Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil cara mengatasi kemacetan jalan di jakarta

Kehadiran kendaraan bermotor sebagai sarana transportasi membuthkan jalan raya sebagai alur berjalanya kendaraan baik itu sepeda motor, mobil, kereta dll, kepadatan jumlah penduduk pada suatu kota yang masing-masing membutuhkan serta memiliki kendaraan sebagai sarana trnasportasi menuju ke tempat kerja atau melakukan aktifitas sehari-hari tentu membutuhkan jalan raya yang mampu menampung semua kendaraan yang ada disertai pengaturan manajemen lalu lintas yang bagus sehingga setiap kendaraan dapat berjalan normal serta lancar tanpa kemacetan, di berbagai kota pada negara dengan pertumbuhan ekonomi meningkat tajam sering terjadi penambahan jumlah kendaraan dengan grafik melonjak tajam sementara infrastruktur jalan raya masih membutuhkan waktu dan berbagai kendala untuk mengikuti perkembangan jumlah kendaraan yang ada sehingga dapat melayani dengan maksimal, contohnya di indonesia khusunya kota jakarta yang identik dengan kemacetan, lalu bagaimana sebenarnya cara mengatasi kemacetan jalan dijakarta?

 

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dari pembuatan jalur busway, pembatasan jumlah penduduk datang/ urbanisasi sampai rencana pembangunan rel kereta namun nampaknya masih belum cukup untuk mengurai kemacetan yang ada, disini mari kita coba bahas tentang hal-hal yang kemungkinan dapat mengatasi kemacetan dijakarta.

 

Pembuatan jalan baru atau pelebaran jalan

Membuat jalan baru atau melakuka pelebaran jalan tentu dapat menambah kapasitas jumlah kendaraan yang dapat ditampung namun tentu tidak mudah menangani pembebasan lahan yang padat dengan penduduk dengan bangunan-bangunan yang sudah berdiri dengan berbagai fungsi.

 

Membuat jalan layang

Pembuatan jalan layang seperti yang telah dibangun pada jalur ancol-tawang terbukti dapat mengatasi kemacetan, dimana pada jalan lantai 2 diperuntukan sebagai jalan tol khusus kendaraan roda empat atau lebih sedengakan pada jalan lantai 1 digunakan untuk jalan umum, namun tentu membutuhka biaya yang besar serta waktu yang lama untuk membuatnya, dan asalkan desain jalan layang akan dibuat tidak seperti gambar berikut ini :-)

mengatasi kemacetan jalan

 

Membuat jalur busway / pengurangan kendaraan yang ada

Mengurangi kendaraan yang ada memang dapat mengurangi kemacetan yang salah satunya dengan cara menganjurkan masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi atau beralir ke bus way sebagai sarana transportasi umum.

 

Membuat teleportasi

pengalihan transportasi dari menggunakan kendaraan menjadi teleportasi sangat mungkin dilakukan sehingga tidak diperlukan lagi jalan raya sebagai sarana infrastruktur, teknologi ini sudah pernah ada pada zaman nabi Sulaiman namun sekarang lenyap karena nabi sulaiman takut akan disalahgunakan nantinya sehingga berdoa kepada tuhan untuk dilenyapkanya teknologi itu pada zamanya, nah.. untuk menciptakanya kembali tentu diperlukan penelitian teknologi tersebut lebih lanjut :-)

teleportasi

Berbagai upaya lain dapat dilakukan untuk mengatasi kemacetan jalan raya di jakarta atau kota-kota lainya di indonesia maupun negara lain, lalu bagaimana pendapat lain tentang cara mengatasi kemacetan jalan ini? silahkan di masukan dibawah :-)

  1. Proses pembuatan jalan raya
  2. Quo Vadis Rekayasa Jalan Raya
  3. Kemacetan jalan raya
  4. Klasifikasi Jalan Menurut Wewenang
  5. Diskriminasi Jalan Raya
  6. Jalan Tol diatas laut Pantura Semarang Surabaya
  7. Metode cara membuat jalan beton
  8. Penyebab terjadinya kecelakaan mobil di jalan tol
  9. Tol Cinere Jagorawi dan Efek Positif
  10. cara mengatasi kemacetan jalan di jakarta
  11. Cara gubernur jakarta mengatasi banjir dan kemecetan
  12. PEMISAH LUAR LALU LINTAS dan TROTOAR
  13. Aspal jalan Raya
  14. Cara menggambar peta kontur Tanah
  15. Marka Jalan
  16. Bendung Tradisional Tabat
  17. Menghitung tebal perkerasan jalan raya
  18. Melihat janji gubernur tentang banjir dan kemacetan jalan
  19. Persiapan Pelaksanaan Survei Lalu Lintas

24 Responses to “cara mengatasi kemacetan jalan di jakarta”

  1. erway says:

    hmm misi koment dikit ya,
    mnurut saya, lbih menarik menggunakan alat yg di sebut teleportasi,lebih cepat, aman, efektif waktu.
    akan tetapi mengingat setiap orang yg mempunyai kesdaran dan kebijakan yg berbeda, apa lebih baik digunakan seperlunya dalam keadaan darurat saja.hihi.

    tapi masih butuh penelitian yahhh buat alat itu, yg dikatakan alat itu uda gak ad sejak zaman nabi, karena takut di salah gunakan.hihi

    ilmusipil.terus jaya yaaa. salam sipil.

    1. Emha says:

      gmna y cra atasi kemacetan?????

      1. Emha says:

        Dari pda itu mending suruh semua orang ilmuan indonesia berkumpul d tempat jakarta dan .suruh untuk proses membuat teleportasi d gunakan kapan sja dan dmna saja tnpa ada yg merusak

  2. Gusti Yan says:

    Cara mengatasi kemacetan jalan raya yang tercepat dan termudah adalah
    http://gustiyan.org/konseptor/solusi_kemacetan.html

  3. Tatang Kolentang says:

    Buat DKI JAKARTA, silakan kalau berani pemprov/gub membuat perda utk mobil pribadi beroperasi di jalan pd wkt2 sesuai jenis warna kendaraannya, merah(senin), putih(selasa), kuning(rabu), hijau(kamis), biru(jumat), nila (sabtu), ungu(minggu) jadi mendingan jalan agak longgar dibanding plat ganjil/genap.

  4. vhee says:

    lebih baek gak usah ada kendraan dan bensin
    pasti jalan gak akan macet laghi…..

    1. andre says:

      lebih baik stop produksi kendaraan selama 10 tahun, dan angkutan di bawah tahun 2000 di musnahkan saja.

  5. el-qudsi says:

    suatu kajian yg mendalam dlm menyelesaikan kemacetan di DKI Jakarta…yaitu dari hulu sampai hilir hrs di sinergiskan…itulah kata kuncinya….
    ketika bicara tentang hulu tak lepas dari regulasi pemerintah pusat-daerah dgn aparaturnya,,,hilir bcara masalah kebiasaan masyarakat…

  6. Simpang says:

    Salam.
    Mengatasi kemacetan DKI ada beberapa cara, Maap…. sekedar tukar pendapat. http://leadershipprincipal.wordpress.com/2013/02/12/membedah-permasalahan-transportasi-dan-solusinya/
    Terima kasih.
    simpang (O-O).

  7. purnomo says:

    untuk mengatasi kemacetan jakarta adalah.spda mtor dan mobil mengganti spda pncal dri rumah msing msing dan bekerja sma dngan kepolisian supaya mengawal dan melidungi.jangn lpa bwa tas untuk mengisi bju pekerjaan.bgi pengawal dan melindungin hnya mmbwa tali tampar supaya tdk keluar btas.dan jalur kri untuk pengguna spda mtor.1hri 2 kli pengwal melindungi pkul 06-07 11-12siang insyah tdk kemacetan hnya menggunakan 1000orang

  8. Eko Yulianto says:

    kemacetan di jakarta di sebabkan oleh perkembangan mobil dan motor yang jomplang sekali, maka menurutku kita harus mencontoh negara lain dalam hal ini cina, karena cina yg penduduknya terbesar dunia pasi mengalami masalah yang lebih komplek apalagi didukung ekonomi nya yg maju pesat, cara cina mengerem keinginan untuk beli mobil rakyatnya dengan cara1. pemberlakuan ganjil genap, 2. dengan memberlakukan lotre pembelian mobil, jadi tidak semua orang yang punya mobil bisa bebas beli dan untuk ikut lotre pembelian mobil tentunya ada syarat yang ketat, 3. pastinya harus memperkuat angkutan publik yang berbasis masa yang besar seperti monorail atau MRT.

    1. Usulan nich, kalo salah satu caranya dengan memperlakukan pajak garasi mobil gimana?
      Jadi secara tidak langsung akan menyeleksi calon dan pemilik mobil yg nntinya akan brfikir ulang karena diberlakukanya pajak untuk garasi mobil selain pajak dr mobil itu sendiri

    2. Komar Wijaya says:

      percuma kalau masih pake moda darat udah aja IPTN bikin helikopter murah baru jakarta ndak macet

    3. Eko Yulianto says:

      tapi ada solusi exstrim agar macet hilang yaitu tutup semua pabrik mobil ataupun motor, dan motor atau mobil yang ada di jadikan rumpon di kepulauan seribu dan di gantikan dengan dokar hehehehehehehehehehehe…..

  9. Apa yang saya bisa peroleh bila saya bisa mengatasi masalah macet di jakarta?
    Sebetulnya cara mengatasinya cukup sederhana,tapi mungkin memerlukan biaya yang cukup banyak.
    Sebetulnya ada satu hal yang paling berperan penting terhadap kemacetan di jakarta.
    Apàbila barang ini dihilangkan pastinya jakarta akan bebas macet.
    mau tau solusinya bisa hubungi saya langsung.
    Yuda TUlungagung. :)

  10. gue abdi says:

    mengatasi macet dan banjir, HENTIKAN URBANISASI, 1, penerimaan pegawai dengan radius 60 km dr tempat kerja, 2. bangun desa dgn perbaikan jalan betonisasi, bagun pasar tiap desa, bangun perumahan sederhana, ciptakan inovasi kampung produksi, 3 pulangkan para pedagang kaki lima, pedagang keliling, pengasong, pemulung, pengemis, preman, tunas wisma, 4, tidak ada pedagang di pinggir jalan Trotoar ato di depan toko, 5 tidak ada rumah dibantaran kali, pinggir rel, bawah jembatan. 6 buat tata ruang rumah modern tidak menggunakan jalan gang. 7. perpindahan penduduksyaratnya harus dipersulit.

  11. Andi says:

    Yg bodoh masyarakat. . . . yg untung perusaha.an . . . . biar apapun jalan di lebarkan tetep aja macet, setiap tahun aja mobil & motor bertambah model. . . makan distob deler2 yg jualan m0tor dan m0bil di batasi. di pikir jika pemerintah cerdas. . tolol kabeh.

  12. Andi says:

    Yg bodoh masyarakat indonesa kenapa kok mau saja di bohongi jepang di tawarin m0tor, m0bil segala. . . biar jalan di lebarin tetep aja macet. . di stop pengusaha daler2. . . pemerintahan juga tolol

  13. Nuri Purnama Putri says:

    jumlah produksi kendaraan pribadi semestinya dikurangin, klo ga dibuat jalan masing”, motor khusus motor dan seterusnya, klo pembuatan jln lyang kurang tepat karena bnyak kecelakaan yg terjadi dijln layang, dijln layang tuh orang kurang mengontrol kecptaan

  14. manurung says:

    cara mengatasi/menguragi kemacetan dan banjir
    1.Aliran sungai(DAS) di perbaiki,
    2.transportasi yang dipakai kapal kecil kata orang kalimantan kapal kelotok

  15. wowok says:

    sedikit urun rembuk,..kalo jakarta pengen ndak macet,..coba kendaraan plat hitam tidak boleh jalan pada jam tertentu,..yang boleh cuman plat kuning sama plat merah, kemudian buka jalur khusus untuk jalan kaki dan bersepeda.itu saya kira sudah banyak mengurangi kemacetan

  16. wowok says:

    kalo mengendalikan banjir,..tinggal kesadaran masyarakatnya untuk tdk buang sampah sembarang,..bikin program pavingisasi dan bongkar semua rabat beton untuk penyerapan tanah, perbaikan besar2an saluran air, sungai, kanal,…reboisasi daerah diatasnya karena sdh tdk bisa menahan air

  17. Supri says:

    Kita kembali lagi dri diri masing2, kandang pengen aja nyelip/duluan yg akhirnya terjadi nya kemacetan, untuk solusi nya setiap jalan 2 jalur harus ad portal di tengah agar setiap kendaraan trus tertib tidak ad yg bisa nyelip/duluan. Mungkin itu dulu yg telah sy pelajari dijalan.

Leave a Reply

Current ye@r *