisa pekerjaan kayu pada AHS-SNI. Dalam AHS pekerjaan kayu kita bisa menggunakan analisa yang relevan, misalnya untuk mengerjakan balok-balok tiang kayu yang diserut dan dirangkai.. itu relevan dengan analisa pekerjaan kusen. Terima kasih http://desain-rumah-sederhana.blogspot.com

  • rahmad says:

    pak bagaimana memembuat analisa pekerjaan penggalian untuk pemasangan pipa 150 mm HDPE ? lokasi pipa yang akan dipasang di jalan aspal ? dan bagaimana cara menentukan koefesiannya apa sudah ketetapan atau ada rumus nya ? trim’s

    • Debashree says:

      Ini jawaban nomor 1. Ubah dulu cosx di pneyebut dengan menggunakan rumus cosinus sudut ganda.Yang nomor 2 saya bingung dengan soalnya. Kalau soalnya begitu, langsung substitusi saja. Nilainya tak terhingga.

    • Bessi says:

      Saya mengerti..hmmm..bener juga, tetnyraa bisa dihitung dengan cara itu ya. Seringnya saya fokus pada angka,jadi gak berpikir bahwa soalnya bisa dilihat dengan cara yang berbeda..good for you Reply

  • TOMZ says:

    mau minta tolong dong…
    misalkan mau melaksanakan rabat jalan beton
    koefisienya
    pasir?
    semen?
    batu pecah?

    talud….
    pasir?
    semen?
    batu?

    makadam?
    batu?
    pasir urug?
    sirtu?
    batu kunci?

    LATASIR…….
    pasir?
    aspal?
    dll? tolong ya

    • Tukang insinyur says:

      Coba hub Kantor Bina Marga setempat, biasanya menjual Buku daftar harga satuan pek upah, material dll, biasa disebut buku BOW,,ada komplit disitu

  • Aank says:

    ass,.. untuk teman2 yang butuh tenaga borong bangunan khususnya di LAMPUNG, team kami akan siap membantu,
    call/sms kami di 08154059998,.
    Semoga bermanfaat. terimakasih,

  • Ruli audiyanti says:

    Kak, makasih !nf0nya.
    . . . Kak, mau ksih info nich aku. Klo klian cri tukg bngunan yg tdk prlu d gaji,
    hub. Bandung bondowoso./pmbngun candi borobudur\ (WALAUPUN NYURUH JIN@) wkwk . . .

  • AHMAD says:

    DIMANA BISA SY DPT ANALISA UNTUK PEKERJAAN STRUKTUR LANTAI KAYU, UNTUK BALOK LEVANG KOOF? DAN BALOK ANAK LANTAI KOOF? MAKASIH SEBELUMNYA

    • Tukang insinyur says:

      Analisa harga satuan pekerjaan biasanya bisa didapat di kantor Bina Marga setempat, biasanya dikenal dengan istilah BOW, tapi itu untuk proyek pemerintah dimana, analisa harga satuannya kadang berbeda dengan proyek swasta, tapi perhitungannya hampir mendekati

      • Gabriel says:

        Mr.Alec,Concordo com vocea.Estou le1 e ne3o vi nada demais ate9 agora, o Wave na e9poca tambe9m me candivarom, e ele ficou le1 sem usar, bem como o Buzz etc .Continuo com o Facebook.Abrae7os,Letedcia

      • Medina says:

        Saya mengerti..hmmm..bener juga, teratyna bisa dihitung dengan cara itu ya. Seringnya saya fokus pada angka,jadi gak berpikir bahwa soalnya bisa dilihat dengan cara yang berbeda..good for you Reply

  • alone says:

    makasi ya…bwt infonya tapi pak,, bisa ngga dibuatin suatu forma dari excell tuk hitungin analisa harga satuan ,,,, tengss yaaaaa…..

  • salim says:

    Bapa/ibu yg mau bangun/renovasi rumah/ruko dll kami siap bantu krjain borong hub 081261592478

Komentari

*
*