Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Cara menghitung biaya atap baja ringan

Satu lagi sebuah tutorial rahasia dipersambahkan kepada masyarakat ilmusipil.com diseluruh indonesia maupun dunia dengan tema cara menghitung biaya atap baja ringan, ya.. kita bahas judul ini karena dengan banyaknya pekerjaan atap yang lebih memilih baja ringan maka tak jarang  pemilik rumah kebingungan dalam memperkirakan berapa total biaya yang dibutuhkan sehingga dapat menyiapkan dana dalam jumlah yang tepat, sementara bertanya langsung kepada kontraktor baja ringan bisa jadi merupakan suatu pantangan karena mungkin ada ketakutan apabila harga borongan justru dinaikan karena kita dianggap tidak mengerti sehingga mudah untuk dibohongi,

 

Cara menghitung biaya atap baja ringan

Secara umum urutan dalam menghitung biaya pekerjaan atap bisa dihitung dengan urutan sebagai berikut:

  1. Membuat data atap yang mau dibangun, bisa dalam bentuk gambar sketsa sehingga bisa diketahui bentuk dan ukuran bidang atap yang mau dihitung.
  2. Menghitung luas atap dalam satuan m2 bangunan, rumusnya memakai perhitungan matematika sederhana seperti luas persegi panjang, luas segitiga, luas trapesium dan bidang lain sesuai bentuk atap.
  3. Mencari harga per m2 pekerjaan rangka atap baja ringan, dan harga per m2 pekerjaan finishing atap diatasnya seperti genteng, asbes gelombang dan sejenisnya.
  4. Mengalikan luas atap dengan harga per m2 baja ringan sehingga ketemu biaya total yang dibutuhkan.
  5. Menambahkanya dengan angka kemanan atau biaya lain-lain untuk mengantisipasi biaya tak terduga saat pelaksanaan.

Penjelasan lengkap mengenai perhitungan atap bisa dilihat pada artikel yang secara khusus membahasnya disini. Jadi berdasarkan uraian diatas maka dapat kita buat sebuah rumus sederhana dalam menghitung biaya pekerjaan atap baja ringan.

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan  = (luas atap dengan satuan m2  x harga baja ringan per m2) + (luas atap dalam satutan m2 x harga penutup atap per m2).

 

Contoh perhitungan biaya atap baja ringan

suwarno : Ass wr.wb Pak saya mau tanya kalau ukuran 3,8 m X 12 m kira2 habis berapa biayanya, karena yang lama memakai kayu akan saya ganti dengan Atap baja ringan terima kasih Wass wr.wb.

Jawab : Untuk menghitung luas atap rumah tersebut kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana bentuk model atapnya, dan karena  dalam pertanyaan tersebut tidak ada penjelasan maka kita coba buat gambar atap sederhana terlebih dahulu.

cara menghitung luas atap

cara menghitung luas atap

Luas atap = 2 x 12 m x 3 m = 72 m2

dan data-data untuk menghitung kita dapatkan sebagai berikut.

  1. Harga rangka atap baja ringan per m2 = Rp.
  2. Harga finishing atap genteng per m2 = Rp.
  3. Luas atap dari perhitungan diatas adalah 72 m2

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan = (72 m2 x Rp.150.000,00 ) + ( 72 m2 x Rp.50.000,00 )

Jadi total biaya pekerjaan atap baja ringan adalah Rp.10.800.000,00 + Rp.3.600.000,00 = Rp.14.400.000,00.

 

Begitulah tutorial sederhana cara menghitung biaya atap baja ringan yang dapat digunakan dalam mempersiapkan biaya bangun rumah, Bagi kontraktor menggunakan perhitungan secara detail dan teliti dengan sistem analisa harga satuan pekerjaan atap baja ringan sehingga dapat diperkirakan secara tepat dan dapat diketahui jumlah batang baja yang dibutuhkan. bagi yang hendak koreksi atau menambahkan bisa dimasukan dibawah :-)

  1. ilmusipil.com Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  2. ilmusipil.com Alumunium foil atap baja ringan
  3. ilmusipil.com atap baja ringan bentang lebar
  4. ilmusipil.com rangka atap masjid dengan struktur baja ringan
  5. ilmusipil.com Baja Ringan Carport dan Kanopi
  6. ilmusipil.com Membeli Material Baja Ringan Batangan
  7. ilmusipil.com tumpuan sendi roll pada atap baja ringan
  8. ilmusipil.com Self Driling Screw Baja Ringan
  9. ilmusipil.com baja ringan tidak ramah lingkungan
  10. ilmusipil.com Baja Ringan Mix
  11. ilmusipil.com download software atap baja ringan
  12. ilmusipil.com design rumah Baja Ringan
  13. ilmusipil.com Ragam Atap Baja Ringan
  14. ilmusipil.com Rangka atap baja ringan
  15. ilmusipil.com Rangka Atap Baja Ringan di Ekspose
  16. ilmusipil.com Sejarah Baja dan Baja Ringan
  17. ilmusipil.com Perbandingan Kayu dan Baja Ringan
  18. ilmusipil.com Menghindari Gagal Struktur pada Baja Ringan

60 Comments

Add a Comment
  1. MBG Construction

    MELAYANI PEMBELIAN MATERIAL
    1. Rangka Atap Baja Ringan
    2. Hollo
    3. Gypsum / Board
    4. Screw

    MELAYANI PEMASANGAN & RENOVASI
    1. Rangka Atap Baja Ringan
    2. Plafon
    3. Partisi
    4. Kusen Aluminium
    5. Pagar & Canopy
    6. Bangun & Renovasi Rumah

    Office :
    Gebang Malang, Tarik – Sidoarjo
    Simpati : 081230255301
    Mentari : 081515667992

  2. kaso baja ringan 1meter persegi mampu menampung berapa kilogram ? yang sudah diberi angka keamanan ?

  3. pak saya mau ganti atap rumah lama saya dengan galvanis ukuran rumah nya 15 x 11 kira2 brp total harga beserta jasa pemasangan nya …………tapi rumah apakah masi bisa dihuni kalo malam harinya thank……………….

    1. Pak rumah saya ukuran 9 X 12 kalau pakai galvanis kira 2 berapa total biaya dengan biaya pemasangannya

  4. itu rumus mencari luas atap….angka 2 itu datangnya dari mana?????rumus persegi kan cuma panjang kali lebar mas..??????jelasin dong masss…

    1. coba bantu, 2 datang dari penambahan luas atap sisi kiri dan sisi kanan.

      jadi bisa dihitung juga 3×12 luas atap sisi kiri ditambah 3×12 luas atap bagian kanan = 36 +36 =72.

      semoga bener yah… :D

  5. pak mau tanya rumah saya lebar (ke samping) 9m, panjang (ke blakang) 10m (rumah 9m x 10m) kira2 hbs brapa biaya pak klau atapny sy gnti baja ringan dg kndisi hrga taun ini..trimakash (linda)

  6. pak saya mau nanya kalo tipe 6×6 kira2 habis uang brp kalo mau pake atap baja ringan…thankyou

  7. pak
    saya mau masang baja ringan,, dengan bentuk atap limas,,
    panjang 10 m, lebar 9 meter
    tinggi bangunan 6 meter…
    atap nya spandex..
    kira2 butuh biaya berapa pak???

    mohon di balas

  8. pak,saya mau tanya ukuran rumah yang sy bikin panjang depan 9m,lebar 8m,dan panjang bagian belakang 12m,rumah sy modelnya panjang kesamping ada model L disamping.berapa kira2 biayanya dengan model atap limas atau minimalis ?trmksh

  9. Assalamua’laikum..
    Pak aku blh tau ndak,apa untung dan ruginya antara atap baja ringan berbhn zinc alumunium dan bhn galvanis..jika dilihat dr segi Harga,Kekuatan,kenyamanan,dan tahan lama bahan…Mana lbh baik..????
    Dan kira2 apakah ada cabang dr pabrikan anda di Jkt..please email nya ku tggu.
    thanks

  10. pak saya mau menanyakan kalo ukuran 12m x 7m diperlukan berapa batang dan reng serta kalkulasi perencanaan biayanya.

  11. Saya mau bertanya pak, jika rumh saya bangunan 36 perkiraan luas atapnya berapa Чα”̮?karena saya mau mengganti kuda2 atap saya dengan baja ringan, jika berkenan bolehkah dihitungkan biaya yang saya butuhkan untuk pergantian dari kayu ke baja ringan ?
    Terima kasih

  12. pa mau tanya< klo untuk uk rumah 3.5 x 8.5 m dengan bentuk atap pelana< klo memakai rangka atp baja ringan biayanya berapa ya?

  13. pak sya pnya rmah dngan luas 100m2, sy mw pakai baja ringan dngan oversteck 30 derajat, kira2 btuh biaya brpa y, dan harga permeter barang + tenaga brap y, klw sya pakai bja ringan 0,75.

  14. saya coba bantu untuk yg di atas saya :
    luas rumah 100m2.
    luas atap sudut 30* = 115,47 m2
    harga baja ringan terpasang / m2 = 125-135 rb
    Harga total untuk rumah bapak = 115,47 m2 x 130rb = Rp. 15.000.000,-

    bila kurang jelas bisa email ke anginbay@gmail.com

  15. selamat siang pa,ilmu anda sungguh bnyk sekali yg bermanfaat pa,semoga anda sukses selalu…pa maaf ikutan promosi yah pa…www.downloadsoftwarebajaringan.com

  16. pak saya mau tanya rumah saya lebar 5 meter panjang 4 meter tipe 21 rumah btn kalau mau ganti pake baja ringan kira2 abis berapa ya pak, terima kasih sebelumnya atas bantuan nya. tolong di email ya pak bantuan nya hendrababa2@gmail.com

  17. dear bapak

    saya mau tanya mengenai berapa meter total kebutuhan rangka atap dengan ukuran rumah saya sebagai berikut: lebar 9 m panjang 14m. tinggi kuda-kuda 3 meter.mau saya bentuk limas pak.mohon di berikan jawaban ya pak.terima kasih

  18. dapat dari mana angka 3 tuh. kan contohnya 3.8 x 12.

    kami bantu ya. . .
    jika ukuran rumah 3.8 x 12 maka luasan rumah 3.8×12=45.6
    luasan atap adalah luas rumah / cos(kemiringan atap berapa derajat)
    cotoh di atas misal kemiringan 30 derajat maka:
    45.6/cos30* = 52.65
    tinggal di kalikan aja harga atapnya.
    eit. . . itu belum termasuk teras keliling ya kalau dalam bhs jawa di sebut empyak. tinggal di lebihkan aja mau berapa cm itu terasnya.
    untuk pembuktian hub kami.
    semoga bisa membantu.

    1. to ibu miftah.
      lain lagi karna yg di pakai bukan kemiringan derajat tapi yg di minta ketinggian. maka menghitungnya pakai teori phytagorash.
      dari ukuran lebarnya.
      jadi. . . setengah dari 9 = 4.5
      akar dari (4.5×4.5) + (3×3) dikali 2 lagi
      hasilnya 10.8 x panjang 14 =151,2 itulah hasilnya
      berarti sudut kemiringanya 34 derajat.
      demikian.
      by anandatriyono@gmail.com

      1. dear bapak triyono

        maaf pak.salah tulis. yg benar adalah lebar 7m panjang 14m.rencana tinggi kuda-kuda 3 meter pak. dan yg depan saya bentuk limas. yg belakang biasa/segi tiga itu lo pak entah naanya apa,dengan kemiringan kuda-kuda 34 derajat itu sudah ideal belum pak?.tinggi tembok dinding saya top atas 4m.

  19. Siang Pak, Saya mau nanya dibutuhkan biaya brp ya mengganti atap kayu dgn baja ringan utk ukuran rmh 7×14 tapi carport yg tertutup canopy full d terasnya? trmksh

  20. saya mau perbaiki atap rumah 9 X 9 m sisi belakang trapezium sisi depan segi tiga kemiringan 45*, krn biaya terbatas mohon informasi perbandingan antara biaya rangka atap baja ringan dengan atap rangka kayu mana yang lebih murah ?

  21. Saya mau tanya apakah rangka baja mampu menopang genteng, kalau ukura 9 x 8 m berapa biayanya dan apakah melayani pemasangan di Bogor, saya ingin kemiringan yg ideal. Bentuk atap menyrupai Limas, terima kasih

  22. Aslm..

    Bagi Anda yang sedang membangun rumah, kantor, dsb….
    Kami menawarkan jasa untuk pemasangan Plafon Gypsum, list profil, dan atau Dinding Partisi.
    Harga penawaran, termasuk bahan material (rangka hollow+ papan gipsum)+ ongkos pasang (belum termasuk pengecatan).
    mulai Rp. 75.000, /m2 – ( untuk flat/rata).
    Menyesuaikan bahan material, lokasi yang akan di pasang.

    Bermodal pengalaman 9 thn di bidang ini, telah banyak mengerjakan berbagai model.
    wilayah Bandung dan sekitarnya.
    Minat dan keterangan lengkap, hubungi:
    Kasiman.
    0878 2152 0556/ 0812 2002 6656.

    trims, bang sipil.
    wslm.

  23. pak saya mau tanya. saya mau buat toko ukuran 4 x 5 m, untuk atap saya mau buat datar aja, kira kira biaya untuk atap baja ringan habis berapa?? trims

  24. slmt mlm mas mohon di hitungkan brp total biaya atap baja ringan + genteng klo rumah ukuran 7 m x 18 m bentuk atap limas.trimakasih mas ditunggu balasanya

    1. Toko ABADI JAYA
      pemasangan bajaringan c 75 harga 110 rb/m2
      plafon gypsum + rangka hollow galvalum harga mulai 65 rb/ m2
      partisi ruangan + MS harga mulai 110 rb/m2
      melayani wilayah solo dan sekitarnya
      hub budi tedjo 081329256847 / 083866468819

  25. Ass..
    Maaf pak,saya mau minta tlong pak hitungkan dana yang di perlukan unk bangun arap kerangka baja rigan tersbt.
    Saya bgun unk dapur pak,dan pnjang 4m,lebar 8m jadi luas 32m pak,dan mgnggunakan atap limas pak. Tlg hitungkan biaya uang perlu sya kluarkan dgn rincian diatas td pak,karena dana saya terbatas pak. Saya mohon minta tlg hitungkan pak. Dan mnta tlg kirim jwbn ke email sya pak di irvandibilu@gmail.com
    Terimakasih pak.

  26. Assalamualaikum
    Kami mau mengganti atap masjid yang semula menggunakan kayu menjadi baja ringan bangunan masjid panjang 20m dan lebar 10, mohon dihitungkan berapa biaya total rangka baja ringan dengan atapnya. jawabannya mohon di email pak ya.
    Terima kasih

    1. untuk harga terupdate rangka baja ringan boleh kunjungi kami pak Sanusi : tokobesibaja.com

  27. a,s wr,wb,.
    pak pertanya,an saya jika rumah 10×14 mw di bikin limas kira kira cara menghitung volume nya bgy mana yaa, karna yg saya tau hanya bentuk bubungan dan pelana, tolong bantuan nya pak, ??

  28. pak tukang masang rangka atap baja ringan na uda ada belum, saya seorang pemasang atap baja ringan, saya sdah 2 Thun kerja di pemasangan baja ringan klw bapak ada lowongan qu mau pak jadi tukang na?

  29. Trims Infonya Gan….; Buat yang membutuhkan rangka atap baja ringan dengan harga yang ringan kunjungi website kami : tokobesibaja.com , dapatkan pula harga terupdate material bangunan berbahan besi dan baja lainnya…

  30. pak saya mau gnti atap rumah saya dengan atap baja ringan,ukuran rumah 6x8bentuk atap pelana kuda,kira-kira berapa biayanya? mksh sblmnya

  31. Sy tkang atap baja ringan jg tkg plafon gipsum.bagi bpk yang mmbtyhkn jasa kami,kami siap mmbantu mngerjakan skaligus menghtung kbthan matrialnya.km biasa dgn sistem upah borongan 15rb/m.hub 085733464853

    1. pak rumah saya mau ganti atap baja ringan ukuran rumah 10×12 = 120 meter 2 (rumah type 21 BTN 2 buah) habis berapa rupiah yg harus aku siapkan dananya?? tlg emailkan ke email aku pak Syaifularif28@yahoo.com trms pak

  32. ass..sy mohon penjelasan klo sy mau ganti atap baja ringan ukuran 3 X 5 kemiringan 30 bentuknya miring nempel tembok (ni tuk gudang) jg gentheng(yg perlembar)sama plafonnya,kira2 habis berapa ya,makasih,sy tunggu jwbannya via email..

  33. SPYROtruss

    TERPASANG ATAU BATANGAN

    SPYROtruss adalah rangka atap metal yang terbuat baja ringan anti karat berkualitas timggi dan telah mendapatkan sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia).
    Dengan menggunakan bahan baku 55% Alumunium,G 550,manjadikan SPYROtruss lebih kuat dan tahan terhadap karat.
    Dipadu dengan design khusus pada bagian flens dan web,SPYROtruss mampunyai kemampuan lentur yang lebih baik sehingga lebih ekonomis dan efisien.
    Jarak antara kuda-kuda mampu mencapai 1,5M dan telah teruji dengan standar Industri Indonesia di PUSLITBANGKIM Bandung.

    http://mastertruss-spyro.blogspot.com

  34. jasa bangunan merima renovasi rumah sampai bangunan baru untuk informasi selajutnya bisa,021,86611742,021,85575897, 08121856354, terima kasi

  35. ass… kum. pak saya mau tanya untuk ukuran rumah 8×12 berapa total biaya pemasangan atap baja ringan, tolong rincikan cara perhitungannya pak terima kasih

  36. Pak, saya mau membangun rumah dengan luas 153 m2. berapa biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan baja ringan? trima kasih

  37. pak .. kalau rumah ukuran 7×12 tambah L 3×4 kira” material baja ringan + pasangnya kira” habis berapa pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014 IlmuSipil.com