Cara menang tender pengadaan barang dan jasa

Pernah ikut tender atau punya rencana untuk mengikuti lelang proyek? bagaimana agar kita bisa terpilih menjadi pemenang? disini kita bahas cara menang tender pengadaan barang dan jasa sehingga bisa menjadi pemenang dan berhak mengerjakan proyek yang sedang dilelang. Nilai tender bervariasi dari mulai yang kecil sampai besar seringkali di adakan oleh instansi pemerintah maupun swasta.

Banyaknya peserta tender yang ikut berjuang agar menjadi pemenang membuat kita perlu melakuakn cara dan inovasi terbaik agar bisa menang tender. berbagai macam persaingan muncul dalam proses pelaksanaan tender namun hendaknya kita tetap menggunakan cara yang baik dan halal. panitia lelang pengadaan barang dan jasa akan memilih perusahaan entah itu arsitek atau kontraktor yang memenuhi persyaratan tender. Nah.. disini kita uraikan beberapa cara dan strategi agar bisa memenangi tender.

 

Cara menang tender pengadaan barang dan jasa

  1. Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, entah itu berbentuk PT atau CV karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan.
  2. Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti Nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dan untuk tender proyek bangunan biasanya ada persayaratan tambahan seperti Izin usaha jasa kobstruksi (IUJK) dan dokumen lainya dapat dibaca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.
  3. Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa didapat dari koran, website atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik masing-masing wilayah kabupaten atau kota di Indonesia, informasi tender juga bisa didapat dari panitia lelang pada instansi yang mengadakan lelang.
  4. Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.
  5. Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.
  6. Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan cara haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.
  7. Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap didapat dengan cara yang baik.
  8. Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tingi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan pengurangi spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.
  9. Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.
  10. Jika kita terpilih menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, dengan begini tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.

 

Cara-cara lain dapat dilakukan selama itu jalan halal, dan bagi yang sudah pengalaman dalam mengikuti tender pengadaan barang dan jasa entah itu berhasil menang atau kalah mohon untuk bersedia berbagai tips disini, agar teman-teman kita yang lain juga bisa belajar untuk bisa menang tender 🙂

36 Comments
  1. 4 years ago
    Boedie

    Masih ada yang perlu ditambah…
    Lengkapi persyaraan yang disyaratkan pada proses tender, misalkan untuk spesifikasi teknis sesuai dengan persyaratan serta metode pelaksanaan dibuat se rinci dan bisa dianggap menguasai pekerjaan yang akan lelangkan serta tidak meninggalkan proses pekerjaan pada masa pemeliharaan.
    perhitungkan harga penawaran tidak melampaui HPS dan tetap masuk pada RAP yang direncakan
    pastikan perijinan perusahaan masih tetap berlaku dan jaminan penawaran sesuai dengan persyaratan. penulisan yang salah pada dokumen penawaran ataupun pada jaminan penawaran dapat menggugurkan penawaran…
    terima kasih…

    Reply
  2. 3 years ago
    Ryan Isra

    Apa bener bisa menang tender (kecil2an, seperti penunjukkan langsung) tanpa melalui “proses” kotor yang melibatkan para petingginya? Atau tidak ada kemungkinan?

    Reply
  3. 3 years ago
    MASITA ODE

    apa benar sebuah perusahaan baru tidak berhak mengikuti tender?

    Reply
    • 3 months ago
      eka

      Tergantung sama kd nya

      Reply
  4. 3 years ago
    rahasia

    Tambahan tips untuk Lelang Aplikasi. Pada rincian pengalaman kerja Tenaga Ahli di dokumen penawaran sebaiknya:
    1. Ga perlu repot-repot nulis pengalaman tender yang hanya sebulan doang, ga bakal pengaruh. Ga perlu repot-repot juga nulis proyek yang nilai tendernya kecil (di bawah sepertiga nilai proyek)
    2. Menuliskan nama proyek-proyek yang pernah dipegang si tenaga ahli tersebut beserta bulan mulai dan bulan akhir proyek. Bila nama proyek kosong akan dinilai nol, bila waktu hanya ditulis tahunnya saja (tanpa bulan) maka hanya diakui sepertiga bulannya aktualnya. Proyek-proyek ini nantinya akan divalidasi kebenarannya pada saat masa Pembuktian.
    3. Lampirkan scan ijazah tenaga ahli, panitia ga bakal repot-repot meminta ijazah disusulkan ke mereka, bila tidak ditemukan ijazah (sekalipun pengalaman segunung) maka nilai diberi

    Reply
  5. 2 years ago
    Yeni Mulati Ahmad

    Apakah betul, kita bisa main proyek dengan cara legal dan halal? Saya sebenarnya ingin ikut bermain di ranah tersebut, tetapi takut terjerumus ke hal-hal yang tidak berkah. Mohon petunjuknya.

    Saya pimpinan dari PT Indiva Media Kreasi, penerbit buku di Solo. Website http://www.indivamediakreasi.com

    Reply
  6. 2 years ago
    singgih pangestu

    yg namanya main peroyek mba ada untung ada ruginya tergantung pekerjanya dan pembayaranya klo pekerjanya diarahkan sudah benenar tapi keuwanganya engga beres intinya ginilh nak buah 2 minggu enga bayaran kerjanya dh enga maksimal saya udh makn manis asem pait diperoyek

    Reply
  7. 2 years ago
    singgih pangestu

    Yg sering ngelakuin kebohong tu org yg diatas kalo kaorg supkonkan sudah ada kontrak di.SPK

    Reply
  8. 2 years ago
    Juli

    Pak Ibnu, mau tanya dong, kalo kontraktor yg kelas UKM/modal kecil/klasifikasi kecil, bgm ikut tender di pemerintahan? mohon infonya. trima kasih

    Reply
    • 3 months ago
      eka

      Dipelajari dulu syarat2 atau administrasi proyek

      Reply
  9. 2 years ago
    Teja Central Anugrah Network

    Central Anugrah Network

    Core bussines:
    Fiber optic
    WIRELESS
    VoIP
    CCTV / IP Camera

    visit us : http://www.anugrahnetwork.com

    Reply
  10. 2 years ago
    BAJAKU

    Sy 2 minggu kmrn ditunjuk untuk revitalisasi sebuah pasar dan pastinya ini proyek pemerintahan, sy tidak mengeluarkan biaya sedikit pun dan sy tidak mengenal 1orang pun yang berkaitan dengan proyek tsbt sebelum penunjukan.
    Dengan demikian maka sebenarnya tidak ada kongkalikong atau main uang untuk pekerjaan dipemerintahan, jika ada itu hanya oknum.

    Hati hati jika ada oknum yang meminta imbalan karena belum tentu juga Anda yang memenangkannya.

    Salam,
    bajaku.com

    Reply
  11. 1 year ago
    yusuf

    aku bekerja di panel maker kemudian kedepan rencananya saya mau buka sendiri dan aku ingin sharing dengan anda2 semua pertanyaannya adalah apakah sebaiknya saya buat dulu badan usaha atau pake perusaaan teman dulu? thak you for your answer

    Reply
    • 5 months ago
      Jos Sulistyo

      Pak yusuf kasih saja ke saya gambar dan Aspek tehnis, kita jalani bareng , kebetulan saya di back up Distributor Component dan Box Panel, jadi klop ,tinggal sharing profit saja .kalo lewat perushaan oranglain ,sharingnya kecil. nah kalo ada yang kecil2 tanpa PPn bisa kita jalani sendiri.

      Reply
    • 4 weeks ago
      owiefashal

      seandainya tender tender di pemerintah itu noormatif oh indahnya menurut saya” tapi yaah….di mana di mana di mana?……………….semua sudah di atur persekongkolan,seolah-olah saja ! preettts”

      Reply
  12. 1 year ago
    Advokathuda

    . Untuk menang tender di republik ini memang sangat2 sedikit yg bermain bersih, tpi yakinlah kejayaan dan kesuksesan yg langgeng dan hakiki karna awal kita yg jujur dan bersih, yakin dan positif thinking saja, man jadda wajada. Barang siapa yg bersunguh2 psti akan mendapatkannya.

    Reply
  13. 1 year ago
    Ansar.Rs

    Ingin belajar lebih jauh serta mengetahui trik-trik memenangkan tender pengadaan barang dan jasa.
    terimakasih

    Reply
  14. 1 year ago
    satria

    selamat malam, salam kenal, dan salam sukses bagi kita semua,….

    saya buta ilmu dan tidak tahu cara ber bisnis di bidang kontraktor, yang harus saya tanyakan selaku orang awam, bagaimana merintis perusahaan kontraktor mulai dari nol alias mulai dari pendirian badan usaha sampai proses ikut tender?? dan mohon di share buku2 apa yang cocok di pelajari bagi orang yang ingin merintis usaha di bidang jasa kontrktor?

    mohon temen2 beri jawabannya..trimakasih dan sukses selalu bagi kita semua.

    Reply
  15. 11 months ago
    Instant Website

    Min, paling sering adain tender itu pemerintah atau swasta min?

    Reply
  16. 9 months ago
    darma

    Slam knal kami perusahaan bidang IT

    Reply
  17. 9 months ago
    gayus wenda

    bagaimana cara membuat proposal mintah proyek ada yg bisa bantu k tolong

    Reply
  18. 9 months ago
    gayus wenda

    kita usaha cv baru itu cara memintah proyeknya bagaimana ?

    Reply
  19. 8 months ago
    cv duta konstruksi

    Tender sekarang pake uang ngak ada yang halal mungkin sudah nasib kita jadi kontraktor…

    Reply
  20. 5 months ago
    Heriyanto

    Pak saya mahasiswa yg buka usaha kecil-kecilan jasa cuci sofa,kursi kantor,karpet untuk ikut tender seperti bidang saya gmana ya pak mulai dari dasar mohon pencerahannya,,matur suwun

    Reply
  21. 3 months ago
    Chairul

    Yang kadang saya gak habis pikir, bukan background, tapi mudah mendapatkan project. Coba kasih kesempatan dan peluang bagi kami untuk mendapatkan apa yang kami harapkan.

    Reply
  22. 3 months ago
    aceng

    Kira2 punya dana 150jt bisa gk yah ikut2 tander gt..?mohon dijswab

    Reply
    • 3 months ago
      Ahadi

      Sangat bisa, yang ikutan thender tanpa punya dana saja banyak 🙂

      Reply
  23. 2 months ago
    efendi

    mudah2han di kasih kesempatan dn peluang amin.

    Reply
  24. 2 months ago
    erik felisianus

    Hal psikolog untuk pencari tender dalam melakukan proyek tender selain hal aturan main tender apa yo mas bro

    Reply
  25. 2 months ago
    Erys

    Salam kenal …saya mau tanya pak.kl kita sudah punya pt/cv syarat apa lg yng harus dilengkapi untuk pengajuan tender pemerintahan dan dalam tender ktnya ada gread tender /batasan tendernya mohon penjelasannya terimakasih.

    Reply
    • 2 months ago
      Ahadi

      SIUP, TDP, SKA untuk proyek konstruksi, dll menyesuaikan proyek yang mau ditender. gread tender itu maksudnya di pt itu kan ada kelas kecil, menengah dan besar jadi boleh mengerjakan nilai proyeknya sesuai kelas PT.

      Reply
  26. 2 months ago
    Kaligula

    Dimanakah tempat atau situs/web utk mendapatkan info adanya tender tersebut? Kl dr pemerintahan adanya didepartemen apa, kl di swasta biasanya dmn? Tolong bagi pengalamanya bagi yg udh pernah menjalaninya. Mksh.

    Reply
  27. 2 months ago
    harisma

    bagus…. bermanfaat….

    Reply
  28. 4 weeks ago
    Slamet wahyudi

    Salam sukes,
    saya mengikutin tender 3 x di salah satu perusahaan manufacturing di daerah cikarang,tp hasilnya nol.padahal dari segi harga Saya dah yang paling murah di antara 2 kontraktor.knp saya gk pernah dapat apa karna ada kecurangan pa gimana gitu…

    Reply
  29. 1 week ago
    mona

    90% curang

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*