Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara mendapat dana saldo tambahan dari rumah yang masih KPR

Bagi yang punya rumah dalam status KPR bisa menambah saldo hutang sehingga bisa mendapatkan dana tunai tambahan untuk berbagai macam keperluan entah itu modal usaha atau tujuan konsumtif seperti beli mobil, renovasi bangunan atau bahkan hendak membeli rumah baru. Disini kita akan coba menjelaskan cara mendapat dana tambahan dari rumah yang masih dalam status KPR. Secara umum ada dua cara yang bisa dipilih, silahkan disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing dalam membayar  hutang tambahan. Saran penting dari ilmusipil.com adalah “sebaiknya dana tambahan ini digunakan untuk tujuan menciptakan asset bukan bersenang-senang”, perlu dihitung dengan cermat agar hasil usaha bisa menutup cicilan dan masih ada sisa yang bisa dimanfaatkan. O.k langsung saja, inilah 2 cara yang bisa dipilih.

 

Take Over KPR  adalah proses pengalihan KPR ke Bank lain, nah.. Bank akan menilai kembali nilai properti kita pada saat dilakukan take over. Biasanya harga properti selalu naik jadi akan ada dana tambahan yang bisa kita dapatkan. Dana tersebut bisa kita gunakan untuk melunai hutang di Bank lama dan sisanya bisa dimanfaatkan untuk tujuan lain. Sistem dan syarat take over sama seperti ketika kita mengajukan KPR baru. Sebagai nasabah kita akan terkena beberapa biaya administrasi seperti denda dari Bank KPR lama, Biaya aprasial yaitu proses penilian kembali harga rumah terbaru, dan macam-macam biaya lain sama ketika mengurus KPR baru.

Syarat Take over KPR

  • Mengisi formulir permohonan dan melampirkan macam-macam dokumen sama seperti proses pengurusan KPR baru. Dokumen yang dibutuhkan misalnya Foto kopi KTP, Sertifikat SHM/SHGB rumah, Izin mendirikan bangunan IMB, slip gaji bagi karyawan atau SIUP bagi pengusaha, NPWP jika nilai pinjaman cukup besar, dan beberapa syarat lain menyesuaikan permintaan Bank penyedia KPR.

 

Refinance KPR yaitu kita mengajukan kredit untuk yang kedua kali pada Bank yang sama dengan jaminan rumah yang masih dalam status KPR, lalu Bank melakukan penilaian harga properti terbaru dan akan memberikan pinjaman sesuai harga rumah tersebut. Nah.. kita akan mendapatkan selisih dari harga rumah terbaru dengan harga rumah yang lama. Refinance KPR bisa dilakukan untuk memperpanjang angsuran kredit, mendapatkan keuntungan saat bunga bank menurun, memperkecil atau memperbesar angsuran KPR.

Syarat refinance KPR

  • Mengisi formulir permohonan dan melampirkan persyaratan seperti foto kopi KTP terbaru, slip gaji tiga bulan terkahir, foto kopi buku tabungan tiga bulan terakhir.

 

Begitulah kurang lebih dua cara yang bisa dilakukan untuk menambah saldo hutang KPR rumah, silahkan dipilih mana yang lebih mampu memberikan keuntungan besar. Kedua metode ini sering digunakan oleh pengusaha perumahan atau investor dibidang property sehingga bisa secara cepat mengembangkan asset yang dimiliki. Sekali lagi agar dihindari tindakan meminjam uang di Bank untuk tujuan konsumtif atau senang-senang, karena dapat menyusahkan diri sendiri dikemudian hari. Selamat mencoba, semoga lekas tercapai apa yang menjadi impian :-)

ilmu sipil
  1. Peluang usaha jasa sedot WC septictank
  2. Model rumah cluster adalah bangunan tanpa pagar
  3. Syarat rumah sehat
  4. Desain rumah lengkap
  5. Membangun rumah di tanah miring
  6. RENOVASI RUANGAN
  7. desain rumah bambu
  8. Ciri ciri rumah yang banyak diincar calon pembeli
  9. desain Interior homey Kenyamanan dalam rumah
  10. Jual Rumah Bekasi
  11. memilih warna interior rumah
  12. titik kritis pada pekerjaan atap rumah
  13. Cara mendapat dana saldo tambahan dari rumah yang masih KPR
  14. desain kamar mandi
  15. blog khusus denah rumah denah-rumah.com
  16. membangun rumah murah
  17. Cara investasi rumah agar dapat untung besar
  18. Cara menjual rumah agar cepat laku
  19. Cara membuat desain tangga yang nyaman

2 Komentar

  • anti says:

    saya mau menanyakan jika saya ingin mengajukan take over untuk keperluan beli mobil dan modal usaha sablon kaso dirumah, bagaimana?

  • wikarsa says:

    Saya mau menanyakan cara menghitung dan menentukan hrg rumah yg akan sy jual secara over kredit dgn data sbb: harga rumah 541.800.000 dicicil selama 15thn. Dgn rate.9,75% . sampai dg nov.’2014 sdh kemasuki bln ke 15 atw dg total 90.499.400. Plus DP 15.000.000, plus biaya renov kecil 5.800.000. Artinya total biaya yg sdh keluar dari kocek sy krg lebihnya 111.299.400. Adapun saat ini perkembangan properti disana begitu pesat kenaikan hrgnya sperti contoh harga rumah dgn type dan lokasi yg sama sdh menjadi 725.000.000an (-+ 8jt per. M). Kira2 berapa harga yg cocok yg hrs sy tawarkan ke calon pembeli yg menjadikan rmh sy ini cepat terjual dan sy jg memperoleh marjin investasi atas rmh tsb. Tkz atas jawabannya.

Komentari

*
*