Cara menghemat besi di proyek konstruksi

Menghemat dalam dunia konstruksi tidak selalu berarti mencuri atau mengurangi jumlah penggunaan material secara ilegal di proyek, ada batasan-batasan tertentu yang masih tergolong sebagai langkah baik dan bahkan sangat dianjurkan untuk dilakukan, intinya adalah tidak ada pihak yang dirugikan karena penghematan tersebut. apa sajakah itu? mari berbagi disini, ya.. di halaman yang super sederhana ini, kita bahas cara menghemat besi di proyek konstruksi dengan cara halal.

 

Cara menghemat besi di proyek konstruksi

  1. Tidak ada desain yang sempurna, kita bisa melakukan review ulang untuk menemukan bagian-bagian desain yang boros lalu menggantinya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Konversi besi tulangan, contohnya besi batangan bisa diganti dengan wiremesh yang pemasanganya lebih cepat dan bisa jadi harganya lebih murah. konversi dengan diamater besi tulangan lain juga bisa dilakukan untuk menyesuaikan ketersediaan material ke area proyek.
  3. Pahami standar pembesian, misalnya sambungan antar besi tulangan itu ukuranya 40 kali diameternya, jadi… jika dibuat lebih panjang akan terjadi pemborosan besi.besi tulangan
  4. Pengelolaan material sisa (waste) besi, beberapa sisa potongan besi perlu dikelola dengan baik agar bisa dimanfaatkan kembali untuk bagian pekerjaan lain atau bisa menjualnya untuk menukar dengan besi batangan yang masih utuh.
  5. Perketat keamanan proyek, kita tahu bahwa yang namanya besi itu ibarat emas hitam yang menggiurkan beberapa oknum tidak bertanggungjawab, pengamanan bisa dilakukan dengan penempatan personil satpam khusus, pemasangan kamera CCTV pengintai dan sejenisnya.
  6. Temukan Inovasi besi terbaru, setiap masalah akan membuat kita berpikir untuk menemukan solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, jika solusi tersebut berhubungan dengan inovasi teknologi maka besar kemungkinan akan menghemat biaya pekerjaan.
  7. Gunakan metode kerja yang tepat, contohnya plat lantai konvensional yang membutuhkan banyak besi tulangan pada bagian bawah bisa diganti dengan plat bondek.

 

Sekian dulu yang bisa penulis sampaikan karena keterbatasan pengalaman dan ilmu yang dimiliki tentang penghematan besi dalam dunia proyek ini, untuk itu jika ada yang bersedia menambahkan maka kita tunggu dengan senang hati , semoga berguna 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.