Cara mengganti atau menghapus sebagian isi postingan melalui SQL

Blog wordpress self hosting yang sudah berisi ratusan atau bahkan ribuan artikel akan sangat merepotkan dan menghabiskan banyak waktu apabila harus membuka satu persatu untuk mengeditnya guna menghapus atau mengganti huruf, kata-kata, atau kalimat tertentu pada posting. solusinya kita bisa merubahnya sekaligus dalam waktu cepat dengan mengetikan query pada box SQL. berikut ini cara mengganti (replace) atau menghapus (erase) sebagian isi postingan melalui SQL pada PHPmyadmin, cara ini juga berlaku untuk merubah url domain.

 

Cara mengganti atau menghapus sebagian isi postingan melalui SQL

  1. Masuk ke halaman PHPmyadmin, bisa melalui login ke control panel, menu pada website perusahaan hosting, atau cara lainya.
  2. lalu klik pada database wordpress kita,
  3. Sebelumnya backup dulu databesanya, untuk jaga-jaga nanti kalau terjadi kerusakan data, salah input, atau yang lainya agar bisa dikembalikan seperti semula.
  4. Masuk ke menu SQL, caranya dengan klik SQL dibagian atas. kemudian akan muncul formulir atau box.

    mengganti kata melalui SQL

    mengganti kata melalui SQL

  5. Pada formulir SQL tersebut kita masukan perintah.

    Kode untuk mengganti sebagian isi postingan melalui SQL

    UPDATE wp_posts SET post_content = replace( post_content, ‘kata lama yang hendak dirubah‘, ‘kata baru sebagai pengganti‘);

    Kode untuk menghapus huruf, kata, atau kalimat melalui SQL

    UPDATE wp_posts SET post_content = replace( post_content, ‘kata lama yang hendak dihapus‘, ”);

    Kode untuk mengganti nama URL domain melalui SQL

    UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE (post_content, ‘http://www.domainlamayangmaudiganti.com‘, ‘http://www.domainbarusebagipengganti.com‘);
    NB: Ganti yang berwarna merah dengan kata-kata sesuai keperluan, tabel wp_post merupakan nama default perfix wordpress, jika table perfix kita berbeda maka perlu menggantinya, misalnya jadi tb_post atau apa saja sesuai database yang kita gunakan.

  6. Lalu klik tombol GO dibagian bawah sebelah kiri,
  7. Jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan centang warna hijau, seperti pada contoh gambar ini tertuliskan 44 rows affected. (Query took 0.3215 sec).

    menghapus kata melalui SQL

    menghapus kata melalui SQL

Begitulah cara mudahnya, apabila berhasil maka secara otomatis seluruh postingan yang mengandung kalimat atau kata-kata tertentu di blog wordpress akan berganti atau terhapus sesuai perintah yang kita ketikan pada box SQL, dan apabila terjadi kesalahan maka bisa mengembalikan kembali database yang sudah kita backup sebelumnya.

3 Comments

  1. Rista 19 February 2016
    • Ahadi 19 February 2016
  2. Rista 19 February 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.