Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil cara menghitung kebutuhan atap genteng

menghitung kebutuhan genteng untuk membangun sebuah rumah biasanya dihitung per meter persegi, dalam menghitung kita hanya mencari luas atap genteng tersebut, baik menggunakan cara menual dengan menghitung dengan jari tangan , pencet – pencet kalkulator maupun dengan bantuan software autocad. :-)

dalam menghitung kebutuhan genteng secara manual, saat melihat gambar atau membayangkan bentuk atap , biasanya terdapat
kesulitan yang ditemui pada saat menghitung luas atap, justru terletak pada penentuan lebar atap.

kenapa kesulitan terletak pada penentuan lebar atap? sebelumnya kita lihat sebuah gambar atap yang akan kita hitung salah satu luas sisinya:

dari gambar atap tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa perhitungan luas atap nantinya menggunakan beberapa rumus matematika yaitu:

  • segitiga = ( alas x tinggi ) / 2
  • Jajaran genjang = panjang x lebar
  • trapesium= ( jumlah sisi sejajar /2 ) x tinggi
  • persegi = panjang x lebar ( pada gambar diatas tidak ada )

nah… dari rumus matematika tersebut kita memerlukan beberapa ukuran panjang atau lebar yang belum tentu tertera pada gambar, contohnya pada garis A pada gambar diatas.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat mengetahui lebar atap yang tidak tertulis dalam nota gambar. ada beberapa cara

1. sosial enginering yaitu dengan menanyakan ukuranya kepada yang bikin gambar, nah bagaimana kalau yang bikin gambar tidak mungkin untuk kita temui, kita coba cara lainya:

2. dengan menggambar sketsa ulang atap tersebut dengan skala yang benar, sehingga diketahui berapa ukuran lebar atap, hal ini tentunya membutuhkan pengetahuan teknik menggambar, bagaimana jika tidak bisa. tenang saja banyak jalan menuju rumah pacar, eh.. :-) cara menghitungnya…

3. kita gunakan rumus sinus , cosinus, tangen

misalnya kita akan menghitung bidang (B) pada gambar atap diatas yang berbentung jajaran genjang dengan panjang yang sudah diketahui yaitu 2 m , dan lebarnya yang perlu kita cari

panjang A berapa ?
Kita lihat dahulu bentuk segitiga yang mempengaruhi garis A tersebut

panjang garis atap ? adalah
cos 45 derajat = 3 m / garis atap yang dicari
garis atap yang dicari = 3 m / cos 45 derajat
garis atap yang dicari = 3 m / 0,70711
garis atap yang dicari = 4,243 m

berikutnya kita bayangkan segitiga lagi untuk menghitung garis A

Karena kita gak mengetahui sudutnya maka kita gunakan rumus

A  = akar ( 4,243 kuadrat ditambah 2, 101 kuadrat )

A = akar ( 18,003 + 4,414 )

A = akar 22,417

A = 4,735 m

Nah.. panjang garis atap A sudah didapat sepanjang = 4,735 m

maka luas atap pada bentuk jajaran genjang tersebut adalah
2 m x4,735 m = 9,47 m persegi

untuk mengetahui jumlah genteng yang diperlukan kita tinggal membegi 9,47 dengan jumlah kebutuhan genteng per 1 m persegi sesuai ukuran genteng yang akan dipakai.

untuk sisi atap lainya tinggal kita hitung pakai rumus trapesium atau segitiga, atau jika ingin menghitung pakai software autocad bisa dilihat pada artikel cara menghitung volume pekerjaan dengan autocad

dan bagi yang punya tips dan trik menghitung volume atap genteng lainya bisa dimasukan melalui kolom dibawah :-)

  1. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  2. menghitung keuntungan borongan
  3. Menghitung berat besi tanpa tabel
  4. Cara menghitung kebutuhan keramik
  5. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  6. Cara mudah menghitung RAB rumah
  7. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  8. analisa harga satuan bekisting
  9. Cara menghitung volume besi beton bertulang
  10. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  11. Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  12. Analisa pekerjaan plesteran
  13. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan

37 Responses to “cara menghitung kebutuhan atap genteng”

  1. arif says:

    Ya lebih praktis pakai gambar Cad (autocad) dari denah situasi atap lalu dikalikan dengan koefisien sudut kemiringan (pakai cos sin tg). Tapi jangan lupa diperhitungkan juga nilai buangan (waste) jumlah genteng. Ini tergantung dari ukuran genteng dan bentuk atap. Makin besar ukuran genteng makin besar waste nya. Makin banyak sudut jurainya makin besar waste nya juga.

  2. Venita says:

    Web saya di bidang arsitektur, nah setelah nemukan web ini…materinya mendukung web saya…
    thank you

  3. tribowo says:

    assalammualaikum Wr. Wb.
    pak, saya punya rencana membangun rumah 2 lantai, berhubung dana yang terbatas, saya mengerjakan lantai 1 dulu, Tetapi saya bingung untuk penutup atap, apakah menggunakan genteng atau sejenisnya atau langsung saya cor aja ya? menurut bpk mana yg lebih murah dan efisien?dan kalau mau saya cor, bisakah bpk bantu saya untuk memberitahukan perkiraan dana dan materialnya apa saja.ohya ukuran lahan yang mau dibangun 4,30 m x 6 m, dengan void ukuran 2m x 3m, sebelumnya trimakasih atas bantuannya. Wassalamualaikum Wr. Wb.

  4. Margono says:

    makasih ilmunya,tapi ada cara yang lebih praktis dengan menggunakan logika langsung pada gambar rencananya. luas atap di bagi luas gentengnya dapat jumlah kebutuhan bahannya

  5. yanri says:

    thanks ya. lumayan tuh caranya, tapi kalau dilapangan yang lebih praktis luas atap dibagi luas genteng yang di pergunakan ( saya setuju dengan mas margono )+ 10% kalau kalau ada yang pecah gitu , atau di ambil orang

  6. Robin Tandi says:

    Selamat malam…
    Saya kesulitan utk cara menghitung atap genteng metal ( uk. genteng 80 x 100 cm/ keping) dengan bentuk hampir menyerupai trapesium (maaf tidak ada contoh gambarnya). Adakah rumus yang bisa membantu saya dengan mudah dan kalau bisa tolong disertai contoh gambar untuk lebih mudah dipahami…
    Thx dan salam kenal
    Robin

    1. ahadi says:

      @Robin Tandi, salam, untuk menghitung jumlah kebutuhan gentengnya sebelumnya kita hitung luas atapnya, jika berbentuk trapesium maka luasnya (jumlah sisi sejajar x tinggi)/2=l , kemudian kita hitung luas genteng perbuahnya, selanjtnya luas atap/luas genteng perbuah = jumlah kebutuhan gentengnya

  7. Adil says:

    hanya satu kata dasyat untuk blog ini karena suguhannya sangat banyak dan sangat membantu….outstanding….

  8. adi kunthara says:

    Sukses selalu buat ilmusipil.com,saya mau tanya tempat kursus untuk menghutung RAB rumah/bangunan(Penilai Properti)dimana???khususnya di jawa tengah kalau tidak ada dimana adanya,tolong kasih tahu alamat dan no.telepon yang bisa di hubungi,ini no.hp saya 085226373770 dan ini alamt email saya ( thara_u2n@yahoo.co.id ).thank…..

  9. Masedo says:

    Pak Saya Mintak Tolong Gima Menghitung Volume Atap Multi roof Dengan Luas Panjang 10
    M X 15 m Tinggi Nok Bumbungan 2 m.

  10. ilmusipil.com says:

    Untuk menghitung luas atap perlu lihat bentuk atapnya dahulu pak, prinsipnya panjang x lebar saja untuk persegi empat, dan pada area segitiga alas x tinggi dibagi dua. jika yang bapak maksud bubungan berada ditengah bentang dengan dua permukaan atap berbentuk segitiga kebawah sehingga sisi miringnya = 8, maka luasnya kurang lebih 10mx8mx2sisi = 160 m persegi

  11. tedi says:

    salam hangat saudara semuanya..
    berapa batu bata yang dibutuhkan untuk membuat rumah type 36?
    mohon bantuannya..

  12. Rifqy says:

    saya aplicator pemasangan Rangka Baja Ringan & Atap Genteng, kesulitan saya ketika menghitung luas atap yang menggunakan design atap Rabung satu tapi bertingkat-tingkat

  13. mischa says:

    Kami bingung dgn ukuran luas volume atap tipE 54.dengan 3 joglo ukuran 3mx1,3m
    Tolong pastikan kami brapa luasnya?mohon bantuannya

  14. bendy says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam Kenal…
    Untuk yg bingung menghitung luas atap yg simple maupun bervariasi, luas atap dapat dilihat dengan mudah menggunakan gambar 3D atap yg bersangkutan pada Autocad..
    Terima kasih

  15. purwati says:

    saya punya tanah 10 x 25 tp mau dibangun type 45… nah menentukan type 45 dari mana?? & kalo type 45 itu ukurannya berapa??

    1. suci herwantoko says:

      slmt sore Ibu ,, menentukan luas area bangunan ,,,. pertama brp KT tidur , KT Pembnt , R tamu Km/wc nya dll, nah dari masing2 itu bisa di tentkan ukurannya ,,lalu muncullah type rumah itu sendiri . . mis KT 3×3 2bh R tamu 3×5 km/wc 1.5×2 , tinggal di jumlah hasil perkaliannya .,.sekian ,good luck.

  16. ahmadfuad says:

    Mas,mau tanya,ada ndaj jurnal harga matrial,per semester ini,dan untuk seluruh indonesia,terimakasih

  17. salas says:

    pak saya ingin sekali tahu cara mengambar dan memasan Atap genten dengan baik../Tolong di beri penjelasan dan cara gambar kepada saya ,… plessss

  18. Nurani says:

    Asalamualaikum, salam kenal. saya ingin membangun teras depan, ingin menggunakan rangka atap baja, dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar 3 meter, kira kira saya harus menyediakan dana berapa? trimakasih atas bantuannya. saya tunggu jawabanya.

  19. zacky son says:

    assalamualaikum,langsung ajja yach,,,saya bekerja di salah satu perusahaan baja ringan,,saya perlu tau bagaimana cara menghitung kebutuhan genteng metal dan baja ringan dalam satu proyek agar saya bisa analisa harga sendiri,,,tolong di bantu ya,,tanks sebelumnya..

  20. samonlanan says:

    gambarnya mana?

  21. udin says:

    Ass.wr.wb. Bisa saja kita hitung tepat seperti matematika, tapi untuk genteng kalau dihitung tepat, riskan kalau kurang sedikit rugi waktu, transport dll. Kita hitung daya tutup efektif genteng yang kita pilih. Yang mewakili bentuk atap = paris. Ukuran 9mx12m genteng kodok (dte 22,5cmx18cm) habis 4250 biji. Patokan itu saya gunakan selama 30th kok sepertinya selalu tepat. Semoga bermanfaat.

  22. heru dewansyah says:

    assalamuallaikum,lam kenal,saya punya rencana mau bangun rumah dgn ukuran pondasi 7×10 M,dan saya berminat dengan atap menggunakan baja ringan,dengan dinding batako,saya minta perincian biaya seminim mungkin dengan modal yang sedikit atau minim sekitar 30 juta.

  23. Hebron. Tondang says:

    Selamat malam Bapak/Ibu…………saya selalu kebingungan apabila menghitung kebutuhan bahan Canal C, Ring dan genteng metal. Misal Bangunan Rabung 5 berjoglo, Bangunan 7×15, Joglo 4×3. Tombak Layar 2m dan overheng 1m keliling. Tolong bantu saya Bapak/Ibu sebelumnya saya ucapkan trimakasi. Salam kenal, Thaks.

  24. emponarta says:

    trims

  25. ifan says:

    ada gk cara menghitung cepat untuk perhitungan rencana atap

  26. yans says:

    mohon pencerahan..cara ngitung per meter,,pake bata merah..sampai dengan licin/dah di aci..berapa biaya yg harus di keluarkan…??terimakasih”

  27. Nubia says:

    I wish to express apiriceatpon to you for bailing me out of this type of crisis. After surfing throughout the search engines and meeting methods which are not pleasant, I figured my entire life was done. Living devoid of the solutions to the problems you have resolved as a result of this site is a critical case, and the ones that might have negatively damaged my entire career if I had not noticed your web site. Your actual capability and kindness in dealing with the whole thing was invaluable. I am not sure what I would have done if I had not discovered such a stuff like this. I can at this point look ahead to my future. Thanks a lot very much for your impressive and effective guide. I will not think twice to refer your web site to any individual who needs to have support about this area.

  28. yuli says:

    Min, rencana januari 2013 sy mo pasang atap rumah, mana yg lebih baik pasang atap dulu atau dinding dulu? Krn rencanax sy mo pasang atap dulu baru dinding dan plafon. Tolong d jelaskan yaa …!!!trims sblmx :)

    1. Doda says:

      suitt suitt rumah baru! Moga2 betah ya jadi inget rumah yg dibeliin ramubt kriwul dulu heheh nggak keurus malah pindah yg kontrakan selamat dan makan-makan ya

    2. Tavip says:

      Well put, sir, well put. I’ll ceinartly make note of that.

  29. ahnar says:

    dear mba yuli,
    kalau menurut saya sebaiknya dikejar dl untuk pemasangan atap, sehubungan dengan konsisi cuaca lagi musim hujan, jd nt kl atap udah selesai terpasang pekerjaan2 dibawahnya akan lebih cepat…yang penting kolom2 untuk penopang atapnya saja sudah kuat dan cukup umur beton, kecuali kolom pake h-beam bisa lebih cepat pengerjaannya…
    terimakasih.

  30. asep kurnia says:

    gan saya mau minta rumus mencari ketinggian atap thanks.

  31. Mhirae doa says:

    Ilmusipil.com
    maksh bnyak yaa ats info’a,
    sngat membantu skliii dlm pengetahuan dan materi nnt yg akn mhira pakai untk menysn laporan,jka ada materi2 yg lain trss d’pertahan yaa,,it sangat membantu skliii,and temn2 ilmusipil.com slm kenal smga qt bsa salg tkar pikiran mgenai pembangunan,,

    maksh,:D

  32. budiman says:

    untuk bangunan panjang 7meter lebar 3meter kira2 biayanya berapa ???pakenya yang mono atap bajanya!!!

  33. pablo says:

    mohon di berapa jumlah genteng metal dengan luas banguan 33.5 m2??? ukuran genteng metal 80 cm x1 m…mksh sblmx

Leave a Reply

Current ye@r *