Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara menghitung biaya atap baja ringan

Satu lagi sebuah tutorial rahasia dipersambahkan kepada masyarakat ilmusipil.com diseluruh indonesia maupun dunia dengan tema cara menghitung biaya atap baja ringan, ya.. kita bahas judul ini karena dengan banyaknya pekerjaan atap yang lebih memilih baja ringan maka tak jarang  pemilik rumah kebingungan dalam memperkirakan berapa total biaya yang dibutuhkan sehingga dapat menyiapkan dana dalam jumlah yang tepat, sementara bertanya langsung kepada kontraktor baja ringan bisa jadi merupakan suatu pantangan karena mungkin ada ketakutan apabila harga borongan justru dinaikan karena kita dianggap tidak mengerti sehingga mudah untuk dibohongi,

 

Cara menghitung biaya atap baja ringan

Secara umum urutan dalam menghitung biaya pekerjaan atap bisa dihitung dengan urutan sebagai berikut:

  1. Membuat data atap yang mau dibangun, bisa dalam bentuk gambar sketsa sehingga bisa diketahui bentuk dan ukuran bidang atap yang mau dihitung.
  2. Menghitung luas atap dalam satuan m2 bangunan, rumusnya memakai perhitungan matematika sederhana seperti luas persegi panjang, luas segitiga, luas trapesium dan bidang lain sesuai bentuk atap.
  3. Mencari harga per m2 pekerjaan rangka atap baja ringan, dan harga per m2 pekerjaan finishing atap diatasnya seperti genteng, asbes gelombang dan sejenisnya.
  4. Mengalikan luas atap dengan harga per m2 baja ringan sehingga ketemu biaya total yang dibutuhkan.
  5. Menambahkanya dengan angka kemanan atau biaya lain-lain untuk mengantisipasi biaya tak terduga saat pelaksanaan.

Penjelasan lengkap mengenai perhitungan atap bisa dilihat pada artikel yang secara khusus membahasnya disini. Jadi berdasarkan uraian diatas maka dapat kita buat sebuah rumus sederhana dalam menghitung biaya pekerjaan atap baja ringan.

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan  = (luas atap dengan satuan m2  x harga baja ringan per m2) + (luas atap dalam satutan m2 x harga penutup atap per m2).

 

Contoh perhitungan biaya atap baja ringan

suwarno : Ass wr.wb Pak saya mau tanya kalau ukuran 3,8 m X 12 m kira2 habis berapa biayanya, karena yang lama memakai kayu akan saya ganti dengan Atap baja ringan terima kasih Wass wr.wb.

Jawab : Untuk menghitung luas atap rumah tersebut kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana bentuk model atapnya, dan karena  dalam pertanyaan tersebut tidak ada penjelasan maka kita coba buat gambar atap sederhana terlebih dahulu.

cara menghitung luas atap

cara menghitung luas atap

Luas atap = 2 x 12 m x 3 m = 72 m2

dan data-data untuk menghitung kita dapatkan sebagai berikut.

  1. Harga rangka atap baja ringan per m2 = Rp.
  2. Harga finishing atap genteng per m2 = Rp.
  3. Luas atap dari perhitungan diatas adalah 72 m2

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan = (72 m2 x Rp.150.000,00 ) + ( 72 m2 x Rp.50.000,00 )

Jadi total biaya pekerjaan atap baja ringan adalah Rp.10.800.000,00 + Rp.3.600.000,00 = Rp.14.400.000,00.

Dari biaya tersebut maka kita dapat memutuskan apakah mau menggunakan baja ringan atau tidak, beberapa pertimbangan baik buruk lainya bisa dibaca pada artikel macam-macam kekurangan dan kelebihan atap baja ringan

 

Begitulah tutorial sederhana cara menghitung biaya atap baja ringan yang dapat digunakan dalam mempersiapkan biaya bangun rumah, Bagi kontraktor menggunakan perhitungan secara detail dan teliti dengan sistem analisa harga satuan pekerjaan atap baja ringan sehingga dapat diperkirakan secara tepat dan dapat diketahui jumlah batang baja yang dibutuhkan. bagi yang hendak koreksi atau menambahkan bisa dimasukan dibawah :-)

ilmu sipil
  1. Self Driling Screw Baja Ringan
  2. Kanopi baja ringan untuk rumah minimalis
  3. Alumunium foil atap baja ringan
  4. rangka atap masjid dengan struktur baja ringan
  5. Perbandingan Kayu dan Baja Ringan
  6. download software atap baja ringan
  7. tumpuan sendi roll pada atap baja ringan
  8. Rangka Atap Baja Ringan di Ekspose
  9. Mengganti Konstruksi Atap Kayu dengan Baja Ringan
  10. Baja Ringan Mix
  11. Sejarah Baja dan Baja Ringan
  12. Rangka atap baja ringan
  13. Menghindari Gagal Struktur pada Baja Ringan
  14. Baja Ringan Carport dan Kanopi
  15. design rumah Baja Ringan
  16. Membeli Material Baja Ringan Batangan
  17. Ragam Atap Baja Ringan
  18. atap baja ringan bentang lebar

76 Komentar

  • candra says:

    kaso baja ringan 1meter persegi mampu menampung berapa kilogram ? yang sudah diberi angka keamanan ?

  • muntaalsaja says:

    tlg pak di emailkan ke email saya muntaalsaja@gmail.com ,,, berapa rupiah untuk rangka atap ukuran rumah saya 6 x 9 meter .. trms pak

  • muntaalsaja says:

    pak rumah saya 9 x6 meter habis berapa rupiah rangka yg harus aku beli ?? tlg emailkan ke email aku pak muntaalsaja@gmail.com trms pak

  • tjandra says:

    pak saya mau ganti atap rumah lama saya dengan galvanis ukuran rumah nya 15 x 11 kira2 brp total harga beserta jasa pemasangan nya …………tapi rumah apakah masi bisa dihuni kalo malam harinya thank……………….

  • eki says:

    itu rumus mencari luas atap….angka 2 itu datangnya dari mana?????rumus persegi kan cuma panjang kali lebar mas..??????jelasin dong masss…

    • purwo.com says:

      coba bantu, 2 datang dari penambahan luas atap sisi kiri dan sisi kanan.

      jadi bisa dihitung juga 3×12 luas atap sisi kiri ditambah 3×12 luas atap bagian kanan = 36 +36 =72.

      semoga bener yah… :D

  • Riandra Ramadan says:

    pak…. saya mau tanya luas yang di pakai luas jajarangenjang kan……?

  • linda says:

    pak mau tanya rumah saya lebar (ke samping) 9m, panjang (ke blakang) 10m (rumah 9m x 10m) kira2 hbs brapa biaya pak klau atapny sy gnti baja ringan dg kndisi hrga taun ini..trimakash (linda)

  • didi says:

    pak saya mau nanya kalo tipe 6×6 kira2 habis uang brp kalo mau pake atap baja ringan…thankyou

  • rio agusman says:

    pak
    saya mau masang baja ringan,, dengan bentuk atap limas,,
    panjang 10 m, lebar 9 meter
    tinggi bangunan 6 meter…
    atap nya spandex..
    kira2 butuh biaya berapa pak???

    mohon di balas

  • budi waryono says:

    pak,saya mau tanya ukuran rumah yang sy bikin panjang depan 9m,lebar 8m,dan panjang bagian belakang 12m,rumah sy modelnya panjang kesamping ada model L disamping.berapa kira2 biayanya dengan model atap limas atau minimalis ?trmksh

  • candra w says:

    Assalamua’laikum..
    Pak aku blh tau ndak,apa untung dan ruginya antara atap baja ringan berbhn zinc alumunium dan bhn galvanis..jika dilihat dr segi Harga,Kekuatan,kenyamanan,dan tahan lama bahan…Mana lbh baik..????
    Dan kira2 apakah ada cabang dr pabrikan anda di Jkt..please email nya ku tggu.
    thanks

  • Anonymous says:

    pak saya mau menanyakan kalo ukuran 12m x 7m diperlukan berapa batang dan reng serta kalkulasi perencanaan biayanya.

  • kalo ukuran bangunan 6m x 15 m tinggi 40 derajat berapa batang reng yg dibutuhkan.

  • ester says:

    Saya mau bertanya pak, jika rumh saya bangunan 36 perkiraan luas atapnya berapa Чα”̮?karena saya mau mengganti kuda2 atap saya dengan baja ringan, jika berkenan bolehkah dihitungkan biaya yang saya butuhkan untuk pergantian dari kayu ke baja ringan ?
    Terima kasih

  • andri says:

    pa mau tanya< klo untuk uk rumah 3.5 x 8.5 m dengan bentuk atap pelana< klo memakai rangka atp baja ringan biayanya berapa ya?

  • Anonymous says:

    pak sya pnya rmah dngan luas 100m2, sy mw pakai baja ringan dngan oversteck 30 derajat, kira2 btuh biaya brpa y, dan harga permeter barang + tenaga brap y, klw sya pakai bja ringan 0,75.

  • Ichsam Albert says:

    pak sy punya rumah ukuran 12 x15 berapa batang yg sy harus siapkan..

  • Ichsam Albert says:

    pak sy punya rumah ukuran 12 x15 berapa batang yg sy harus siapkan..

  • B Yog says:

    saya coba bantu untuk yg di atas saya :
    luas rumah 100m2.
    luas atap sudut 30* = 115,47 m2
    harga baja ringan terpasang / m2 = 125-135 rb
    Harga total untuk rumah bapak = 115,47 m2 x 130rb = Rp. 15.000.000,-

    bila kurang jelas bisa email ke anginbay@gmail.com

  • dani says:

    selamat siang pa,ilmu anda sungguh bnyk sekali yg bermanfaat pa,semoga anda sukses selalu…pa maaf ikutan promosi yah pa…www.downloadsoftwarebajaringan.com

  • hendra says:

    pak saya mau tanya rumah saya lebar 5 meter panjang 4 meter tipe 21 rumah btn kalau mau ganti pake baja ringan kira2 abis berapa ya pak, terima kasih sebelumnya atas bantuan nya. tolong di email ya pak bantuan nya hendrababa2@gmail.com

  • jumadi says:

    nice info

    n numpang iklan ” bagi yang mau pasang baja ringan wilayah tangerang bisa hubungi saya”
    kunjungi http://www.suksesberkahmulia.wordpress.com
    TQ

  • miftah says:

    dear bapak

    saya mau tanya mengenai berapa meter total kebutuhan rangka atap dengan ukuran rumah saya sebagai berikut: lebar 9 m panjang 14m. tinggi kuda-kuda 3 meter.mau saya bentuk limas pak.mohon di berikan jawaban ya pak.terima kasih

  • triyono sangata says:

    dapat dari mana angka 3 tuh. kan contohnya 3.8 x 12.

    kami bantu ya. . .
    jika ukuran rumah 3.8 x 12 maka luasan rumah 3.8×12=45.6
    luasan atap adalah luas rumah / cos(kemiringan atap berapa derajat)
    cotoh di atas misal kemiringan 30 derajat maka:
    45.6/cos30* = 52.65
    tinggal di kalikan aja harga atapnya.
    eit. . . itu belum termasuk teras keliling ya kalau dalam bhs jawa di sebut empyak. tinggal di lebihkan aja mau berapa cm itu terasnya.
    untuk pembuktian hub kami.
    semoga bisa membantu.

    • triyono sangata says:

      to ibu miftah.
      lain lagi karna yg di pakai bukan kemiringan derajat tapi yg di minta ketinggian. maka menghitungnya pakai teori phytagorash.
      dari ukuran lebarnya.
      jadi. . . setengah dari 9 = 4.5
      akar dari (4.5×4.5) + (3×3) dikali 2 lagi
      hasilnya 10.8 x panjang 14 =151,2 itulah hasilnya
      berarti sudut kemiringanya 34 derajat.
      demikian.
      by anandatriyono@gmail.com

      • miftah says:

        dear bapak triyono

        maaf pak.salah tulis. yg benar adalah lebar 7m panjang 14m.rencana tinggi kuda-kuda 3 meter pak. dan yg depan saya bentuk limas. yg belakang biasa/segi tiga itu lo pak entah naanya apa,dengan kemiringan kuda-kuda 34 derajat itu sudah ideal belum pak?.tinggi tembok dinding saya top atas 4m.

  • ITA says:

    Siang Pak, Saya mau nanya dibutuhkan biaya brp ya mengganti atap kayu dgn baja ringan utk ukuran rmh 7×14 tapi carport yg tertutup canopy full d terasnya? trmksh

  • fajar anugrah says:

    saya mau perbaiki atap rumah 9 X 9 m sisi belakang trapezium sisi depan segi tiga kemiringan 45*, krn biaya terbatas mohon informasi perbandingan antara biaya rangka atap baja ringan dengan atap rangka kayu mana yang lebih murah ?

  • Barahima Abbas says:

    Saya mau tanya apakah rangka baja mampu menopang genteng, kalau ukura 9 x 8 m berapa biayanya dan apakah melayani pemasangan di Bogor, saya ingin kemiringan yg ideal. Bentuk atap menyrupai Limas, terima kasih

  • Alca says:

    Agan-agan untuk pemasangan rangka atap baja ringan boleh kontak kami wilayah bogor dan sekitarnya email aja di : alca_inovator@yahoo.com

  • eko says:

    pak saya mau tanya. saya mau buat toko ukuran 4 x 5 m, untuk atap saya mau buat datar aja, kira kira biaya untuk atap baja ringan habis berapa?? trims

  • budhay says:

    slmt mlm mas mohon di hitungkan brp total biaya atap baja ringan + genteng klo rumah ukuran 7 m x 18 m bentuk atap limas.trimakasih mas ditunggu balasanya

  • irvandi says:

    Ass..
    Maaf pak,saya mau minta tlong pak hitungkan dana yang di perlukan unk bangun arap kerangka baja rigan tersbt.
    Saya bgun unk dapur pak,dan pnjang 4m,lebar 8m jadi luas 32m pak,dan mgnggunakan atap limas pak. Tlg hitungkan biaya uang perlu sya kluarkan dgn rincian diatas td pak,karena dana saya terbatas pak. Saya mohon minta tlg hitungkan pak. Dan mnta tlg kirim jwbn ke email sya pak di irvandibilu@gmail.com
    Terimakasih pak.

  • billy says:

    pak tukang masang rangka atap baja ringan na uda ada belum, saya seorang pemasang atap baja ringan, saya sdah 2 Thun kerja di pemasangan baja ringan klw bapak ada lowongan qu mau pak jadi tukang na?

  • yayuk says:

    ass..sy mohon penjelasan klo sy mau ganti atap baja ringan ukuran 3 X 5 kemiringan 30 bentuknya miring nempel tembok (ni tuk gudang) jg gentheng(yg perlembar)sama plafonnya,kira2 habis berapa ya,makasih,sy tunggu jwbannya via email..

  • rachmad syaiful arie says:

    pak rumah saya mau ganti atap baja ringan ukuran rumah 10×12 = 120 meter 2 (rumah type 21 BTN 2 buah) habis berapa rupiah yg harus aku siapkan dananya?? tlg emailkan ke email aku pak Syaifularif28@yahoo.com trms pak

  • romi says:

    ass… kum. pak saya mau tanya untuk ukuran rumah 8×12 berapa total biaya pemasangan atap baja ringan, tolong rincikan cara perhitungannya pak terima kasih

  • HAMAM HANS says:

    Pak, saya mau membangun rumah dengan luas 153 m2. berapa biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan baja ringan? trima kasih

  • wahyu says:

    pak .. kalau rumah ukuran 7×12 tambah L 3×4 kira” material baja ringan + pasangnya kira” habis berapa pak?

  • deni says:

    jika anda butuh jasa atap baja ringan daerah jabotabek silahkan hubungi kami,, denisopandi70@gmail.com

    harga bisa nego.

  • mahmudin says:

    tolong share gambar kerangka atap baja ringan dong buat referensi bikin rumah dengan atap baja

  • Ririn says:

    selamat siang,saya mau tanya kalau rumah ukuran 12mX12m kira” membutuhkan berapa batang reng dan membutuhkan dana berapa ya pak?

    terimakasih

    • bintang mahesa says:

      tergantung bentuk atap dan ting6i atap bu

      • bubun says:

        prinsipnya permeternya 3 jt/meter nya so… kalo ukuran 12×12=144×3.000.000=432.000.000
        idealnya seperti itu tapi tempet atau daerah sangat berpengaruh pada harga,,,, gitu aja sharingnya….

    • mas dwipangga says:

      Ukuran rumah 12×12 = 144/cos30° = 166,2m” ini untuk atap pelana aja. Overstek belum.
      Jadi. 166,2 x 125rb (harga pasaran)= 20.780rb

  • Basar Purtnomo says:

    DSengan hormat.
    Apakh besi bja ringan iu bisa untuk padukan dengan Atap Genting apakah hanya dengan atap Asbes saja ?
    Terima kasih, da saya tunggu balsanya segera.

  • ignatius yudha christiawan says:

    bisa pasang atap baja ringan di area bali dan sekitarnya

  • noviardi says:

    Pak, rumah saya ukuran 14 x 20 berapa anggaran baja ringan dan atap nya ( atap rencananya pake sakura roof 0,30) , trims..

  • wira says:

    berapa biaya pemasangan atap baja ringan 230m2…trims

  • wjr.bali says:

    berapa biaya pemasangan baja ringan seluas total 230m2…mohon dibantu cara perhitungannya…trims

  • Roman says:

    Pak untuk Pemasangan Baja ringan + atap serta Alumunium Foil, ukuran rumah 16m x 8,5m
    Berapa Biayanya, klo boleh tau berapa harga pasaran untuk Baja ringan Bluescope.

    thanks.

  • toman says:

    Mohon bantuannya pak.
    Saya punya luas rumah 7.5m x 15.5 m Bentuk atap memanjang dari belakang arah ke depan (tidak ada bentuk kuda-kudanya. Dari rumus penghitungan biaya baja ringan terus terang saya kurang mengerti cara penghitunganya. Mohon di share pak berapa kira-kira biaya yang akan saya sediakan

  • yanti sumiati says:

    mas/ pak mau tanya nih. ukuran rumah saya type 36 dgn luas tanah 90, atap nya mau saya ganti degan rangka baja ringan, brp banyak yg saya butuhkan rangka baja nya, dan brp kira kira harga rangka baja untuk type rmh saya, mohon bantuan nya. trims

  • nirwati says:

    Mohon bantuana,ukuran rumah saya pj 10 lbr 8,5 brpakah biaya baja ringan plus atap multiroof,total biaya yg hrus sy keluarkan?

  • Syamsi Dukha Abada says:

    Kemahalan itu, yang umum aja 130.000/m²+almunium foil

  • Syamsi Dukha Abada says:

    Harga bagus brooow by YAA KAFII

  • tony chandra says:

    Rumah saya berukuran 3.7*20m untuk pemasangan baja ringan dan atap seng anti karat kena biaya berapa ya? harga sudah termasuk bahan. thks

  • subeki says:

    pemasangan atap baja ringan kanal C dengan ketebalan 0,75 dan ongkos per meter 130

  • wuryanto says:

    jgn tergiur harga murah,karna mutu juga murahan,serta jarak antar kuda”itu terlalu jauh,riskan sekali,bl anda mau borongin atap hrs ada perjajian,jarak idial kuda”untuk genteng beton90cm,dan utuk genteng metal100cm

  • abdul basir says:

    mohon bantuanya pak,,saya mau bangun kandang ternak ayam dengan ukuran 6*60m,.,berapa total biaya seluruhny sama atapn,.,sekian matursuwun,/

  • yoga says:

    saya akan membuat rumah ukuran 8,5m x 9m, kira2 habis biaya untuk baja ringan berapa mas? dan kalau untuk pakai kayu habis berapa? tolong penjelasannya ya?

  • Syamsi Dukha Abada says:

    Bagi anda yang mau memasang kerangka atap baja ringan,
    Hendaklah anda memberikan kepada orang yg bertempat tinggal pasto

  • yusroni says:

    sy berencana,pasang atap baja ringan dgn luas tanah 9X6 meter persegi,model kuda2,pakai genteng tanah liat,brp biayanya?

  • ayu says:

    Saya tertarik dgn atap baja ringan + Aplus Zink Roop warna hijau dan skrg sedang membangun rumah ukuran 12×10,5 dgn teras 2×3,5.. Kira2 brp biaya yg hrs disiapkan utk atap berbentuk limas.. Mohon bantuannya.. Terimakasih

  • canopybagus says:

    Bermanfaat sekali. Kunjungi juga ya http://WWW.CANOPYBAGUS.COM untuk info seputar aneka canopy terlengkap

  • Syamsi Dukha Abadah says:

    Sekedar info bagi yg lagi mau melakukan pembangunan rumah DLL.
    Harga material (all item) sebentar lagi naik draktis
    Termasuk kerangka atap nya

  • zen says:

    Maap pak mau tanya..
    Rumah saya ukuran 9 x 14 meter.
    Rambu nya 120 cm.
    Slama ini atap nya pake kayu.
    Tapi udah pd lapuk. Rencana mau pake jaaringaan..
    saya harua beli C berapa batang + beli reng berapa batang. ??
    Terima kasih ya pak..

  • Risma says:

    Salam pak..
    saya punya ukuran rumah 10x 15 tipe 36 brpa biayanya klo pake model kuda2, and bentuknya segitiga.
    Melayani keluar kota seperti Bengkulu ga pak/ atw refrensi mungkin ada cabangnya terdekat…

  • SYAMSI d a says:

    jangan pernah tergiur dengan harga murah, baru saja saya mengerjakan komplainan bajaringan karena kuda kuda yang di oplos, dan tidak standart SNI. TERUTAMA BAGI YANG MENAWARKAN JASA TANPA ALAMAT YANG PASTI. SEKILAS PERINGATAN DARI KAMI UD.YAA KAFII JL.SILIWANGI RAYA NO.38

    serahkan keluhan anda kepada orang yang anda percaya dan bertanggung jawab

  • syamsi D A says:

    Buat para konsumen yg ingin pasang atap baja ringan, jangan sampai tergiur dgn harga murah.
    Karena harrga murah itu akan di main kan di materialnya. Sekarang banyak produksi baja ringan ilegal.
    Cari dan datangilahdistributor baja ringan yg tepat.
    0,75 dan 0,70 hampir tanpa beda.telitilah sa’at prmborong anda membeli barang/ datangi toko yg mengantar barang tersebut.

Komentari

*
*