Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Cara menghitung kebutuhan pasir dan semen

Pekerjaan bangunan dengan konstruksi beton bertulang membutuhkan material pasir dan semen sebagai bahan utama, selain itu pekerjaan pasangan dinding batu bata juga memerlukan kedua buah material ini. Semen berfungsi sebagai bahan pengikat pasir sehingga tercipta adukan beton yang dapat mengeras menjadi batu melekatkan bahan bangunan disekitarnya. Disini mari kita buat sebuah tutorial sederhana tentang cara menghitung kebutuhan pasir dan semen semoga bermanfaat bagi yang sedang memikirkan berapa jumlah material yang harus dibeli dalam melakukan pembangunan :-)

 

Disini kita buat perhitungan pada salah satu pekerjaan bangunan yang sering dilaksanakan yaitu pasangan dinding batu bata. Untuk dapat menghitung kebutuhan pasir dan semen kita perlukan luas pasangan dan koefisien analisa harga satuan yang cara mencarinya sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, Misalnya kita buat contoh seperti ini

  • Pemasangan dinding batu bata 6 m x 3 m maka luasnya adalah 6 x 3 = 18 m2
  • Analisa harga satuan pekerjaan pasangan batu bata per m2

Analisa kebutuhan bahan pada pasangan dinding batu bata dengan perbandingan adukan 1 semen : 5 pasir dalam 1 m2

SNI 6897:2008 No.6.10 : Memasang 1 m2 dinding bata merah ukuran (5 x 11 x 22) cm tebal ½ bata, campuran spesi 1 PC : 5 PP

  • 9,68 kg semen
  • 0,045 m3 pasir pasang
  • 70 bh batu bata

Data koefisien analisa harga satuan pekerjaan lainya bisa dilihat di website AnalisaHarga.com

Data diatas hanya sebagai contoh yang nilai koefisienya dapat berbeda-beda sesuai standar perhitungan yang digunakan seperti SNI atau RAB rahasia masing-masing perusahaan.

 

Cara menghitung kebutuhan pasir

Dari data analisa harga satuan diatas dapat kita ketahui bahwa untuk melaksanakan pasangan batu bata seluas 1 m2 membutuhkan pasir sebanyak  0,05 m3

Kebutuhan pasir  = 0,045 m3/m2 x 18 m2 = 0,81 m3

Jika kita hendak membeli ke toko bangunan dalam satuan truck kapasitas 4 m3 maka dapat kita hitung jumlah pasir yang harus dibeli yaitu 0,81 m3 : 2 m3 = 0,225 truck colt

Jadi kebutuhan pasir adalah m3 atau truck 0,405 truck colt

 

Cara menghitung kebutuhan semen

Pada Prinsipnya cara perhitungan sama dengan waktu mencari jumlah pasir yaitu koefisien analisa harga satuan semen pada pasangan dinding batu bata per m2 dikalikan volume luas dinding yang akan dipasang yaitu

Kebutuhan semen = 9,68 kg /m2  x 18 m2 = 174,24 kg

Jadi kebutuhan semen dalam satuan zak jika isi per kantong 50 kg maka dibutuhkan 174,24 kg : 50kg = 3,4848 zak.

 

Jadi untuk dapat menghitung kebutuhan pasir dan semen dibutuhkan dua data penting yaitu koefisien analisa harga satuan dan volume pekerjaan, kecuali jika sudah mempunyai pengalaman berulang-ulang sehingga dapat memperkirakan dilapangan misalnya untuk memasang batu bata seluas sekian biasanya membutuhkan sekian zak semen, namun untuk laporan tertulis tetap lebih teliti jika menggunakan koefisien analisa harga satuan bangunan untuk mencari kebutuhan material.

 

Begitulah kurang lebih cara menghitung kebutuhan pasir dan semen menggunakan koefisien analisa harga satuan, begitu juga dengan kebutuhan batu bata langsung dapat dicari dengan mengalikan 70 bh/m2 x 18 m2 = 1260 bh. cara lain yang banyak digunakan oleh pemborong yaitu berdasarkan pengalaman dalam mengerjakan suatu pekerjaan, pengalaman melaksanaan pekerjaan ini akan lebih tepat jika dijadikan sebagai pedoman dalam membuat analisa harga satuan, analisa ini biasanya menjadi rahasia masing-masing kontraktor dalam menentukan harga borongan sehingga bisa dikatakan sebagai kunci daya saing pemborong :-)

  1. ilmusipil.com cara menghitung kebutuhan atap genteng
  2. ilmusipil.com cara menghitung kebutuhan semen
  3. ilmusipil.com cara menghitung adukan beton metode BOW
  4. ilmusipil.com Penyebab kekurangan dalam menghitung jumlah keramik
  5. ilmusipil.com Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  6. ilmusipil.com Cara menghitung kebutuhan keramik

40 Comments

Add a Comment
  1. Siiiiiplah untuk hitungan keb. pasir semen n btnya. Yaa bwt tmbh2 refrensi/prbandingan.
    Tanks. IS.

  2. mohon penjelasan nya pak , krn sy mungkin sy salah cz bukan orang sipil …
    * Penjelasan diatas Untuk dinding 1m² dibutuhkan 0,5 m³ pasir , rasanya kok banyak sekali ya ..
    Volume dari dinding dengan dimensi 1 m x 1 m x 0.15 m = 0.15m³ saja ,artinya lebih sedikit 3x dari kebutuhan pasir ( 0.5m³ )…terimakasih

    1. Mohon maaf ternyata ada kekeliruan seharusnya bukan 0,5 m3 tetapi 0,05 m3. trimakasih sudah dikoreksi dan langsung direvisi semoga bermanfaat :-)

  3. terima kasih sekali pa atas info nya sangat bermanfaat…semoga Allah membalas amal bapak amin

  4. pak….bgmn sbenarnya cara menghitung kebutuhan semen….so, diatas ditulis kebutuhan semen = 11kg/m2 X 18 m2 = 88 kg…..?
    maaf pak, saya kurang paham cara hitungnya…kalau menurut saya dgn cara hitung biasa bahwa 11X18=198……. tolong dibantu dijelaskan ya pak….sangat membutuhkan info…terima kasih

  5. please help me……………………..
    bagaimana cara hitung untuk kebutuhan semen dan pasir ,dari nglepoh hingga beres tinggal ngecat saja?

  6. Pak sy mau tny khn sy mau bangun tembok pintu pagar dpn:
    P.309
    - tiang cor kanan kiri 2 masing 15 x 15
    - tembok tengah 249
    sy bth brp sj bahan yg d bwh ini:
    - batu bata
    - pasir m3
    - batu split
    - semen brp zak

    Pak sy tgg y infony bpk bs lwt tlp sy:087884409366
    bls/kbrin sy
    iyus sentul

  7. mas,, saya mau tanyak ni…cara penghitungan analisa
    semen ma pasir, batu kali.ma besi ukuran 8 mm
    utuk pembangunan seminisasi jalan

  8. ak lagi pengen ngruk teras rmah ak,uk 4×8,kira” ak butuh puing berapa banyak,pasir dan sepenya berapa ya,aku mau tinggiin sekitar 30cm,,,,tlong ya

  9. mas ak mau tanya,,,ak mau nguruk teras dpan rmh trus d plester jga,uk 8×4 kira” butuh puing,pasir dan semen berapa banyak ya,,,ak mau ninggiin sekitar 30 cm aj,,,tlong ya mas infonya secepat nya,,,,

  10. maaf artikel anda mengenai hitungan kebutuhan pasir dan semen untuk pasangan bata 6m X 3m enggak masuk akal. Kesimpulan saya sesuai tulisan anda adalah sebagaiberikut ;
    Untuk pasangan bata 6m X 3m dibutuhkan
    1. Bata 1260 buah
    2. Pasir 0,9 meter kubik
    3. Semen 9 kg. ?????????
    anda ruarrrr biasa dengan semen 9 kg dapat memasang bata 18 meter bujursangkar.
    tolong jangan rusak nama tukang batu, karena artikel yang anda buat ini sangat merugikan kami.
    mohon anda analisa kembali.

  11. Fredy M Anda betul sekali.
    Kalau pakai 70 bh batu bata per m2
    kebutuhan semen (perbandingen 1 semen 5 pasir) dapat dihitung 9 kg/m2
    Kalau pakai 83 bh batu bata per m2 6.5 kg/m2

  12. pak saya mau modif moge saya. hmm, model nya ninja 250RR. hmm saya mau nanya. berapa buah pasir yg di butuhkan buat motor saya? keramik nya berapa? saya juga mau buat pake pagar, ac double blower, dan kamar mandi 10. KM/WC segitu juga buat usaha. balas nya paaaak. tanks.

  13. U satuan semen itu saya kira yg betul 0,5 sak pak.. Jd yg dibutuhkan u 18 m2 adalah 9 sak.. Makasih

  14. moho diberi jawan sebentar dalam :
    1.1m3 pasir dalam KG berapa berat nya?
    2. 1m3 Krikil dalam Kg Berapa berat nya ?
    3. 1m3 Kayu dalam kg berapa berat nya ?

  15. Kalau rumus sy begini,utk 12 m2 tembok dibutuhkan
    1.0,25 m3 pasir (1 rit/TRUK=4m3)=+/-200rb.
    2.0,05 m3 semen setara 75 kg(bj 1,5/l)=2 zak x50rb=100rb.
    3.98 m besi kolom vertikal atas-bawah(12mx4x2)atau 8 lonjor besi8″=8lj x80rb=640rb.
    4.60mbesi kolom horizon (3mx4x5)atau 5 lonjorbesi 8″=5ljx80rb=400rb.
    5.400m besi begel (2,5/kolx158m/kolom)setara40/12m=35lonjorbesi4″
    20×35=700rbatau2kgx35x10rb=700rb.
    6.Totalbahan:Rp200+Rp100+Rp640+Rp400+Rp700=Rp2040atauRp.2.040.000,00.
    7.Hargaitu untuk nganjuk kota (JATIM) brow.
    8.Brow SIS iseng2.

  16. Tambahin lagi ya:
    1.Itu utk tembok 1/2 batu(12-15cm).
    2.Begel ukuran 10 cm jarak 20 cm.
    3.Batu bata ukuran 5cm X 10cm X 20cm jumlah 3000 biji.
    4.Tembok standar panjang 12 meter tinggi 3 meter jadi ada 4 kotak kolom.
    5.Koreksi utuk pasirnya berhubung luas tembok 12X3=36 m2 pasir 0,75 M3 harga 200rb.
    6.Koreksi utk semen berhubung luas tembok 12X3=36m2 0,05 X3=0,15 X (1,5kg/l)=225kg
    =225/40=6Zak x 50 rb=300rb.
    7.Jadi biaya tambahan semen 200 rb tambah batu bata 3rb xRp500=1,8 jt.
    8.Bila anda ingin memplesternya tambah 1cmX(2kali (12X3)m2)=720000cm3atau 0,72M3 ditambah semen 0.144M3(144X1,5)=216 kg(4Zak lagi)=200rb
    9.Total utk 36 m2 (2,04jt + 1,8 jt ) biaya plester 200rb+pasir 0,73 m3#$4,3 jt# biaya tukang belum termasuk.
    10.ahhhhhhhhhhhhh FILSAFAT KOK NGITUNG.berfilsafat dong.

  17. Wo kalau baca artikel brow sis ku simpulkan kebutuhan untuk 12 m2 tembok:
    1.0,25 meter kubik PASIR.
    2.0,05 meter kubik atau 75 kg SEMEN.
    3.1000 BATU BATA ukuran 5cmX10cmX20cm.

  18. Berarti utk bangunan luas 6m X 3m = 18m2 :
    1.0,25 X (18/12) = 0,375m kubik PASIR.
    2.0,05 X (18/12) = 0,075m kubik SEMEN atau 115 kg,
    3.1000 X (18/12) = 1500 BATU_BATA ukuran 5X10X20cm.
    woalah SUGENK mau korupsi aja kok g becus ngetungny.

  19. maaf ya mau nambahin,untuk perhitungan semen untuk jaman sekarang mah ga bisa diprediksi,karena kualitas pasir banyak macamnya.harusnya itungan diatas ditambahin pemakaian nama jenis pasirnya.itumah pengalmn saya aja sbg tkang bangunan.waslm

  20. campuran adukan pasangan bata 1:5 yang saya tanyakan cemennya ketemu 0.5kg/m2 itu dari mana tolong di jelaskan ..tks.

  21. Bos saya sampai marah campuran saya per m2 batako dapat 10 kg semen Mas…
    darimana hitungan 0,5 kg semen per m2 Mas ? Tolong jelaskan

  22. Saya bkn orang sipil, jd bingung dg artikel ini, karena sy baru saja baca di web lain, bahwa utk pemasangan bata berah per m2 itu membutuhkan semen 9.68 kg dan pasir 0.045 m3. Jd klw luas bidangnya 18 m2 berarti semen yg dipakai adalah 18 x 9.68 kg = 174.24 kg = 3.48 sak (@50 kg) dan pasir adalah 18 x 0.045 = 0.81 m3. Jadi mana yang benar dan realistis……18 m2 ko’ cuma 9 kg semen…uirit amat, betulkah…?????

  23. Hmm itu perbandingan 1 : 5 = 1 Semen : 5 pasir
    Kalau konversinya dari kg berarti 1kg semen dengan 1kg pasir betul seperti itu ?

    Nah kalau mau ngaduk kan gak pakai di timbang misal pakai ukuran skop atau ember kecil berarti berapa banding berapa, apakah nantinya tidak akan mengubah kebutuhan pasir dan semen ?

    Mohon bantuanya master, saya masih blm paham..

  24. Pak saya mau nanya
    1. Kalau 1m2 hebel umumya pakai berapa bh?
    2. Plester instan 50kg dapat berapa m2?
    3. Acian 50kg dapat berapa m2?

  25. bos kalau bata untuk 1m2 harus 85-90 bh kalau 70 bata ukuran berapa bos…… kalau pasir and semen udah hampir betul

  26. kalau ada yang mau konsultasi soal renovasi rumah bisa hub di no 087879534464 atau 085772745769 by irawan…….
    nb; kami juga siap renovasi atau pekerjaan dari nol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com