Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Cara menang tender pengadaan barang dan jasa

Pernah ikut tender atau punya rencana untuk mengikuti lelang proyek? bagaimana agar kita bisa terpilih menjadi pemenang? disini kita bahas cara menang tender pengadaan barang dan jasa sehingga bisa menjadi pemenang dan berhak mengerjakan proyek yang sedang dilelang. Nilai tender bervariasi dari mulai yang kecil sampai besar seringkali di adakan oleh instansi pemerintah maupun swasta.

Banyaknya peserta tender yang ikut berjuang agar menjadi pemenang membuat kita perlu melakuakn cara dan inovasi terbaik agar bisa menang tender. berbagai macam persaingan muncul dalam proses pelaksanaan tender namun hendaknya kita tetap menggunakan cara yang baik dan halal. panitia lelang pengadaan barang dan jasa akan memilih perusahaan entah itu arsitek atau kontraktor yang memenuhi persyaratan tender. Nah.. disini kita uraikan beberapa cara dan strategi agar bisa memenangi tender.

 

Cara menang tender pengadaan barang dan jasa

  1. Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, entah itu berbentuk PT atau CV karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan.
  2. Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti Nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dan untuk tender proyek bangunan biasanya ada persayaratan tambahan seperti Izin usaha jasa kobstruksi (IUJK) dan dokumen lainya dapat dibaca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.
  3. Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa didapat dari koran, website atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik masing-masing wilayah kabupaten atau kota di Indonesia, informasi tender juga bisa didapat dari panitia lelang pada instansi yang mengadakan lelang.
  4. Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.
  5. Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.
  6. Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan cara haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.
  7. Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap didapat dengan cara yang baik.
  8. Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tingi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan pengurangi spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.
  9. Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.
  10. Jika kita terpilih menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, dengan begini tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.

 

Cara-cara lain dapat dilakukan selama itu jalan halal, dan bagi yang sudah pengalaman dalam mengikuti tender pengadaan barang dan jasa entah itu berhasil menang atau kalah mohon untuk bersedia berbagai tips disini, agar teman-teman kita yang lain juga bisa belajar untuk bisa menang tender :-)

  1. ilmusipil.com Kualifikasi usaha jasa pelaksana konstruksi
  2. ilmusipil.com Komplain dan Kesalahan pada konstruksi bangunan
  3. ilmusipil.com Cara menjadi green kontraktor untuk menjaga lingkungan
  4. ilmusipil.com Dari karyawan proyek lalu jadi pengusaha kontraktor sukses
  5. ilmusipil.com Logo PT Waskita Karya Persero general kontraktor
  6. ilmusipil.com Cara mengembangkan usaha kontraktor bangunan
  7. ilmusipil.com Cabang Ilmu teknik sipil yang banyak digunakan kontraktor
  8. ilmusipil.com zero komplain pada proyek konstruksi
  9. ilmusipil.com Kapan hari libur pekerja bangunan?
  10. ilmusipil.com Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia
  11. ilmusipil.com Daftar kontraktor dan konsultan perencana BUMN di Indonesia
  12. ilmusipil.com Jasa Waterproofing Injeksi Beton
  13. ilmusipil.com cara membuat perusahaan kontraktor
  14. ilmusipil.com Ppknowledgecenter.com pusat ilmu pengetahuan karyawan PT.PP
  15. ilmusipil.com Persiapan membuat perusahaan konsultan arsitektur dan kontraktor
  16. ilmusipil.com Tips bekerja sebagai tukang bangunan
  17. ilmusipil.com Logo PT ADHI KARYA Persero general kontraktor
  18. ilmusipil.com Tips tukang bangunan agar bisa shalat jumat

8 Comments

Add a Comment
  1. Masih ada yang perlu ditambah…
    Lengkapi persyaraan yang disyaratkan pada proses tender, misalkan untuk spesifikasi teknis sesuai dengan persyaratan serta metode pelaksanaan dibuat se rinci dan bisa dianggap menguasai pekerjaan yang akan lelangkan serta tidak meninggalkan proses pekerjaan pada masa pemeliharaan.
    perhitungkan harga penawaran tidak melampaui HPS dan tetap masuk pada RAP yang direncakan
    pastikan perijinan perusahaan masih tetap berlaku dan jaminan penawaran sesuai dengan persyaratan. penulisan yang salah pada dokumen penawaran ataupun pada jaminan penawaran dapat menggugurkan penawaran…
    terima kasih…

  2. Apa bener bisa menang tender (kecil2an, seperti penunjukkan langsung) tanpa melalui “proses” kotor yang melibatkan para petingginya? Atau tidak ada kemungkinan?

  3. Tambahan tips untuk Lelang Aplikasi. Pada rincian pengalaman kerja Tenaga Ahli di dokumen penawaran sebaiknya:
    1. Ga perlu repot-repot nulis pengalaman tender yang hanya sebulan doang, ga bakal pengaruh. Ga perlu repot-repot juga nulis proyek yang nilai tendernya kecil (di bawah sepertiga nilai proyek)
    2. Menuliskan nama proyek-proyek yang pernah dipegang si tenaga ahli tersebut beserta bulan mulai dan bulan akhir proyek. Bila nama proyek kosong akan dinilai nol, bila waktu hanya ditulis tahunnya saja (tanpa bulan) maka hanya diakui sepertiga bulannya aktualnya. Proyek-proyek ini nantinya akan divalidasi kebenarannya pada saat masa Pembuktian.
    3. Lampirkan scan ijazah tenaga ahli, panitia ga bakal repot-repot meminta ijazah disusulkan ke mereka, bila tidak ditemukan ijazah (sekalipun pengalaman segunung) maka nilai diberi

  4. Untuk mencari tahu sebanyak mungkin berita tender atau lelang pengadaan pemerintah di seluruh Indonesia bisa didapatkan di http://www.pengadaan.net

    Pengadaan.net – hanya menyediakan informasi yang dikumpulkan dari semua website LPSE.
    Semoga bermanfaat untuk semuanya.

    Terima kasih

  5. intrupsi pak,…kalo boleh di tambah artikelnya,…bagemana pengondisian untuk mengawal sebuah proyek agar sitem kerja marketing dapat terarah untuk mendapatkan pekerjaan itu,..thanks

  6. Apakah betul, kita bisa main proyek dengan cara legal dan halal? Saya sebenarnya ingin ikut bermain di ranah tersebut, tetapi takut terjerumus ke hal-hal yang tidak berkah. Mohon petunjuknya.

    Saya pimpinan dari PT Indiva Media Kreasi, penerbit buku di Solo. Website http://www.indivamediakreasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com