Cara mengetahui atau menghitung luas penampang profil baja

Dewasa ini banyak konstruksi bangunan yang menggunakan material profil baja, entah itu gelagar jembatan, kolom dan balok gedung, rel kereta api, dan lain sejenisnya. berbagai macam dimensi dan bentuk profil baja bisa dipilih sesuai kebutuhan namun penggunaanya tidak bisa asal pilih sembarangan karena ada pertimbangan dari segi kekuatan serta penghematan. memilih profil yang besar memang kuat tapi jika itu melebihi kebutuhan maka yang terjadi adalah pemborosan, sebaliknya menggunakan baja ukuran kecil bisa memperkecil biaya, namun itu bisa menjadi sebab runtuhnya bangunan karena struktur tidak kuat. untuk itu perlu dihitung dengan benar. nah.. kali ini kita coba jelaskan mengenai cara mengetahui atau menghitung luas penampang profil baja.

 

Mengetahui luas profil dengan melihat tabel baja

Pada tabel baja bisa kita cari jenis profil yang mau diketahui luas penampangnya apakah WF, H, C, atau bentuk yang lainya. lalu kita temukan dimensi profil yang disitu sudah tertera secara jelas spesifikasinya dari mulai luas penampang, berat, detail ukuran, serta yang lainya.

Menghitung luas profil baja secara manual

Kita juga bisa menghitungnya secara manual menggunakan rumus luas sesuai bentuk masing-masing profil, misalnya untuk WF yang bentuknya mirip huruf I bisa dihitung dengan rumus luas persegi yaitu panjang kali lebar, namun ada bagian sudut yang sedikit melengkung jadi bisa memakai rumus luas lingkaran, masing-masing luas bidang kemudian ditambahkan sehingga ketemulah total luas penampang yang dicari.

Menghitung luas profil baja dengan software autocad

luas profil baja

luas profil baja

Caranya yaitu kita buat dulu gambar penampangnya menggunakan skala 1:1 atau sama persis seperti ukuran aslinya. setelah itu kita klik object yang akan dihitung tersebut kemudian mengetikan perintah “li” pada command sehingga keluarlah keterangan area yang berarti luasnya, untuk lebih jelasnya mengenai tutorial ini bisa dilihat pada artikel yang berjudul cara menghitung luas dan keliling dengan autocad.

 

Begitulah beberapa alternatif cara mengetahui atau menghitung luas penampang profil baja yang bisa dilakukan, cara yang paling cepat adalah menggunakan tabel baja.

Leave a Reply