Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil cara menghitung kebutuhan semen

Menghitung kebutuhan semen bisa jadi sebuah teka-teki tersendiri sebelum melaksanakan sebuah pekerjaan pembangunan, bagaimana sebenarnya cara menghitung kebutuhan semen? hal ini kita butuhkan saat melaksanakan kegiatan pembangunan agar dapat membeli semen dengan jumlah sesuai kebutuhan, kekurangan mengadakan material tentu akan merepotkan karena akan ada pembelian ulang yang memberikan tambahan waktu dan biaya transportasi, belum lagi kalau harga semen ternyata mengalami kenaikan, sedangkan kelebihan dalam membeli semen akan merepotkan dalam proses penyimpanan dan bisa jadi semen mengalami pengerasan karena lama tidak digunakan, mari kita uraiakan cara menghitung kebutuhan semen:-)

semen-portland

pekerjaan pembuatan beton bertulang memerlukan semen sebagai bahan perekat antara pasir, kerikir dan air sehingga dapat mengeras menjadi beton yang mempunyai kekuatan maksimal, sebelum melaksanakan pekerjaan beton tentunya kita memerlukan perkiraan terlebih dahulu berapa jumlah kebutuhan semen yang akan digunakan untuk membuat adukan beton, uraian berikut ini mungkin dapat memberikan gambaran tentang bagaimana kita menghitung kebutuhan semen.

 

Sebelum menghitung maka terlebih dahulu kita membuat rincian atau menentukan item pekerjaan yang akan dilaksanakan, sperti sebuah pekerjaan pasangan batu bata akan membutuhkan sejumlah semen yang berbeda jika dibandingkan dengan pekerjaan plesteran, oleh karena itu kita coba kelompokan perhitungan kebutuhan semen ini menurut item pekerjaan yang akan dikerjakan

 

Untuk menghitung kebutuhan semen dapat kita lakukan dengan mencari data koefisien analisa harga satuan bangunan baik berdasarkan SNI ( standar nasional indonesia ), analisa BOW, maupun berdasarkan pengalaman pribadi masing-masing, berikut ini cara menghitung dengan berdasarkan koefisien SNI

 

Cara menghitung kebutuhan semen

Contoh perhitungan kebutuhan semen bisa dilihat pada artikel : cara menghitung kebutuhan pasir dan semen

Masing-masing item pekerjaan akan membutuhkan semen yang berbeda, misalnya kebutuhan semen pada pekerjaan beton akan sangat dipengaruhi oleh rencana kekuatan beton yang akan dibuat, beton K-225 tentu memerlukan semen yang lebih sedikit jika dibanding beton K-350. Perhitungan kebutuhan semen juga dapat menggunakan pengalaman dalam melaksanakan suatu item pekerjaan atau bisa menggunakan rumus analisa harga satuan pekerjaan standar pemerintah SNI yang diperoleh dari hasil catatan penelitian :-)

ilmu sipil
  1. cara menghitung adukan beton metode BOW
  2. Penyebab kekurangan dalam menghitung jumlah keramik
  3. cara menghitung kebutuhan atap genteng
  4. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  5. Cara menghitung kebutuhan keramik
  6. Cara menghitung kebutuhan pasir dan semen

12 Komentar

  • erie rizki antoni says:

    saya sangat berharap kedatangan imformasi selanjutnya,.
    mksh atas imformasi sebelumnya,.

  • kenanx edwin says:

    mas, aq anak bangunan yang mencoba berdiri meraih cita2. aq ingin sukses di bidang yang saya lakoni.apa bisa kesempatan itu datang padaku yang cuma sedikit tau secara teori dan praktek di bangunan?

    http://www.designhunian.blogspot.com

  • achmad kusuma wijaya says:

    pak mohon di upload dong ilmu beton bertulang khususnya cara hitung pembesiannya yang efisien. terima kasih..

  • warsidah says:

    pak saya bermaksud merenovasi rumah tipe 29 /72, kebelakangnya mau dihabiskan dan kedepannya jg dihabiskan yg tersisa hanya untuk garasi, kira2 berapa jumlah masing2 material yg dibutuhkan, dan saya ingin menggunakan batu bata merah. terima kasih sebelumnya…

  • trijie says:

    kalau bisa tolong bagaimana membuat rab untuk konsultan pengawas yang nilainya 2,5 % dari sebuah pekerjaan.

  • wiena M says:

    pak, sy ingin mengetahui biaya pemasangan lantai keramik 60×60 . Rincian sebagai berikut;
    1. jasa tukang pemasangan keramik per m2, 2. banyak semen yg diperlukan utk pemasangan keramik tiap m2, 3. banyak pasir yg diperlukan utk pemasangan keramik tip m2? mohon jawabannya segera, terimakasih banyak seblmnya.

  • irwans says:

    pak sayamau bikin dapur .dengan bentuk tembok “liter U ” .P:4M L:6m.berapa hitungan materialnya..pasir,bata,cement.mohon comentnya…trims..

  • madiono says:

    pak saya mautanya bagaimana pembesian yg baik jk jarak tiang 4.60m terut5ma utk slab

  • yulianto p says:

    SEBENARNYA BAGUS TPI KURANG 1 YAITU; TDK ADANYA PENYELESAIAN PERHITUNGAN R.A.B

  • gan
    gimna cra mngtahui bnyak ny batu belah yg di gunakan di lihat dri volume pondasi.

  • dhika luhatur says:

    ilmusipil.com MANTABBBB penjabarannya harap dapat ditambahkan lagi pak/bu mas /mbak yang pinter @ ilmu sipil terima kasih

  • bankjoe says:

    ya btul,.dsni cm cerita saja,tdk menjelaskan bgmn cara menghitung RAB,vol kebtuhan semen,pasir dgn rumus..apa nya yg bisa membantu..klau bgni hy menambah ksulitan dan membingungkan bagi org2 yg tdk mngetahui dasar2 perhitungan material bgunan jika akan membangun rumah sendiri krn kterbatasan biaya utk membayar tukang..agar diperbaiki donk.

Komentari

*
*

Current ye@r *