Cara menghitung beban p q Struktur bangunan

Saat merencanakan struktur bangunan khususnya dalam perhitungan mekanika teknik kita akan menemukan beban P yang perlu diketahui berapa besarnya, permasalahanya adalah  guru atau dosen mekanika dibangku sekolah dalam memberikan soal terkadang langsung menyebutkan besarnya beban P sama dengan sekian ton atau kg sehingga kita tidak pernah tahu dari mana nilai tersebut sebenarnya 😀 apalagi jika dalam memperlajari teknik bangunan hanya sebatas teori tanpa melihat dan mengetahui secara langsung kondisi di lapangan. selain itu juga kita kenal beban q yang juga harus diketahui, nah.. disini mari kita bahas tentang bagaimana cara menghitung beban P struktur bangunan.

  • Beban P adalah beban terpusat seperti berat kendaraan atau berat struktur terpusat diatasnya
  • Bebat q adalah beban merata seperti berat sendiri struktur atau berat suatu benda yang membebani semua bagian struktur secara merata.

 

Misalnya kita akan menghitung sebuah struktur balok lantai jembatan dengan bentang 10  m, rencananya diatas lantai tersebut akan digunakan untuk lewat kendaraan truck dan beberapa jenis alat transportasi kecil lainya, jembatan menggunakan beton bertulang tebal 20 cm, dari kondisi struktur ini dapat kita gambarkan kondisinya sebagai berikut:

 

ban p

Proses perhitungan beban P dan q

Nah.. dari gambar diatas dapat kita lihat dua macam beban yang belum diketahui yaitu p dan q, beginilah cara mencarinya.

Beban terpusat p = berat 1 roda kendaraan truck, jika berat 1 truck = 16 ton maka untuk 1 roda memikul berat sebesar 4 ton.

Beban merata q = berat lantai beton + berat asphalt + berat besi tulangan ( anggap saja 0 karena disini kita belum menetapkan diameter besi dan jarak yang digunakan ).

Berat lantai beton selebar 1 m = 10 m x 1 m x 0.2 m  x 2400 kg/m3 ( berat beton per m3 )= 4800 kg.

 

Begitulah kurang lebih cara mencari beban P dan q, pada prinsipnya  mencari nilai beban pada semua struktur hampir sama, yang membedakan adalah bentuk dan jenis material yang digunakan saja, selain itu juga ada beban lain yang diperhitungkan seperti akibat gempa dan angin yang contoh  selengkapnya dapat dilihat pada artikel berjudul menghitung beban struktur jembatan disini. langkah selanjutnya adalah menghitung struktur balok yang mampu menahan beban p, selamat merencanakan struktur bangunan dengan teliti sehingga dapat dipilih jenis dan dimensi material yang ekonomis tapi kuat 🙂

13 Comments

  1. arif 3 February 2012
  2. yoyok waluyo 10 February 2012
    • bg golan 9 April 2017
  3. ahadi 10 February 2012
  4. sandy 3 March 2012
  5. aurelia theresia "wiwid" 4 October 2012
    • aribowo 20 May 2015
  6. heri muherta 11 October 2012
  7. cosme oliveira 3 March 2013
  8. suprapto 14 May 2013
  9. ahmad simanungkalit 16 June 2014
  10. ahmad simanungkalit 17 June 2014
  11. Budi Zamil 11 December 2014

Leave a Reply