Cara mendapat IP 3 sampai 4 di kampus

Ada yang punya pengalaman mendapat  IP kumlaud 3 sampai 4 di kampus? Jika iya bisa berbagi tips disini agar bermanfaat bagi teman kita yang sedang berusaha mengejar prestasi maksimal di bangku kuliah. IPK adalah kependekan dari indeks prestasi komulatif yang merupakan hasil akhir rata-rata penjumlahan total nilai seluruh mata kuliah selama kita sekolah dibangku perguruan tinggi negeri maupun swasta. Sebagai permulaan kita buat terlebih dahulu beberapa hal seputar ip kumlaud 4 ini.

 

Alasan kenapa perlu mendapat IP 3 sampai dengan 4 di kampus

  1. Banyak lembaga pemerintah yang membuat syarat masuk PNS minimal IP 3,00 sehingga mau tidak mau para mahasiswa yang punya cita-cita menjadi pegawai negeri sipil harus berusaha meraih gelar IP 3.
  2. Suatu saat nanti jika kita ikut melamar kerja maka kemungkinan untuk diterima semakin tinggi karena ipk bagus.
  3. Bagi yang hendak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi favorit juga banyak yang syarat ip minimal 3, jadi bagi yang punya IP dibawahnya harus kalah sebelum bertanding.
  4. Pengusaha sukses perlu modal ilmu pengetahuan yang cukup, dengan berusaha menguasai semua ilmu yang diajarkan dibangku kuliah maka besar kemungkinan akan mendapat IP kumlaud sampai 4.
  5. Setidaknya kita bisa merasa senang dan bangga ketika target yang kita tetapkan bisa tercapai.
  6. Membahagiakan orang tua yang telah membiayai dan mendukung kuliah kita merupakan suatu perbuatan mulia, dan mendapat nilai bagus merupakan salah satu cara untuk menyenangkan orang tua.

 

Cara mendapat IP 3 sampai 4 di kampus

  1. Belajar yang rajin dengan berusaha menguasai semua ilmu yang diberikan dosen pengajar.
  2. Tidak merasa cukup dengan apa yang sudah didapatkan di kampus, sehingga masih berusaha mencari ilmu ditempat lain entah itu ikut kursus, membaca buku maupun belajar dari pengalaman.
  3. Sering membaca blog ilmusipil.com barangkali ada ilmu yang mendukung pelajaran, asal tidak dijadikan contekan online saat ujian.
  4. Pelajari tips dosen dan ketahui bagaimana caranya dalam memberikan nilai, apakah dari prosentase kehadiran, penampilan kita sehari-hari selama mengikuti pelajaranya atau hanya mengandalkan ujian saja. Dari situ maka kita bisa tahu pada bagian mana yang perlu ditingkatkan lebih baik.
  5. Masuk kuliah yang rajin, disiplin dan tidak membolos. Sebaik apapun dosen pasti akan merasa diremehkan apabila muridnya menghilang begitu saja. Sehingga ada kemungkinan merasa jengkel lalu memberikan nilai jelek.
  6. Selalu ikuti remidi atau perbaikan nilai pada mata kuliah yang belum meraih nilai bagus, tidak ada salahnya menjalani sekolah lebih lama untuk mengulang-ngulang pelajaran sehingga mendapat ip sesuai dengan target.
  7. Menjalin hubungan baik dengan teman kuliah, guru atau siapapun. Karena jika suatu saat kita sedang dalam kesulitan seperti kurang memahami suatu pelajaran maka banyak alternative tempat untuk meminta bantuan.
  8. Bagi anak kuliah yang jauh dari rumah orang tua sehingga terpaksa tinggal di rumah kos maka perlu berlatih bagaimana mengatur keuangan dan kegiatan sehari-hari secara mandiri, karena keahlian ini sangat mempengaruhi kelancaran kita dalam mengikuti kuliah di kampus.
  9. Berdoa kepada Allah yang maha kuasa menentukan apa yang terbaik untuk kita. Bisa jadi apa yang kita inginkan tidak tercapai namun apa yang kita butuhkan pasti diberikan.

 

Dan masih banyak lagi cara lain yang dapat digunakan sebagai usaha meraih ipk 3 bahkan 4 didunia kampus entah itu universitas, institute, sekolah tinggi maupun politeknik. Bagi yang punya pengalaman bisa berbagi disini, Meskipun meraih ip kumlaud merupakan suatu cita-cita bagus namun sebaiknya kita tetap kembali kepada tujuan utama kuliah yaitu mencari ilmu yang berguna untuk kehidupan, bisa saja kita mendapat IPK  4 namun akan sangat sia-sia jika ternyata dikemudian hari setelah resmi menyandang gelar alumni  tidak lagi menguasai ilmu yang dahulu pernah diperjuangkan di dunia pendidikan. Jadi selamat belajar untuk meraih cita-cita setinggi langit 🙂

17 Comments

  1. wahyu nugraha 5 October 2012
  2. Herbert 15 October 2012
  3. Ari budi setiawan 17 March 2013
  4. intan 8 July 2013
  5. anie 27 February 2014
  6. Lilia 8 July 2014
  7. irwan 20 July 2014
  8. syatria 12 September 2014
  9. Rengga 2 December 2014
  10. Arif 17 February 2015
  11. poeji 18 February 2015
  12. Nur Roziyati 20 February 2015
  13. Michael Alexander Santoso 21 August 2015
  14. Adefatkhurrokhman 20 October 2015
  15. Saka Widrata Bhakti 12 June 2016
  16. julius 1 October 2016
  17. Afifah Fatindah 28 October 2016

Leave a Reply