cara menghitung kebutuhan beton untuk cor jalan

Cara menghitung kebutuhan beton untuk cor jalan bisa dilakukan dengan menggunakan rumus volume sesuai bentuk jalan yang akan dibangun, kita tahu bahwa kebanyakan jalan beton itu berbentuk balok yang memilik ukuran panjang, lebar, dan tinggi. adapun yang dimaksud tinggi disini yaitu ketebalan cor. dengan melihat bentuk tersebut maka kita sudah bisa menghitung volumenya dengan rumah panjang x lebar x tebal. berikut ini penjelasan lebih lanjut.

Rumus kebutuhan beton jalan

Untuk jalan yang berbentuk balok persegi dengan contoh foto dibawah ini, nampak pada foto ini sedang dalam proses pelaksanaan pekerjaan jalan beton dengan metode buka tutup separuh, disebelah kiri sudah jadi sehingga bisa dipakai untuk lalu lintas kendaraan, sedangkan yang disebelah kanan baru saja selesai di cor dan sedang diberi tutup jerami padi, fungsinya untuk memperlambat proses pengerasan sehingga terhindar dari resiko adanya keretakan.

kebutuhan beton jalan

kebutuhan beton jalan

karena jalantya berbentuk balok persegi panjang, maka dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut

Vbj = Pj x Lj x Tj

Volume beton jalan = Panjang jalan x Lebar jalan x Tebal jalan

Contoh menghitung kebutuhan beton jalan

Misalnya kita akan mengecor jalan sepanjang 1km, lebarnya 6m dan dengan ketebalan 30cm. berapa m3 kita harus memesan beton readymix kepada supplier agar tidak kurang atau lebih. dan jika truck mixer yang dipakai untuk mengangkut berkapasitas 12m3, berapakah jumlah truck yang akan datang dalam pelaksanaan pengecoran nantinya.

pada pertanyaan tersebut sudah lengkap data-data yang diperlukan dalam perhitungan, tapi disitu satuanya berbeda, ada yang dalam km, m dan cm, jadi kita samakan terlebih dahulu ukuranya kedalam satuan m.

  • Panjang jalan = 1km = 1000m
  • Lebar jalan = 6m.
  • Tebal Jalan = 30cm = 0,3m.

selanjutnya kita hitung volume betonya dalam satuan m3.

  • Kebutuhan beton = 1000m x 6m x 0,3m = 1800m3.

Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa untuk menyelesaikan pembangunan jalan tersesebut dibutuhkan beton readymix sebanyak 1800 m3, pertanyaan selanjutnya yang perlu kita jawab yaitu jika menggunakan alat tranportasi truck readymix kapasitas 12m3, ada berapa truck yang akan datang.

  • Jumlah truck = 1800 m3 / 12m3 = 150 truck.

Jadi jawabanya yaitu dibutuhkan beton sebanyak 1800m3 atau 150 truck mixer yang isinya 12m3.

 

begitulah contoh serderhana mengenai cara menghitung kebutuhan beton untuk cor jalan dalam satuan m3 maupun jumlah truck mixer, secara umum rumusnya sama tapi angka-angkanya perlu disesuaikan dengan ukuran jalan yang akan di cor.

3 Comments

  1. CV. MSK 27 October 2017
  2. daslim setiawan 2 November 2017
  3. bubun budiana 10 November 2017

Leave a Reply