Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara mencegah erosi pantai atau pengikisan daratan pinggir laut

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah garis pantai mengular panjang dimana-mana, hal ini tentu memerlukan perhatian khusus agar daerah pesisir pantai tidak mengalami pengikisan sehingga daratan yang dahulu terhampar dengan tanaman hijau sudah tidak bisa disaksikan lagi, masyarakat yang dahulunya hidup dengan rukun damai dipesisir pantai terpaksa harus pindah masal menuju perkampungan baru yang bisa jadi tidak seindah lingkungan terdahulu. dan berbagai macam gambaran ngeri lainya yang intinya adalah erosi pantai merupakan suatu musibah besar yang perlu diantisipasi, oleh karena itu perlu kita pikirkan cara mencegah erosi pantai atau pengikisan daratan pinggir laut sehingga tidak lagi ada daratan yang hilang karena gempuran ombak atau kenaikan muka air laut. contohnya bisa kita lihat yang telah terjadi pada pesisir pantai pulau jawa khususnya kota demak ini, hamparan sawah yang dahulu hijau subur sekarang sudah berubah menjadi daratan tandus karena air asin laut telah naik, sebagian warga terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya karena sudah tenggelam dan tak lagi dapat dihuni. kalau sudah bigini lalu apa yang bisa kita lakukan? ataukah harus menunggu pemerintah bertindak, lalu kapan akan ada pembangunan pantai padahal kerusakan terus berlangsung.
erosi pantai

Daratan yang terkena erosi pantai

Sepanjang pesisir pantai utara kota demak, yang paling parah di desa Norjo Pasir, Surodadi, Gandong, Deling dan sekitarnya di kecamatan sayung kabupaten demak Provinsi Jawa Tengah Negara Indonesia. Penanganan  yang salah apalagi jika dibiarkan begitu saja maka dapat menyebabkan daratan tersebut hilang beberapa tahun kedepan.

 

Cara mencegah erosi pantai atau pengikisan daratan pinggir laut

  1. Menanam pohon bakau, jenis pepohonan yang mudah tumbuh di pantai dengan air asin ini mempunyai akar yang cukup kuat untuk mempertahankan daratan dari gempuran ombak pinggir laut.
  2. Membuat bangunan pemecah gelombang, cara kerjanya adalah menahan gelombang ombak disepanjang garis pantai sehingga sisa ombak yang menggempur darat tidak terlalu keras.
  3. Melakukan reklamasi pantai yaitu dengan melakukan pengurugan tanah dan membuat konstruksi tembok penahan tanah untuk menahan daratan dari gempuran ombak, tembok penahan erosi pantai bisa dibuat dari pasangan pondasi batu kali atau cor beton bertulang.
  4. Pembangunan reklamasi pantai punya sisi positif sekaligus negatif, pada daerah yang direklamasi tentu akan lebih aman dari erosi namun daerah lainya yang kebetulan struktur tanahnya jelek atau elevasinya rendah maka berpotensi menjadi tempat peralihan air laut, hal ini berarti berpeluang besar untuk tenggelam.
  5. Pencegahan erosi pantai tidak bisa hanya dilakukan penduduk tepi laut saja, tetapi perlu dukungan masyarakat diseluruh penjuru bumi, sebagai contoh jika terjadi polusi besar-besaran dikota maka keseimbangan alam terganggu, bumi terasa panas sehingga es dikutub utara dan selatan mencair, akibatnya muka air laut naik yang dapat menyebabkan daratan tenggelam.

 

Tentunya kita tidak ingin kehilangan daratan yang telah dianugrahkan Tuhan sebagai fasilitas kehidupan manusia untuk berkarya di bumi ini, kita berharap agar bisa mewariskan kepada anak cucu sebuah lingkungan yang tetap hijau dan asri, tidak bisa dibayangkan apabila generasi masa depan menyalahkan manusia zaman ini yang telah melakukan perusakan pada bumi tercinta. oleh karena itu marilah kita perdalam ilmu lingkungan untuk menjaga alam sekitar dengan cara yang kita bisa. semoga seluruh warga yang berada dipesisir pantai tidak lagi kehilangan tempat tinggalnya karena terjadi erosi atau pengikisan daratan pinggir laut.

ilmu sipil
  1. Banyak daerah di pulau jawa Indonesia tenggelam
  2. ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN
  3. PENGELOLAAN SAMPAH
  4. Budaya Green di rumah yang ramah lingkungan
  5. PENGERTIAN SAMPAH
  6. SUMBER SUMBER SAMPAH
  7. Kota Demak Jawa Tengah terancam hilang akibat erosi pantai
  8. Tahap Awal Pelaksanaan Proyek
  9. PERMASALAHAN PADA TPA
  10. Membuang sampah di sungai
  11. PEMANTAUAN LINGKUNGAN TPA
  12. KOMPOSISI DAN KARAKTERISTIK SAMPAH
  13. Gotong royong kerja bakti di hari minggu

3 Komentar

  • hargono says:

    MOHON CONTOH NYATA PANTAI YANG MENGALAMI EROSI….

  • nuraini says:

    saya ingin mencari pencegahan kerusakan pantai oleh gelombang air laut

  • anggriana irwan says:

    apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat erosi?jelaskan.karna saya ingin kerja pr tapi saya tidak tau bagaimana caranya dikerja,cepat dong saya ingin kesekolah tapi saya ndak tau cara kerjanya

Komentari

*
*