Cara mengatasi website vps mati dengan service webuzo restart

Menggunakan hosting VPS sebagai web server itu punya kelebihan dari sisi kebebasan mau di install sofware apa saja yang sekiranya dapat mendukung performa website, termasuk dalam hal menggunakan control panel yang akan digunakan, apakah mau memakai cpanel yang harus bayar sewa lisensi bulanan atau cari yang gratisan seperti Webuzo. Tapi memakai vps juga ada kekuranganya dibanding share hosting, terutama dari segi unmanaged, yaitu kita harus bekerja sendiri lebih ekstra untuk memastikan server selalu dalam kondisi hidup sehingga website dapat diakses dengan baik.

Error 524 a Timeout occured

Error 524 a Timeout occured

Menurut pengalaman dalam menggunakan vps+control panel webuzo, adakalanya website mati, setelah di cek ternyata masalahnya karena server vps baru saja mati atau restart tapi control panel webuzo tidak menyala secara otomatis, jadi perlu dinyalakan sendiri secara manual.

Caranya dengan masuk ke SSH atau pakai software putty, Ketik command

service webuzo restart

lalu pencet tombol enter pada keyboard

service webuzo restart

service webuzo restart

cukup mudah, dan akhirnya website bisa diakses kembali secara normal, namun ini cukup merepotkan apabila harus merestart webuzo secara manual setiap kali vps restart. bagaimana kalau kita sebagai pengelola website sedang tidak mengakses internet sehingga website mati untuk waktu yang cukup lama, dan setelah mencari info katanya ada cara agar webuzo bisa otomatis hidup setelah restart vps,

caranya yaitu masuk ke SSH atau putty, kemudian ketikan command

chkconfig webuzo off

chkconfig webuzo on

lalu pencet tombol enter pada keyboard,

Namun untuk cara menghidupkan otomatis webuzo setelah vps mati ini ternyata gagal saya terapkan pada VPS yang saya gunakan untuk website ilmusipil.com, entah dimana letak permasalahanya? saya belum tahu, jadi saya masih berusaha menemukan solusi terbaik apakah tetap menggunakan VPS dengan mencari cara untuk mengatasinya, atau menggunakan pilihan kedua yaitu kembali menggunakan shared hosting yang tinggal terima hidup karena kalau mati tinggal complain ke customer service. apalah daya, banyak kebodohan pada diri saya yang belum banyak mengerti tentang dunia hosting VPS, menyadari kekurangan sehingga saya putuskan untuk sementara kembali memakai shared hosting dulu agar website tetap bisa diakses dengan baik, sambil belajar lagi tentang ilmu  Virtual privat server lebih jauh.

One Response

  1. opindo 17 August 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.