Cara mengamankan instalasi listrik pada rangka atap baja ringan atau besi hollow

Cara mengamankan instalasi listrik pada rangka atap baja ringan atau besi hollow bisa dilakukan melalui beberapa hal yang masing-masing perlu diperhatikan dengan baik agar terhindar dari bahaya konsleting atau kesetrum. ya.. baja ringan memang sedang menjadi trend karena berbagai kelebihanya jika dibanding kayu, namun ia juga punya kekurangan dari sisi adanya bahaya jika instalasi listrik pada bangunan tidak diamankan dengan baik, saya sering melihat pemasangan kabel pada kanopi baja ringan yang terkesan dipasang seadanya, kabel ditaruh begitu saja tanpa dibungkus pipa, dan sambunganya hanya dilapisi dengan isolasi seadanya. kalau untuk jangka pendek mungkin tidak jadi masalah, tapi untuk setahun dua tahun atau seterusnya bisa jadi masalah apabila ada bagian kabel yang terkelupas, atau isolasinya tidak lagi merekat. kita tahu bahwa yang namanya besi itu sifatnya bisa menyalurkan arus listrik, jadi kita bisa menebak bahaya apa yang mungkin terjadi. untuk itu kita perlu melakukan tindakan antisipasi.

 

instalasi listrik pada baja ringan

Contoh instalasi listrik pada baja ringan yang tidak aman

Cara mengamankan instalasi listrik pada rangka atap baja ringan atau besi hollow

  1. Meletakan instalasi pada tempat teraman, Sebisa mungkin diposisikan pada area yang tidak bersentuhan langsung dengan konstruksi besi hollow atau baja ringan, bisa ditempel pada dinding. namun jika terpaksa ditarus pada besi maka bisa digantung.
  2. Menggunakan material instalasi dengan kualitas terbaik, Memang harganya akan lebih mahal tapi itu untuk keamanan, misalnya memakai jenis kabel yang pembungkusnya dilapisi bahan tertentu yang membuatnya terhindar dari eratan tikus, atau memakai stop kontak serta sakelar yang tidak mudah terbakar.
  3. Membungkus semua kabel listrik dengan pipa conduit, ini dimaksudkan agar kabel bisa lebih tahan lama dan aman dari resiko tergores sehingga keluar isi tembaga didalamnya yang mungkinĀ  bisa menjadi jalan terjadi kebocoran instalasi.
  4. Menyembunyikan sambungan kabel didalam pipa T-dus
  5. Menutup sambungan kabel dengan isolasi hitam terbaik
  6. Mengamankan kabel yang rawan tergores oleh besi, misalnya kabel yang bersentuhan langsung dengan plat seng yang ujungnya tajam perlu diberikan pengaman dengan membungkusnya memakai pipa.

 

Beberapa upaya lainya bisa dilakukan sebagai cara untuk mengamankan instalasi listrik pada bangunan yang memakai konstruksi rangka atap baja ringan atau besi hollow finish galvalum, seemoga selalu dalam keselamatan.

One Response

  1. salahuddinst 4 April 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.