Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara menghitung biaya atap baja ringan

Satu lagi sebuah tutorial rahasia dipersambahkan kepada masyarakat ilmusipil.com diseluruh indonesia maupun dunia dengan tema cara menghitung biaya atap baja ringan, ya.. kita bahas judul ini karena dengan banyaknya pekerjaan atap yang lebih memilih baja ringan maka tak jarang  pemilik rumah kebingungan dalam memperkirakan berapa total biaya yang dibutuhkan sehingga dapat menyiapkan dana dalam jumlah yang tepat, sementara bertanya langsung kepada kontraktor baja ringan bisa jadi merupakan suatu pantangan karena mungkin ada ketakutan apabila harga borongan justru dinaikan karena kita dianggap tidak mengerti sehingga mudah untuk dibohongi,

 

Cara menghitung biaya atap baja ringan

Secara umum urutan dalam menghitung biaya pekerjaan atap bisa dihitung dengan urutan sebagai berikut:

  1. Membuat data atap yang mau dibangun, bisa dalam bentuk gambar sketsa sehingga bisa diketahui bentuk dan ukuran bidang atap yang mau dihitung.
  2. Menghitung luas atap dalam satuan m2 bangunan, rumusnya memakai perhitungan matematika sederhana seperti luas persegi panjang, luas segitiga, luas trapesium dan bidang lain sesuai bentuk atap.
  3. Mencari harga per m2 pekerjaan rangka atap baja ringan, dan harga per m2 pekerjaan finishing atap diatasnya seperti genteng, asbes gelombang dan sejenisnya.
  4. Mengalikan luas atap dengan harga per m2 baja ringan sehingga ketemu biaya total yang dibutuhkan.
  5. Menambahkanya dengan angka kemanan atau biaya lain-lain untuk mengantisipasi biaya tak terduga saat pelaksanaan.

Penjelasan lengkap mengenai perhitungan atap bisa dilihat pada artikel yang secara khusus membahasnya disini. Jadi berdasarkan uraian diatas maka dapat kita buat sebuah rumus sederhana dalam menghitung biaya pekerjaan atap baja ringan.

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan  = (luas atap dengan satuan m2  x harga baja ringan per m2) + (luas atap dalam satutan m2 x harga penutup atap per m2).

 

Contoh perhitungan biaya atap baja ringan

suwarno : Ass wr.wb Pak saya mau tanya kalau ukuran 3,8 m X 12 m kira2 habis berapa biayanya, karena yang lama memakai kayu akan saya ganti dengan Atap baja ringan terima kasih Wass wr.wb.

Jawab : Untuk menghitung luas atap rumah tersebut kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana bentuk model atapnya, dan karena  dalam pertanyaan tersebut tidak ada penjelasan maka kita coba buat gambar atap sederhana terlebih dahulu.

cara menghitung luas atap

cara menghitung luas atap

Luas atap = 2 x 12 m x 3 m = 72 m2

dan data-data untuk menghitung kita dapatkan sebagai berikut.

  1. Harga rangka atap baja ringan per m2 = Rp.
  2. Harga finishing atap genteng per m2 = Rp.
  3. Luas atap dari perhitungan diatas adalah 72 m2

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan = (72 m2 x Rp.150.000,00 ) + ( 72 m2 x Rp.50.000,00 )

Jadi total biaya pekerjaan atap baja ringan adalah Rp.10.800.000,00 + Rp.3.600.000,00 = Rp.14.400.000,00.

Dari biaya tersebut maka kita dapat memutuskan apakah mau menggunakan baja ringan atau tidak, beberapa pertimbangan baik buruk lainya bisa dibaca pada artikel macam-macam kekurangan dan kelebihan atap baja ringan

 

Begitulah tutorial sederhana cara menghitung biaya atap baja ringan yang dapat digunakan dalam mempersiapkan biaya bangun rumah, Bagi kontraktor menggunakan perhitungan secara detail dan teliti dengan sistem analisa harga satuan pekerjaan atap baja ringan sehingga dapat diperkirakan secara tepat dan dapat diketahui jumlah batang baja yang dibutuhkan. bagi yang hendak koreksi atau menambahkan bisa dimasukan dibawah :-)

ilmu sipil
  1. design rumah Baja Ringan
  2. Alumunium foil atap baja ringan
  3. Membeli Material Baja Ringan Batangan
  4. Sejarah Baja dan Baja Ringan
  5. Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  6. Self Driling Screw Baja Ringan
  7. Kanopi baja ringan untuk rumah minimalis
  8. atap baja ringan bentang lebar
  9. Rangka atap baja ringan
  10. tumpuan sendi roll pada atap baja ringan
  11. Rangka Atap Baja Ringan di Ekspose
  12. Menghindari Gagal Struktur pada Baja Ringan
  13. rangka atap masjid dengan struktur baja ringan
  14. Perbandingan Kayu dan Baja Ringan
  15. Baja Ringan Mix
  16. Baja Ringan Carport dan Kanopi
  17. download software atap baja ringan
  18. Mengganti Konstruksi Atap Kayu dengan Baja Ringan
  19. Cara menghitung biaya atap baja ringan

139 Komentar

  • MBG Construction says:

    MBG Construction

    MELAYANI PEMBELIAN MATERIAL
    1. Rangka Atap Baja Ringan
    2. Hollo
    3. Gypsum / Board
    4. Screw

    MELAYANI PEMASANGAN & RENOVASI
    1. Rangka Atap Baja Ringan
    2. Plafon
    3. Partisi
    4. Kusen Aluminium
    5. Pagar & Canopy
    6. Bangun & Renovasi Rumah

    Office :
    Gebang Malang, Tarik – Sidoarjo
    Simpati : 081230255301
    Mentari : 081515667992

  • candra says:

    kaso baja ringan 1meter persegi mampu menampung berapa kilogram ? yang sudah diberi angka keamanan ?

  • muntaalsaja says:

    tlg pak di emailkan ke email saya muntaalsaja@gmail.com ,,, berapa rupiah untuk rangka atap ukuran rumah saya 6 x 9 meter .. trms pak

  • tjandra says:

    pak saya mau ganti atap rumah lama saya dengan galvanis ukuran rumah nya 15 x 11 kira2 brp total harga beserta jasa pemasangan nya …………tapi rumah apakah masi bisa dihuni kalo malam harinya thank……………….

  • eki says:

    itu rumus mencari luas atap….angka 2 itu datangnya dari mana?????rumus persegi kan cuma panjang kali lebar mas..??????jelasin dong masss…

    • purwo.com says:

      coba bantu, 2 datang dari penambahan luas atap sisi kiri dan sisi kanan.

      jadi bisa dihitung juga 3×12 luas atap sisi kiri ditambah 3×12 luas atap bagian kanan = 36 +36 =72.

      semoga bener yah… :D

  • Riandra Ramadan says:

    pak…. saya mau tanya luas yang di pakai luas jajarangenjang kan……?

  • linda says:

    pak mau tanya rumah saya lebar (ke samping) 9m, panjang (ke blakang) 10m (rumah 9m x 10m) kira2 hbs brapa biaya pak klau atapny sy gnti baja ringan dg kndisi hrga taun ini..trimakash (linda)

  • didi says:

    pak saya mau nanya kalo tipe 6×6 kira2 habis uang brp kalo mau pake atap baja ringan…thankyou

  • rio agusman says:

    pak
    saya mau masang baja ringan,, dengan bentuk atap limas,,
    panjang 10 m, lebar 9 meter
    tinggi bangunan 6 meter…
    atap nya spandex..
    kira2 butuh biaya berapa pak???

    mohon di balas

  • budi waryono says:

    pak,saya mau tanya ukuran rumah yang sy bikin panjang depan 9m,lebar 8m,dan panjang bagian belakang 12m,rumah sy modelnya panjang kesamping ada model L disamping.berapa kira2 biayanya dengan model atap limas atau minimalis ?trmksh

  • candra w says:

    Assalamua’laikum..
    Pak aku blh tau ndak,apa untung dan ruginya antara atap baja ringan berbhn zinc alumunium dan bhn galvanis..jika dilihat dr segi Harga,Kekuatan,kenyamanan,dan tahan lama bahan…Mana lbh baik..????
    Dan kira2 apakah ada cabang dr pabrikan anda di Jkt..please email nya ku tggu.
    thanks

  • Anonymous says:

    pak saya mau menanyakan kalo ukuran 12m x 7m diperlukan berapa batang dan reng serta kalkulasi perencanaan biayanya.

  • kalo ukuran bangunan 6m x 15 m tinggi 40 derajat berapa batang reng yg dibutuhkan.

  • ester says:

    Saya mau bertanya pak, jika rumh saya bangunan 36 perkiraan luas atapnya berapa Чα”̮?karena saya mau mengganti kuda2 atap saya dengan baja ringan, jika berkenan bolehkah dihitungkan biaya yang saya butuhkan untuk pergantian dari kayu ke baja ringan ?
    Terima kasih

  • andri says:

    pa mau tanya< klo untuk uk rumah 3.5 x 8.5 m dengan bentuk atap pelana< klo memakai rangka atp baja ringan biayanya berapa ya?

  • Anonymous says:

    pak sya pnya rmah dngan luas 100m2, sy mw pakai baja ringan dngan oversteck 30 derajat, kira2 btuh biaya brpa y, dan harga permeter barang + tenaga brap y, klw sya pakai bja ringan 0,75.

  • Ichsam Albert says:

    pak sy punya rumah ukuran 12 x15 berapa batang yg sy harus siapkan..

  • Ichsam Albert says:

    pak sy punya rumah ukuran 12 x15 berapa batang yg sy harus siapkan..

  • B Yog says:

    saya coba bantu untuk yg di atas saya :
    luas rumah 100m2.
    luas atap sudut 30* = 115,47 m2
    harga baja ringan terpasang / m2 = 125-135 rb
    Harga total untuk rumah bapak = 115,47 m2 x 130rb = Rp. 15.000.000,-

    bila kurang jelas bisa email ke anginbay@gmail.com

  • dani says:

    selamat siang pa,ilmu anda sungguh bnyk sekali yg bermanfaat pa,semoga anda sukses selalu…pa maaf ikutan promosi yah pa…www.downloadsoftwarebajaringan.com

  • hendra says:

    pak saya mau tanya rumah saya lebar 5 meter panjang 4 meter tipe 21 rumah btn kalau mau ganti pake baja ringan kira2 abis berapa ya pak, terima kasih sebelumnya atas bantuan nya. tolong di email ya pak bantuan nya hendrababa2@gmail.com

  • jumadi says:

    nice info

    n numpang iklan ” bagi yang mau pasang baja ringan wilayah tangerang bisa hubungi saya”
    kunjungi http://www.suksesberkahmulia.wordpress.com
    TQ

  • miftah says:

    dear bapak

    saya mau tanya mengenai berapa meter total kebutuhan rangka atap dengan ukuran rumah saya sebagai berikut: lebar 9 m panjang 14m. tinggi kuda-kuda 3 meter.mau saya bentuk limas pak.mohon di berikan jawaban ya pak.terima kasih

  • triyono sangata says:

    dapat dari mana angka 3 tuh. kan contohnya 3.8 x 12.

    kami bantu ya. . .
    jika ukuran rumah 3.8 x 12 maka luasan rumah 3.8×12=45.6
    luasan atap adalah luas rumah / cos(kemiringan atap berapa derajat)
    cotoh di atas misal kemiringan 30 derajat maka:
    45.6/cos30* = 52.65
    tinggal di kalikan aja harga atapnya.
    eit. . . itu belum termasuk teras keliling ya kalau dalam bhs jawa di sebut empyak. tinggal di lebihkan aja mau berapa cm itu terasnya.
    untuk pembuktian hub kami.
    semoga bisa membantu.

    • triyono sangata says:

      to ibu miftah.
      lain lagi karna yg di pakai bukan kemiringan derajat tapi yg di minta ketinggian. maka menghitungnya pakai teori phytagorash.
      dari ukuran lebarnya.
      jadi. . . setengah dari 9 = 4.5
      akar dari (4.5×4.5) + (3×3) dikali 2 lagi
      hasilnya 10.8 x panjang 14 =151,2 itulah hasilnya
      berarti sudut kemiringanya 34 derajat.
      demikian.
      by anandatriyono@gmail.com

      • miftah says:

        dear bapak triyono

        maaf pak.salah tulis. yg benar adalah lebar 7m panjang 14m.rencana tinggi kuda-kuda 3 meter pak. dan yg depan saya bentuk limas. yg belakang biasa/segi tiga itu lo pak entah naanya apa,dengan kemiringan kuda-kuda 34 derajat itu sudah ideal belum pak?.tinggi tembok dinding saya top atas 4m.

  • ITA says:

    Siang Pak, Saya mau nanya dibutuhkan biaya brp ya mengganti atap kayu dgn baja ringan utk ukuran rmh 7×14 tapi carport yg tertutup canopy full d terasnya? trmksh

    • syamsi says:

      untuk ukuran 7×14 full biaya tergantung model, kalau untuk standart nya anggaran nya mencapai 6 sampai 7,5 jta ibuk, itu untuk terima bersih. belum termasuk genteng. untuk info lbh lanjut bisa langsung menghubungi sdaya di nmer telfon 087809784460

      terimakasih

  • fajar anugrah says:

    saya mau perbaiki atap rumah 9 X 9 m sisi belakang trapezium sisi depan segi tiga kemiringan 45*, krn biaya terbatas mohon informasi perbandingan antara biaya rangka atap baja ringan dengan atap rangka kayu mana yang lebih murah ?

  • Barahima Abbas says:

    Saya mau tanya apakah rangka baja mampu menopang genteng, kalau ukura 9 x 8 m berapa biayanya dan apakah melayani pemasangan di Bogor, saya ingin kemiringan yg ideal. Bentuk atap menyrupai Limas, terima kasih

    • syamsi says:

      biaya nya untuk ukuran luas 72 m. mencapai 8/9 juta pak untuk info bsa menghubungi di nmer telfon 08780978460

      terimakasih

  • Alca says:

    Agan-agan untuk pemasangan rangka atap baja ringan boleh kontak kami wilayah bogor dan sekitarnya email aja di : alca_inovator@yahoo.com

  • kasiman says:

    Aslm..

    Bagi Anda yang sedang membangun rumah, kantor, dsb….
    Kami menawarkan jasa untuk pemasangan Plafon Gypsum, list profil, dan atau Dinding Partisi.
    Harga penawaran, termasuk bahan material (rangka hollow+ papan gipsum)+ ongkos pasang (belum termasuk pengecatan).
    mulai Rp. 75.000, /m2 – ( untuk flat/rata).
    Menyesuaikan bahan material, lokasi yang akan di pasang.

    Bermodal pengalaman 9 thn di bidang ini, telah banyak mengerjakan berbagai model.
    wilayah Bandung dan sekitarnya.
    Minat dan keterangan lengkap, hubungi:
    Kasiman.
    0878 2152 0556/ 0812 2002 6656.

    trims, bang sipil.
    wslm.

  • eko says:

    pak saya mau tanya. saya mau buat toko ukuran 4 x 5 m, untuk atap saya mau buat datar aja, kira kira biaya untuk atap baja ringan habis berapa?? trims

  • budhay says:

    slmt mlm mas mohon di hitungkan brp total biaya atap baja ringan + genteng klo rumah ukuran 7 m x 18 m bentuk atap limas.trimakasih mas ditunggu balasanya

    • tedjo says:

      Toko ABADI JAYA
      pemasangan bajaringan c 75 harga 110 rb/m2
      plafon gypsum + rangka hollow galvalum harga mulai 65 rb/ m2
      partisi ruangan + MS harga mulai 110 rb/m2
      melayani wilayah solo dan sekitarnya
      hub budi tedjo 081329256847 / 083866468819

  • irvandi says:

    Ass..
    Maaf pak,saya mau minta tlong pak hitungkan dana yang di perlukan unk bangun arap kerangka baja rigan tersbt.
    Saya bgun unk dapur pak,dan pnjang 4m,lebar 8m jadi luas 32m pak,dan mgnggunakan atap limas pak. Tlg hitungkan biaya uang perlu sya kluarkan dgn rincian diatas td pak,karena dana saya terbatas pak. Saya mohon minta tlg hitungkan pak. Dan mnta tlg kirim jwbn ke email sya pak di irvandibilu@gmail.com
    Terimakasih pak.

  • sanusi says:

    Assalamualaikum
    Kami mau mengganti atap masjid yang semula menggunakan kayu menjadi baja ringan bangunan masjid panjang 20m dan lebar 10, mohon dihitungkan berapa biaya total rangka baja ringan dengan atapnya. jawabannya mohon di email pak ya.
    Terima kasih

    • TokoBesiBaja.Com says:

      untuk harga terupdate rangka baja ringan boleh kunjungi kami pak Sanusi : tokobesibaja.com

  • muslimin says:

    a,s wr,wb,.
    pak pertanya,an saya jika rumah 10×14 mw di bikin limas kira kira cara menghitung volume nya bgy mana yaa, karna yg saya tau hanya bentuk bubungan dan pelana, tolong bantuan nya pak, ??

  • billy says:

    pak tukang masang rangka atap baja ringan na uda ada belum, saya seorang pemasang atap baja ringan, saya sdah 2 Thun kerja di pemasangan baja ringan klw bapak ada lowongan qu mau pak jadi tukang na?

  • TokoBesiBaja.Com says:

    Trims Infonya Gan….; Buat yang membutuhkan rangka atap baja ringan dengan harga yang ringan kunjungi website kami : tokobesibaja.com , dapatkan pula harga terupdate material bangunan berbahan besi dan baja lainnya…

  • sarjono says:

    pak saya mau gnti atap rumah saya dengan atap baja ringan,ukuran rumah 6x8bentuk atap pelana kuda,kira-kira berapa biayanya? mksh sblmnya

  • warto says:

    Sy tkang atap baja ringan jg tkg plafon gipsum.bagi bpk yang mmbtyhkn jasa kami,kami siap mmbantu mngerjakan skaligus menghtung kbthan matrialnya.km biasa dgn sistem upah borongan 15rb/m.hub 085733464853

    • rachmad syaiful arie says:

      pak rumah saya mau ganti atap baja ringan ukuran rumah 10×12 = 120 meter 2 (rumah type 21 BTN 2 buah) habis berapa rupiah yg harus aku siapkan dananya?? tlg emailkan ke email aku pak Syaifularif28@yahoo.com trms pak

  • Ary says:

    Aplikator rangka atap baja ringan murah silahkan kunjungi web kami http://www.besigalvalum.com dijamin murah dan berkualitas, kami juga melayani pemesanan seng galvalum. Untuk info lebih lanjut hub 087702772837

  • yayuk says:

    ass..sy mohon penjelasan klo sy mau ganti atap baja ringan ukuran 3 X 5 kemiringan 30 bentuknya miring nempel tembok (ni tuk gudang) jg gentheng(yg perlembar)sama plafonnya,kira2 habis berapa ya,makasih,sy tunggu jwbannya via email..

  • usman says:

    SPYROtruss

    TERPASANG ATAU BATANGAN

    SPYROtruss adalah rangka atap metal yang terbuat baja ringan anti karat berkualitas timggi dan telah mendapatkan sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia).
    Dengan menggunakan bahan baku 55% Alumunium,G 550,manjadikan SPYROtruss lebih kuat dan tahan terhadap karat.
    Dipadu dengan design khusus pada bagian flens dan web,SPYROtruss mampunyai kemampuan lentur yang lebih baik sehingga lebih ekonomis dan efisien.
    Jarak antara kuda-kuda mampu mencapai 1,5M dan telah teruji dengan standar Industri Indonesia di PUSLITBANGKIM Bandung.

    http://mastertruss-spyro.blogspot.com

  • Gendro Pujiyono says:

    jasa bangunan merima renovasi rumah sampai bangunan baru untuk informasi selajutnya bisa,021,86611742,021,85575897, 08121856354, terima kasi

  • romi says:

    ass… kum. pak saya mau tanya untuk ukuran rumah 8×12 berapa total biaya pemasangan atap baja ringan, tolong rincikan cara perhitungannya pak terima kasih

  • HAMAM HANS says:

    Pak, saya mau membangun rumah dengan luas 153 m2. berapa biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan baja ringan? trima kasih

    • deni says:

      153x125rb

      itu perkiraan harga atap baja ringan.. jika ingin jelas dan tepat harus d ukur langsung d lapangan,, poko utama hrus utamakan kwalitas nya,,

  • hery says:

    Terima kasih buat pak Admin dan sangat membantu untuk pemula seperti saya
    semoga sukses dan tetap berjaya :-)

    http://plafonsurabayamurah.blogspot.com

  • wahyu says:

    pak .. kalau rumah ukuran 7×12 tambah L 3×4 kira” material baja ringan + pasangnya kira” habis berapa pak?

  • deni says:

    jika anda butuh jasa atap baja ringan daerah jabotabek silahkan hubungi kami,, denisopandi70@gmail.com

    harga bisa nego.

  • Masni Rustam says:

    Saya mau mengatap bangunan ukuran 11 X 19,5. Pola atap trapesium empat sisi. Berapa total rangka dan atap baja yg diperlukan?

    • syamsi. says:

      sema bisa di sesuaikan di lapangan . tergantung permintaan konsumen.. kadang ad yan minta se minim mungkin pemakaian material nya . terimakasih untuk info bisa hubungi nmer 087809784460

  • semy says:

    kami siap untuk mengerjakan rangka atap baja ringan harga bisa di esuaikan dgn material. harga kami mula dari 110.000 / meter sampai dgn 140.000 / meter. untuk info lbih lanjut silahkan hubungi di nmer telfon 081210406558 / 087809784460 . selain atap kami juga di sipil mulai dari nol 0 sampai selesai. di utamakan daerah BSD KAMI HANYA MELIPUTI DAERAH jabotabek. terimakasih

  • erwan says:

    Pak, rumah saya 80M2 luasnya. klo luas atapnya saya kurang paham, belum pernah dihitung soalnya. Nah rencananya saya mau ganti material kayu dengan baja ringan dan sekalian saya juga mau ganti gentengnya, karena sudah banyak yang retak dan berlumut. Kira2 total dana yang saya harus persiapkan berapa ya? terima kasih.

    • syamsi says:

      pak, tanah nya berapa kali berapa ? untuk hitungan ofer nya bapak membutuhkan kanal C sebanyak 40 batang, reng nya di sesuaikan dgan gentengnya pak, untuk anggaran terima bersih nya kira kira 6.500.000 blm termasuk genteng nya pak. anggaran itu kalau untuk luas tanah 80m dgn ukuran ruma tipe 45

  • mahmudin says:

    tolong share gambar kerangka atap baja ringan dong buat referensi bikin rumah dengan atap baja

  • Ririn says:

    selamat siang,saya mau tanya kalau rumah ukuran 12mX12m kira” membutuhkan berapa batang reng dan membutuhkan dana berapa ya pak?

    terimakasih

    • bintang mahesa says:

      tergantung bentuk atap dan ting6i atap bu

      • bubun says:

        prinsipnya permeternya 3 jt/meter nya so… kalo ukuran 12×12=144×3.000.000=432.000.000
        idealnya seperti itu tapi tempet atau daerah sangat berpengaruh pada harga,,,, gitu aja sharingnya….

    • farisa truss says:

      saudara Ririn.
      Untuk ukuran rumah 12×12,volume Baja Ringan kira2 200m2.Pada umumnya Baja Ringan di jual terpasang yg artinya pembelian sudah berikut pemasangan.
      Kami dari Farisa Truss memberikan harga terpasang 115rb/m2. Dan untuk kebutuhan biaya rumah anda berarti 115000 x 200(volume rumah anda) = 23.000 000.
      Untuk lebih detailnya mohon hubungi 085 742 806 587. Trimakasih

    • mas dwipangga says:

      Ukuran rumah 12×12 = 144/cos30° = 166,2m” ini untuk atap pelana aja. Overstek belum.
      Jadi. 166,2 x 125rb (harga pasaran)= 20.780rb

  • bintang mahesa says:

    JASA PEMASANGAN RANGKA
    ATAP BAJA RINGAN

    1.Rangka Atap Baja Ringan
    +Genteng Metal Pasir 175rb /m2
    2.Kanopi Baja Ringan+Genteng
    Metal Pasir atu Spandek 200rb/
    m2

    Cp : Bintang mahesa
    No Hp : 085693632365
    Pin Bb : 74ba32bc
    Email : bintangmahesa17@yahoo.co.id

  • Basar Purtnomo says:

    DSengan hormat.
    Apakh besi bja ringan iu bisa untuk padukan dengan Atap Genting apakah hanya dengan atap Asbes saja ?
    Terima kasih, da saya tunggu balsanya segera.

    • farisa truss says:

      saudara Basar purtnomo.
      konstruksi Baja Ringan bukan hanya di peruntukan untuk asbes tapi juga sangat ideal dan kuat menyangga beban genteng biasa/genteng beton sekalipun tapi ada perhitungan2 tertentu dalam memasang Baja Ringan supaya tdk terjadi gagal struktur.Untuk berkonsultasi atau pemasangan anda bisa menghubungi kami farisa truss di 085 742 806 587 – 085 226 525 756. kami sudah berpengalaman selama 5 tahun.
      Terima kasih semoga bermanfaat

  • masdul says:

    Oke…tar dishare

    Ni alamat saya:
    Pemasangan atap bajaringan, Pelapon Gyvsum,
    Kanopi,Walfaper,Alumunius komposite (merk Alucoband,Seven,Mars),Truss =
    ket : harga keseluruhan masih penawaran ( NEGO )
    Info Lebih Lanjut :

    Hp : 081355521847 ( Masdul tjea )
    Email :masdul971@gmail,com

    Konsultasi dan survei lokasi GRATIS untuk Area Bone

    http://bajaringanbone.blogspot.com/2014/07/solusi-selain-kayu.html?m=1

  • fortune jaya makmur says:

    Terima kasih karena sudah membagi pengetahuan yang berkaitan dengan sipil dan bangunan, jika berkenan silahkan kunjungi web kami http://www.fortunejayamakmur.com.

  • ignatius yudha christiawan says:

    bisa pasang atap baja ringan di area bali dan sekitarnya

  • noviardi says:

    Pak, rumah saya ukuran 14 x 20 berapa anggaran baja ringan dan atap nya ( atap rencananya pake sakura roof 0,30) , trims..

    • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

      Klo baja ringanya belum ada yg kerjakan bapak bisa hubungi saya di nomer 082298535346/081519265335.trimakasih

  • farisa truss says:

    Pak Noviardi,
    Perhitungan pemasangan Baja Ringan bentangan semakin lebar otomatis semakin mahal (di karenakan penggunaan matrial juga semakin banyak).
    Kami Farisa Truss memberi harga standar 115rb/m2(untuk bentangan 10m ke bawah) dan 120rb/m2(untuk bentangan 10m keatas).
    Untuk ukuran rumah bapak 14 x 20 Volume Baja Ringan kurang lebih 396m2.Jadi perhitunganya 120.000 x 396 = 47.520.000.
    Genteng sakura roof harga terpasang 200.000,
    jadi 200.000 x 396 = 79.200.000.
    Untuk lebih detailnya bisa menghubungi kami di 085 742 806 587 – 085 226 525 756.
    bisa kirim email di farisatruss58@gmail.com
    demikian semoga bermanfaat

  • wira says:

    berapa biaya pemasangan atap baja ringan 230m2…trims

    • farisa truss says:

      saudara wira.
      untuk harga terpasang Baja Ringan dg volume 230m2 seperti yg bapak maksud.
      Dari kami farisa truss mencoba membantu bapak.
      Harga terpasang dari kami 140.000/m2.
      jadi : 230 X 140.000 = 32.200.000.
      kami di dukung tenaga ahli yg sudah berpengalaman.
      kalo bapak berminat menggunakan jasa kami mohon hubungi 085 742 806 587 – 085 226 525 756.
      Terima kasih semoga bermanfaat

  • wjr.bali says:

    berapa biaya pemasangan baja ringan seluas total 230m2…mohon dibantu cara perhitungannya…trims

    • farisa truss says:

      saudara wjr.bali.
      untuk harga terpasang Baja Ringan dengan volume 230 m2 seperti yg bapak maksud
      Dari kami farisa truss memberi hargA spesial 140.000/m2 terpasang
      Jadi : 230 X 140.000 = 32.200.000 sudah terpasang.
      kami dari farisa truss di dukung dg tenaga yg sudah ahli dan berpengalama..
      untuk konsultasi lebih lanjut anda bisa menghubungi di 085 742 806 587 – 085 226 525 756.
      Terima kasih dan semoga bermanfaat

  • Roman says:

    Pak untuk Pemasangan Baja ringan + atap serta Alumunium Foil, ukuran rumah 16m x 8,5m
    Berapa Biayanya, klo boleh tau berapa harga pasaran untuk Baja ringan Bluescope.

    thanks.

    • farisa truss says:

      saudara roman.
      Dengan luas rumah 16 X 8.5 maka volume Baja Ringan kurang lebih 176 m2.
      sesuai dg permintaan bapak yg menginginkan baja ringan keluaran bluescope dan di pasaran bermerk TASO maka harga terpasang 150.000/m2.
      Jadi : 176 X 150.000 = 26.400.000 terpasang.
      Kami dari farisa truss yg di dukung dg tenaga pemasangan yg sudah ahli dan profesional menawarkan diri untuk membantu bapak.
      Jika bapak berminat menggunakan jasa kami mohon hubungi di 085 742 806 587 – 085 226 525 756.

      Sedang untuk aluminium foil harga terpasang 40.000/m2.
      jadi : 176 X 40.000 = 7.040.000
      Total Baja Ringan + aluminium foil
      26.400.000 + 7.040.000 = 33.440.000.

      Demikian bapak, Terimakasih dan semoga bermanfaat

  • farisa truss says:

    saudara Basar purtnomo.
    konstruksi Baja Ringan bukan hanya di peruntukan untuk asbes tapi juga sangat ideal dan kuat menyangga beban genteng biasa/genteng beton sekalipun tapi ada perhitungan2 tertentu dalam memasang Baja Ringan supaya tdk terjadi gagal struktur.Untuk berkonsultasi atau pemasangan anda bisa menghubungi kami farisa truss di 085 742 806 587 – 085 226 525 756. kami sudah berpengalaman selama 5 tahun.
    Terima kasih semoga bermanfaat

  • farisa truss says:

    saudara wira.
    untuk harga terpasang Baja Ringan dg volume 230m2 seperti yg bapak maksud.
    Dari kami farisa truss mencoba membantu bapak.
    Harga terpasang dari kami 140.000/m2.
    jadi : 230 X 140.000 = 32.200.000.
    kami di dukung tenaga ahli yg sudah berpengalaman.
    kalo bapak berminat menggunakan jasa kami mohon hubungi 085 742 806 587 – 085 226 525 756.
    Terima kasih semoga bermanfaat

  • Rofika antoni says:

    Ijin share gan

    Bagi yang sedang membutuhkan jasa pembuatan kichen set,meja,lemari, kayu/multiplek lapis HPL,pemasangan wallpaper,pintu,dll. Silahkan hubungi kami di nomer 081908413834

    Terima kasih.
    https://rumahindahblog.wordpress.com

  • masdulue says:

    Makasih…tuk bone/sulsel:www.bajaringanbone.com/081355521847

  • toman says:

    Mohon bantuannya pak.
    Saya punya luas rumah 7.5m x 15.5 m Bentuk atap memanjang dari belakang arah ke depan (tidak ada bentuk kuda-kudanya. Dari rumus penghitungan biaya baja ringan terus terang saya kurang mengerti cara penghitunganya. Mohon di share pak berapa kira-kira biaya yang akan saya sediakan

    • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

      Untuk mendapatkan harga yg kompetitif dan mutu yg baik bisa hubungi saya di nomer 082298535346/081519265335.trimakasih

  • yanti sumiati says:

    mas/ pak mau tanya nih. ukuran rumah saya type 36 dgn luas tanah 90, atap nya mau saya ganti degan rangka baja ringan, brp banyak yg saya butuhkan rangka baja nya, dan brp kira kira harga rangka baja untuk type rmh saya, mohon bantuan nya. trims

    • Syamsi Dukha Abada says:

      Untuk di daerah mana buk?

      Luas bangunan nya berapa buk ?
      082320036077 mungkin saya bisa menghitungnya buk. Kalau bisa gambar rumah nya bisa di kirim via email syamsidukhaabadah@gmail.com / pin 7dadf0f6 / whatshapp di nmer di atas. Terimakasih.
      Alamat kami di pamulang

  • nirwati says:

    Mohon bantuana,ukuran rumah saya pj 10 lbr 8,5 brpakah biaya baja ringan plus atap multiroof,total biaya yg hrus sy keluarkan?

    • Syamsi Dukha Abada says:

      Anda ada keluhan di dalam rumah anda?

      Kami siap mengatasinya. Mulai dari atap baja ringan,plafon,pintu almunium, kanopi dll.
      Bisa hubungi saya di line telfon 082320036077/ langsung kunjungi kami di work shop. Alamat jl.siliwangi raya.pamulang,tanggerang selatan.
      Tepatnya di toko MATRIAL YAA KAFII.
      Anda juga bisa menghitung keperluan atap baja ringan anda. Dgn rumus
      P x LE x 1,130 = luas atapa nya(untuk kemiringan 30 drajat.
      ( LE + oper stek + oper stek ) x 0,30 =ketinggian.

      Untuk info bisa hybungi di nmer 082320036077/ whatsapp
      Pin 7dadf0f6

    • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

      Salam kenal bu..untuk lebih jelas dan lengkapnya ibu bisa hubungi 082298535346/081519265335.trimakasih

  • Syamsi Dukha Abada says:

    Harga pemasangan atap baja ringan /m² nya +foil =140.000.
    Menggunakan kanal / C ukuran 0,75
    Info bisa hubungi kami di line telfon 082320036077 pin 7dadf0f6

    Syamsi

  • tony chandra says:

    Rumah saya berukuran 3.7*20m untuk pemasangan baja ringan dan atap seng anti karat kena biaya berapa ya? harga sudah termasuk bahan. thks

    • Syamsi Dukha Abada says:

      220.000/m² pak. Untuk info bisa hubungi di nmer telfon 082320036077
      BB 7dadf0f6 syamsi

  • subeki says:

    pemasangan atap baja ringan kanal C dengan ketebalan 0,75 dan ongkos per meter 130

  • wuryanto says:

    jgn tergiur harga murah,karna mutu juga murahan,serta jarak antar kuda”itu terlalu jauh,riskan sekali,bl anda mau borongin atap hrs ada perjajian,jarak idial kuda”untuk genteng beton90cm,dan utuk genteng metal100cm

  • abdul basir says:

    mohon bantuanya pak,,saya mau bangun kandang ternak ayam dengan ukuran 6*60m,.,berapa total biaya seluruhny sama atapn,.,sekian matursuwun,/

    • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

      Salam pak yoga…untuk mendapatkan hasil yg lebih akurat dan berkualitas serta menguntungkan kedua belah pihak alangkah baiknya lokasi di survey langsung dan ngobrol santai tentang keinginan konsumen yg mendetil.sbb jika data kurang pas dan perhitunganya dimungkinkan mleset dii tengah jalan,maka tidak menutup kemungkinan pihak pemborong akan mlakukan tindakan yg kurang baik..dg mengurangi mutu pekerjaan dsb yg ujung2nya konsumenlah yg dirugikan.untuk keterangan lebih lanjut bapak bisa hubungi 082298535346/081519265335.trimakasih

    • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

      Salam pak,..biar lebih jelas dan lengkapya bapak bisa hubungi 082298535346/081519265335.trimakasih

  • yoga says:

    saya akan membuat rumah ukuran 8,5m x 9m, kira2 habis biaya untuk baja ringan berapa mas? dan kalau untuk pakai kayu habis berapa? tolong penjelasannya ya?

    • Syamsi Dukha Abada says:

      Kalau untuk memakai baja ringan + atap spandek 220.000/m x 72 m. Dgn kekuatan 10thn+ tanpa rayap,tanpa karat lebuh cepat pengerja anya.

      Kalau pakai kayu ,sekarang kayu /btg nya 130.000 panjang 4 meter.

      Ada kemu ngkinan biaya nya 30% lbih mahal kayu dari pada baja ringan.

      Syamsi D A. 082320036077

  • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

    Salam pak yoga…untuk mendapatkan hasil yg lebih akurat dan berkualitas serta menguntungkan kedua belah pihak alangkah baiknya lokasi di survey langsung dan ngobrol santai tentang keinginan konsumen yg mendetil.sbb jika data kurang pas dan perhitunganya dimungkinkan mleset dii tengah jalan,maka tidak menutup kemungkinan pihak pemborong akan mlakukan tindakan yg kurang baik..dg mengurangi mutu pekerjaan dsb yg ujung2nya konsumenlah yg dirugikan.untuk keterangan lebih lanjut bapak bisa hubungi 082298535346/081519265335.trimakasih

  • tunashubbiy tunas bilqisthi says:

    Salam pak,..biar lebih jelas dan lengkapya bapak bisa hubungi 082298535346/081519265335.trimakasih

  • Syamsi Dukha Abada says:

    Bahi yang ingin menghitung biaya atap baja ringan. Tolong di sertakan model atapnya, jangan hanya ukuran tanah /rumahnya saja. Karena beda model beda biaya nya.
    Untuk info lbh jelas bisa hubungi saya di

    Syamsidukhaabadah@gmail.com

    082320036077 / whatsapp

    7dadf0f6

    Atau bisa datang langsung ke workshop /toko kami di jalan siliwangi raya,samping pamulang square.
    Tepat nya di toko matrial YAA KAFI

  • Syamsi Dukha Abada says:

    Bagi anda yang mau memasang kerangka atap baja ringan,
    Hendaklah anda memberikan kepada orang yg bertempat tinggal pasto

  • yusroni says:

    sy berencana,pasang atap baja ringan dgn luas tanah 9X6 meter persegi,model kuda2,pakai genteng tanah liat,brp biayanya?

    • Syamsi Dukha Abada says:

      Luas bangunan nya berapa pak
      ?
      P x L x1,130.
      Itu untuk kmiringan 30ⁿ

      9x6x1,130= 61,02
      Itu luas atap nya pak

      Jalay untuk harganya tnggl d kalikan 61,02m x 140.000

      Blm sama genteng nya pak.

      Untuk info lbh lanjut.bpk bisa hubunfi kmi d nmer tlfon 082320036077 / atau datang langsung ke toko. Alamat nya Jl.siliwangi raya no 38 / toko matrial yaa kafi.
      Syamsi.

  • Andi aryandi says:

    Bila ada yg membthkn tenaga untuk pmsngan rangka atap baja ringan silahkan hbngi no 082120353653 atas nama andi.terimakasih

  • ayu says:

    Saya tertarik dgn atap baja ringan + Aplus Zink Roop warna hijau dan skrg sedang membangun rumah ukuran 12×10,5 dgn teras 2×3,5.. Kira2 brp biaya yg hrs disiapkan utk atap berbentuk limas.. Mohon bantuannya.. Terimakasih

    • syamsi says:

      Ibuk ilahkan hubungi saya di nmer telfon 082320036077 / pin 7dadf0f6 bisa via imail di syamsidukhaabadah@gmail.com dan bisa juga datang langsung ke workshop kai di Jl.siliwangi raya No.38
      Tepatnya di toko material UD.YAA KAFII syamsi

  • canopybagus says:

    Bermanfaat sekali. Kunjungi juga ya http://WWW.CANOPYBAGUS.COM untuk info seputar aneka canopy terlengkap

  • Syamsi Dukha Abadah says:

    Sekedar info bagi yg lagi mau melakukan pembangunan rumah DLL.
    Harga material (all item) sebentar lagi naik draktis
    Termasuk kerangka atap nya

  • abadiraya solution truss says:

    Kami berkecimpung di baja ringan mulai 2002 dib pruduk bluscopsteel .tenaga kami bersertifikat mungkin ada yang bisa kami bantu hubungi 085256869274′ 081946511294 alamat kami di madiun jatim! trims.

  • masdultea says:

    Tank Min…buat bone/sulsel 082292648510.jasa,aplikator,kontraktor & suffl

  • zen says:

    Maap pak mau tanya..
    Rumah saya ukuran 9 x 14 meter.
    Rambu nya 120 cm.
    Slama ini atap nya pake kayu.
    Tapi udah pd lapuk. Rencana mau pake jaaringaan..
    saya harua beli C berapa batang + beli reng berapa batang. ??
    Terima kasih ya pak..

  • ayurindo las says:

    JASA SPESIALIST MENGERJAKAN KONSTRUKSI, CANOPY, PAGAR BESI, ATAP BAJA RINGAN, TERALIS BALKON, TANGGA PUTAR, STAINLESS, ALUMUNIUM. DLL
    **HARGA PAKET HEMAT CANOPY MINIMALIS Rp. 350.000/m2**

    SPESIFIKASI HARGA
    CANOPY
    Canopy Minimalis
    Rp 350.000/m2 – Rp 485.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis 4×4/4×6/4×8/5×10, atap polycarbonate solite/X-Lite/Solarlite/Twinlite

    Canopy Lengkung
    Rp 350/m2 – Rp 450.000/m2
    Keterangan :
    Besi pipa bulat, atap polycarbonate X-ite/Solarlite/Twinlite

    Canopy Solartuff
    Rp 375.000/m2 – Rp 550.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis 4×4/4×6/4×8/5×10, atap Solartuff

    Canopy Zink Alum / Spandek
    Rp 350.000/m2 – Rp 550.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis 4×4/4×6/4×8/5×10, atap zink alum 0,35mm/0,45mm

    Canopy Kaca
    Rp 950.000/m2 – Rp 1.350.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis 4×4/4×6/4×8/5×10, atap kaca/tempered

    Canopy Stainless
    Rp 800.000/m2 – Rp 1.500.000/m2
    Keterangan :
    Stainless 4×4/4×6/4×8/5×5/5×10, atap polycarbonate Solite/X-Lite/Solarlite/Twinlite

    PAGAR
    Pagar Minimalis
    Rp 450.000/m2 – Rp 650.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis frame 4×4/4×6 (jarak 10cm-8cm)

    Pagar Minimalis
    Rp 450.000/m2 – Rp 850.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis frame 4×4/4×6 (jarak 7cm-5cm-4cm-3cm)

    Pagar Tempa
    Rp 550.000/m2 – Rp 900.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai tingkat kesulitan & ukuran besi

    Pagar Stainless
    Rp 750.000/m2 – Rp 1.50.000/m2
    Keterangan :
    Stainless frame 4×4/4×6/5×5 (jarak 10cm-8cm)

    Pagar Stainless
    Rp 950.000/m2 – Rp 1.250.000/m2
    Keterangan :
    Stainless frame 4×4/4×6/5×5 (jarak 7cm-5cm)

    Pagar Stainless
    Rp 1.250.000/m2 – Rp 1.650.000/m2
    Keterangan :
    Stainless frame 4×4/4×6/5×5 (jarak 4cm-3cm) + plat stainless

    BALKON
    Balkon Minimalis
    Rp 350.000/m2 – Rp 550.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis 2×4 frame 4×4/4×6 (jarak 10cm-3cm)

    Balkon Kaca
    Rp 600.000/m2 – Rp 900.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai ukuran besi & ukuran kaca

    Balkon Stainless
    Rp 875/m2 – Rp 1.450.000/m2
    Keterangan :
    Stainless frame 4×4/4×6/5×5 (jarak 10cm-3cm)

    RAILLING TANGGA
    Railling Tangga Minimalis
    Rp 450.000/m2 – Rp 950.000/m2
    Keterangan :
    Besi hollow galvanis 2×4 frame 4×4/4×6 (jarak 10cm-3cm)

    Railling Tangga Tempa
    Rp 600.000/m2 – Rp 1.500.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai tingkat kesulitan & ukuran besi

    Railling Tangga Kaca
    Rp 600.000/m2 – Rp 1.500.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai ukuran besi & ukuran kaca

    Railling Tangga Stainless
    Rp 800.000/m2 – Rp 1.500.000/m2
    Keterangan :
    Stainless frame 4×4/4×6/5×5 (jarak 10cm-3cm)

    TRALIS
    Tralis Minimalis
    Rp 250.000/m2 – Rp 500.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai tingkat kesulitan & ukuran besi

    Tralis Tempa
    Rp 350.000/m2 – Rp 575.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai tingkat kesulitan & ukuran besi

    LAIN – LAIN
    Tangga Putar
    Rp 3.000.000/set – Rp 4.000.000/set
    Keterangan :
    Harga sesuai ketebalan besi dan plat

    Tangga Rebah
    Rp 3.000.000/set – Rp 4.500.000/set
    Keterangan :
    Harga sesuai ketebalan besi dan plat

    Pintu Double/Pengaman
    Rp 800.000/set – Rp 1.500.000/set
    Keterangan :
    Harga sesuai tingkat kesulitan & ukuran besi ( +ram nyamuk/tanpa ram nyamuk )

    Folding Gate
    Rp 450.000/m2 – 650.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai ketebalan besi dan ketebalan plat

    Henderson
    Rp 750.000/m2 – Rp 1.000.000/m2
    Keterangan :
    Harga sesuai ketebalan besi dan ketebalan plat

    Survey dan pemesanan:
    1. Survey Lokasi untuk pemilihan model, Mengukuran
    dan pemilihan bahan
    2. Perhitungan Harga
    3. Jika menyetujui dari harga tersebut, membayar
    down payment sebesar 50%
    4. Proses pembuatan
    5. Pemasangan dan pengecekan
    6. Pelunasan pembayaran
    Kami memberikan layanan survey gratis untuk semua
    wilayah Tangerang selatan. Waktu survey dapat
    disesuaikan dengan jadwal anda, bisa setelah jam
    kerja maupun pada hari libur kerja (sabtu –
    minggu) maupun hari biasa.
    # Pamulang, Ciputat, Bintaro, BSD. dan sekitarnya!! JABOTABEK
    Ket Lebih Lanjut Hub: 0812-190-777-89

  • Risma says:

    Salam pak..
    saya punya ukuran rumah 10x 15 tipe 36 brpa biayanya klo pake model kuda2, and bentuknya segitiga.
    Melayani keluar kota seperti Bengkulu ga pak/ atw refrensi mungkin ada cabangnya terdekat…

  • SYAMSI d a says:

    jangan pernah tergiur dengan harga murah, baru saja saya mengerjakan komplainan bajaringan karena kuda kuda yang di oplos, dan tidak standart SNI. TERUTAMA BAGI YANG MENAWARKAN JASA TANPA ALAMAT YANG PASTI. SEKILAS PERINGATAN DARI KAMI UD.YAA KAFII JL.SILIWANGI RAYA NO.38

    serahkan keluhan anda kepada orang yang anda percaya dan bertanggung jawab

  • hindra alfath karuniawan says:

    JASA PEMASANGAN PARTISI GYPSUM,KUSEN ALMUNIUM,ATAP BAJA RINGAN
    Untuk lebih jelasnya bisa hubungi nomor ini :
    Cp.;Artha_barokah group
    No hp ; 08995287343
    Alamat ;cibeureum,kecamatan cimahi selatan BANDUNG
    KAMI MENGUTAMAKAN PELAYANAN YANG TERBAIK
    TERIMA KASIH

    • Silal2hi says:

      Kami dr BAY TRUSS
      Dari Medan.

      kami menerima pemesanan rang baja ringan ( kanal , Reng , Rabung , dan seng Zincalume ) dan Gypsun

      kami juga mempunyai pekerja yang mempunyai sertifikat

      kami juga menerima di luar Medan.

      Kontak person :
      082168034401
      087868531903
      Reply

    • Nurul hafijah says:

      Bay truss says :
      Kami dr BAY TRUSS
      Dari Medan.

      kami menerima pemesanan rang baja ringan ( kanal , Reng , Rabung , dan seng Zincalume ) dan Gypsun

      kami juga mempunyai pekerja yang mempunyai sertifikat

      kami juga menerima di luar Medan.

      Kontak person :
      082168034401
      087868531903

  • syamsi D A says:

    Buat para konsumen yg ingin pasang atap baja ringan, jangan sampai tergiur dgn harga murah.
    Karena harrga murah itu akan di main kan di materialnya. Sekarang banyak produksi baja ringan ilegal.
    Cari dan datangilahdistributor baja ringan yg tepat.
    0,75 dan 0,70 hampir tanpa beda.telitilah sa’at prmborong anda membeli barang/ datangi toko yg mengantar barang tersebut.

  • hadi says:

    Jasa pemasangan atap baja ringan. Silahkan hub. 085736226708. Untk wil. Blitar, tulungagung dan trenggalek. Domisili Tulungagung

Komentari

*
*